Rumus luas dan keliling segitiga

Rumus Luas dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Rumus segitiga – Selamat datang di Sudut Sekolah, pada hari ini kita akan membahas mengenai Matematika, yaitu tentang pengertian, rumus luas, rumus keliling, contoh soal rumus luas, dan contoh soal rumus keliling segitiga beserta pembahasannya lengkap. Langsung saja berikut ini adalah pengertian segitiga.

Pengertian Segitiga

Segitiga

Segitiga adalah salah satu bangun datar 2 dimensi yang mempunyai 3 sisi atau 3 ruas garis yang saling berhubungan di mana tiap 2 ruas garis selalu bertemu pada 1 titik sudut. Sehingga segitiga memiliki 3 titik sudut dan 3 ruas garis. Dan jumlah besar ketiga sudut segitiga adalah 180°.

Baca juga: Rumus percepatan

Siapa yang tidak tahu tentang segitiga? Sejak duduk di bangku Sekolah Dasar kita semua pasti sudah tahu dengan yang namanya segitiga. Segitiga sendiri termasuk ke dalam salah satu contoh bentuk bangun datar 2 dimensi.

Ruas-ruas garis pada segitiga juga disebut sebagai sisi segitiga. Umumnya, segitiga dilambangkan dengan lambang △.

Pada gambar segitiga di atas, terdapat 3 titik sudut, yaitu ∠A, ∠B, dan ∠C. Oleh karena itu, segitiga tersebut diberi nama segitiga △ABC. △ABC dibentuk oleh 3 sisi, yaitu sisi AB, sisi BC, dan sisi AC. 3 titik sudut dari segitiga di atas dapat diuraikan sebagai berikut.

  1. ∠A atau ∠CAB atau ∠BAC.
  2. ∠B atau ∠ABC atau ∠CBA.
  3. ∠C atau ∠BCA atau ∠ACB.

Begitulah penjelasan tentang pengertian segitiga.

Rumus Luas Segitiga

Untuk menghitung rumus luas segitiga, kita perlu mengetahui alas dan tinggi dari segitiga yang akan dihitung. Karena, luas segitiga adalah hasil dari alas dikali tinggi segitiga lalu dibagi 2. Alas pada sebuah segitiga adalah salah satu sisinya. Semua sisi pada segitiga bisa dijadikan alas. Sementara tinggi pada segitiga adalah garis tegak lurus yang berpotongan dengan alas segitiga. Untuk lebih jelasnya, silahkan perhatikan gambar segitiga berikut.

Rumus Luas Segitiga

Dari gambar segitiga di atas, maka kita bisa mendapatkan rumus luas segitiga. Jadi, berikut di bawah ini rumus luas segitiga.

Luas = 1/2 x alas x tinggi

atau

L = 1/2 x a x t

Rumus luas segitiga tersebut bisa digunakan untuk menghitung luas berbagai jenis segitiga. Jadi, semua luas segitiga dapat dihitung, termasuk luas segitiga sama kaki, luas segitiga sembarang, luas segitiga sama sisi, luas segitiga siku-siku, luas segitiga tumpul dan luas segitiga lancip.

Rumus Keliling Segitiga

Sementara untuk menghitung keliling segitiga, kita perlu mengetahui semua sisi segitiga yang akan dihitung. Hal ini dikarenakan rumus keliling segitiga adalah hasil dari jumlah ketiga sisi yang dimiliki segitiga.

Coba perhatikan segitiga di bawah ini.

Rumus Keliling Segitiga

Pada segitiga di atas, misalkan panjang sisi AB adalah c, lalu panjang sisi BC adalah a dan panjang sisi AC adalah b. Maka, dapat diperoleh rumus keliling segitiga di bawah ini.

Keliling △ABC = AB + BC + AC
K = c + a + b
K = a + b + c

Dengan begitu, berikut rumus keliling segitiga.

Keliling = sisi a + sisi b + sisi c

atau

K = a+b+c

Rumus keliling segitiga ini juga berlaku untuk menghitung semua jenis segitiga. Baik itu keliling segitiga sama sisi, keliling segitiga sama kaki, keliling segitiga sembarang, keliling segitiga tumpul maupun keliling segitiga lancip.

Contoh Soal Rumus Luas Segitiga

Blog Sudut Sekolah juga akan memberikan beberapa contoh soal luas segitiga. Hal ini dilakukan agar kamu benar-benar paham dengan materi luas segitiga. Berikut contoh-contoh soal rumus luas segitiga.

1. Terdapat sebuah segitiga sama kaki yang mempunyai panjang alas 12cm dan tinggi 10cm. Hitunglah luas segitiga tersebut!

Diketahui =

a = 12cm
t = 10cm

Jawab =

L = 1/2 x a x t
L = 1/2 x 12 x 10
L = 1/2 x 120
L = 60cm.

Jadi, luas segitiga sama kaki tersebut adalah 60cm.

2. Perhatikan gambar segitiga sembarang di bawah ini.

Contoh Soal Rumus Luas Segitiga

Tentukan luas △ABC di atas!

Diketahui =

a = 2cm + 12cm = 14cm
t = 7cm

Jawab =

L = 1/2 x a x t
L = 1/2 x 14 x 7
L = 1/2 x 98
L = 49cm.

Jadi, luas △ABC di atas adalah 49cm.

Kedua soal di atas rasanya sudah cukup untuk memahami materi rumus luas segitiga.

Contoh Soal Rumus Keliling Segitiga

Selain mempelajari contoh soal rumus luas segitiga, kita juga akan mempelajari contoh soal rumus keliling segitiga. Berikut di bawah ini beberapa contoh soal rumus keliling segitiga.

1. Perhatikan gambar segitiga sembarang di bawah ini!

Contoh Soal Rumus Keliling Segitiga

Tentukan keliling segitiga dari gambar di atas!

Diketahui =

sisi a (BC) = 10cm
sisi b (AC) = 2cm
sisi c (AB) = 12cm

Jawab =

K = sisi a + sisi b + sisi c
K = 10 + 2 +12
K = 12 + 12
K = 24cm.

Jadi, keliling segitiga di atas adalah 24cm.

2. Diketahui terdapat sebuah segitiga sama kaki dengan keterangan panjang sisi a = 24cm, panjang sisi b = 2cm, sementara panjang sisi c sama dengan panjang sisi a. Tentukan keliling segitiga sama kaki tersebut!

Diketahui =

sisi a = 24cm
sisi b = 2cm
sisi c =  sisi a = 24cm

Jawab

K = sisi a + sisi b + sisi c
K = 24 + 2 + 24
K = 26 + 24
K = 50cm.

Jadi, keliling segitiga tersebut adalah 50cm.

Rumus Jumlah Besar Sudut Segitiga

Dan materi terakhir pada artikel kali ini adalah menghitung rumus jumlah besar sudut segitiga. Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa sejatinya jumlah besar semua sudut segitiga adalah 180°. Coba perhatikan △PQR di bawah.

Rumus Jumlah Besar Sudut Segitiga

Pada △PQR di atas, dapat kita ketahui bahwa ∠P + ∠Q + ∠R = 180°. Maka, dapat kita peroleh rumus jumlah besar sudut segitiga sebagai berikut.

Jumlah besar sudut = 180 = ∠A + ∠B + ∠C

atau

∠A + ∠B + ∠C = 180

Contoh Soal Menghitung Jumlah Besar Sudut Segitiga

Untuk lebih memahami rumus menghitung jumlah besar sudut segigitiga di atas, coba perhatikan salah satu contoh soal jumlah besar sudut segitiga di bawah.

Ada sebuah segitiga dengan besar sudutnya 120° + 20°. Berapakah besar sudut terakhir dari segitiga tersebut?

Jawab =

Besar sudut terakhir = 180°-(120° + 20°)
= 180° – 140°
= 140°.

Jadi, besar sudut terakhir segitiga tersebut adalah 140°.

Baca juga: Rumus luas trapesium

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai bangun datar segitiga, dari mulai pengertian, rumus keliling segitiga, rumus luas segitiga, beserta contoh soalnya.

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, jangan lupa share ke grup kelas Anda agar semuanya paham dan mengerti, terima kasih.

Silahkan berikan rating