Tujuan, fungsi, dan prinsip bhineka tunggal ika

Penjelasan Tujuan, Fungsi, dan Prinsip Bhineka Tunggal Ika Lengkap

Diposting pada

Prinsip bhineka tunggal ika – Selamat datang di Sudut Sekolah, pada hari ini kita akan belajar PKN, yaitu tentang semboyan negara kita Indonesia, yaitu bhineka tunggal ika. Namun, pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian dan sejarah bhineka tunggal ika, sekarang kita akan belajar mengenai tujuan, fungsi, dan prinsip bhineka tunggal ika secara lengkap dan mendalam. Yuk langsung saja berikut adalah tujuan bhineka tunggal ika.

Tujuan Bhineka Tunggal Ika

Secara umum Bhineka Tunggal Ika merupakan sebuah yel-yel, slogan atau bahkan hanya penyemangat. Bhineka Tunggal Ika hadir semata-mata hanya untuk mengobarkan semangat persatuan masyarakat Indonseia dalam wujud kebangsaan. Jadi, tunggal ika merupakan suatu kebangsaan Indonesia.

Baca juga: Ciri-ciri demokrasi pancasila

Adanya kebangsaan Indonesia dikarenakan dasar Indonesia adalah merdeka dari para penjajah, serta adanya kemerdekaan karena rasa kebangsaan dan persatuan masyarakat yang memiliki nasib dan cita-cita yang sama.

Dahulu nasib masyarakat Indonesia tertindas dalam kolonialisme dan imperalisme. Oleh karena itu masyarakat Indonesia memiliki cita-cita yang sama yaitu untuk menuju Indonesia yang merdeka. Jadi, makna Bhineka Tunggal Ika dari pemaparan tersebut adalah sebagai yel-yel atau penyemangat para pejuang Indonesia untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Kebangsaan Indonesia merupakan sebuah dasar dari kemerdekaan Indonesia. Di dalam pidato kelahiran Pancasila 1 Juni 1945 Bung Karno menjelaskan bahwa maksud dan tujuan dari kebangsaan Indonesia adalah dasar Indonesia merdeka.

Tidak mudah dalam membuat dasar kebangsaan Indonesia ini karena terdapat pihak-pihak yang menolak. Ada beberapa etnis Tiong Hoa yang memang menolak mengenai kebangsaan Indonesia ini karena mereka menganut prinsip Kosmopolitisme.

Dikutip dari Wikipedia, Kosmopolitanisme adalah ideologi yang menyatakan bahwa semua suku bangsa manusia merupakan satu komunitas tunggal yang memiliki moralitas yang sama.

Namun, Bung Karno bisa berhasil menjelaskan kepada masyarakat Tiong Hoa.

Dengan cara ini Bung Karno menyakini bahwa rakyat Indonesia bisa bersatu dan bebas dari kolonialisme dan imperialisme. Kebangsaan Indonesia sebagai dasar pemersatu rakyat Indonesia yang mana suatu kebangsaan prikemanusiaan yang di dalamnya tidak ada penjajahan, dominasi dan eksploitasi.

Nah, itu dia tujuan bhineka tunggal ika, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai fungsi bhineka tunggal ika dan prinsip bhineka tunggal ika.

Fungsi Bhineka Tunggal Ika

Keanekaragaman Indonesia memang sangat kental sekali karena Indonesia mempunyai beragam suku dan budaya namun rakyat Indonesia tetap rukun dan tidak ada perseteruan. Besarnya suatu negara memang bisa dilihat dari keberagaman baik dari segi suku, bahasa, warna kulit, dan agama yang menjadikan bangsa Indonesia menjadi negara yang besar dan berdaulat.

Kesuksesan Indonesia dalam meraih kemerdekaan tidak lepas dari peran anak bangsa yang turut berjuang dalam kemerdekaan Indonesia dengan peran masing-masing yang tergabung dalam berbagai macam suku dan budaya.

Keberagaman Indonesia memang sudah menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh para tokoh untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Karena tentu saja ini bisa menjadi problem atau bahkan menjadi kekuatan Indonesia.

Keberagaman di Indonesia memang harus diakui karena pemikiran dan tindakan yang diperbuat oleh masyarakat Indonesia hanya untuk membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara yang besar dengan keberagaman suku dan budaya yang membuatnya kuat menghadapi penjajah.

Jika berbicara mengenai Bhinneka Tunggal Ika, maka kita tidak akan lepas dari ke-Bhinneka-an yang yang berarti bahwa Indonesia merupakan negara yang beragam yang kaya akan budaya, sedangkan ke-Tunggal Ika-an merupakan sebuah cita-cita atau harapan bangsa Indonesia.

Karena semboyan inilah masyarakat Indonesia yang beragam suku dan budayabisa bersatu menjadi bangsa Indonesia untuk menuju negara yang berdaulat dan negara yang diakui dunia.

Konsep dasar negara Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan semboyan pemersatu bangsa. Oleh karena itu, Bhinneka Tunggal Ika dijadikan suatu landasan atau dasar warga negara untuk bersatu menjadi bangsa Indonesia yang rukun.

Menjadi generasi yang harus selalu menjaga dan menikmati apa yang sudah diperjuangkan oleh para tokoh terdahulu, seharusnya kita menerapkan makna Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan kita sehari-hari.

Misalnya, kita harus saling menghargai teman kita yang berbeda dengan kita baik dari segi suku, bahasa, budaya, agama,warna kulit atau ras dan keberagaman lainnya karena Bhinneka Tunggal ika tidak pernah mengajarkan membeda-bedakan,

Jika andai saja tidak ada Bhineka Tunggal Ika atau kesadaran dari masyarakat Indonesia untuk saling menghargai maka, bisa saja Indonesia menjadi negara yang penuh konflik.

Bhineka Tunggal Ika merupakan sebuah semboyan yang bisa membantu dalam mewujudkan kepentingan nasional. Lalu apa yang dimaksud dengan kepentingan nasional? Jadi, kepentingan nasional merupakan sebuah kepentingan yang diharapkan oleh semua warga negara Indonesia.

Jika rakyat sudah berfikir bahwa dia harus bisa mewujudkan kepentingan nasional maka tidak aka nada yang mengedepankan kepentingan pribadi, kelompok atau sukunya masing-masing akan tetapi terfokus pada kepentingan nasional. Suatu kepentingan nasional akan terwujud jika masyarakat bisa saling menghormati satu sama lain dan menghargai orang lain.

Menjaga keadilan dalam berbagai aspek memang menjadi hal yang sangat vital dan bisa dibilang sangat diperlukan, supaya orang lain tidak dengan mudahnya mengambil hak orang lain. Di Indonesia setiap warga negara diberi kebebasan untuk menentukan agama yang diinginkan dan tidak ada paksaan mengikuti agama tertentu. Namun, hak yang dimiliki seseorang bisa saja dibatasi dengan hak orang lain.

Setelah Anda tahu fungsi bhineka tunggal ika secara lengkap, sekarang kita akan masuk ke dalam materi terakhir yaitu tentang prinsip bhineka tunggal ika.

Prinsip Bhineka Tunggal Ika

Prinsip bhineka tunggal ika ada 4, yaitu common denominator, tidak bersifat sektarian dan enklusif, tidak bersifat formalistis, dan bersifat konvergen. Penjelasan mengenai prinsip-prinsip bhineka tunggal ika tersebut akan dibahas pada penjelasan berikut ini.

1. Common Denominator

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki bermacam-macam agama di dalamnya, namun hal yang demikian lantas tidak menimbulkan sebuah konflik antar agama satu sama lain. Hal demikian merupakan sebuah prinsip yang diusung semboyan Bhinneka Tunggal ika bahwa bangsa Indonesia tidak boleh membeda-bedakannya. Kita harus mencari common denominatornya atau mencari sebuah kesamaan lain pada sebuah perbedaan.

Karena itu masyarakat Indonesia hingga saat ini bisa hidup rukun berada di dalam keberagaman serta kedamaian dalam kehidupan bernegara. Tentu hal ini yang membuat Indonesia menjadi negara yang sulit untuk di taklukan, karena masyarakatnya tetap teguh dengan semboyan Bhinneka tunggal Ika. Adapun perbedaan-perbedaan itu jika dilihat dari aspek lain tentu kita harus berfikir bahwa kita harus tetap bersatu karena kita warga NKRI.

2. Tidak Bersifat Sektarian dan Enklusif

Warga Indonesia dilarang untuk merasa atau menganggap paling benar, hebat atau paling diakui baik dirinya sendiri maupun kelompok. Pandangan merasa paling benar ini tentu harus dihapuskan di negara ini karena tentu akan menimbulkan konflik antar individu atau kelompok karena adanya kecemburuan sosial, kecurigaan dan tidak mau tau tentang keberadaan kelompok lain karena mereka merasa kelompoknya adalah yang paling benar.

Bhinneka Tunggal Ika hadir untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginkan dan memiliki sifat inklutif yang memiliki arti sebuah kebersamaan. Jadi, perbedaan antar kelompok ini seharusnya terfokus pada fungsi dan tujuan Bhinneka tunggal Ika untuk menjadi pupuk rasa persaudaraan antar kelompok dan harus tetap hidup rukun berdampingan.

3. Tidak Bersifat Formalistis

Semboyan Bhinneka Tunggal Ika tidak menunjukkan sikap yang kaku, akan tetapi semboyan ini bersifat menyeluruh. Dengan landasan kasih sayang antar sesama dengan mengedepankan rasa hormat dan rukun terhadap warga negara Indonesia. Karena dengan cara yang lemah lembut dan damai akan membuat masyarakat saling menghargai keanekaragaman tersebut.

Baca juga: Peran Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi

4. Bersifat Konvergen

Apabila terjadi konflik karena masalah keberagaman,seharusnya mencari jalan penyelesaian yang baik, bukan malah membesar-besarkan masalah karena itu akan merusak nilai Bhinneka Tunggal ika. Penyelesaian masalah tersebut harus mengedepankan sikap toleransi, saling percaya dan menjauhi sikap egois.

Nah, itulah pembahasan kita mengenai Bhineka Tunggal Ika, dari mulai tujuan, fungsi, dan prinsip bhineka tunggal ika lengkap, semoga Anda sudah paham dengan materi diatas, jangan lupa share ke teman-teman Anda, semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah.