Teknik dasar bulu tangkis

14 Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Gambar Lengkap

Diposting pada

Teknik dasar bulu tangkis – Bulu tangkis merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat diminati dan populer. Bahkan, Indonesia terkenal dengan atlet-atlet bulu tangkisnya yang mendunia. Sama halnya dengan cabang olahraga lainnya, bulu tangkis juga memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai.

Baik hanya ingin sekadar bermain atau ingin menjadi atlet bulu tangkis, seseorang harus mengetahui teknik dasar bulu tangkis terlebih dahulu.

Jika kamu ingin menjadi seorang atlet bulu tangkis, salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan mempelajari teknik dasar bulu tangkis beserta gambar. Karena dengan adanya gambar, maka teknik dasar bulu tangkis dapat dipelajari dengan lebih jelas.

Baca juga: Teknik dasar bola basket

14 Teknik Dasar Bulu Tangkis Beserta Gambar

Sumber : eurosport.com

Setidaknya ada 14 teknik dasar bulu tangkis yang umum diketahui. Dan teknik dasar bulu tangkis dibagi menjadi beberapa bagian, ada teknik teknik memegang raket, teknik footwork dan lain sebagainya. Berikut penjelasan teknik dasar bulu tangkis singkat.

Teknik Memegang Raket (Grip)

Ada 4 macam teknik memegang raket dalam bulu tangkis. Biasanya, teknik memegang raket yang dipakai disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pemainnya. Berikut 4 teknik memegang raket bulu tangkis.

1. Forehand Grip

Teknik forehand grip adalah teknik memegang raket bulu tangkis yang paling umum dan paling banyak digunakan. Teknik forehand grip bisa dengan menggunakan tangan kanan dan kiri. Teknik ini juga merupakan teknik memegang raket yang paling disarankan untuk pemula. Berikut teknik forehand grip.

  1. Pegang raket dengan posisi kepala raket menyamping.
  2. Posisi tangan seperti berjabat tangan.
  3. Terdapat jarak antara ibu jari dan telunjuk yang berbentuk seperti huruf “V”.
  4. Keempat jari lainnya menggenggam raket.

2. Backhand Grip

Kebalikan dari forehand grip. Namun, sama seperti forehand grip, teknik backhand grip bisa menggunakan tangan kanan maupun kiri. Berikut teknik backhand grip dalam memegang raket.

  1. Pegang raket dengan posisi kepala raket miring.
  2. Posisi ibu jari berada di belakang pegangan, sementara keempat jari lainnya menggenggam raket dan berada di bagian depan.

3. American Grip

Teknik american grip efektif ketika akan melakukan smash. Teknik ini juga sering digunakan untuk melawan serangan-serangan atas karena mudah diarahkan. Berikut cara melakukan teknik american grip.

  1. Pegang raket layaknya memegang alat pemukul kasur.
  2. Posisi ibu jari dan telunjuk menempel pada bagian pegangan raket.

4. Combination Grip

Teknik combination grip adalah teknik gabungan atau teknik kombinasi dari teknik memegang raket yang lainnya. Jadi, kamu cukup mengkombinasikan ketiga teknik memegang raket bulu tangkis yang lain.

Teknik Gerakan Kaki (footwork)

Teknik gerakan kaki atau footwork dalam bermain bulu tangkis sangat vital dan penting. Teknik ini termasuk teknik dasar bulu tangkis singkat yang wajib dikuasai. Pemain harus dapat menggunakan kakinya seefektif mungkin. Kelincahan sangat diperlukan. Teknik gerakan kaki berguna untuk menjangkau kok yang jauh dengan sigap dan melakukan serangan-serangan dengan cepat.

Teknik Memukul

Ada beberapa teknik pukulan dalam bulu tangkis. Berikut teknik dasar bulu tangkis singkat bagian pukulan.

1. Drive

Teknik pukulan drive adalah memukul kok dengan cepat dan datar. Teknik ini sering dipakai dalam permainan ganda. Tujuan dari teknik drive adalah untuk menghentikan serangan lawan dan memaksa mereka untuk bertahan. Diperlukan kekuatan bahu dan pergelangan yang kuat dalam melakukan teknik ini.

2. Netting

Teknik pukulan netting adalah memukul kok dengan standar kekuatan yang halus dan sedekat mungkin dengan daerah net lawan. Ketika kok dipukul halus dan hati-hati bisa melintir tipis dan akan sangat dekat dengan net sehingga lawan lebih susah untuk mengembalikannya.

3. Overhead

Teknik pukulan overhead adalah memukul kok ketika posisinya berada di atas kepala. Teknik ini cukup susah untuk dilakukan. Tetapi, ketika berhasil maka akan sangat mematikan.

4. Smash

Teknik pukulan smash adalah memukul kok dengan lompatan yang tinggi ketika kok datang dari atas dan dengan kekuatan penuh. Kok diarahkan menuju bawah area lawan. Ketajaman dan kecepatan kok ditentukan pada seberapa kuat saat memukul kok. Pukulan smash merupakan pukulan yang harus dikuasai oleh setiap atlet bulu tangkis karena sifatnya yang menyerang dan bisa mematikan lawan.

5. Dropshot

Teknik pukulan dropshot adalah memukul kok layaknya pukulan smash, tetapi dilakukan dengan halus dan lembut. Tidak dropshot mengarahkan kok jatuh secara lembut di dekat net lawan. Teknik ini sering digunakan untuk mengecoh lawan, karena gerakannya yang hampir sama seperti teknik smash sehingga ketika lawan mundur tidak dapat menjangkau kok yang jatuh di dekat net. Mempelajari teknik dropshot tidak mudah dan harus dilakukan secara terus menerus karena memerlukan ketelitian yang tinggi untuk mengarahkan kok.

Teknik Servis

Teknik servis merupakan teknik awal yang harus dikuasai. Ada 3 jenis teknik servis.

1. Servis Forehand Pendek

Teknik servis forehand pendek adalah teknik melakukan servis dengan menggunakan sedikit tenaga dan ayunan raket tidak terlalu kuat. Posisi jatuhnya kok tidak jauh dari net dan di depan area lawan.

2. Servis Forehand Tinggi

Teknik servis forehand tinggi adalah teknik melakukan servis dengan menggunakan tenaga penuh. Kok akan terbang melewati tubuh lawan dan jatuh di area belakang lawan.

3. Servis Backhand

Teknik servis backhand adalah teknik melakukan servis dengan backhand grip, tenaga yang sedang dan ayunan raket yang sedang juga. Kok akan jatuh di area garis serang lawan dan sebisa mungkin melayang dekat dengan net.

Teknik Posisi Badan

Di dalam lapangan, selain kelincahan, keseimbangan badan juga harus diperhatikan. Berikut teknik-teknik posisi badan dalam permainan bulu tangkis.

  1. Kedua kaki ditekuk dibuka selebar bahu.
  2. Badan berumpu pada kedua kaki, baik saat menyerang maupun bertahan.
  3. Posisi kaki bisa sejajar, atau salah satu berada di depan.
  4. Lengan yang tidak memegang raket berada di samping badan agar tangan yang memegang raket dapat bergerak bebas.

Baca juga: Teknik dasar bola voli

Dengan mempelajari teknik bulu tangkis beserta gambar di atas, maka kemampuan kamu dalam bermain bulu tangkis akan lebih baik, tentunya dengan banyak latihan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa di share ke teman-teman Anda, terima kasih telah membaca di Sudutsekolah.com.