Sejarah masuknya Islam ke Indonesia lengkap

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Dan Prosesnya Lengkap

Diposting pada

Sejarah masuknya islam ke indonesia menjadi bukti bahwa Indonesia dengan mayoritas penduduknya beragama Islam. Sekitar 85% penduduk di Indonesia adalah beragama Islam. Masuknya agama Islam tentu melalui banyak perjalanan dan cerita. Sebelumnya Anda juga harus tahu teori masuknya Islam ke Indonesia.

Islam berkembang begitu pesat di Indonesia dan juga menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Mungkin bagi Anda yang ingin memperdalam tentang sejarah masuknya Islam ke Indonesia dapat menyimak artikel kali ini sampai selesai.

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Lengkap

1. Masuknya Islam Sejak Abad 7 Masehi

Sebagian dari para ahli sejarah menyebutkan bahwa masuknya agama Islam ke Indonesia terjadi pada abad ke 7. Wilayah pertama yang terpengaruh oleh agama Islam adalah wilayah pantai Sumatra Utara (Samudra Pasai). Wilayah ini adalah wilayah pintu masuk untuk perdagangan dan dari situlah penyebaran agama Islam dimulai.

Pada abad ini diyakini bahwa ajaran Islam sudah mulai masuk juga di pulau Jawa bagian utara. Berita dari China pada masa Dinasti Tang menyebutkan bahwa masuknya agama Islam pada abad ke 7 Masehi. Berita ini berisikan bahwa adanya orang-orang Arab dan juga Persia yang sudah ada di Indoensia.

2. Masuknya Islam Sejak Abad Ke 11 Masehi

Ada pula sejarawan yang menyebutkan bahwa masuknya Islam ke Indonesia yaitu pada abad ke 11 Masehi. Pendapat ini di buktikan adanya nisan fatimah binti Maimun yang berada di dekat Gresik Jawa Timur. Batu nisan ini berangka tahun 1082 M.

3. Masuknya Islam Sejak Abad Ke 13 Masehi

Ada juga para ahli yang menyatakan bahwa masuknya Islam pada abad ke 13. Pendapat ini ada karena terdapat bukti-bukti yang cukup yaitu masa runtuhnya dinasti Abassiah di Baghdad (1258), berita Macopolo (1292), batu nisan kubur Sultan Malik As Saleh di Samudra Pasai (1297) dan berita dari Ibnu Battuta (1345).

Proses Masuknya Islam ke Indonesia

Masuknya agama Islam di Indonesia berasal dari orang Arab yang dibantu oleh orang Persia dan India. Islam mulai masuk ke indonesia pada abad ke 7 Masehi. Pada abad ke 7 ini baru sedikit orang yang mengikuti ajaran-ajaran Islam karena masih adanya kerajaan Hindu maupun Budha di Indonesia yang dipimpin oleh raja.

Proses berkembangnya agama Islam sejak abad ke 7 sampai dengan abad ke 13 Masehi. Selama 6 abad tersebut orang-orang Gujarat dan Persia menyebarkan melalui perdagangan dan ada juga yang melalui perkawinan.

Selain orang-orang luar Mubaligh di Indonesia juga ikut serta menyebarkan agama Islam sampai hampir menyeluruh di Indonesia.

Pada saat kerajaan Sriwijaya runtuh maka orang-orang Islam semakin kuat untuk melakukan peran politik pada masa itu. Bisa diambil contoh ketika daerah yang dekat dengan lautan yang ingin membebaskan diri dari Sriwijaya. Ini terjadi pada abad ke 13 Masehi.

Pada abad ke 15 Masehi kerajaan Majapahit juga mengalami kemrosotan, daerah-daerah kekuasaan Mahapahit ingin melepaskan diri dari Majapahit. Dan munculah kerajaan Islam yaitu Demak yang terletak di Jawa. Selain itu juga terdapat kerajaan yang bercorak Islam ada kerajaan Ternate, Banten dan Kesultanan Cirebon.

Melalui kerajaan bercorak Islam itu maka semakin berkembangnya agama Islam di Indonesia hingga tersebar ke seluruh wilayah Indonesia. Selain menyebar di daerah-daerah pantai agama Islam juga menyebar ke daerah-daerah pedalaman juga.

Saluran Penyebaran Agama Islam Di Indonesia

Sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia juga melalui saluran-saluran yang berbagai macam antara lain:

  1. Saluran perdagangan: Proses penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh para pedagang Arab maupun Persia yang masuk ke Indonesia. Mereka membentuk perkampungan muslim, dll.
  2. Saluran perkawinan: Sejarah masuknya Islam ke Indonesia yaitu dengan proses perkawinan juga. Orang Indonesia asli yang menikah dengan orang pendatang yang beragama Islam seperti orang Gujarat (Arab) dan juga Persia.
  3. Saluran dakwah: Selain 2 saluran diatas, sejarah masuknya Islam ke Indonesia juga dipengaruhi oleh dakwah-dakwah yang terus dilakukan oleh mubaligh-mubaligh.
  4. Saluran pendidikan: Proses penyebaran agama Islam yang satu ini yaitu dengan cara membuat pesantren yang menampung anak-anak yang ingin memperoleh pengetahuan baik akademik maupun juga agama Islam.
  5. Saluran seni budaya : Proses masuknya Islam ke Indonesia kali ini dengan menakulturasikan budaya-budaya yang ada di masyarakat sekitar yaitu dengan seni sastra maupun upacara sekaten.
  6. Proses tasawuf: Proses ini yaitu proses dengan cara menyesuaikan pemikiran masyarakat sekitar yang masih berorientasi ajaran agama Hindu dan Budha.

Alasan Agama Islam Mudah Diterima Di Indoensia

Agama Islam berkembang begitu pesat kala itu. Perkembangan ini juga pasti dipengaruhi beberapa faktor sehingga dapat menyebar secara luas dan cepat antara lain:

1. Syarat mudah

Mudahnya syarat untuk masuk ke agama Islam menjadikan agama Islam mudah diterima di masyarakat Indonesia kala itu.

2. Pelaksanaan ibadah yang sederhana

Kegiatan beribadah umat Islam tergolong cukup sederhana dan mudah. Serta untuk beribadah tidak diperlukan biaya.

3. Tidak membeda-bedakan kalangan

Agama Islam tidak memandang dari mana orang itu berasal dan dari keluarga mana. Semua orang diperbolehkan menganut agama Islam tanpa harus dibeda-bedakan.

4. Aturan fleksibel

Aturan dari agama Islam yang fleksibel artinya aturan yang dibuat sesuai dengan keadaan saat itu dan tidak mengacu 1 aturan lama yang mungkin sudah tidak dapat dipakai pada masa sekarang.

5. Agama dari Gujarat mendapat pengaruh dari Tasawuf

6. Penyebaran agama yang damai dan sesuai dengan budaya yang ada

Penyebaran agama Islam kala itu dilakukan dengan cara damai dan tidak menentang budaya-budaya yang sudah ada sebelum ajaran Islam itu masuk.

7. Runtuhnya Majapahit

Runtuhnya kerajaan Majapahit sehingga banyak orang ingin melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit yang dibantu oleh umat-umat Islam yang datang untuk menyebarkan agama Islam kala itu.

Nah diatas adalah sejarah lengkap masuknya agama Islam ke Indonesia. Semua proses dialami baik dari faktor-faktor eksternal maupun internal. Berkembangnya agama Islam di Indonesia juga memakan waktu yang lumayan lama yang berbuah sampai ke pelosok-pelosok pulau dan tak hanya wilayah pesisir saja yang terpengaruh dengan budaya dan agama Islam.

Semoga artikel sejarah masuknya Islam ke Indonesia ini dapat membantu Anda lebih tahu tentang proses masuknya Ilam ke Indonesia. Dan semoga bermanfaat. Terima kasih.