Rumus percepatan

Cara Menghitung Rumus Percepatan Gravitasi, Sentripetal, Sudut

Diposting pada

Rumus percepatan – Hari ini kita akan belajar bagaimana cara menghitung rumus percepatan gravitasi, cara menghitung rumus percepatan sentripetal, dan cara menghitung rumus percepaan sudut secara lengkap. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Sebuah benda yang bergerak pada satu titik ke titik yang lain dengan kecepatan yang tidak konstan atau terus-menerus tambah cepat dalam waktu tertentu berarti benda itu sedang mengalami suatu percepatan. Dapat diambil contoh sebuah motor dalam keadaan netral menuruni bukit, maka motor itu akan bertambah cepat setiap waktu.

Dari pernyataan tersebut bisa kita simpulkan bawa percepatan adalah keadaan bertambahnya kecepatan setiap satuan waktu atau sekon. Hukum kedua Newton menjelaskan bahwa suatu percepatan itu disertai dengan gaya. Hasil dari suatu benda yang dipercepat dan percepatan disebut vektor.

Baca juga: Rumus trapesium

Untuk mengetahui berapa perubahan kecepatan yang terjadi dari waktu ke waktu kita perlu mengetahui jarak terhadap waktu. Suatu benda akan mulai mengalami sebuah percepatan di awal, lalu akan terus-menerus bertambah kecepatannya di tengah, dan akan semakin berkurangnya kecepatan di akhir.

Karena sebuah percepatan merupakan besaran vektor, jadi percepatan bisa bernilai positif (+) dan ada juga yang bernilai negatif (-). Hal itu dipengaruhi oleh arah perpindahan gerak yang terjadi.

Kali ini kita akan belajar tentang rumus percepatan gravitasi, rumus percepatan sudut dan rumus percepatan sentripetal.

Rumus Percepatan Gravitasi

Gaya gravitasi adalah suatu gaya dimana adanya saling tarik-menarik antar benda yang ada di atas. Gravitasi bumi terjadi karena adanya suatu partikel di dalam setiap atom yang dinamakan graviton. Namun, ada juga teori yang berpendapat bahwa terjadinya gravitasi itu karena massa yang dimiliki bumi lebih besar dibandingkan benda yang ada di atasnya sehingga muncullah gaya tarik ke bumi.

Selain bumi, benda-benda yang berada di ruang angkasa juga mengalami gaya tarik-menarik. Contohnya adalah matahari, matahari mempunyai gaya gravitasi dimana dibuktikan dengan planet-planet yang selalu mengelilinginya setiap saat.

Pada kali ini kita akan membahas rumus percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi adalah suatu percepatan suatu benda yang berada di dalam ruang vakum sekitar permukaan bumi.

Bisa kita ambil contoh jika sebuah bola kita lemparkan setinggi-tingginya ke atas maka bola itu akan jatuh ke bawah/tanah. Mengapa demikian? Karena terdapat gaya gravitasi yang terjadi antara bola dengan bumi. Ketika bola itu jatuh dari atas ke bawah, laju bola itu akan semakin cepat karena adanya percepatan yang terjadi pada bola tersebut. Percepatan gravitasi tersebut dilambangkan dengan huruf g.

Jika terdapat soal yang menanyakan berapa percepatan suatu benda apabila massa bumi A kali dan jarak dari inti bumi B kali jari-jari bumi maka bisa menggunakan rumus percepatan gravitasi sebagai berikut.

Rumus percepatan gravitasi
Rumus percepatan gravitasi

Jika terdapat soal yang menanyakan berapa percepatan gravitasi yang terjadi pada benda yang jatuh pada ketinggian tertentu maka bisa kita cari menggunakan rumus percepatan gravitasi sebagai berikut.

Rumus percepatan gravitasi 2
Rumus percepatan gravitasi 2

Rumus Percepatan Sentripetal

Apa yang dimaksud dengan sentripetal? Sentripetal merupakan suatu gaya yang bisa membuat benda bergerak secara melingkar. Pergerakan benda yang melingkar tersebut disebabkan karena memiliki suatu percepatan menuju pusat lingkaran.

Percepatan yang terjadi tersebut dinamakan percepatan sentripetal. Gaya sentripetal dapat mengakibatkan terjadinya percepatan sentripetal dengan adanya suatu gaya yang menuju ke pusat lingkaran. Contohnya jika mengikat batu dengan tali lalu kita putar secara horizontal maka gaya sentripetal akan membuat batu itu tetap melingkar menuju pusat putaran.

Maka yang dimaksud gaya sentripetal disini adalah adanya tegangan tali yang terjadi sehingga batu bisa bergerak melingkar.

Percepatan sentripetal memiliki perbedaan dengan percepatan tangensial dan percepatan sudut. Dimana percepatan tangensial dan percepatan sudut memiliki gerak melinkar berubah beraturan maka percepatan sentripetal memiliki perputaan yang berbeda, yaitu gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan. Jadi, percepatan sentripetal bisa bergerak melingkar beraturan maupun gerak melingkar berubah beraturan.

Percepatan sentripetal bisa diturunkan menjadi percepatan gerak lurus berubah beraturan. Akan tetapi, membutuhkan analisis geometri dan penjabaran yang mendalam.

Percepatan sentripetal memiliki arah yang selalu menuju ke pusat lingkaran. Sedangkan percepatan sentripetal sendiri tidak menambah kecepatan namun percepatan sentripetal hanya menstabilkan arah benda supaya tetap bergerak melingkar.

Berikut adalah rumus percepatan sentripetal

Rumus percepatan sentripetal
Rumus percepatan sentripetal

Ket:
r: jari-jari benda/lingkaran
As: percepatan sentripetal (rad/s2)

Rumus Percepatan Sudut

Sudut adalah suatu garis dari satu titik dari pusat ke posisi lain. Dalam bangun dua dimensi yang beraturan, sudut bisa diartikan sebagai pembatas antara dua ruang dan garis lurus yang berpotongan. Pada lingkaran besar sudutnya adalah 360°.

Pada segitiga siku-siku besar sudutnya adalah 180°. Sudut persegi atau segi empat adalah 360°. Kita bisa mengukur sudut tersebut menggunakan busur. Bagaimana cara menghitung besar sudut segitiga dan persegi?

Cara menghitung besar tiap sudut segitiga siku-siku adalah 180° : 3° = 60°. Berarti besar setiap sudut dari segitiga siku-siku adalah 60°. Selanjutnya, untuk mencari besar tiap sudut persegi adalah 360° : 4 = 90°. Jadi besar setiap sudut dari persegi adalah 90°

Percepatan sudut merupakan sebuah perbandingan kecepatan suatu sudut (ω) terhadap waktu (t). Jika dilihat dari satuan internasional atau disingkat SI percepatan sudut itu diukur dalam radian per detik kuadrat atau bisa ditulis (rad/s2)

Baca juga: Rumus luas persegi

Jika gerak lurus terdapat suatu besaran percepatan maka pada gerak melingkar juga terdapat besaran percepatan yakni percepatan sudut. Percepatan sudut bisa diartikan perubahan kecepatan sudut setiap satu satuan waktu.
Berikut adalah rumus percepatan sudut.

Rumus percepatan sudut
Rumus percepatan sudut

Ket:
ω = kecepatan sudut (rad/s)
t = waktu (s)
θ = perpindahan sudut (rad)

Semoga Anda dapat memahami semua penjelasan mengenai cara menhitung rumus percepatan gravitasi, sentripetal, dan sudut. Itu saja pembahasan pada hari ini, terima kasih.