Pengertian, fungsi, contoh, proses metabolisme

Pengertian, Fungsi, Contoh, dan Proses Metabolisme Lengkap

Diposting pada

Proses metabolisme – Selamat datang di Sudutsekolah, pada kali ini kita akan membahas mengenai pelajaran Biologi, yaitu seputar metabolisme, dari mulai pengertian hingga prosesnya secara lengkap dan mendalam, langsung saja berikut adalah pengertian metabolisme.

Pengertian Metabolisme

Pengertian metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh mahluk hidup, proses tersebut adalah penyusunan atau penguraian dalam suatu zat tertentu agar dapat mudah diserap oleh tubuh. Kata metabolisme berasal dari metabole yang berarti perubahaan. Perubahan disini adalah mengolah zat tertentu dalam proses secara kimiawi untuk dapat bertahan hidup.

Baca juga: Jenis-jenis batuan

Dari pengertian ini tak heran jika metabolisme tubuh yang buruk juga akan membuat kondisi tubuh tidak maksimal, baik dalam pelaksanaan kegiatan fisik maupun yang berkaitan dengan sistem pemikiran. Kebanyakan orang menganggap jika metabolisme sama dengan proses pencernaan. Padahal perlu Anda ketahui jika kedua proses ini jauh berberbeda dengan metabolisme.

Pencernaan sendiri merupakan proses pemecahan serta pengolahan makanan setelah masuk ke dalam tubuh menjadi gizi. Jadi proses metabolisme terjadi setelah proses pencernaan. Proses pencernaan sendiri dimulai ketika makanan masuk dalam mulut, kemudian dihancurkan menggunakan gigi, kemudian masuk pada kerongkongan dan diolah pada lambung.

Pada tahapan ini makanan yang telah dilumatkan kemudian akan diambil zat gizinya dan diubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Sedangkan pada proses metabolisme tubuh, zat gizi yang didapatkan dari makanan seperti karbohidrat akan diubah menjadi energi sehingga dapat digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Metabolisme yang diartikan sebagai perubahan yaitu dari zat gizi menjadi energi juga sering kali diartikan sebagai proses kimia yang dilakukan secara alami oleh tubuh. Proses kimia ini antara lain adalah pengubahan senyawa komplek menjadi senyawa yang lebih sederhana ataupun sebaliknya.

Pada ulasan berikut, akan dijabarkan secara lengkap bagaimana proses metabolisme tubuh, apa fungsinya, macam-macam metabolisme hingga bagaimana cara meningkatkan metabolisme.

Fungsi Metabolisme

Dalam proses metabolisme tubuh banyak sekali fungsi, salah satunya untuk mengganti sel yang sudah rusak, membangun jaringan sel yang rapuh, lalu bisa memperbaiki sel-sel yang mati.

1. Fungsi Metabolisme Untuk Mengganti Sel Rusak

Pada proses metabolisme protein, akan terjadi perubahan dua buah senyawa yaitu polimer dan monomer asam amino. Pada proses pemecahan protein akan terjadi perubahan secara secepat dan menimbulkan senyawa yaitu polimer dan asam amino. Polimer merupakan protein yang memiliki berbagai macam fungsi salah satu di antaranya seperti pembentukan struktur sel dan mengganti sel yang rusak. Sehinggan dengan proses metabolisme protein dapat membuat sel jaringan baru dengan cepat.

2. Fungsi Metabolisme Untuk Respirasi Tubuh

Fungsi ini bisa Anda dapatkan ketika proses metabolisme tubuh dalam kondisi baik dan maksimal, serta asupan gizi yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dengan baik.

3. Fungsi Metabolisme Untuk Pertumbuhan Jaringan Tubuh

Anda harus tahu bahwa hampir semua zat gizi yang masuk dalam tubuh kita memiliki satu fungsi yang sama yaitu untuk pertumbuhan jaringan tubuh. Jadi ketika zat gizi dapat diubah menjadi energi, maka pertumbuhan jaringan dapat terjadi secara otomatis.

4. Fungsi Metabolisme Untuk Membangun Sel-Sel Yang Rusak

Tidak hanya berfungsi sebagai pengganti sel yang rusak, namun metabolisme dapat berfungsi untuk membangun sel-sel yang rusak, khususnya metabolisme protein.

Contoh Metabolisme

Jika seseorang mengkonsumsi makanan yang bergizi tentu gizi yang terdapat makanan itu berubah menjadi energi dan memberikan tenaga pada tubuh kita. Dan dalam proses pertumbuhan dapat mengeluarkan zat-zat yang tidak penting dari tubuh kita, tentu dengan keluarnya zat-zat yang tidak penting tumbuh kita akan menjadi sehat, untuk cara keluarnya sendiri yaitu melalui urine, keringat, hingga fesses.

1. Contoh Metabolisme: Anabolisme

Pada proses ini tubuh membutuhkan energi dari luar yang akan digunakan untuk mengikat sederhana untuk diubah menjadi senyawa yang kompleks, sehingga energi yang diperlukan akan tetap tersimpan dengan baik dalam ikatan kimia yang lebih kompleks.

Contoh: Dengan adanya energi sinar matahari dan karbondioksida tumbuhan dapat melakukan proses fotosintesis dengan baik. Serta bisa menghasilkan oksigen dan zat tepung.

3. Contoh Metabolisme: Katabolisme

Katabolisme secara rinci adalah proses penguraian senyawa kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana, yaitu dengan cara menghasilkan energi yang biasa digunakan oleh organisme untuk beraktivitas. Kemudian, dengan bantuan enzim, sel dapat memecah molekul yang sederhana dalam bentuk yang lebih kecil.

Contoh: Dalam proses perubahan glukosa dapat terjadi jika sudah melakukan proses reaksi aerbo yang mana memerlukan oksigen serat akan jadinya proses pembebasan sejumlah energi yang digunakan untuk beraktivitas. Sebelum anda mendapatkan gizi dari makanan yang diolah menjadi energi Anda perlu ketahui setiap gizi memiliki proses metabolismenya yang berbeda-beda. Tentunya proses metabolisme tubuh dibagi dalam 3 bagian yang masing-masing dibedakan berdasarkan zat gizi yang diubah.

Proses Metabolisme

Proses metabolisme juga dibagi menjadi 3, yaitu proses metabolisme karbohidrat, metabolisme lemak, dan metabolisme protein.

1. Proses metabolisme Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh yang tersusun atas 3 unsur yaitu oksigen, hidrogen, serta karbon. Selain itu karbohidrat juga merupakan zat gizi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga stamina dan energi. Zat gizi satu ini bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis bahan pangan, mulai dari beras, jagung, gandum dan bahan pangan pokok lainnya.

Adapun fungsi karbohidrat yaitu sebagai berikut:

  1. Sebagai sumber energi, mengingat karbohidrat sendiri tersusun atas glukosa dan seperti yang Anda ketahui jika glukosa merupakan sumber energi utama tubuh. Pada 1 gram glukosa Anda akan mendapatkan 4,1 gram kalori dan jumlah ini memberikan pengaruh yang begitu besar pada tubuh.
  2. Sebagai pembentuk senyawa lain, semisal asam lemak. Senyawa ini juga memberikan pengaruh penambahan energi yang cukup besar pada tubuh.
  3. Sebagai penyusun gen, mungkin belum banyak diantara Anda yang tahu jika karbohidrat dapat berfungsi sebagai penyusun gen pada inti sel. Gen sendiri memiliki fungsi untuk mewarisi dari gen induk tersebut. Untuk itu gen ini memiliki susunan 2 karbohidrat yaitu RNA dan DNA.

2. Proses Metabolisme Lemak

Selain karbohidrat, tubuh juga sangat membutuhkan lemak dalam jumlah yang cukup besar. Zat gizi yang terdiri dari susunan gliserol dan asam lemak ini juga bisa disebut sebagai makronutrien. Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh karena untuk menjaga kestabilan stamina. Namun dengan proses metabolisme tubuh maka lemak itu akan larut.

Bukan hanya disebut sebagai makronutrien, lemak juga sering disebut sebagai trigiserida, yaitu sumber energi lain selain karbohidrat serta memiliki hubungan dengan asam lemak lainnya.

Untuk metabolisme lemak sendiri yaitu proses kimiawi yang digabungkan dengan proses katabolic serta proses anabolic yang dapat menghasilkan energi dalam jumlah besar. Pada kedua proses ini lemak akan menghasilkan zat trigliserida, hormon dan badan keton.

3. Proses Metabolisme Protein

Zat gizi yang dalam bahasa Yunani disebut polimer ini merupakan senyawa kompleks dari minomer asam amino. Sedangkan metabolisme protein adalah sebuah proses deskripsi serta fisik dan proses kimia yang akan membantu pembentukan asam amino menjadi protein. Ya asam amino merupakan penyusun protein yang memiliki kandungan nitrogen.

Baca juga: Pengertian gymnospermae

Selain itu tidak hanya berfungsi sebagai energi namun sintesis asam amino juga sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Karena sifatnya dapat membantu pembentukan senyawa baru dan itu sangat penting. Di dalam tubuh kita terdapat hati, dan hati adalah organ yang digunakan untuk memecah protein yang kemudian menjadi asam amino dan tersebar keseluruh tubuh. Dan hati juga berfungsi sebagai organ pembuang ketika proses metabolisme.

Nah, itulah pembahasan lengkap kita tentang metabolisme, dari mulai pengertian metabolisme, fungsi metabolisme, contoh metabolisme, dan proses metabolisme, semoga Anda semua dapat paham dan mengerti mengenai materi metabolisme ini. Terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah, semoga bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.