Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui

20 Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

Diposting pada
No ratings yet.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui – Indonesia sangat kaya dengan keanekaragaman sumber daya alam (SDA). Sumber daya alam (SDA) adalah sesuatu yang berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Ada dua jenis SDA yaitu yang dapat diperbaharui dan SDA tidak dapat diperbaharui. Banyak sekali contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui berarti dapat digunakan terus menerus dan tidak akan habis karena jumlahnya yang sangat banyak dan mudah didapat. Salah satu contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah air, tanah, dan panas matahari.

Meskipun begitu masih banyak sekali contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui, diantaranya adalah sebagai berikut.

Contoh Sumber Daya Alam Yang Dapat Diperbaharui

1. Air

Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena reaksi hidrogen dengan oksigen sangat mudah terjadi hingga mengasikan H2O atau air. Selain itu, sebanyak 72% permukaan bumi ditutupi oleh air. Perkembangan teknologi membuat air apapun dapat dikonsumsi oleh manusia. Hal ini menyebabkan air termasuk SDA yang dapat diperbaharui.

Air adalah senyawa kimia berupa liquid yang terdiri dari hidrogen dan oksigen. Air sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup di bumi, tanpa air makhluk hidup akan mati. Air bisa digunakan untuk kebutuhan minum, mandi, pelarut, dan lain-lain. Dengan begitu, air merupakan sumber daya alam yang penting bagi makhluk hidup di bumi.

2. Tanah

Tanah merupakan komponen yang sangat penting bagi makhluk hidup di bumi. Pada dasarnya, tanah dijadikan tempat untuk berpijak dan beraktivitas bagi makhluk yang tidak dapat bernafas di air, seperti manusia.

Tanah juga dijadikan media tumbuhan dan berkembang oleh tumbuh-tumbuhan. Oleh karena itu tanah dimanfaatkan oleh manusia untuk bercocok tanam guna mendapatkan makanan dari tumbuhan. Tanah juga dapat dijadikan material untuk membangun rumah.

Tanah merupakan SDA yang dapat diperbaharui karena memiliki jumlah yang sangat banyak. Tanah yang biasa dimanfaatkan adalah tipe tanah gambut. Pengolahan tanah menjadi tanah gambut sangat mudah dilakukan, oleh sebab itu tanah diklaim merupakan sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui.

Baca juga: Contoh hewan herbivora

3. Angin

Angin memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Selain menyejukkan, angin bisa digunakan untuk sumber pembangkit listrik. Angin digunakan untuk memutar turbin agar generator dapat menghasilkan listrik.

Selain itu angin juga bermanfaat dalam penyerbukan tanaman. Angin juga berperan dalam membawa hujan. Jika tidak ada angin, hujan hanya akan terus terjadi di daerah pegunungan.

Angin merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena angin akan selalu ada. Angin tercipta karena perbedaan tekanan udara dan rotasi bumi. Selama bumi masih melakukan rotasi, angin akan tetap ada sehingga angin dikategorikan ke dalam SDA yang dapat diperbaharui.

4. Energi Matahari

Matahari adalah bintang yang merupakan pusat tata surya. Bumi mengitari matahari yang menyebabkan pergantian siang dan malam. Matahari memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup di bumi. Bagi manusia, matahari bisa digunakan untuk mengeringkan pakaian.

Selain itu matahari juga memiliki peran penting dalam proses fotosintesis tumbuhan. Fotosintesis adalah proses terciptanya buah oleh tumbuhan. Matahari juga dapat digunakan sebagai pembangkit listrik, sebagai penerangan, bahkan sebagai stimulus tulang.

Meskipun matahari suatu saat dapat padam, namun matahari dikategorikan sebagai sumber daya alam (SDA) yang dapat diperbaharui karena matahari dapat bersinar hingga milyaran tahun. Matahari ada karena reaksi fusi gas hidrogen dan helium yang menghasilkan energi yang sangat besar.

5. Ombak

Ombak adalah sumber daya alam yang dapat diperbaharui berupa gelombang laut yang begitu besar. Ombak terjadi karena tekanan angin dan pasang surut air laut akibat gravitasi bulan. Ombak memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Salah satu contoh adalah sebagai indikator kedalaman laut.

Manfaat lain dari ombak adalah potensi untuk dijadikan tenaga pembangkit listrik. Ombak juga sering digunakan sebagai sarana olahraga surfing. Selain itu, ombak juga berperan dalam proses pemecahan batu untuk menghasilkan pasir.

Selain manfaatnya yang begitu banyak, ombak merupakan SDA yang dapat diperbaharui. Ombak akan terus ada selama bulan dan angin ada. Oleh karena itu, ombak dikategorikan ke dalam SDA yang dapat diperbaharui.

6. Biomasa

Biomasa adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup yang sudah mati maupun masih hidup. Biomasa merupakan terobosan terbaru energi terbarukan. Wajar jika biomasa merupakan SDA yang dapat diperbaharui. Sama seperti SDA yang lainnya, biomasa juga memiliki banyak manfaat.

Dalam dunia industri biomasa sering dimanfaatkan dalam pembuatan bahan bakar organik yang ramah lingkungan. Biomasa juga bisa digunakan sebagai bahan pembangkit listrik yang sama dengan PLTU. Biasanya biomasa kebanyakan diolah menjadi biofuel.

7. Biofuel (Biogas)

Biofuel merupakan produk dari biomasa. Biofuel merupakan bahan bakar utama atau campuran bahan bakar. Salah satu contoh biofuel adalah gas organik yang didapat dari sisa-sisa tumbuhan yang selanjutnya dilakukan ekstrasi gas senyawa organik.

8. Batu

Batu adalah komponen padat yang menyusun lapisan litosfer bumi. Batu merupakan SDA yang dapat diperbaharui. Meskipun batu tidak dapat diciptakan sendiri, namun kapasitas batu di bumi begitu banyak. Batu memiliki beragam jenis dan beragam bentuk pula. Batu biasanya dimanfaatkan sebagai material bangunan.

Batu biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan material bangunan, bahan pembuatan kaca, bahan pembuatan keramik, dan campuran pembuatan logam.

9. Pasir

Pasir adalah hamburan dari batu kapur yang sering ditemukan di daerah tropis maupun subtropis. Umumnya, Material pembentuk pasir adalah silikon dioksida. Pasir memiliki banyak manfaat bagi manusia. Pasir merupakan SDA yang dapat diperbaharui karena memiliki jumlah yang sangat banyak.

10. Pupuk Kompos

Pupuk kompos adalah pupuk yang diciptakan dari kotoran hewan maupun tumbuhan yang sudah mati. Pupuk kompos digunakan manusia untuk bercocok tanam sebagai nutrisi tumbuhan. Pupuk kompos sangat mudah dibuat sehingga dikategorikan ke dalam SDA yang dapat diperbaharui.

11. Minyak Nilam

Minyak nilam adalah salah satu jenis minyak atsiri yang dihasilkan oleh tanaman nilam. Tanaman nilam merupakan komoditas unggulan nasional di Indonesia. Seperti SDA yang lainnya minyak nilam memiliki banyak manfaat. Minyak nilam bisa dijadikan pestisida bahkan dijadikan obat-obatan.

Pembuatan minyak nilam sangat mudah dan tanaman nilam juga tidak terlalu sulit ditemukan sehingga minyak nilam dikategorikan ke dalam SDA yang dapat diperbaharui.

12. Kain Wool

Tentu kita tidak asing lagi dengan kain wool. Kain wool adalah jenis kain yang dibuat dari bulu biri-biri atau domba. Kain wool sangat mudah dibuat dalam skala besar. Hewan yang menghasilkan kain wool juga mudah untuk dipelihara, hal ini menyebabkan kain wool sebagai SDA yang dapat diperbaharui.

13. Kain Sutra

Kain sutra adalah jenis kain yang berasal dari serat protein ngengat sutra. Kain sutra memiliki daya tarik tersendiri karena warnanya yang lebih berkilau dari kain lainnya. Ngengat sutra sangat mudah untuk diternak untuk membuat kain sutra.

14. Kapuk

Kapuk adalah bahan utama pembuatan kasur. Serat kapuk berasal dari tanaman kapuk randu. Tanaman kapuk randu sangat mudah tumbuh di daerah tropis maupun subtropis. Kapuk randu tidak perlu pengolahan khusus sehingga kapuk merupakan SDA yang dapat diperbeharui.

15. Cengkeh

Di Indonesia cengkeh diguanakan sebagai bahan utama pembuatan rokok kretek. Selain itu, cengkeh sering digunakan sebagai bahan masakan pedas di eropa. Cengkeh sangat mudah ditanam sehingga cengkeh merupakan SDA yang dapat diperbaharui.

16. Teh

Ketika udara terasa dingin meminum teh hangat adalah pilihan yang nikmat. Teh merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui karena mudah sekali dibudidayakan. Teh bisa diproduksi dengan skala yang besar. Terbukti bahwa teh hampir menjadi minuman keseharian.

17. Ayam

Ayam adalah hewan unggas yang memiliki banyak manfaat. Mungkin hampir setiap bulan kita sering mengonsumsi makanan yang berasal dari ayam. Ayam sangat mudah dibudidayakan sehingga dapat dikategorikan ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui.

18. Ikan

Ikan adalah salah satu hewan yang hidup di air. Ikan biasanya dimanfaatkan dagingnya untuk dimakan. Bukan hanya itu, di zaman yang sudah modern ini, tulang ikan juga dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi maupun sebagai pakanan ternak. Ikan sangat mudah dibudidayakan sehingga dikategorikan ke dalam sumber daya alam yang dapat diperbaharui meskipun tidak semua jenis ikan dapat dikonsumsi.

19. Bunga

Bunga yang memiliki aroma sedap memiliki manfaat sebagai pengharum ruangan. Bunga juga bisa dijadikan sebagai pengontrol hama tumbuhan. Variasi dan populasi bunga sangat banyak sehingga bunga dikategorikan ke dalam SDA yang dalam diperbaharui. Meskipun begitu, tidak semua jenis bunga dapat seenaknya dimanfaatkan. Bunga yang hampir langka tidak boleh dibudidaya secara sembarang.

20. Sebagian Besar Tumbuhan Dan Hewan

Sebagian besar tumbuhan dan hewan dapat dimanfaatkan dan merupakan SDA yang dapat diperbaharui. Namun hewan atau tumbuhan akan berubah status menjadi tidak dapat diperbaharui jika populasinya mendekati kepunahan.

Baca juga: Hewan karnivora

Sebenarnya masih banyak lagi contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui lainnya, namun karena keterbatasan tempat mungkin akan di update pada selanjutnya, terima kasih telah berkunjung ke Sudut Sekolah.

Silahkan berikan rating