[TERLENGKAP] Susunan Acara Pernikahan Akad & Resepsi

Diposting pada

Susunan acara pernikahan – Halo sahabat Sudut Sekolah, kemarin kita telah membahas seputar pernikahan yaitu syarat nikah siri dan tujuan pernikahan dalam Islam. Nah, setelah membahas itu semua pada kali ini kita akan membahas mengenai susunan acara pernikahan akad dan resepsi.

Menikah merupakan hal yang sangat membahagiakan untuk hidup kita. Karena satu kali seumur hidup Anda hanya akan melangsungkan pernikahan tersebut nantinya. Tentu dalam melangsungkan acara pernikahan maka Anda akan mempersiapkan segala hal selama berbulan-bulan dengan sangat antusias. Dan setelah Anda melakukan persiapan yang di tunggu-tunggu maka kini saatnya hari yang di tunggu tekah tiba.

Baca juga: Syarat nikah siri

Hari tersebut adalah hari dimana akad nikah di dalam pernikahan yang yang dilakukan sedang berlangsung. Tentu bagi kedua mempelai hal ini merupakan hal yang sangat luar biasa untuk hidup kedua mempelai. Karena setelah acara pernikahan selesai maka tentunya kedua mempelai akan menjadi sah. Dan tentu babak kehidupan yang baru antara kedua mempelai telah dimulai dan itu merupakan hal yang paling di tunggu.

Terlepas dari itu semua tentunya untuk memperlancar acara pernikahan maka Anda perlu untuk menyusun acara sebaik mungkin. Tujuan dari pembuatan susunan acara pernikahan yang sebaik mungkin adalah agar pernikahan nantinya sesuai dengan yang diinginkan. Karena penentu dari keberhasilan dalam suatu acara adalah bagaimana menyiapkan susunan acara yang sebaik mungkin. Tentu saat Anda melakukannya dengan baik maka acara tersebut akan berjalan dengan lancar nantinya.

Susunan Acara Pernikahan Untuk Akad Nikah

Final Checking

Susunan acara pernikahan pada saat akad, yang harus dilakukan sebelum acara dimulai adalah semua rombongan sudah berada di tempat acara. Dan tentunya keluarga dari pihak wanita sudah harus berada di dalam ruangan untuk kemudian menyambut kedatangan mempelai pria beserta keluarganya.

Pembukaan

Setelah semuanya siap maka acara pembuka akan dimulai dengan panduan dari MC selaku pemandu acara tersebut. Tentunya dalam alur susunan acara yang seperti ini akan ada sambutan-sambutan yang diberikan oleh beberapa pihak. Dan setelah itu barulah rombongan keluarga dari mempelai pria mulai memasuki ruang akad yang akan dilakukan. Setelah sampai didalam tentunya antara keluarga kedua mempelai saling memberikan sambutan satu dengan yang lainnya.

Seserahan

Pada susunan acara pernikahan dalam akad nikah yang satu ini tentunya ibu mempelai pria menyerahkan seserahan yang merupakan simbolis kepada ibu mempelai wanita. Dan di samping itu juga ayah beserta ibu dari mempelai wanita akan mengalungkan bunga melati kepada mempelai pria.

Acara Inti

Susunan acara pernikahan yang satu ini merupakan acara inti, yaitu saat yang paling ditunggu-tunggu oleh kedua mempelai. Ya, tentu saja acara tersebut adalah acara ijab qabul dimana didalamnya akan terdapat pembacaan ayat Alqur’an terlebih dahulu. Sebelum kemudian ijab qabul dilakukan oleh mempelai pria dan setelah selesai maka kedua mempelai akan sah menjadi suami istri nantinya.

Nasihat dan Doa

Setelah acara ijab qabul selesai dilakukan maka selanjutnya adalah acara pemberian nasihat serta doa yang dilakukan oleh penghulu ataupun pihak lain yang bersedia. Setelah acara selesai maka akan terdapat sesi bersalaman dan foto bersama yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Nah, itulah tadi seluruh susunan acara pernikahan untuk akad nikah, semoga dapat menjadi referensi Anda, nah berikut ini mari kita bahas apa saja susunan acara pernikahan untuk resepsi pernikahan.

Susunan Acara Pernikahan Untuk Resepsi Pernikahan

Acara Hiburan

Pada susunan acara pernikahan yang satu ini tentunya dimulai 30 menit sebelum acara resepsi dimulai. Dalam susunan acara satu ini dilakukan dengan diisinya hiburan dari kedua mempelai baik acara menyanyi atau lain sebagainya.

Pembukaan

Susunan acara pernikahan yang selanjutnya tentu adalah pembukaan yang di pandu oleh MC yang menandakan bahwa acara sudah dibuka. Dan dalam hal ini kedua mempelai beserta keluarga besar sudah harus siap untuk memasuki acara.

Adanya Kirab Pengantin

Dalam susunan acara pernikahan yang satu ini seluruh rombongan memasuki ruangan resepsi pernikahan yang telah tersedia. Saat acara tersebut dimulai tentunya ada iringan musik adat yang akan mengiringi mereka untuk sampai di tempat resepsi. Disamping itu MC terus memandu acara sampai kirab itu berakhir dengan duduknya pengantin di kursi pelaminan nantinya.

Sesi Foto Bersama

Dalam sesi foto ini fotografer akan mengambil foto dari kedua mempelai yang sudah sampai di atas pelaminan nantinya. Selain itu juga dalam sesi ini keluarga yaitu ayah dan ibu kedua mempelai akan diminta untuk mengikuti sesi foto yang dilakukan oleh fotografer tersebut tentunya. Acara ini tentunya khusus dilakukan untuk mendapatkan posisi serta hasil foto yang bagus selama acara berlangsung. Karena saat acara telah dimulai maka akan banyak sekali tamu yang hadir sehingga mereka akan memiliki sedikit kesempatan untuk berfoto.

Sambutan

Pada susunan acara pernikahan yang selanjutnya ini, perwakilan dari kedua keluarga mempelai akan saling memberikan sambutan antara satu dengan yang lain. Didalam adat Jawa, acara ini dinamakan sebagai acara lamaran dimana kedua keluarga tersebut saling menitipkan anaknya. Dan tentunya didalam sambutan-sambutan tersebut akan terdapat pesan khusus yang tersampaikan.

Doa

Acara selanjutnya adalah acara doa yang juga dilakukan sebagai susunan acara pernikahan yang memasuki akhir acara. Dimana MC akan memandu doa penutupan dari resepsi yang tengah berlangsung tersebut sebelum akhirnya di tutup. Yang kemudian acara resepsi tersebut dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Dimana dalam susunan acara pernikahan yang selanjutnya ini ada hiburan serta foto bersama dimana para tamu undangan kemudian memberikan ucapan selamat serta melakukan foto bersama.

Baca juga: Tujuan pernikahan dalam Islam

Mungkin itu saja yang bisa diulas dari artikel ini terkait dengan susunan acara pernikahan mulai dari akad nikah hingga acara resepsi. Semoga artikel ini nantinya bisa bermanfaat untuk Anda dan menjadi referensi bagi Anda yang ingin melakukan pernikahan. Lakukanlah acara pernikahan dengan sempurna karena hal tersebut hanya terjadi sekali seumur hidup.