Cara Menghitung Rumus Volume Dan Luas Permukaan Kubus

Cara Menghitung Rumus Volume Dan Luas Permukaan Kubus Beserta Contoh

Diposting pada
No ratings yet.

Rumus kubus – Kubus adalah salah satu bentuk bangun ruang. Dan kubus juga merupakan salah satu bentuk bangun ruang yang paling populer. Tapi, masih banyak orang yang belum bisa menghitung volume kubus dan menghitung luas permukaan kubus. Padahal, materi ini pasti pernah ditemui pada saat bersekolah di SMP dulu. Mungkin ada yang memang belum bisa, dan ada juga yang sudah bisa tapi sudah lupa rumusnya, apakah Anda salah satunya? Tenang saja, dengan artikel dari blog Sudut Sekolah ini Anda pasti jadi bisa menghitung luas volume kubus dan menghitung luas permukaan kubus.

Ada beberapa rumus yang dimiliki oleh kubus, setidaknya kubus mempunyai 4 rumus turunan, berikut diantaranya :

  1. Rumus volume kubus
  2. Rumus luas permukaan kubus
  3. Rumus ruang diagonal/sisi kubus
  4. Rumus diagonal ruang kubus

Namun, rumus kubus yang akan kita pelajari kali ini hanya sebatas rumus volume kubus dan rumus luas permukaan kubus. Karena biasanya kedua rumus itulah yang paling sering keluar soalnya pada saat ujian, Jadi, setidaknya kita harus tahu dan hafal bagaimana cara menghitung volume kubus dan cara menghitung luas permukaan kubus.

Tetapi, sebelum kita sampai ke inti materi pada artikel ini, ada beberapa hal yang harus diketahui terlebih dahulu. Hal-hal tersebut tentu saja berkaitan dengan bangun ruang yang akan kita pelajari, yaitu kubus. Hal-hal tersebut merupakan hal dasar kubus seperti pengertian kubus, bagian-bagian kubus, sisi-sisi kubus dan bidang permukaan kubus.

Pengertian Kubus

Kubus

Kubus adalah salah satu bentuk bangun ruang 3 dimensi. Kubus mempunyai 12 rusuk/sisi, serta mempunyai total 6 bidang permukaan sisi. Untuk mudah memahaminya, kubus bisa dibilang sebagai bentuk 3 dimensi dari kotak yang merupakan bentuk bangun datar 2 dimensi.

Bagian-Bagian Kubus

Berikut bagian-bagian yang pasti dimiliki oleh sebuah kubus :

  1. Rusuk
  2. Bidang sisi
  3. Titik sudut
  4. Bidang diagonal
  5. Diagonal bidang/sisi
  6. Diagonal ruang

Sebenarnya beberapa dari total semua bagian kubus di atas merupakan bagian yang memang ada pada setiap bangun datar, contohnya seperti rusuk dan titik sudut. Sisanya memang bagian yang menjadi ciri-ciri khusus bangun ruang kubus.

Sisi-Sisi Kubus

Kubus mempunyai 12 sisi, atau juga yang biasa disebut rusuk. Semua sisi-sisi tersebut pasti mempunyai ukuran yang sama. Dan tiap-tiap sisi kubus bisa dianggap sebagai sisi panjang, sisi lebar, dan sisi tinggi. Tergantung dari sudut pandang yang melihat kubus tersebut.

Bidang Permukaan/Bidang Sisi Kubus

Selanjutnya, kubus juga memiliki bidang permukaan atau yang sering juga disebut sebagai bidang sisi. Totalnya, kubus mempunyai 6 bidang sisi di mana semua bidang sisinya pasti mempunyai ukuran yang sama dan juga berbentuk kotak.

Rumus Volume Kubus

Cara Menghitung Volume Kubus
Sumber: ukurandansatuan.blogspot.com

Setelah mempelajari materi-materi dasar kubus di atas, maka sekarang saatnya kita mempelajari rumus kubus. Dan rumus kubus pertama yang akan kita pelajari adalah rumus volume kubus. Menghitung volume kubus sebenarnya cukup mudah dan relatif jauh lebih mudah dibandingkan menghitung volume bentuk bangun ruang lainnya.

Untuk mengetahui cara menghitung volume kubus, Anda hanya perlu mengetahui salah satu panjang sisi atau rusuknya. Dan rumus untuk menghitung volume kubus adalah dengan mengalikan sisinya sebanyak 3x, atau volume = sisi x sisi x sisi. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan rumus volume kubus dalam bentuk matematika di bawah ini.

Volume = Sisi x Sisi x Sisi

V = S3/S x S x S

*petunjuk :

Sisi = rusuk

Dan satuan yang digunakan volume kubus adalah satuan panjang kubik. Contohnya milimeter kubik (mm3), centimeter kubik (cm3), dan meter kubik (m3).

Rumus Luas Permukaan Kubus

Luas permukaan sebuah bentuk bangun ruang adalah luas dari semua bidang sisi permukaan bentuk bangun ruang tersebut. Artinya, jika kita mencari luas permukaan kubus, maka kita juga mencari jumlah luas dari semua sisi permukaan kubus. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa kubus mempunyai 6 sisi permukaan dengan ukuran yang sama atau sebangun.

Dengan begitu, cara menghitung luas permukaan kubus relatif mudah daripada menghitung luas permukaan bentuk bangun datar lainnya. Kita hanya perlu mengetahui salah satu luas permukaannya, lalu kalikan dengan 6 maka kita sudah bisa menemukan luas permukaan kubus. Sementara itu, bentuk permukaan kubus sendiri merupakan sebuah bangun datar persegi atau kotak. Di mana untuk menghitung luas kotak cukup dengan cara S x S dengan S merupakan sisi perseginya.

Maka dari pernyataan di atas, kita mendapatkan rumus luas permukaan kubus sebagai berikut.

L = 6 x S2 (sisi x sisi)

Cukup mudah bukan?

Cara Menghitung Luas Pemurkaan Kubus Jika Hanya Panjang Satu Sisi Permukaan Yang Diketahui

Jika menemukan kondisi seperti ini, maka kita harus benar-benar mengerti terlebih dahulu bagaimana cara menghitung luas permukaan kubus dari pernyataan di atas. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kubus memliki total 6 sisi permukaan, di mana semua sisinya mempunyai ukuran yang sama atau sebangun.

Jadi, jika kita menemukan kondisi seperti ini, maka kita tinggal mengalikan ukuran satu sisi permukaan tersebut dengan 6 dan melanjutkan menghitung luas permukaan dengan rumus L = 6 x S2 di mana “s” juga merupakan sisi permukaan kubus.

Cara Menghitung Luas Permukaan Kubus Jika Hanya Volume Yang Diketahui

Jika menemukan kondisi seperti ini, maka kita hanya perlu mencari akar pangkat 3 dari volume kubus tersebut. Jadi kita harus mencari angka yang jika diakar pangkatkan 3 hasilnya adalah volume kubus yang diketahui, untuk lebih mudahnya bisa menggunakan kalkulator.

Maka hasil dari akar pangkat 3 volume tersebut adalah ukuran sisi permukaannya, dengan begitu kita tinggal melanjutkan menghitung luas permukaan dengan rumus di atas.

Sekian pembahasan materi matematika kali ini dari blog Sudut Sekolah tentang cara menghitung volume dan luas permukaan kubus.

Silahkan berikan rating