Pengertian, Unsur-Unsur, Fungsi, Contoh, Jenis Musik Lengkap

Seni Musik: Pengertian, Unsur-Unsur, Fungsi, Contoh, Jenis Lengkap

Diposting pada

Seni musik – Halo semua, selamat datang di Sudut Sekolah. Setelah kemarin saya telah membahas seputar fungsi musik beserta penjelasannya secara lengkap, sekarang saya akan membahas pengertian musik, unsur-unsur musik, fungsi musik, contoh musik, dan jenis musik secara lengkap, yang masuk ke dalam kategori kesenian.

Salah satu kesenian yang cukup di gemari saat ini adalah seni musik. Seni musik sendiri merupakan sebuah karya seni yang cukup menghibur para pendengarnya. Sehingga nantinya para pendengar bisa merasakan kesenangan tersendiri dan memiliki makna tersendiri pada setiap hasil karya seni musik yang ada.

Tentunya secara umum Anda akan bisa merasakan harmonisasi dari sebuah nada musik yang dihasilkan dari beberapa instrumen yang digunakan. Dengan begitu Anda akan bisa untuk menikmati setiap hasil seni musik yang telah ada dan bisa didengarkan oleh masyarakat luas.

Tentunya mungkin sebagian besar masyarakat saat ini masih mengetahui sekilas terkait dengan seni musik yang ada di kalangan masyarakat. Oleh karena itu pada pembahasan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang seni musik beserta unsur-unsur yang ada di dalamnya.

Dengan begitu tentunya Anda akan mendapatkan pemahaman secara utuh terkait seni musik. Dan tentunya dengan memahami secara utuh seni musik yang ada akan membuat Anda semakin mencintai seni musik yang ada di sekitar Anda.

Pengertian Seni Musik

Sumber: https://www.makeuseof.com/

Menurut Aristoteles seni musik adalah suatu curahan kemampuan tenaga yang berasal dari gerakan rasa dalam satu kesinambungan nada yang kemudian memunculkan sebuah irama yang indah. Sedangkan menurut Banoe, seni musik sendiri merupakan kumpulan dari berbagai macam suara dalam suatu pola yang kemudian bisa di pahami oleh manusia.

Dan menurut Jamalus sendiri seni musik adalah sebuah alunan lagu yang muncul karena adanya ekspresi dari fikiran maupun perasaan dari manusia. Selain pendapat tiga tokoh tersebut, pendapat dari Sylado seni musik sendiri adalah sebuah wujud nyata dari sekumpulan ilusi serta alunan suara.

Dari beberapa pendapat tokoh tersebut dapat disimpulkan bahwa seni musik sendiri merupakan sebuah wujud nyata dari adanya fikiran serta perasaan manusia. Yang kemudian dimunculkan dalam sebuah alunan suara lagu yang sangat indah.

Dan tentunya hal tersebut akan sangat menyentuh sampai ke hati para pendengarnya. Sehingga tidak dapat di pungkiri bahwa seni musik sendiri mampu membuat fikiran para pendengar menjadi jernih dan terhibur tentunya.

Unsur-Unsur Seni Musik

Sumber: https://mic.com/

Adapun unsur-unsur yanga ada dalam seni musik sendiri, diantaranya:

1. Melodi

Melodi sendiri merupakan tinggi rendahnya suatu nada serta panjang atau pendeknya sebuah nada yang harus dikeluarkan dalam seni musik. Sebuah melodi dapat dikatakan baik adalah apabila intervalnya dapat di jangkau oleh manusia ataupun alat musik. Di dalam melodi sendiri terdapat pitch, durasi, serta tone yang harus disesuaikan dengan jenis musik yang dibawakan.

2. Irama

Irama sendiri merupakan sebuah ritme dari sebuah lagu sehingga sebuah seni musik bisa terdengar indah saat dibawakan. Irama sendiri dapat juga dikatakan sebagai ketukan dalam sebuah musik yang dibawakan. Dan tentunya ritme sendiri dapat mempengaruhi indah tidaknya sebuah lagu yang dinyanyikan.

3. Birama

Birama sendiri adalah sebuah unsur dari seni musik yang merupakan ketukan sebuah lagu yang berupa pecahan. Dalam birama sendiri ada dua macam yaitu birama bainar (penyebutannya genap) serta birama ternair (penyebutannya ganjil).

Fungsi Seni Musik

Sumber: https://www.lifewire.com/

Tentunya fungsi dari seni musik sendiri banyak sekali bisa Anda rasakan secara nyata sehingga nantinya Anda akan bisa menikmati manfaatnya. Salah satu fungsi dari seni musik sendiri adalah sebagai penyaluran ekspresi diri.

Banyak sekali orang yang tidak bisa mengekspresikan dirinya lewat ucapan sehingga dia perlu menyalurkannya melalui karya seni musik yang ia bawakan. Selain itu tentunya fungsi dari seni musik sendiri adalah bisa menyegarkan fikiran Anda yang mendengarkannya. Tentunya bagi Anda yang memiliki sebuah masalah atau sedang banyak fikiran maka dengan mendengarkan musik suasana hati Anda akan lebih baik.

Jenis-jenis Seni Musik

Sumber: https://www.vancourier.com/

Tentunya bagi Anda yang sudah banyak yang mengetahui tentang beberapa jenis seni musik yang ada di Indonesia sendiri. Adapun beberapa jenis seni musik yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah:

1. Musik Tradisional

Musik tradisional sendiri merupakan sebuah warisan yang sudah di turunkan oleh leluhur Indonesia secara turun temurun. Dan tentunya setiap musik tradisional dari berbagai daerah akan memiliki instrumen lagu yang berbeda-beda. Salah satu contoh seni musik tradisional sendiri adalah ole olang yang berasal dari Madura.

2. Musik Modern

Musik modern sendiri merupakan salah satu jenis musik yang sifatnya dinamis dan tentunya seni musik satu ini terus mengikuti adanya perkembangan zaman. Tempo serta instrumen dari musik modern sendiri tentunya mengikuti apa yang saat ini sedang populer di kalangan masyarakat. Contoh dari lagu modern sendiri adalah lagu syantik yang di nyanyikan oleh Siti Badriah.

3. Musik Keroncong

Siapa yang tidak tahu dengan musik keroncong yang merupakan sebuah lagu yang di sajikan dengan instrumen berupa ukulele. Dalam penyajian musik ini tentunya ada berbagai tempo lagu yang memerlukan adanya penarikan suara yang tinggi.

Sehingga nantinya musik keroncong yang dibawakan bisa dirasakan dengan nyaman dan tentunya bisa Anda nikmati. Contoh dari hasil karya seni musik keroncong yang ada adalah lagu selendang sutra yang di bawakan oleh Ismail Marzuki.

Pembahasan diatas tentunya akan bisa membuat Anda memahami semakin jauh lagi terkait dengan seni musik yang ada di sekitar Anda. Dengan begitu tentunya Anda akan bisa menikmati setiap musik yang Anda bawakan maupun Anda dengarkan setiap harinya. Dan tentunya Anda akan bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dari seni musik yang Anda dengarkan setiap harinya.