Pengertian, sejarah, gaya, teknik dasar lompat jauh
Pengertian, sejarah, gaya, teknik dasar lompat jauh

Teknik Dasar Lompat Jauh: Pengertian, Sejarah, dan Gaya Lengkap

Diposting pada

Teknik dasar lompat jauh – Lompat jauh merupakan salah satu materi mata pelajaran olahraga atau penjaskes di sekolah. Lompat jauh juga merupakan salah satu jenis cabang olahraga atletik bersama dengan lompat tinggi. Diperlukan teknik-teknik dasar lompat jauh untuk melakukan olahraga lompat jauh ini. Berikut materi lengkap lompat jauh, dari pengertian lompat jauh, sejarah lompat jauh sampai gaya lompat jauh.

Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh
Sumber: https://elitetrack.com/

Lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan dengan menggunakan tolakan satu kaki agar bisa melayang dengan cepat di udara dan mendarat dengan jarak sejauh-jauhnya. Lompat jauh merupakan salah satu dari berbagai macam cabang olahraga atletik yang sering dilombakan dalam kompetisi kelas deunia, termasuk olimpiade.

Pengertian lompat jauh juga dapat diperoleh dari nama cabang olahraga itu sendiri. Yang berarti lompat dengan jarak sejauh-jauhnya dari titik tolakan.

Jarak lompat jauh diukur dari mulai papan tolakan sampai batas terdekat dengan posisi titik pendaratan bagian tubuh peserta.

Baca juga: Permainan bola besar

Diperlukan kemampuan untuk melakukan lompat jauh dengan hasil lompatan yang baik. Peserta harus memiliki kecepatan, kekuatan dan juga keseimbangan yang cukup.

Sejarah Lompat Jauh

Sejarah lompat jauh dimulai pada 13 abad yang lalu. Dulu, diadakan sebuah olimpiade di Yunani kuno pada tahun 708 masehi dan olahraga lompat jauh muncul pada olimpiade tersebut. Sejarah juga mencatat lompat jauh dimunculkan oleh peserta Sparta yang berhasil melakukan lompatan sejauh kurang lebih 7,05 meter.

Event dalam olimpiade kuno itu awalnya digunakan untuk latihan militer. Olahraga lompat jauh dipercaya dapat meningkatkan ketangkasan para tentara ketika melewati parit atau jurang.

Karena mengalami berbagai perkembangan, teknik dasar lompat jauh zaman dulu dan sekarang sudah mengalami perubahan yang cukup besar. Dulu, start lompat jauh dimulai dengan lari pendek dan para peserta harus membawa beban (dikenla dengan nama halteres) di kedua tangannya dengan berat 1-4,5 kg.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik dasar lompat jauh ada 4, yaitu dimulai dari awalan, tolakan, melayang di udara dan pendaratan. Kamu perlu menguasai 4 teknik dasar ini juga ingin melakukan olahraga lompat jauh dengan baik. Berikut teknik-teknik dasar lompat jauh.

1. Awalan

Teknik lompat jauh yang pertama adalah awalan. Pada teknik awalan, kamu diharuskan berlari dari lari dengan perlahan ke lari cepat. Kamu harus dapat mengendalikan tubuh pada saat berlari dan pastikan juga bahwa kamu dapat melakukan tolakan. Jangan sampai kamu berlari melewati garis tolakan yang sudah ditentukan dan tidak melakukan tolakan.

Kamu harus siap mengganti kecepatan lari dari gerak cepat menjadi gerak untuk melakukan tolakan dengan langkah terakhir yang pendek. Hal ini kamu lakukan dalam 3-5 langkah terakhir pada saat berlari.

2. Tolakan

Tolakan mempunyai pengaruh besar dalam menentukan seberapa jauh lompatan yang akan diperoleh. Tolakan yang baik memerlukan kecepatan, kekuatan serta koordinasi gerak tubuh yang sesuai. Pada saat melakukan tolakan, tekuk kaku sedikit, menapakkan kaki dan luruskan tungkai kaki untuk lepas landas. Tolakan dilakukan dengan satu kaki tumpuan terkuat.

Berikut cara melakukan tolakan yang baik.

  1. Ayunkan paha dan juga kaki dalam posisi yang horizontal, pertahankan itu.
  2. Luruskan persendian mata kaki, lutut dan juga pinggang ketika akan melakukan tolakan.
  3. Bertolak ke depan dan ke atas.
  4. Sudut tolakan yang baik adalah 45 derajat.

3. Melayang di Udara

Teknik dasar lompat jauh selanjutnya setelah melakukan tolakan adalah melayang di udara. Ketika melayang di udara, pastikan bahwa keseimbangan badan tetap di jaga. Salah satu trik yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan pada saat melayang di udara adalah dengan menggerakkan kaki seperti berjalan. Dengan melakukan gerakan seperti berjalan akan mempermudah dan mempersiapkan badan untuk melakukan pendaratan.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melayang di udara.

  • Tetap jaga keseimbangan tubuh
  • Pastikan tekanan udara sekecil mungkin
  • Melayang di udara selama mungkin
  • Mempersiapkan kaki untuk mendarat

4. Pendaratan

Dan teknik dasar lompat jauh yang terakhir adalah pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan cara menundukkan kepala, mengayunkan lengan dan membawa pinggan ke depan. Lakukan pendaratan sejauh mungkin dari titik tolakan.

Pendaratan yang baik dipengaruhi oleh beberapa hal berikut ini.

  • Penentuan irama pada saat lari awalan
  • Penentuan jarak dan kemampuan melakukan tolakan yang baik
  • Kemampuan gerak melayang di udara
  • Kemampuan gerak untuk melakukan pendaratan

Gaya Lompat Jauh

Ada 3 gaya yang umum diketahui dalam cabang olahraga lompat jauh. Gaya-gaya tersebut dilakukan pada saat sedang berada di udara. Berikut gaya-gaya lompat jauh.

1. Ortodok (gaya jongkok)

Gaya Lompat Jauh Jongkok
Sumber : yuksinau.id

Gaya ortodok atau gaya jongkok sering digunakan ketika ingin memperoleh kecepatan maksimum pada saat akan melakukan lompatan. Ketika melakukan tolakan, lakukan dengan tumpuan kaki yang paling kuat. Pada saat mulai melayang di udara, tekuk lutut ke atas. Dan awali pendaratan dengan tumit kaki yang sedikit ditekuk.

2. Schnepper (gaya menggantung)

 

Gaya Lompat Jauh Menggantung
Sumber : yuksinau.id

Gaya menggantung menjadi gaya yang paling umum digunakan. Gaya ini dilakukan layaknya orang yang sedang menggantung pada saat di udara. Kaki diayunkan ke belakang dan ke depan bersamaan dengan kedua lengan. Dan pada saat pendaratan, kedua kaki diluruskan dengan tumi yang mendarat terlebih dahulu.

3. Walking in the air (gaya berjalan di udara)

Gaya Lompat Jauh Melayang di Udara
Sumber : yuksinau.id

Gaya berjalan di udara menjadi populer karena sering dipakai oleh para atlet. Untuk melakukan gaya berjalan di udara dalam lompat, pada saat akan melakukan tolakan, turunkan pinggang sedikit, ayunkan paha dan kaki secara bebas, luruskan sendi lutut, mata kaki dan pinggang ketika melakukan tolakan.

Baca juga: Teknik dasar sepak bola

Pada saat melayang di udara, lakukan gerakan berjalan seperti di atas tanah. Dan pendaratannya, tarik lengan dan tubuh ke bawah dan depan sementara kaki diulurkan sesaat.

Itulah pembahasan lengkap tentang pengertian, sejarah, gaya, dan teknik dasar lompat jauh secara lengkap. Jangan lupa cek juga teknik dasar bulu tangkis dan artikel olahraga lainnya di Sudutsekolah. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat untuk kita semua.