10 Teknik Dasar Sepak Bola Yang Harus Diketahui

Diposting pada

Teknik dasar sepak bola – Permainan sepak bola adalah cabang olahraga yang paling populer dan terkenal di dunia saat ini. Sepak bola dapat dimainkan oleh semua lapisan masyarakat. Materi sepak bola dalam mata pelajaran olahraga juga sangat digemari siswa. Teknik dasar sepak bola perlu dikuasai oleh para pemain sepak bola.

Atlet sepak bola pasti sudah menguasainya. Walaupun bukan atlet, setidaknya kita harus menguasai 10 teknik dasar sepak bola agar bisa bermain dengan baik.

Baca juga: Teknik dasar bulu tangkis

Teknik Dasar Permainan Sepak Bola

Sumber : mancity.com

Teknik-teknik dasar sepak bola mencakup teknik menggirin bola, teknik menendang bola, teknik mengoper bola dan masih banyak yang lainnya. Berikut teknik dasar permainan sepak bola yang wajib dikuasai sebelum bermain sepak bola.

1. Teknik Menggiring Bola (dribbling)

Teknik menggiring bola adalah teknik membawa bola, mengontrol bola dan mengatur arah lajunya bola. Dribbling dalam sepak bola sangat perlu dikuasai oleh setiap pemain. Karena, dribbling akan selalu dilakukan sepanjang jalannya permainan.

a. Speed Dribbling dan Closed Dribbling

Dalam teknik dribbling ada yang namanya speed dribbling dan closed dribbling. Speed dribbling adalah menggiring bola, lalu membuang bola ke depan dan kamu mengejarnya. Sementara closed dribling adalah menggiring bola dengan hati-hati dan dapat dilakukan ketika sedang dihimpit pemain lawan.

b. Dribbling Dengan Kaki Bagian Dalam

Cara melakukan dribbling dengan kaki bagian dalam bisa dimulai dengan mendorong bola ke depan menggunakan kaki bagian dalam. Lalu lakukan terus menerus.

c. Dribbling Dengan Kaki Bagian Luar

Sebaliknya, untuk melakukan dribbling dengan kaki bagian luar dimulai dengan mendorong bola ke depan menggunakan kaki bagian luar dan lakukan secara terus menerus.

d. Dribbling Dengan Punggung Kaki

Taruh bagian depan kaki di ujung bawah bola. Mulai dorong bola dengan menggunakan punggung kaki dan lakukan secara terus menerus.

2. Teknik Menendang Bola (shooting)

Teknik dasar permainan sepak bola yang wajib dikuasai selanjutnya adalah teknik menendang bola atau shooting. Shooting berguna untuk membobol gawang lawan dan untuk mencetak skor lalu memenangkan pertandingan. Selain itu, menendang bola juga berguna untuk melakukan operan atau passing.

Ada 3 teknik menendang bola yang bisa digunakan, yaitu teknik shooting dengan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar dan punggung kaki. Ketika akan melakukan tendangan, fokuskan pandangan pada sisi gawang yang menjadi target tendangan. Posisikan badan dan juga taruh satu kaki tumpuan di samping bola.

Selanjutnya, ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang, fokuskan tenaga pada bagian telapak kaki dan penglihatan menuju arah yang ditargetkan.

3. Teknik Mengoper Bola (passing)

Passing merupakan salah satu teknik dasar permainan sepak bola yang paling penting. Permainan sepak bola terdiri dari 11 pemain. Kamu tidak bermain sendirian dan harus bekerja sama dengan rekan satu tim. Oleh karena itu, diperlukan teknik mengoper bola. Ada 3 jenis passing yang umum diketahui, yaitu passing pendek, passing jauh atau through pass dan passing jauh atau yang biasa disebut juga umpan lambung.

Untuk melakukan passing, fokus pada pemain yang akan dioper. Ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang dan tendang bola menuju pemain tersebut. Sesuaikan tenaga dengan jarak pemain yang akan menerima passing.

4. Teknik Menghentikan Bola

Teknik menghentikan bola berguna untuk menerima operan yang datang dari rekan satu tim. Teknik menghentikan bola bisa menggunakan kaki, dada, atau paha. Jika dengan menggunakan kaki, bisa menggunakan kaki bagian dalam, luar, punggung kaki atau telapak kaki.

Baca juga: Teknik dasar permainan bola basket

Untuk menghentikan bola menggunakan kaki, sesuaikan arah datangnya bola dengan bagian kaki yang akan menerimanya. Sementara ketika menggunakan dada, posisikan badan sebaik mungkin, maju atau mundurkan badan. Lalu, lebarkan tangan dan dada, dan terima bola dengan dada.

5. Teknik Menyundul Bola (heading)

Teknik menyundul bola berguna ketika kamu tidak bisa menggapai bola yang terlalu tinggi. Teknik menyundul bola bisa digunakan baik untuk membobol gawang lawan maupun melakukan passing. Atur posisi badan terlebih dahulu sebelum menyundul bola dan diperlukan timing yang pas untuk melompat dan menyundul bola. Gunakan bagian dahi untuk menyundul bola, bukan ubun-ubun agar bola dapat terarah dengan baik.

6. Teknik Merebut Bola (intercepting)

Untuk merebut bola dari lawan, diperlukan kemampuan membaca pergerakan lawan. Selain itu, teknik merebut bola juga dapat dilakukan dengan menghentikan dan memotong laju umpan lawan lalu mengontrol bolanya. Seharusnya, semua pemain dalam tim dapat dengan baik melakukan teknik dasar sepak bola yang satu ini.

7. Teknik Menyapu Bola (sliding tackle)

Teknik menyapu bola juga sering disebut sebagai sliding tackle, berguna untuk bertahan dari serangan lawan. Teknik ini merupakan teknik dasar permainan sepak bola terutama untuk para pemain bertahan. Tetapi, teknik ini beresiko besar. Jika tidak dilakukan dengan baik, kamu berpotensi mencederai pemain lawan dan mendapatkan kartu kuning atau merah.

Diperlukan timing yang sangat tepat untuk melakukannya. Kamu perlu menyesuaikan kecepatanmu dengan lawan, lalu jatuhkan badan dan luruskan 1 kaki untuk menghadang bola.

8. Teknik Lemparan ke Dalam

Teknik lemparan ke dalam akan digunakan ketika terjadi out atau bola keluar dari lapangan. Berdiri di tempat bola keluar, lalu pegang bola dengan kedua tangan di atas kepala dan lemparkan bola kembali ke lapangan ke sesama rekan tim.

9. Teknik Menangkap Bola (goalkeeping)

Teknik menangkap bola diperuntukkan bagi pemain yang akan menjadi penjaga gawang atau keeper. Seorang penjagwa gawang harus mempunyai reflek yang cepat untuk menangkis dan menangkap bola yang ditendang oleh lawan. Selain itu, penjaga gawang juga harus mempunyai tendangan yang kuat agar bisa memberi umpan kepada teman satu tim yang jauh.

10. Teknik Juggling Bola

Dan teknik dasar sepak bola yang terakhir adalah juggling bola. Teknik ini digunakan untuk memperlihatkan kelihaian dalam mengontrol bola. Selain itu, teknik juggling bola juga bisa digunakan untuk menipu lawan.

Baca juga: Teknik dasar permainan bola voli

Untuk melakukan juggling, tarik bola dengan telapak ke arah ujung kaki. Ketika bola menyentuh ujung kaki, angkat kaki agar bola juga ikut terangkat ke atas. Mulai mainkan bola dengan mendorong dan menendangnya ke atas. Fokus dan usahakan sebaik mungkin agar bola tidak jatuh.

Nah, itulah tadi 10 teknik dasar permainan sepak bola, semoga Anda paham dan dapat mempraktekkan teknik-teknik sepak bola tersebut. Terima kasih telah membaca di sudutsekolah.com.