Teks Berita

Teks Berita: Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Kaidah, Contoh Lengkap

Diposting pada

Teks berita – Selamat datang di blog Sudut Sekolah. Pada artikel kali ini, blog Sudut Sekolah kembali memberikan materi tentang salah satu teks yang ada di mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teks yang akan dibahas adalah teks berita. Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya berita? Hampir setiap hari kita pasti bertemu dengan yang namanya berita.

Mungkin dulu kita hanya bisa mendapatkan berita melalui media koran dan radio saja, atau dari perbicangan masyarakat sekitar. Tetapi, sekarang kita sudah hidup di era milenial, dimana teknologi dan digital sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi yang semakin modern, maka mendapatkan informasi terbaru atau berita dari berbagai penjuru dunia bukanlah hal yang sulit.

Baca juga: Contoh teks anekdot singkat dan lucu

Sekarang, berita sangat mudah ditemukan, baik dari media elektronik, media cetak, maupun media online. Apalagi, gadget seperti smartphone sudah dimiliki hampir oleh semua orang. Bagi Anda yang setiap hari memegang smartphone, pasti sering mendapatkan berita terbaru dari media sosial Anda. Jadi, bisa diambil kesimpulan bahwa berita merupakan makanan manusia sehari-hari di zaman sekarang. Dan untuk mendapatkan berita terbaru sangat mudah, di manapun dan kapanpun.

Tetapi, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan teks berita? Berita tidak dibuat sembarangan, harus melalui berbagai tahap dan harus memenuhi beberapa syarat. Berikut Sudut Sekolah jelaskan semua hal tentang teks berita, mulai dari pengertian teks berita, struktur teks berita, ciri-ciri teks berita, kaidah teks berita dan contoh teks berita.

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah teks berupa fakta yang isinya mengenai berbagai macam hal atau peristiwa yang terjadi di dunia, dan disebarkan melalui berbagai media. Baik melalui media massa atau cetak seperti koran, media elektronik seperti televisi atau radio, dan media online seperti situs web dan media sosial. Semua berita sudah pasti sebuah fakta, tetapi tidak semua fakta dapat dijadikan sebuah berita.

Kurang lebih begitulah pengertiannya. Seperti yang ditulis pada pengertian di atas, bahwa semua berita itu sudah pasti memuat fakta. Tetapi, tidak semua fakta yang ada di dunia ini bisa diangkat menjadi berita. Diperlukan berbagai tahap penyaringan agar fakta bisa diangkat menjadi berita.

Dengan membaca berita, maka kita akan mendapatkan berbagai macam informasi baru dan penting. Selain itu wawasan kita juga pasti akan bertambah. Membaca berita secara rutin juga dapat mempengaruhi pemikiran seseorang terhadap suatu hal menjadi lebih kritis.

Struktur Teks Berita

Teks berita juga mempunyai strukturnya tersendiri. Struktur teks berita berguna untuk membangun berita itu sendiri. Dengan adanya struktur, maka berita bisa dibuat dengan utuh dan rapi. Lalu, apa saja strukturnya? Berikut struktur teks berita.

1. Orientasi Berita

Struktur yang pertama adalah orientasi. Orientasi merupakan bagian pembuka dari sebuah teks berita. Pada bagian orientasi ini biasanya dijelaskan secara singkat isi pokok dari berita tersebut.

2. Peristiwa

Pada struktur peristiwa ini lah penjelasan tentang peristiwa yang diberitakan dijelaskan secara rinci. Bagian peristiwa juga merupakan isi pokok dari sebuah teks berita. Semua fakta-fakta yang terkait dengan peristiwa berita dijelaskan dan dijadikan sebuah narasi pada bagian ini.

3. Sumber Berita

Dan struktur teks berita yang terakhir adalah sumber berita. Sumber berita merupakan bagian yang menyatakan sumber atau dari mana informasi yang ada pada berita itu berasal. Struktur sumber berita bersifat fleksibel. Artinya, letak dari sumber berita bisa di mana saja. Boleh di awal berita, di tengah, atau di akhir bagian. Tetapi, sumber berita mempunyai peran penting, karena sumber berita ini lah yang menjadi parameter apakah sebuah berita akurat atau tidak kebenarannya.

Ciri-Ciri Teks Berita

Selain mempunyai struktur, layaknya jenis teks lainnya, teks berita juga mempunyai ciri-cirinya tersendiri. Ciri-ciri teks berita ini berfungsi untuk membedakan berita dengan jenis teks yang lainnya. Pada dasarnya, ciri-ciri teks berita ada 7. Tetapi, kadang ada juga ciri-ciri lainnya. Namun, setidaknya kita hanya perlu mengetahui 7 ciri-ciri dasarnya saja. Berikut ciri-ciri teks berita :

  1. Terkini (aktual)
  2. Memuat fakta dan dapat dipercaya kebenarannya (faktual)
  3. Jelas
  4. Dapat diterima di masyarakat atau pembaca
  5. Menarik
  6. Segera disampaikan
  7. Menggunakan kalimat yang sederhana dan tidak bertele-tele

Kaidah Teks Berita

Kaidah teks berita hanya ada 3, relatif lebih sedikit dibandingkan dengan kaidah teks-teks lainnya. Kaidah teks berita ini digunakan agar sebuah berita dapat dibuat lebih baik lagi. Berikut 3 kaidah teks berita :

1. Keterangan

Keterangan yang dimaksud ini adalah kata keterangan, baik keterangan waktu, tempat atau suasana. Tentu saja teks berita sangat memerlukan kaidah keterangan ini karena biasanya berita sering sekali mencantumkan keterangan waktu dan tempat.

2. Verba Transitif

Verba transitif adalah verba atau kata kerja yang memerlukan dua nomina. Satu nomina berperan sebagai objek, dan yang satu lainnya berperan sebagai subjek. Contoh verba transitif diantaranya, memulai, dan membatalkan.

3. Verba Pewarta

Dan kaidah yang terakhir adalah verba pewarta. Verba pewarta adalah verba yang mengindikasikan suatu percakapan. Tentu saja verba pewarta ini lebih mudah ditemukan. Salah satu contoh kata verba pewarta adalah mengatakan.

10 Contoh Teks Berita

1. Contoh Teks Berita, Kebakaran di Kebon Pala

Kebakaran melahap pemukiman warga dan sejumlah toko di Kebon Pala, Jakarta Timur pada senin sore. Warga terus menerus memadamkan api dengan air.

Kebakaran terjadi diduga akibat arus pendek listrik, warga sekitar yang menunggu pemadam kebakaran ikut membantu dengan menyediakan air. Pemadam kebakaran sampai setelah 15 menit berlalu. Pada malam hari api baru bisa dipadamkan.

Tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta.

2. Contoh Teks Berita, Tabrakan Beruntun di Jalan Jagorawi

Rabu sore telah terjadi tabrakan beruntun di Jalan Jagorawi, arta Timur.

Kecelakaan terjadi karena jalan yang licin setelah di guyur hujan dan juga kelalaian pengendara.

Kesaksian dari Kang Asep sebagai saksi mata diawali dengan jatuhnya motor Supra X diakibatkan karena pengemudi mengantuk, lalu disusul dengan 2 motor dibelakangnya.

1 orang meninggal dunia, 2 orang luka ringan. Korban sudah diberi penanganan medis dan korban jiwa telah di evakuasi.

3. Contoh Teks Berita, Tawuran Pelajar Jakarta Selatan

Kalibata, Jakarta Selatan pada hari kamis petang terjadi tawuran antar pelajar. Tawuran dipicu lantaran Sekolah Sebelah melempar batu ke Sekolah Tetangga. Selepas Ashar pelajar yang merasa terpicu segera membalas dengan tawuran tersebut.

Tawuran dapat diredam setelah warga turun tangan untuk memisahkan tawuran tersebut. 2 pelajar ditangkap karena tersangka sebagai provokator. Tidak ada korban jiwa, namun kaca rumah warga sekitar pecah akibat batu.

4. Contoh Teks Berita, Kesurupan di SMAN 9 Bekasi

Kamis pagi, terjadi kesurupan di SMAN 9 Bekasi. Hal ini terjadi berlangsung lama karena murid yang kerasukan sulit untuk ditenangkan.

Berawal dari pagi hari didapat kelas XI MIPA 4 ada seorang siswi yang tiba-tiba menangis. Dilanjutkan dengan teriak dan memberontak. Belum selesai perkara, siswi dari kelas sebelah merasa tidak enak badan dan mulai teriak menangis.

Kejadian mengerikan tersebut berlangsung lama dan selesai pada sore hari. Para korban diberikan doa-doa supaya tenang. Total korban ada 7 siswi.

5. Contoh Teks Berita, Curah Hujan Tinggi Penyakit Flu Meluas

Selasa sore hari, dikabarkan dari Rumah Sakit Umum Jakarta Timur bahwa penyakit flu meningkat beberapa bulan terakhir ini.

Dari data Rumah Sakit Umum Jakarta Timur hampir 75% remaja dan anak-anak terkena flu dan batuk, sisanya orang dewasa dan lain-lain.

Pihak rumah sakit mengkonfirmasi bahwa curah hujan yang tinggi memungkinkan para remaja dan anak-anak untuk terkena penyakit ini. Dihimbau untuk para orang tua untuk menjaga anak-anak dari jajan sembarangan seperti es.

BMKG memperkirakan curah hujan akan stabil beberapa minggu ke depan.

6. Contoh Teks Berita, Kebakaran Besar di Rawamangun

Terjadi kebakaran besar di Rawamangun, Jakarta Timur, pada Sabtu, 15 September 2018. Kebakaran menyebabkan puluhan rumah dan belasan kios habis termakan api.

Kebakaran terjadi pada Sabtu dini hari pukul 05:00. Menurut kesaksian salah satu warga, Bapak Sutoyo, kebakaran disebabkan oleh korsleting listrik yang berada dekat dengan kios pedagang kembang api.

Petugas pemadam kebakaranpun datang ke lokasi kejadian. Terdapat 3 truk pemadam kebakaran, serta 2 mobil petugas patroli. Kobaran api berhasil dipadamkan walau memakan waktu cukup lama. Tidak ditemukan korbab jiwa dari peristiwa tersebut.

7. Contoh Teks Berita, Tsunami Palu

Indonesia sedang berduka. Pasalnya tsunami yang melanda salah satu kepulauan Indonesia menjadi tragedi nahas dan luka dalam bagi masyarkat sekitarnya. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan kronologi gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat, 28 September 2018

Menurut Sutopo, gempa pertama kali mengguncang Donggala pukul 14.00 WIB. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6 dengan kedalaman 10 km.

Akibat gempa itu, satu orang meninggal dunia, 10 orang luka, dan puluhan rumah rusak di Kecamatan Singaraja, Kabupaten Donggala.

Setelah itu, gempa kembali terjadi pukul 17.02 WIB dengan kekuatan yang lebih besar, yaitu magnitudo 7,4 dengan kedalaman yang sama, 10 km di jalur sesar Palu Koro.
Sejak gempa dan tsunami terjadi di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Jumat 28 September 2018, sejumlah gempa susulan terus terjadi di kawasan tersebut hingga Jumat malam.

Tercatat, setidaknya ada 13 gempa dengan kekuatan di atas magnitudo 5 sejak pukul 14.00 WIB hingga 21.26 WIB.

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Kota Palu, hingga pukul 13.00 WIB, tercatat sebanyak 384 orang.

Selain ratusan korban meninggal, menurut data BNPB, tercatat 29 orang hilang dan 540 luka berat di Kota Palu.

Sementara itu, BNPB belum bisa menyampaikan jumlah korban terdampak gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala. Sebab, hingga saat ini listrik di wilayah tersebut masih padam sehingga menghambat komunikasi.

8. Contoh Teks Berita, Kedatangan Band Rock Ke Indonesia

Baru-baru ini ibu kota negara kita tengah kedatangan band rock asal Amerika, Guns N’ Roses. Band yang terkenal era 80 -an ini telah mengguncang Jakarta pada 8 November 2018 lalu.

Band legendaris ini membawakan tema bertajuk “Not In This Lifetime”. Acara yang berlangsung selama 3 jam dengan membawakan sebanyak 29 lagu tersebut, berhasil memeriahkan Stadion Gelora Bung Karno.

Tiket konser Guns N’ Roses ini telah dibuka secara online pada 27 Juni lalu. Tiket seharga Rp 1.000.000 ini laris manis diborong. Konser ini memiliki kapasitas 1000 pengunjung. Pengunjung yang menghadiri konser ini paling banyak dari kalangan pemuda terutama fans setia Guns N’ Roses. Namun, tidak hanya pemuda dan fans setia Guns N’ Roses saja, kalangan artis tanah airpun turut serta menyaksikan dan memeriahkan konser ini.

9. Contoh Teks Berita, Game Berbahaya Bagi Anak

Senin pagi, 17 September 201, situs milik Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di alamat www.kpai.go.id diubah oleh hacker di bagian tampilan laman depan (deface).

Menurut pantauan KompasTekno, laman beranda situs tersebut diganti sehingga menampilkan layar hitam berisi gambar, dengan latar musik, dan beberapa baris teks.

“Fix ur sec(urity) first b4 talking about game,” demikian bunyi sebaris tulisan di laman deface itu.

Pesan ini diduga terkait dengan wacana yang dilontarkan oleh pihak KPAI beberapa waktu lalu, soal rencana memblokir sejumlah game model online yang mengandung unsur kekerasan sehingga bisa berpengaruh buruk terhadap anak.

KPAI memandang pemblokiran sebagai salah satu cara untuk membantu orangtua dalam mengontrol jenis game yang dimainkan oleh anak.

Konsumsi game terbilang sulit dimonitor lantaran anak tak selalu bermain dari rumah, tetapi bisa pula di tempat penyewaan game atau warung internet.

Game yang bersangkutan disinyalir terdiri atas 15 judul, sebagaimana sempat dimuat dalam laman sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id. Sekitar pukul 09.25 WIB, laman deface KPAI tumbang sehingga menampilkan pesan “service temporarily unavailable”. Situs KPAI masih belum bisa diakses dengan normal.

Selengkapnya, berikut daftar 15 judul game yang dinilai mengandung kekerasan dan berbahaya bagi anak.

1. World of Warcraft
2. Grand Theft Auto (GTA)
3. Call of Duty
4. Point Blank
5. Cross Fire
6. War Rock
7. Counter Strike
8. Mortal Kombat
9. Future Cop
10. Carmageddon
11. ShellShock
12. Rising Force
13. Atlantica
14. Conflict Vietnam
15. Bully

10. Contoh Teks Berita, Meninggalanya Vokalis Linkin Park

Kabar duka kembali meyelimuti belantika musik dunia. Media massa digemparkan oleh berita tak terduga lantaran salah satu band terkenal, Linkin Park, sedang menghadapi perkara. Vokalisnya yang bernama Chester Bennington dikabarkan telah meninggal dunia.

Chester ditemukan meninggal di kediamannya, di Los Angeles.

Vokalis Linkin Park ini meninggal di usianya yang ke-41 tahun.

Berita ini baru dikabarkan oleh pihak media setelah tim koroner melakukan serangkaian penyelidikan di kediamannya pada pukul 9.00 pagi waktu setempat

Penyebab kematian sendiri setelah diselidiki pun begitu mengejutkan.

Menurut pihak berwajib, Chester dikabarkan kemungkinan besar meninggal karena bunuh diri.Chester memutuskan mengela nafas terakhirnya bertepatan dengan perilisan video klip terbaru Linkin Park di Youtube.

Pasalnya, 4 jam setelah perilisan video klip bertajuk “Talking To Myself”, Kabar Chester yang memutuskan untuk meregangkan nyawanya ini meledak di media massa!

Video klip yang dirilis pada tanggal 20 Juli 2017 ini masih menempatkan sosok Chester sebagai jualan utama dari lagu tersebut.

Karena kabar meninggalnya Chester ini, kolom komentar video klip ini dipenuhi dengan komentar bela sungkawa dari netizen.

Sebenarnya, jika Anda sedang ingin mencari contoh teks berita, maka banyak sekali pilihan yang tersedia. Anda bisa menyalakan televisi lalu tinggal mencari saluran berita. Atau yang lebih mudah lagi, Anda tinggal mencari teks berita di internet. Dengan begitu, maka Anda akan langsung menemukan berbagai macam contoh teks berita.

Sekian pembahasan materi tentang teks berita. Semoga artikel teks berita ini bermanfaat bagi Anda dan wawasan serta pengetahuan Anda mengenai teks berita bisa bertambah menjadi lebih banyak lagi.