Rumus Balok

Cara Menghitung Rumus Volume, Luas Permukaan, Dan Keliling Balok Beserta Contoh

Diposting pada

Rumus balok – Selamat datang di Sudut Sekolah, hari ini kita akan membahas kembali materi seputar pelajaran matematika. Kemarin kita sudah belajar mengenai rumus kubus, dan sekarang kita akan membahas rumus balok.

Rumus balok yang akan kita pelajari adalah rumus volume, luas permukaan, keliling balok, serta panjang diagonal ruang, panjang diagonal bidang, dan luas bidang diagonal. Kenapa? Karena semua rumus tersebutlah yang PASTI keluar di dalam soal matematika yang membahas bangun ruang, entah di kelas atau jenjang apapun. Maka dari itu penting sekali menghafal serta memahami semua rumus balok tersebut.

Namun sebelum kita mempelajari bagaimana cara menghitung rumus volume, luas permukaan, keliling balok, dan lainnya mari kita mengetahui apa itu pengertian balok? Dan apa saja sifat-sifat balok.

Pengertian Balok

Bangun ruang balok
Sumber: https://rumusrumus.com/

Balok adalah sebuah bangun ruang 3 dimensi yang memiliki 3 buah pasang sisi persegi panjang yang saling berhadapan. Elemen-elemen yang terdapat pada bangun ruang balok adalah panjang, lebar, dan tinggi. Balok juga memiliki sisi yang berjumlah 6, rusuk berjumlah 12, dan memiliki 8 titik sudut. Perbedaan antara balok dengan kubus adalah pada sisi yang membentuknya, jika balok adalah persegi panjang, kubus adalah persegi.

Sifat-Sifat Balok

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu balok, serta jumlah sisi, rusuk, dan titik sudut pada balok, sekarang kita akan pelajari sifat-sifat balok. Berikut 5 sifat-sifat balok yang harus diketahui.

1. Semua sisinya berbentuk persegi panjang
2. Rusuk yang sejajar memiliki panjang yang sama
3. Diagonal bidang sisi yang berhadapan memiliki ukuran yang sama panjang
4. Diagonal ruang ukurannya sama panjang
5. Bidang diagonal pada balok bentuknya persegi panjang

Rumus Volume Balok

Rumus volume balok
Sumber: https://www.rumusmatematika.org

Setelah Anda belajar mengenai pengertian dan sifat-sifat balok, sekarang Anda akan belajar bagaimana cara menghitung rumus volume balok. Caranya seperti berikut.

Volume = Panjang x Lebar x Tinggi
V = p x l x t

Nah, berikut contoh soal yang menggunakan rumus volume balok tersebut.

Tentukan volume balok jika ia mempunyai panjang 20 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 15 cm!

Jawaban:
Volume = Panjang x Lebar x Tinggi
Volume = 20 cm x 5 cm x 15 cm
= 1500 cm3

Rumus Luas Permukaan Balok

Apakah sudah paham mengenai cara menghitung volume balok di atas? Jika sudah, mari kita pelajari rumus luas permukaan balok berikut. Di bawah ini adalah rumusnya.

Luas = 2 x (Panjang x Lebar + Panjang x Tinggi + Lebar x Tinggi)
L = 2 x (PL + PT + LT)

Nah, itulah rumus luas permukaan balok, setelah tahu rumusnya mari kita praktekan ke dalam soal berikut. Sehingga Anda paham bagaimana cara menghitung luas permukaan balok.

Tentukan luas permukaan balok, jika balok tersebut mempunyai panjang 50 cm, lebar 10 cm, dan tinggi 20 cm!

Jawaban:
Luas = 2 x (Panjang x Lebar + Panjang x Tinggi + Lebar x Tinggi)
= 2 x (50 cm x 10 cm + 50 cm x 20 cm + 10 cm x 20 cm)
= 2 x (500 cm + 1000 cm + 200 cm)
= 2 x 1700 cm
= 3400 cm2

Rumus Keliling Balok

Nah, setelah Anda paham dan mengerti mengenai rumus volume balok dan rumus luas permukaan balok di atas, sekarang kita akan mempelajari rumus keliling balok. Berikut ini adalah cara menghitung rumus keliling balok.

Keliling = 4 x (Panjang + Lebar + Tinggi)
Keliling = 4 x (P + L + T)

Sudah paham dengan rumus keliling di atas? Nah, sekarang mari kita kerjakan contoh soal rumus keliling balok berikut.

Diketahui sebuah balok memiliki panjang 200 cm, dengan lebar 50 cm, dan tinggi 100 cm. Hitunglah keliling balok tersebut dengan benar!

Jawaban:
Keliling = 4 x (P + L + T)
= 4 x (200 cm + 50 cm + 100 cm)
= 4 x 350 cm
= 1400 cm

Mungkin itu saja pembahasan artikel kali ini seputar rumus balok, seperti rumus volume, luas permukaan, keliling balok, semoga artikel ini bisa menjadi referensi untuk Anda semua. Terima kasih dan selamat belajar :).