Rumah adat di Indonesia beserta daerah asal

34 Rumah Adat Di Indonesia Beserta Daerah Asal dan Keterangannya Lengkap

Diposting pada

Daftar Isi:

Rumah adat di Indonesia – Indonesia adalah negara dengan keberagaman suku, kaum, ras, budaya dan adat istiadat. Hal ini membuat Indonesia mempunyai banyak sekali ciri khas dari masing-masing daerahnya, seperti rumah adat atau rumah tradisional.

Banyaknya rumah adat di Indonesia menandakan bahwa pada zaman dulu, orang-orang terdahulu sudah pandai dalam hal membangun rumah tradisional. Selain itu, rumah tradisional di Indonesia mempunyai desain dan gaya yang berbeda-beda.

Rumah-rumah adat di Indonesia dibuat bukan hanya untuk ditempati dan dinikmati keindahan visualnya saja. Ada sebuah makna dan arti dari tiap-tiap rumah adat, baik dari bagian tertentu maupun simbol yang ada di rumah adat tersebut. Makna atau arti dari rumah adat biasanya sesuai dengan kebiasaan atau adat masing-masing daerah.

34 Rumah Adat Di Indonesia Beserta Daerah Asal

Setidaknya, ada 34 rumah adat Indonesia dari berbagai suku yang ada. Rumah-rumah adat ini terbentang mulai dari sabang sampai merauke. Berikut Sudut Sekolah jelaskan 34 rumah-rumah adat di Indonesia beserta daerah asalnya.

1. Rumah Adat Di Indonesia, Jawa Barat “Sunda”

Rumah adat Jawa Barat, Sunda
Sumber : rumahadatistiadat.blogspot.com

Rumah adat Jawa Barat kebanyakan dibuat oleh suku yang berasal dari Jawa Barat itu sendiri, yaitu Sunda. Salah satu rumah adat Jawa Barat adalah rumah panggung. Disebut rumah panggung karena rumah adat ini mempunyai lantai yang tidak menyentuh tanah. Ada jarak antara tanah dengan lantai, lantai ditopang oleh tiang kayu atau bambu.

Rumah panggung biasanya digunakan oleh masyarakat untuk menyimpan alat pertanian atau menyimpan hewan. Tapi banyak masyarakat lain yang menggunakan rumah adat ini untuk menyimpan hasil panen.

2. Rumah Adat Di Indonesia, Jawa Tengah “Joglo”

Rumah Adat Jawa Tengah, Joglo
Sumber : gardenmatria.com

Rumah adat Jawa Tengah terkenal dengan rumah adat Joglo. Desain arsitektur rumah adat Joglo terkesan praktis dan sederhana, tetapi mempunyai nilai seni yang tinggi. Rumah adat Joglo khas Jawa Tengah ini mempunyai beberapa bagian di dalamnya.

Ada pendopo yang dijadikan sebagai ruang tamu. Ada juga bagian depan rumah yang dijadikan sebagai ruang terbuka bernama Baisa. Ada ruang Pringgitan yang dijadikan ruang samping sebagai akses keluar masuk ke dalam rumah. Ada ruang utama yang berada di dalam rumah biasa disebut dengan ruang dalem.

Rumah adat Jawa Tengah ini juga mempunyai ruang penyimpanan tersendiri yang disebut ruang Sentong. Dan ada ruang tidur keluarga di dalam rumah yang disebut sebagai Ruwang Gandok Tengen dan Ruang Dendok Kiwo.

3. Rumah Adat Jawa Timur “Joglo Situbondo”

Rumah Adat Jawa Timur, Joglo Situbondo
Sumber : lihat.co.id

Rumah adat Joglo yang berasal dari Jawa Timur mempunyai desain bentuk yang hampir sama dengan rumah adat Joglo Jawa Tengah. Terdapat beberapa penambahan ruangan di dalam rumah. Rumah adat Joglo ini juga mempunyai kandungan filosofi yang sama seperti Joglo Jawa Tengah.

Bisa dikatakan rumah adat Jawa Timur ini dibangun atas dasar yang sama dan mempunyai nilai kebudayaan yang kental.

4. Rumah Adat DKI Jakarta “Kebaya”

Rumah Adat DKI Jakarta, Kebaya
Sumber : stickraft.blogspot.com

Provinsi DKI Jakarta mempunyai rumah adat betawi yang bernama Kebaya. Rumah adat Kebaya mempunyai desain yang kental dengan kebudayaan Betawi. Oleh karena itu rumah adat Kebaya mudah untuk dikenali.

Rumah ini masih bisa ditemui di Jakarta. Tetapi, bukan hal yang mudah untuk mencari rumah adat khas DKI Jakarta ini karena sudah tertutup oleh gedung-gedung tinggi yang sudah banyak dibangun sekarang.

Rumah adat Kebaya lebih mudah ditemukan di pedesaan Betawi walaupun jumlahnya juga sudah berkurang karena banyak yang digantikan menjadi bangunan modern.

5. Rumah Adat Bali “Gapura Candi Bentar”

Rumah Adat Bali, Gapura Candi Bentar
Sumber : anakpintar.web.id

Pura rumah adat Bali ini sangat menjungjung tinggi budaya dan adat istiadat di sana. Rumah adat Bali sudah seakan menyatu dengan kebudayaan dan agama mayoritas yang ada di daerah sana, yaitu Hindu.

Gapura Candi Bentar mempunyai bentuk desain rumah yang lengkap, termasuk dengan gapura masuknya. Rumah adat Bali ini masih dapat dijumpai di sana. Karena, sampai saat ini masyarakat Bali masih memegang teguh adat dan budayanya.

6. Rumah Adat Kepulauan Riau “Belah Bubung”

Rumah Adat Kepulauan Riau, Belah Bubung
Sumber : satujam.com

Rumah adat provinsi Kepulauan Riau adalah Belah Bubung. Rumah tradisional Riau ini mempunyai atap yang sangat unik dan bervariasi.

Belah Bubung mempunyai atap lipat yang curam ke bawah, lalu atap lipat yang mempunyai bentuk datar, ad ajuga atap layar yang berbentuk menyusun, selanjutnya ada atap panjang dibentuk sejajar, dan yang terakhir atap yang saling tergabung dan melintang.

Pada umumnya rumah adat Kepulauan Riau Belah Bubung ini mempunyai 4 ruangan di dalamnya. 4 ruangan ini teridir dari ruang induk, ruang selasar, dan ruang penghubung antara satu dapur dengan dapur yang lainnya.

7. Rumah Adat Jogjakarta “Bangsal Kencono”

Rumah Adat Jogjakarta, Bangsal Kencono
Sumber : lihat.co.id

Rumah adat Daerah Istimewa Jogjakarta bernama Bangsal Kencono. Pada zaman dulu, hanya raja Jawa dan bangsawan kerajaan raja saja yang menempati rumah ini. Rumah ini biasa terletak di tengah-tengah keraton kasultanan. Rumah adat Bangsal Kencono ini mempunyai nilai-nilai kehidupan dan filosofi yang sangat banyak.

Tiap-tiap ruangan dari bangunan rumah ini mempunyai lambang filosofinya tersendiri. Filosofi-filosofinya diambil dari ragam pola perilaku manusia, alam semesta dan dari kehidupan yang ada di dalamnya.

8. Rumah Adat Sumatera Utara “Balon”

Rumah Adat Sumatera Utara, Balon
Sumber : alampedia.blogspot.com

Rumah adat Balon adalah rumah adat provinsi Sumatera Utara yang menjadi ciri khas suku Batak. Rumah Balon mempunyai berbagai macam jenis. Ada beberapa rumah balon yang pernah populer dan menjadi gaya desain arsitektur hunian rumah suku Batak.

Beberapa jenis rumah adat Balon diantaranya rumah Balon Simalungun, Balon Toba, Balon Karo, Balon Pakpak, Balon Angkota. Diantara semua jenis rumah adat di Indonesia,  rumah-rumah Balon tersebut, semuanya mempunyai gaya arsitektur yang unik dan khas. Namun, sayangnya saat ini rumah adat Balon sulit ditemui.

9. Rumah Adat Sumatera Barat “Gadang”

Rumah Adat Sumatera Barat, Gadang
Sumber : regarzworld.wordpress.com

Rumah adat Gadang juga sering disebut rumah Godang. Rumah adat ini merupakan rumah adat khas Minangkabau yang ada di provinsi Sumatera Barat. Hingga kini, rumah Gadang masih sering dijumpai dengan mudah di provinsi Sumatera Barat.

Rumah adat seperti ini juga sudah tersebar hingga ke beberapa daerah di Malaysia karena kebudayaan malaya memang telah menyebar dengan pesat di sekitar semenanjung malaya.

10. Rumah Adat Sumatera Selatan “Limas”

Rumah Adat Sumatera Selatan, Limas
Sumber : budaya-indonesia.org

Rumah adat Sumatera Selatan disebut Limas mungkin karena gaya arsitektur bagian atap rumahnya yang berbentuk menyerupai limas. Bagian depan rumah limas ini mempunyai bentuk arsitektur yang unik disertai dengan lantai depan yang bertingkat menyerupai panggung.

Kayu yang digunakan untuk rumah adat Limas adalah kayu ulin sehingga bangunannya cukup kuat. Sementara beberapa aksen lainnya menggunakan kayu tembesu. Kayu ulin dan tembesu dikenal sebagai kedua bahan kayu dengan kualitas yang sangat bagus. Tak heran jika rumah adat Limas mampu bertahan sampai beberapa puluh tahun karena kedua bahan kayu ini.

11. Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam “Krong Bade”

Rumah Adat Nanggroe Aceh Darussalam, Krong Bade
Sumber : aswinal31.blogspot.com

Rumah adat Nanggore Aceh Darussalam, Krong Bade merupakan rumah panggung yang mempunyai 1 tangga di bagian depan. Tangga ini digunakan sebagai jalan untuk masuk dan keluar rumah.

12. Rumah Adat Bangka Belitung “Rakit Limas”

Rumah Adat Bangka Belitung, Rakit Limas
Sumber : meandytouculture.blogspot.com

Rumah adat Rakit Limas sekilas terlihat mirip seperti rumah Limas dan mempunyai aksen serta arsitektur yang sama. Perbedaannya terletak di aksen rakitnya.

13. Rumah Adat di Indonesia, Jambi “Panggung Kajang Leko”

Rumah Adat Bangka Jamb, Panggung Kajang Leko
Sumber : budaya-indonesia.org

Rumah adat Jambi, Panggung Kajang Leko bisa disebut sebagai rumah adat yang sangat lengkap. Karena rumah ini mempunyai 8 ruangan di dalamnya.

14. Rumah Adat Bengkulu “Rakyat”

Rumah Adat Bengkulu, Rakyat
Sumber : jadhomes.com

Rumah adat Bengkulu, Rakyat juga termasuk ke dalam rumah adat yang cukup komplek. Terdapat banyak ruangan di dalamnya dan mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

15. Rumah Adat di Indonesia, Lampung “Nowou Sesat”

Rumah Adat Lampung, Nowou Sesat
Sumber : malahayati.ac.id

Rumah adat Nowou Sesat khas Lampung memiliki arti rumah ibadah. Menurut cerita dari masyarakat setempat, dulunya rumah ini dibuat untuk beribadah.

16. Rumah Adat di Indonesia, Banten “Badui”

Rumah Adat Banten, Badui
Sumber : rtiptrus.com

Rumah adat Badui merupakan rumah adat Banten yang dibuat oleh suku Badui. Atap rumah adat Badui terbuat dari ilalang. Dan rumah ini dibuat dari bahan-bahan yang terbuat dari kayu, bambu dan batu.

17. Rumah Adat Madura “Tanean Lanjhan”

Rumah Adat Madura,Tanean Lanjhan
Sumber : lihat.co.id

Rumah adat Tanean Lanjhan berasal dari Madura yang ada di provinsi Jawa Timur. Walaupun begitu, terdapat beberapa perbedaan yang mencolok antara rumah adat Madura dan rumah adat daerah lainnya di provinsi Jawa Timur.

18. Rumah Adat di Indonesia, Riau “Selaso Jatuh Kembar”

Rumah Adat Riau, Selaso Jatuh Kembar
Sumber : riauberbagi.blogspot.com

Rumah adat Selaso Jatuh Kembar mempunyai 2 buah selasar. Selasar merupakan posisi lantai yang lebih rendah dibandingkan ruang tengah rumah. Biasa digunakan untuk berkumpul dan juga bermusyawarah oleh satu keluarga.

19. Rumah Adat Kalimantan Barat “Panjang”

Rumah Adat Kalimantan Barat, Panjang
Sumber : lilhat.co.id

Rumah adat Panjang terdapat di kediaman suku Dayak Borneo Barat yang ada di provinsi Kalimantan Barat. Bentuk rumah adat Panjang hampir sama seperti rumah panggung yang memanjang. Mempunyai tiang penyangga yang tinggi dan anak tangga yang lebar.

20. Rumah Adat Kalimantan Tengah “Betang”

Rumah Adat Kalimantan Tengah, Betang
Sumber : mahakam24.blogspot.com

Rumah adat Betang mempunyai bentuk yang lebih besar dan dibangun pada tanah yang lebih luas. Rumah ini dapat menampung hingga 150 orang di dalamnya. Dan rumah adat Betang merupakan rumah adat terbesar kedua yang ada di Indonesia.

21. Rumah Adat Kalimantan Timur “Lamin”

Rumah Adat Kalimantan Timur, Lamin
Sumber : nedhita.blogspot.com

Rumah adat Lamin berasal dari suku Dayak Timur, Kutai dan Banjar yang ada di Kalimantan Timur. Dibandingkan rumah adat Betang, rumah adat Lamin mempunyai ukuran yang dua kali lebih besar. Sehingga rumah adat Lamin mampu menampung hingga 250 orang dan merupakan rumah adat terbesar di Indonesia.

22. Rumah Adat Kalimantan Selatan “Bubungan Tinggi”

Rumah Adat Kalimantan Selatan, Bubungan Tinggi
Sumber : kebudayaanindonesia.net

Rumah adat khas Kalimantan Selatan, Bubungan Tinggi mempunyai konsep arsitektur yang berbeda dengan rumah adat Kalimantan lainnya. Rumah ini merupakan rumah tradisional suku Dayak Selatan.

23. Rumah Adat Kalimantan Utara “Baloy”

Rumah Adat Kalimantan Utara, Baloy
Sumber : folksofdayaks.wordpress.com

Rumah adat Baloy biasa dijadikan sebagai daya tarik wisatawan. Rumah ini terinspirasi dari rumah Suk Tidung yang sama-sama ada di provinsi Kalimantan Utara.

24. Rumah Adat Sulawesi Utara “Pewaris”

Rumah Adat Sulawesi Utara, Pewaris
Sumber : pajaa.com

Pewaris merupakan rumah adat khas Sulawesi Utara yang berasal dari suku asli di sana, yaitu Minahasa. Bentuk rumah adat Pewaris menyerupai rumah panggung.

25. Rumah Adat Sulawesi Tengah “Tambi”

Rumah Adat Sulawesi Tengah, Tambi
Sumber : ferdisaid.blogspot.com

Rumah adat Tampi mempunyai bentuk persegi panjang yang memanjang ke belakang dan menyerupai rumah panggung. Dalam pembuatan rumah ini, kebanyakan bahannya menggunakan bahan kayu asli dan batu alam.

26. Rumah Adat Sulawesi Tenggara “Buton”

Rumah Adat Sulawesi Tenggara, Buton
Sumber : stickraft.blogspot.com

Rumah adat Sulawesi Tenggara, Buton merupakan rumah adat yang unik karena mempunyai 4 lantai dengan hanya menggunakan kait kayu, tanpa menggunakan paku dan pasak.

27. Rumah Adat Sulawesi Selatan “Tongkonan”

Rumah Adat Sulawesi Selatan, Tonkonan
Sumber : trdisikitamy.id

Rumah adat Tongkonan berasal dari suku Toraja Sulawesi Selatan. Rumah adat Sulawesi Selatan ini mempunyai ciri khas yang mencolok pada bagian atap yang terlihat seperti perahu. Selain dijadikan sebagai tempat tinggal, rumah adat Tongkonan juga dijadikan sebagai tempat penyimpanan orang yang sudah meninggal.

28. Rumah Adat Gorontalo “Dulohupa”

Rumah Adat Gorontalo, Dulohupa
Sumber : stickraft.blogspot.com

Rumah adat Gorontalo, Dulohupa menggunakan bahan kayu asli dalam pembuatannya. Atap rumah adat Dulohupa mempunyai arsitektur yang unik dan bernilai seni tinggi.

29. Rumah Adat Maluku “Baileo”

Rumah Adat Maluku, Baileo
Sumber : specialpengetahuan.blogspot.com

Rumah adat Baileo melambangkan keberagaman agama yang ada di Maluku. Terdapat beberapa aksen agama dan kebudayaan setempat pada rumah ini. Ukurannya relatif lebih besar dibandingkan rumah modern.

30. Rumah Adat Maluku Utara “Sasadu”

Rumah Adat Maluku Utara, Sasadu
Sumber : rendygypsun.id

Rumah adat Sasadu mempunyai bentuk seperti rumah panggung dengan desain bangunan yang unik. Terdapat 6 pintu dalam rumah adat Sasadu yang mempunyai fungsi berbeda-beda.

31. Rumah Adat Nusa Tenggara Barat “Dalam Loka”

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat, Dalam Loka
Sumber : wisatadirektori.com

Rumah adat Dalam Lokas menjadi rumah adat suku-suku asli yang mendiami daerah Nusa Tenggara Barat. Suku-suku tersebut diantaranya suku Sasak, Sumbawa, Dompu dan suku Dongu. Dulunya, rumah adat ini hanya diperuntukkan bagi raja dan kepala adat saja.

32. Rumah Adat Nusa Tenggara Timur “Musalaki”

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat, Musalaki
Sumber : lihat.co.id

Rumah adat Musalaki mempunyai bentuk arsitektur dan filosofi yang berbeda dengan rumah adat Dalam Lokas khas Nusa Tenggara Barat. Walaupun begitu, rumah adat Musalaki mempunyai sejarah yang sama seperti rumah adat Dalam Loka.

33. Rumah Adat Papua “Honai”

Rumah Adat Papua, Honai
Sumber : adesainminimali.com

Rumah adat Honai adalah rumah adat dari Papua yang hanya dibangun menggunakna kayu dan ilalang. Dibangun tanpa jendela dan hanya mempunyai 1 pintu. Ukurannya juga bisa dibilang sempit agar suhu di dalam rumah tetap hangat walau lingkungan di luar sedang dingin.

34. Rumah Adat Papua Barat “Mod Aki Aksa”

Rumah Adat Papua Barat, Mod Aki Aksa
Sumber : jadhomes.com

Rumah adat Mod Aki Aksa bisa dibilang rumah kaki seribu karena mempunyai banyak kaki penyangga di bawah lantai rumah. Sama seperti rumah adat Honai, rumah adat ini juga menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari alam seperti ilalang, tali dari kulit pohon, kayu dan pelepah sagu.

Itu dia semua rumah adat di Indonesia beserta daerah asalnya masing-masing, yuk kita lestarikan adat dan istiadat kita bersama. Terima kasih telah membaca dan jika bermanfaat silahkan di share…