Cara Menghitung Rumus Keliling, Luas Persegi Panjang Dan Contoh Soal

Diposting pada
No ratings yet.

Rumus persegi panjang – Pada hari ini Sudut Sekolah akan membahas artikel mengenai pelajaran matematika, yaitu tentang rumus keliling persegi panjang dan rumus luas persegi panjang beserta contoh soalnya.

Sebelum kita mengetahui rumus persegi panjang dan contoh soal persegi panjang, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu persegi panjang.

Rumus persegi panjang
Sumber: https://aisyahpedia.blogspot.com/

Pengertian Persegi Panjang

Persegi panjang adalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang memiliki 4 buah sisi dan 4 buah sudut siku-siku dan sisi-sisi yang berhadapan sama panjangnya dan sejajar. Berbeda dengan persegi yang semua sisinya memiliki panjang yang sama dan sejajar.

Baca juga: Cara menghitung persen

Rumus persegi panjang yang akan kita bahas di bawah ini adalah rumus keliling persegi panjang dan rumus luas persegi panjang, beserta contoh soal keliling persegi panjang dan contoh soal luas persegi panjang lengkap dengan jawaban dan pembahasannya.

Rumus Keliling Persegi Panjang

Rumus keliling persegi panjang
Sumber: https://kemapel.com/

Setelah Anda tahu dan paham mengenai bangun datar persegi panjang ini, maka sekarang Anda akan belajar cara menghitung rumus keliling persegi panjang berikut ini adalah caranya:

K = 2 (p+l)
Keliling = 2 (Panjang + Lebar)

K = Keliling
p = Panjang
l = Lebar

Jadi, untuk menghitung keliling persegi panjang Anda harus menambahkan terlebih dahulu 1 sisi panjang dengan 1 sisi lebar, setelah itu dikali 2 dan Anda akan mendapatkan keliling persegi panjang tersebut. Yuk kita lanjut ke rumus kedua, yaitu rumus luas persegi panjang.

Rumus Luas Persegi Panjang

Keliling dengan luas itu berbeda cara menghitungnya, jadi Anda jangan sampai keliru yaa, apalagi jika sedang mengerjakan soal ulangan. Nah, berikut adalah cara menghitung rumus luas persegi panjang:

L = p x l
Luas = Panjang x Lebar

L = Luas
p = Panjang
l = Lebar

Jadi, Anda hanya tinggal mengalikan 2 sisi yang panjangnya berbeda, yaitu 1 sisi panjang dan 1 sisi lebar. Mudah sekali bukan menghitung rumus luas persegi panjang?

Setelah Anda mengetahui kedua rumus dari persegi panjang tersebut, maka sekarang Anda harus memahami contoh soal persegi panjang berikut ini.

Contoh Soal Rumus Keliling Persegi Panjang

1. Sebuah bangun datar berbentuk persegi panjang mempunyai sisi yang panjangnya 5 cm dan 10 cm. Hitunglah keliling dari bangun datar persegi panjang tersebut!

Jawab:

Diketahui:
p = 10 cm
l = 5 cm

Ditanya:
K = …..?

Penyelesaian:
K = 2 (p+l)
= 2 (10 cm + 15 cm)
= 2 (25 cm)
= 50 cm

Jadi, keliling dari persegi panjang dengan panjang 10 cm dan lebar 5 cm adalah 50 cm.

Nah, sekarang kita balik pertanyaannya, yaitu kita akan mencari panjang dari bangun tersebut, dan yang diketahui adalah keliling dan lebarnya saja.

2. Sebuah bangun datar berbentuk persegi panjang diketahui memiliki keliling 90 cm, dengan lebar 10 cm, berapakah panjang dari bangun tersebut?

Jawab:

Diketahui:
K = 90 cm
l = 10 cm

Ditanya:
p = …..?

Penyelesaian:

K = 2 (p+l)
90 cm = 2 (x cm + 10 cm)
90 cm = 2x cm + 20 cm
2x cm = 90 cm – 20 cm
2x cm = 70 cm
x cm = 70/2 cm
x = 35

Jadi, panjang dari bangun persegi panjang dengan keliling 90 cm dan lebar 10 cm adalah 35 cm.

Itulah 2 contoh soal menghitung rumus keliling persegi panjang, berikut ini adalah 2 contoh soal menghitung rumus luas persegi panjang.

Contoh Soal Rumus Luas Persegi Panjang

1. Sebuah bangun datar berbentuk persegi panjang mempunyai sisi yang panjangnya 15 cm dan 25 cm. Hitunglah luas dari bangun datar persegi panjang tersebut!

Jawab:

Diketahui:
p = 25 cm
l = 15 cm

Ditanya:
L = …..?

Penyelesaian:
L = p x l
= 25 cm x 15 cm
= 375 cm2

Jadi, luas dari persegi panjang dengan panjang 25 cm dan lebar 15 cm adalah 375 cm2.

Sama seperti contoh soal sebelumnya, sekarang kita balik, kita harus mencari lebar dari luas dan panjang yang sudah diketahui di dalam soal.

2. Sebuah bangun datar berbentuk persegi panjang diketahui memiliki luas 240 cm2, dengan panjang 20 cm, berapakah lebar dari bangun tersebut?

Jawab:

Diketahui:
L = 240 cm2
p = 20 cm

Ditanya:
l = …..?

Penyelesaian:
L = p x l
240 cm2 = 20 cm x X cm
X cm = 240/20 cm
X cm = 12 cm

Jadi, lebar dari persegi panjang dengan luas 240 cmdan panjang 20 cm adalah 12 cm.

Nah, itulah pembahasan kita mengenai bangun datar persegi panjang, dari mulai pengertian persegi panjang, rumus keliling persegi panjang, rumus luas persegi panjang, contoh soal keliling persegi panjang, dan contoh soal luas persegi panjang.

Baca juga: Rumus trigonometri beserta contoh soal

Anda tidak boleh sekadar menghafalkan semua rumus di atas, tetapi juga harus memahaminya agar tidak mudah lupa dan bingung ketika ulangan atau ujian. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, terima kasih.

Silahkan berikan rating