Gambar teknik dasar bola basket

5 Teknik Dasar Bola Basket Dan Penjelasannya Serta Cara Melakukannya

Diposting pada
No ratings yet.

Teknik dasar bola basket – Siapa yang tidak tahu tentang olahraga bola basket? Bola Basket adalah permainan yang dimainkan 2 tim dengan masing-masing tim adalah 5 orang. Tim dikatakan menang apabila dapat memasukkan bola ke dalam ring.

Luas lapangan bola basket ini tergolong kecil yaitu 29 m x 15 m. Tentu untuk memainkan bola basket juga diperlukan teknik dasar permainan bola basket. Dan pada artikel kali ini akan membahas lengkap tentang teknik dasar bola basket beserta penjelasannya.

Baca juga: Peraturan permainan bola basket

Selain harus menguasai teknik dasar bola basket, pemain juga harus mengetahui cara melakukannya juga. Kaerna teknik yang sempurna menghasilkan lemparan yang sempurna pula sehingga permainan tim Anda akan terlihat sangat apik. Tak dipungkiri dengan menguasai teknik dasar bola basket maka kamu bisa mengikuti kejuaraan maupun sebuah perlombaan cabang bola basket.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

A. Passing

Teknik dasar bola basket passing
Gambar teknik bola basket passing via http://www.stack.com/

Teknik dasar bola basket yang pertama dan termudah adalah passing. Passing bisa disebut juga mengumpan ataupun membagi bola ke rekan 1 tim. Ada juga orang yang menyebutnya dengan “mengoper”. Teknik ini tergolong sangat penting karena jika Anda dapat membagi bola Anda ke rekan Anda dengan tepat maka risiko kehilangan bola akan sangat minim.

Baca juga: Teknik dasar permainan bola voli

Apalagi dalam kondisi menyerang secara cepat maka diperlukan passing bola yang cukup tepat dan akurat. Dengan adanya umpan-umpan maka bisa jadi lawan Anda dapat terkecoh dengan taktik yang dibuat tim Anda dalam hal menyerang. Passing juga dibagi lagi menjadi beberapa teknik yaitu:

1. Chest Past

Passing yang satu ini sering disebut dengan passing dada atau operan dada. Cara melakukan passing ini cukup mudah yaitu pegang bola sejajar dengan dada Anda, pegang bola dengan ibu jari di belakang dan jari lainnya menyebar ke permukaan bola lainnya. Kemudian lemparkan bola lurus ke depan dengan kekuatan siku dan jari Anda. Teknik ini tergolong teknik passing yang paling mudah dan simple dilakukan.

2. Bounce Pass

Dari namanya mungkin rekan-rekan sudah tahu bahwa teknik passing ini dilakukan dengan cara memantulkan bola ke bawah untuk mengoper bola ke temen 1 team Anda. Lemparan ini dapat memanfaatkan lantai atau lapangan sehingga dapat mengecoh lawan anda.

Cara melakukan passing ini dengan cara memegang bola pada permukaan agak atas dan belakang. Lemparkan bola ke bawah dengan kekuatan tangan dan jari Anda. Anda juga harus memperhitungkan sudut lempar bola ke lantai apakah akan lebih datar atau bisa jadi lebih tinggi hasilnya.

3. Over Head Pass

Over head pass adalah teknik passing dalam bola basket dimana bola yang dioperkan berada pada posisi di atas kepala kita. Jadi teknik ini dipergunakan jika lawan Anda lebih pendek-pnedek dari Anda, maka teknik ini mungkin akan sedikit efektif dilakukan.

Cara melakukan teknik passing ini adalah dengan cara memegang bola diatas kepal dan dapat juga menjulurkan tangan dalam keadaan benar-benar tegap. Kemudian ayunkan tangan ke belakang dilanjutkan lemparan bola ke depan dengan kedua tangan sekaligus.

4. Under Pass

Teknik passing kali ini adalah saat posisi bola sepinggang kemudian Anda lemparkan ke rekan Anda di posisi lainnya. Jadi berbeda dengan over head dan chest pass yang dimana bola pada keadaan agak ke atas daripada badan kita.

5. Hook Pass

Teknik passing hook dilakukan dengan satu tangan yang pada umumnya teknik passing yang lain yaitu dengan 2 tangan. Lemparan dengan satu tangan dengan bentuk menyerupai kail pancing sehingga passing ini disebut dengan hook pass.

Cara melakukan teknik dasar bola basket ini adalah memegang bola dengan satu tangan (tangan terkuat) lalu ayunkan tangan ke belakang dilanjutkan lemparan dengan satu tangan dan diakhiri dengan pergelangan mengarah ke bawah sehingga membentuk seperti kail pancing yang terbalik.

B. Dribling

Teknik dasar bola basket dribling
Gambar teknik bola basket dribling via http://www.stack.com/

Dribling adalah teknik membawa atau menggiring bola untuk dibawa ke area lawan. Teknik dribling tak kalah penting dengan passing. Jika teknik passing memerlukan kerjasama antar pemain maka dribling ini lebih mengarah ke skill individu untuk mengelabuhi musuh Anda. Semakin cerdik Anda dalam melakukan dribling maka Anda dapat mengecoh lawan sehingga Anda dapat sampai ke garis pertahanan lawan. Ada 2 teknik dribling:

1. Dribble Rendah

Teknik ini dilakukan dengan cara memantul mantulkan bola kebawah dengan posisi bawan agak membungkuk kebawah dan memantulkan bola hanya setinggi lutut anda. Teknik ini biasa dipergunakan jika anda berhadapt-hadapan dengan lawan anda ketika ingin masuk ke zona lawan anda.

2. Dribble Tinggi

Teknik drible tinggi dilakukan bersamaan denga berlari maupun berjalan cepat. Pantulan dari dribbel ini cukup tinggi yaitu antara sepinggang anda dan setinggi dada. Teknik ini dapat dipergunakan untuk serangan cepat atau bisa saat mengcounter lawan anda secara cepat.

C. Pivot

Teknik dasar bola basket pivot
Gambar teknik bola basket pivot via http://www.hoopskills.com/

Teknik dasar bola basket yang ketiga adalah pivot. Teknik pivot biasanya dilakukan dengan kombinasi dribling. Jadi saat melakukan dribling Anda juga dapat melakukan gerakan pivot atau memutar. Teknik pivot ini adalah suatu gerakan memutar badan untuk mengelabuhi musuh dalam menghadang laju bola yang kita bawa selain dengan cara mengumpan bola ke teman Anda.

Usahakan dalam melakukan pivot atau putaran bada Anda menggunakan tumpuan kaki terkuat Anda. Yang terpenting saat melakukan gerakan ini kaki yang digunakan untuk tumpuan tidak bergeser.

D. Shooting

Teknik dasar permainan bola basket shooting
Gambar teknik permainan bola basket shooting via http://www.stack.com/

Selain dalam permainan sepak bola dalam basket pun juga terdapat teknik shooting yaitu teknik untuk memasukkan bola kedalam ring. Teknik ini akan sangat berguna jika terdapat pelanggaran sehingga mendapatkan 2 lemparan bebas untuk masing-masing 1 point jika masuk.

Jika ada seseorang yang sangat akurat dalam melakukan shooting maka dia dapat melakukan 3 point dengan cara melempar bola dari bagian terluar setengah lingkaran dalam lapangan bola basket. Teknik shooting ini juga masih dibagi menjadi beberapa teknik yaitu:

  1. Teknik Set Shoot (Menembak dengan 2 tangan)
  2. Teknik Jump Shoot (Menembak bola dengan disertai lompatan)
  3. Teknik Set Shoot (Diam di tempat dan melakukan tembakan dengan 2 tangan)
  4. Teknik Lay Up (Gerakan berlari kemudian melompat untuk memasukkan bola)

E. Rebound

Jika keempat teknik dasar bola basket di atas dipergunakan untuk menyerang lawan maka teknik yang satu ini adalah teknik untuk bertahan dan mengcounter lawan Anda. Teknik rebound adalah teknik merebut bola dari lawan Anda baik dari pantulan bola, passing maupun orang yang sedang melakukan dribling dan pivot.

Teknik ini tergolong penting karena Anda juga harus dapat bertahan selain hanya menyerang saja. Jadi jika bola dari lawan dapat Anda rebut maka otomatis lawan Anda akan turun ke daerahnya dan melakukan defend untuk timnya.

Nah dengan adanya penjelasan di atas diharapkan rekan-rekan dapat menambah ilmu tentang teknik dasar bola basket. Semoga dengan membaca tulisan di atas dapat memperbaiki kesalahan Anda dalam melakukan berbagai teknik dasar permainan bola basket.

Nah bagi Anda yang kemarin bermain bola basket hanya dengan menonton cara bermain maka dengan membaca ini Anda dapat mengerti fungsi/kegunaan dari berbagai teknik yang ada. Terima kasih.

Jangan lupa tonton juga video berikut ini guna mengetahui teknik dasar bola basket dan cara melakukannya. Selamat menonton.

Silahkan berikan rating