20 Urutan Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia Terbaru

Diposting pada

Urutan universitas swasta terbaik di Indonesia – Pada artikel kali ini, kita tidak akan membahas seputar mata pelajaran terlebih dahulu melainkan akan membahas tentang universitas swasta terbaik di Indonesia. Sekarang blog Sudut Sekolah akan memberikan urutan universitas swasta terbaik di Indonesia.

Kuliah di Universitas Yang Ada di Indonesia

Melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi tentu saja mejadi impian setiap orang. Setelah berhasil lulus dari SMA/sederajat, pasti semua orang mempunyai keinginan untuk berkuliah. Untuk bisa berkuliah, maka tentu saja harus memilih satu universitas yang diinginkan. Dalam memilih universitas sendiri bukanlah hal mudah dan tidak boleh sembarangan. Kadang, walaupun sudah menetapkan 1 target universitas, seseorang masih belum tentu bisa lulus dan diterima kuliah di universitas tersebut.

2 Jenis Universitas

Setidaknya, ada 2 jenis universitas yang harus kita ketahui di Indonesia ini. Jenis universitas yang pertama tentu saja adalah Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disingkat PTN. Dan jenis universitas yang kedua adalah Perguruan Tinggi Swasta atau yang biasa disingkat PTS.

Jika Anda ingin berkuliah di sebuah PTN, maka Anda harus mengikuti jalur masuk yang sudah ditentukan oleh pemerintah Indonesia. Mengapa begitu? Karena PTN sendiri merupakan universitas yang berada di bawah naungan pemerintah, maka sudah jelas pemerintah ikut andil dalam peraturan masuk PTN juga. Sejak artikel ini ditulis, setidaknya ada 3 jalur masuk umum untuk daftar kuliah di PTN. Yang pertama adalah melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang mengandalkan nilai rapot sebagai parameternya. Yang kedua ada SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang menggunakan ujian tulis. Dan yang terakhir ada jalur masuk ujian mandiri yang biayanya relatif lebih mahal.

Berbeda dengan PTN, untuk daftar dan masuk kuliah di sebuah PTS, biasanya jalur masuknya berbeda-beda dan ditentukan oleh masing-masing universitas.

Kuliah di PTN atau PTS?

Lalu, setelah mengetahui mengenai informasi di atas, sebaiknya pilih yang mana? Kebanyakan orang pasti akan lebih memilih untuk berkuliah di PTN. Hal ini dikarenakan PTN berada di bawah naungan pemerintah, yang sering diasumsikan lebih murah daripada PTS. Tetapi, hal ini tidak sepenuhnya benar dan tidak selalu terjadi pada setiap universitas.

Selain itu, banyak orang juga beranggapan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas serta mutu pendidikan yang diberikan oleh PTN jauh lebih baik dari PTS. Tetapi, hal ini sudah tidak berlaku lagi pada zaman sekarang. Karena, sudah banyak sekali PTS yang berbenah dan terus meningkatkan kualitas serta mutu pendidikannya agar setara dengan PTN. Bahkan, beberapa PTS sudah mempunyai kualitas yang lebih baik daripada beberapa PTN.

Jadi, jika Anda tidak lolos jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk kuliah di PTN, maka Anda tidak perlu bersedih. Karena masih ada PTS yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif kuliah.

Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Setelah Anda memutuskan untuk daftar kuliah pada unversitas swasta. Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memilih universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia. Bingung bagaimana mencarinya? Tenang saja. Blog Sudut Sekolah akan memberikan 20 urutan universitas swasta terbaik di Indonesia.

Daftar universitas swasta berikut didapatkan dari 2 sumber. Sumber yang pertama adalah dari hasil rilisan klasterisasi 100 universitas terbaik di Indonesia versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada tanggal 17 Agustus 2018 yang lalu, bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73. Dan sumber yang kedua didapat dari laporan situs Webometrics.

Situs Webometrics adalah situs yang memiliki sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap seluruh universitas yang ada di dunia (World Class University).

Lalu, apa saja indikator yang digunakan oleh kedua sumber di atas? Berikut penjelasannya.

Indikator Penilaian Universitas Terbaik Menurut Ristekdikti

Ada 5 komponen utama yang digunakan Ristekdikti untuk menilai sebuah universitas atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia, berikut 5 indikator tersebut :

  1. Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia). Mencakup persentase jumlah dosen berpendidikan S3, persentase jumlah lektor kepala dan guru besar, dan rasio mahasiswa terhadap dosen.
  2. Kualitas kelembagaan. Mencakup akreditasi institut dan program studi, jumlah program studi yang terakreditasi internasional, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah kerjasama.
  3. Kualitas kegiatan kemahasiswaan. Mencakup kinerja kemahasiswaan.
  4. Kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Mencakup kinerja penelitian, jumlah artikel ilmiah terindeks scopus per jumlah dosen, kinerja pengabdian pada masyarakat, dan
  5. Kualitas inovasi. Mencakup kinerja inovasi.

Indikator Penilaian Universitas Terbaik Menurut Webometrics

Sementara Webometrics hanya menggunakan 4 parameter sebagai indikator penilaian universitas terbaik.

  1. Presence. Jumlah halaman website (HTML) dan halaman dinamis universitas yang terindeks oleh Google.
  2. Impact. Jumlah backlink unik yang diterima oleh domain website universitas yang terindeks oleh Google.
  3. Openness. Jumlah file dan dokumen (word atau powerpoint) yang diupload oleh website universitas yang terindeks oleh Google.
  4. Exellence. Jumlah artikel penelitian atau ilmiah publikasi yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.

Urutan Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

2 sumber di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi dan acuan untuk memilih universitas swasta terbaik di Indonesia menurut Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat daftar urutan universitas swasta terbaik di Indonesia berikut.

  1. Universitas Islam Indonesia (peringkat 29 klasterisasi Ristekdikti)
  2. Universitas Atma Jaya Jakarta (peringkat 30 klasterisasi Ristekdikti)
  3. Telkom University (peringkat 33 klasterisasi Ristekdikti)
  4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta (peringkat 34 klasterisasi Ristekdikti)
  5. Universitas Katolik Parahyangan (peringkat 35 klasterisasi Ristekdikti)
  6. Universitas Muhammadiyah Malang (peringkat 36 klasterisasi Ristekdikti)
  7. Universitas Muhammadiyah Surakarta (peringkat 38 klasterisasi Ristekdikti)
  8. Universitas Soegijapranata (peringkat 39 klasterisasi Ristekdikti)ur
  9. Universitas Bina Nusantara (peringkat 40 klasterisasi Ristekdikti)
  10. Universitas Kristen Petra (peringkat 41 klasterisasi Ristekdikti)
  11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (peringkat 42 klasterisasi Ristekdikti)
  12. Universitas Surabaya (peringkat 45 klasterisasi Ristekdikti)
  13. Universitas Sanata Dharma (peringkat 49 klasterisasi Ristekdikti)
  14. Universitas Tarumanegara (peringkat 50 klasterisasi Ristekdikti)
  15. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  16. Universitas Dian Nuswantoro
  17. Universitas Narotama
  18. Universitas Gunadarma
  19. Universitas Kristen Satya Wacana
  20. Universitas Pasundan

Itu dia 20 urutan universitas swasta terbaik di Indonesia. Semoga daftar universitas di atas dan artikel ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan universitas swasta terbaik versi Anda.