Pengertian, ciri-ciri, kaidah, struktur teks eksplanasi

Struktur Teks Eksplanasi: Pengertian, Ciri-Ciri, Kaidah Teks Eksplanasi

Diposting pada

Struktur teks eksplanasi – Selamat datang di situs pendidikan Indonesia, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu seputar teks eksplanasi, dari mulai pengertian, ciri-ciri, kaidah, dan struktur teks eksplanasi yang akan dibahas lengkap dan mendalam. Berikut ini adalah pengertian teks eksplanasi.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan sebuah teks yang memaparkan tentang proses terjadinya suatu kejadian atau fenomena yang ada kaitannya dengan sosial, alam, ilmiah, budaya atau kejadian yang lainnya. Proses atau tahapan yang dibahas pada teks eksplanasi berkaitan tentang “Mengapa” dan “Bagaimana” terjadinya suatu peristiwa.

Baca juga: Pengertian, ciri-ciri, fungsi, jenis-jenis surat

Teks eksplanasi sering ditemukan di buku-buku pelajaran seperti sains, geografi, dan sejarah. Pada teks eksplanasi bisa disebut juga dengan teks yang menjelaskan sebuah peristiwa yang muncul karena ada suatu peristiwa lain yang terjadi sebelumnya yang sehingga mengakibatkan peristiwa baru sesudahnya. Ini adalah yang dimaksud dengan teks eksplanasi yang membahas tentang sebuah peristiwa yang selalu memiliki hbungan sebab akibat dan suatu proses.

Suatu peristiwa yang sering terjadi di sekitar kita seharusnya tidak hanya kita amati dan kita rasakan saja, tapi kita juga bisa mengambil sebuah pembelajaran atas terjadinya peristiwa tersebut.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki perbedaan yang mendasar jika dibandingkan dengan jenis teks lain. Salah satu perbedaan yang dimiliki teks enkslanasi dengan teks lain adalah struktur penulisannya.

Misalnya kita ambil contoh sebuah teks eksplanasi bencana alam. Jadi, dalam penulisannya nanti dimulai dari keterangan singkat tentang bencana tersebut, lalu sebab akibat terjadinya bencana, dan diakhiri dengan sebuah kesimpulan mengenai bencana tersebut. Supaya lebih memahami mengenai struktur teks eksplanasi, berikut ini adalah urutan struktur teks eksplanasi.

1. Bagian Pembuka (Pernyataan Umum)

Pada bagian ini, penulis memaparkan mengenai pernyataan umum mengenai suatu peristiwa atau pokok bahasan. Sebuah pernyataan umum menjelaskan tentang dimana dan bagaimana sebuah peristiwa itu bisa terjadi. Kita ambil contoh peristiwa tentang bencana banjir.

Bencana banjir merupakan bencana alam yang terjadi karena meluapnya air sungai ke daratan. Daerah yang berada di dataran rendah lebih rentan terkena bencana banjir, apalagi jika berada di bantaran sungai. Misalnya kota Bojonegoro yang dilalui sungai Bengawan Solo yang menyebabkan kota ini rawan terkena banjir.

Peristiwa di atas sudah mewakili dari pernyataan umum yang disampaikan dalam pembentukan teks eksplanasi. Walaupun sebagai pernyataan umum, namun hal ini harus ditulis sesuai dengan fakta yang ada, bersifat ilmiah serta terdapat data yang kuat sebagai dasar dalam penulisan. Contoh teks eksplanasi bencana alam banjir di atas, diawali dengan penjelasan apa itu bencana banjir, lalu dilanjutkan daerah mana saja yang rawan terkena banjir.

2. Bagian Isi (Sebab Akibat)

Struktur teks eksplanasi selanjutnya adalah bagian isi. Pada bagian isi ini terdapat sebuah penjelasan yang diambil dari pernyataan umum, namun pada bagian isi pernyataan umum tersebut akan dibahas secara mendalam atau detail. Bagian isi ditulis secara berurutan dari awal sampai akhir pembahasan mengenai peristiwa yang dibahas.

Kita ambil contoh bencana banjir tadi.

Banjir adalah bencana alam yang terjadi karena meluapnya air sungai. Bencana ini sering terjadi pada saat musim hujan. Apalagi saat hujan yang turun dengan intensitas tinggi tentu bisa dipastikan daerah-daerah yang rentan terkena banjir pasti akan terkena bencana banjir.

Misalnya kota Bojonegoro, Bojonegoro merupakan salah satu kota yang dilalui oleh sungai Bengawan Solo. Saat hujan turun dengan intensitas tinggi sungai Bengawan Solo akan meluap sehingga merendam kota Bojonegoro. Pada tahun 2019 terdapat puluhan desa di Bojonegoro yang terendam banjir, dengan kerugian sekitar Rp 1 miliar.

Pada bagian isi, dijelaskan mengenai penyebab-penyebab yang bisa menimbulkan terjadinya suatu peristiwa dan menjelaskan mengenai tentang apa saja akibat dari peristiwa tersebut. Cara penyajian bagian isi harus sesuai dengan urutan peristiwa supaya pembaca lebih mudah dipahami. Sesuai dengan contoh teks eksplanasi tersebut, dijelaskan bahwa bagian isi membahas tentang penyebab, jenis dan apa dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut.

3. Bagian Penutup (Kesimpulan)

Struktur teks eksplanasi yang terakhir adalah bagian penutup. Pada bagian penutup, menjelaskan tentang kesimpulan yang bisa diambil dari peristiwa yang sudah terjadi. Contohnya adalah kesimpulan yang bisa di ambil dari bencana banjir tadi.

Atas terjadinya bencana banjir tersebut bisa kita pahami bahwa jangan membuang sampah sembarangan atau di sungai karena bisa menyebabkan air terhambat dan air dengan cepat meluap. Masyarakat harus lebih waspada dengan segala hal yang akan terjadi jika terjadi hujan lebat.

Bagian penutup tersebut menjelaskan tentang rangkuman sebuah peristiwa yang sudah terjadi berdasarkan data yang sesuai dilapangan. Pada contoh teks eksplanasi lain, misalnya dijelaskan mengenai masalah pengangguran, bagian penutup dari teks eksplanasi tersebut adalah sebuah solusi yang bisa diambil dan digunakan sebagai penanggulangan tingkat pengangguran di Indonesia.

Selain itu, bagian penutup juga menjelaskan kemungkinan yang akan terjadi jika jumlah pengangguran terus meningkat dan tidak bisa diatasi.

Baca juga: Pengertian, jenis-jenis, ciri-ciri, struktur teks deskripsi

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki karakter yang berbeda dengan teks lainnya, lalu apa saja ciri-ciri teks eksplanasi? Ciri-ciri teks eksplanasi yaitu sebagai berikut ini.

  1. Seluruh informasi yang ada di dalam teks eksplanasi murni bedasarkan fakta yang ada tanpa adanya opini penulis.
  2. Adapun topik yang diangkat dalam teks eksplanasi kebanyakan berkaitan dengan ilmu pengetahuan atau topik yang bersifat ilmiah.
  3. Teks eksplanasi lebih kepada penyampaian sebuah informasi, tidak ada unsur mempengaruhi pembaca untuk mempercayai apa yang dibahas dalam topik tersebut.
  4. Struktur teks eksplanasi ada tiga yaitu, pernyataan umum, bagian isi atau sebab akibat suatu peristiwa dan bagian penutup atau kesimpulan yang bisa diambil dari peristiwa tersebut.
  5. Penjelasan informasi yang disampaikan di dalam teks eksplanasi menggunakan sequence markers.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki kaidah yang berbeda dengan teks lainnya, lalu apa saja kaidah kebahasaan teks eksplanasi? Kaidah kebahasaan teks eksplanasi yaitu sebagai berikut ini.

  1. Topik yang dibahas dalam teks eksplanasi lebih banyak kepada hal yang bersifat umum. Seperti gempa bumi, tsunami, bencana banjir, tanah longsor dan sebagainya.
  2. Penulisan teks eksplanasi harus menggunakan istilah atau kata-kata yang ilmiah.
  3. Penulisan teks eksplanasi harus menggunakan kalimat pasif.
  4. Dalam penulisannya lebih banyak menggunakan kata kerja aktif.
  5. Dalam penuliasannya lebih banyak menggunakan kata hubung kausal dan waktu. Seperti sebelum, pertama, jika, sehingga dan kemudian.
  6. Dalam penulisan teks eksplanasi memiliki tujuan untuk menjelaskan bahwa yang sudah dijelaskan secara kausal tersebut memang benar.

Jenis-Jenis Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi memiliki empat jenis. Jenis teks eksplanasi tersebut adalah sebagai berikut ini.

Baca juga: Pengertian, ciri-ciri, tujuan, struktur teks anekdot

  1. Eksplanasi Sequential adalah sebuah jenis teks eksplanasi yang menjelaskan tentang rincian tahapan sebuah peristiwa.
  2. Eksplanasi Kausal adalah teks eksplanasi yang menjelaskan tentang penyebab terjadinya sebuah perubahan yang terjadi pada suatu hal secara bertahap.
  3. Eksplanasi Teoritis adalah teks eksplanasi yang berisi mengenai sebuah kemungkinan yang bisa terjadi dibalik suatu peristiwa.
  4. Eksplanasi Faktorial adalah teks eksplanasi yang berisi tentang penjelasan akibat atau hasil dari sebuah proses.

Itulah pembahasan hari ini mengenai teks eksplanasi, dari mulai pengertian, ciri-ciri, kaidah, dan struktur teks eksplanasi lengkap. Semoga Anda dapat memahami mengenai teks eksplanasi ini, terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.