Pengertian, jenis, ciri, dan struktur teks deskripsi

Struktur Teks Deskripsi: Pengertian, Jenis, Dan Ciri Secara Lengkap

Diposting pada

Struktur teks deskripsi – Sebelum kalian mempelajari teks deskripsi alangkah baiknya saya jelaskan dulu dan ada poin-poin yang harus saya sampaikan. Sebelum ke materi kira kira apa sih struktur teks deskripsi itu? Hampir semua orang tahu deskripsi itu apa? Deskripsi adalah mengambarkan suatu objek pada suatu hal tersebut.

Saya kasih contoh sebuah mobil Lamborgini kira-kira apa saja yang ada di benak kalian ketika melihat mobil Lamborgini.  Tentunya kalian akan menyebutkan mobil Lamborgini sangat mahal, harga sekitar 10 Miliar. Warna mobilnya warna biru terus mempunyai kursi hanya 2. Nah itu adalah contoh teks deskripsi. Mungkin sudah jelaskan?

Baca juga: Struktur teks anekdot

Tapi ada beberapa hal yang menarik dari struktur teks deskripsi ini. Kalau kita bicara struktur berarti kita bicara bagaimana membuat teks deskripsi dengan baik dan benar. Salah satu contoh teks deskripsi bisa kita temukan apabila suatu teks tersebut memberikan informasi lengkap mengenai suatu hal apapun, baik itu benda maupun orang yang berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Selain itu teks deskripsi menjelaskan dalam bentuk fisik, wujud atau mungkin sikap, rasa, dan lain sebagainya.

Banyak sekali teks deskripsi digunakan untuk menjabarkan suatu benda atau objek yang mana harus sesuai berdasarkan data dan fakta yang ada. Sebelum masuk ke pembahasan struktur teks deskripsi ada banyak hal yang mesti kamu pelajari mulai dari pengertian teks deskripsi, jenis teks deskripsi, ciri teks deskripsi.

Sedikit cerita waktu saya masih SMA dulu saya mencoba membuat teks deskripsi. Akhirnya saya mencoba mencari objek yang mudah di mengerti.  Akhirnya munculah sebuah ide yang mudah dibuat sebuah teks deskripsi yaitu “Handphone Iphone 6” Ya sudah akhirnya saya menjabarkan sebuah handphone Iphone 6, mulai dari desainnya, kameranya, RAM, memory card, kamera depan, kamera belakang, touchscreen, warnanya, dan lain sebagainya.

Mungkin itu sebagai salah satu pengalaman saya membuat teks deskripsi dan salah satu contoh buat kalian juga. Oke langsung saja simak pembahasan pembahasan kali ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Pengertian teks deskripsi sebenarnya tadi sudah saya bahas di awal paragraf, namun disini saya akan membuat definisi dari beberbagai referensi atau sumber yang ada di perpustakaan yang bertujuan agar kalian mudah memahami apa itu pengertian teks deskripsi. Mari kita simak pengertian teks deskripsi di bawah ini.

Teks deskripsi adalah sebuah karangan atau karya tulis yang menggambarkan sebuah objek. Yang biasanya berupa benda, tempat, atau peristiwa yang berupa fakta yang telah terjadi.

Pengertian ini saya rangkum dari berbagai buku di perpustakaan akhirnya saya bisa menggabungkannya menjadi paragraf yang simpel dan mudah di mengerti. Nah itulah pengertian teks deskripsi semoga kalian mengerti dan paham.

Jenis Teks Deskripsi

Bicara soal jenis berarti kita berbicara tentang tipe-tipe teks deskripsi. Semua teks ada jenis dan tipenya masing-masing. Jenis teks deskripsi dibagi menjadi 3 yaitu di antaranya adalah teks deskripsi subjektif, teks deskripsi spatial, dan teks deskripsi objektif. Nah dibawah ini akan dijelaskan secara rinci dan detail.

  1. Jenis teks deskripsi subjektif adalah dengan menggambarkan objeknya tertuju kepada seseorang yang mana dibuat oleh penulis tersebut.
  2. Jenis teks deskripsi spatial adalah dengan menggambarkan berupa benda, tempat, ruang, dan lain sebagainya yang mana dibuat berdasarkan kejadian atau peristiwa.
  3. Jenis teks deskripsi objektif adalah dengan menggambarkan berupa hal apa saja yang terjadi yang terdapat di lingkungan sekitar dan bisa objektif. Sehingga pembaca bisa membayangkan apa yang terjadi tanpa harus menambahkan opini atau pendapat di setiap teksnya.

Ciri Teks Deskripsi

Perlu kalian tahu bahwa untuk mengetahui teks deskripsi ini ada ciri-cirinya lho. Nah dari ciri ini lah kalian bisa mengenal teks deskripsi dengan baik dan benar.

Ciri teks deskripsi ini sangat mudah dijabarkan dan mudah dipahami karena mempunyai gaya bahasa yang unik dan hampir semua orang tahu bawah ini ciri-ciri teks deskripsi. Berikut adalah ciri-cirinya:

  • Ciri teks deskripsi paragrafnya menggambarkan objek yaitu seperti benda, tempat, ruang, dan lain sebagainya.
  • Ciri teks deskripsi paragrafnya menggambarkan suatu gagasan pokok yang detail dan rinci dan terstruktur di setiap pembahasannya.
  • Ciri teks deskripsi selanjutnya pembaca akan merasa langsung mengerti dari isi paragraf itu karena sudah jelas tertera informasi yang berdasarkan fakta.
  • Ciri teks deskripsi yang terakhir menjelaskan tentang ciri–ciri fisik seperti bentuk ukuran, warna dan ciri-ciri psikis atau keadaan dalam suatu objek/peristiwa.

Struktur Teks Deskripsi

Struktur teks deskripsi adalah bagaimana kalian bisa membuat struktur gaya bahasa yang bagus serta bisa menentukan bagus tidaknya suatu teks. Tentu struktur deskripsi ini sangat mudah dipahami bagi semua kalangan karena struktur deskripsi terbagi menjadi 3 yaitu identifikasi, klasifikasi, bagian deskripsi, berikut di bawah ini penjelasan yang lengkapnya.

  1. Identifikasi adalah teks yang berisikan identifikasi seseorang, benda atau objek lainnya.
  2. Klasifikasi merupakan penyusunan suatu kelompok berdasarkan kaidah atau standar yang sudah diterapkan jadi ini sudah wajib dari sanaya. Tanpa klasifikasi kurang lengkap kalau disebut sebuah teks deskripsi.
  3. Bagian deskripsi yaitu berisikan tentang menjabarkan sebuah gambar atau pemaparan tentang suatu objek. Dimana objeknya berupa benda.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Kaliah pasti baru mendengar apa itu kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan adalah aturan-aturan yang ditetapkan oleh teks tersebut, tentu ini menjadi ciri khas teks tersebut. Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi:

Baca juga: Contoh cerpen singkat

  1. Menggunakan kata benda yaitu diantaranya seperti: Sekolah, rumah, guruku, teman saya, dll.
  2. Menggunakan gaya bahasa frasa yang mana mengandung kata benda saya kasih contohnya yaitu, beliau adalah seorang kepala desa yang rendah hati, baik, tidak sombong, dll.
  3. Mengandung kata sifat seperti ini contohnya. Kak Dina sangat rajin dalam mengerjakan PR. Dan setiap pulang sekolah Kak Dina selalu belajar.
  4. Mengandung kata kerja transitif yang mana digunakan untuk informasi suatu objek saya kasih contoh: Bela sekarang mau berangkat sekolah dan dia menggunakan seragam warna putih dan menggunakan kerudung warna merah.
  5. Mengandung kata kerja yang mana bertujuan untuk bisa memberikan pendapat atau opini saya kasih contoh: Saya rasa dunia ini akan terasa indah jika melihat senyum. Karena bagiku engkau lah segalanya.
  6. Mengandung kata keterangan bertujuan untuk memberikan informasi yang rinci saya kasih contoh: Budi akan pulang jam 18:00 WIB. Susi berangkat sekolah sekitar jam 07:00 WIB.
  7. Mengandung bahasa kiasan yang bertujuan membuat perumpamaan dan memberikan arti makna dalam setiap pembahasanya.

Nah, itulah pembahasan lengkap situs pendidikan Indonesia mengenai pengertian teks deskripsi, jenis teks deskripsi, ciri teks deskripsi, kaidah kebahasaan teks deskripsi, serta struktur teks deskripsi secara lengkap dan mendalam. Terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.