Pola Lantai Tari Piring Sumatera Barat Beserta Gambar Lengkap

Pola Lantai Tari Piring Sumatera Barat Beserta Gambar Lengkap

Diposting pada

Pola lantai tari piring – Seni tari adalah seni yang mempelajari gerak tubuh yang mengikuti sebuah irama atau urutan tertentu. Seni tari dibagi menjadi 2, yaitu seni tari tradisional dan seni tari modern.

Seni tari tradisional sudah mulai tergerus dengan jaman dan digantikan oleh seni tari modern, banyak sekali ekstrakurikuler di sekolah yang hanya menyediakan seni tari modern saja, karena seni tradisional sudah mulai sepi peminatnya.

Padahal kita sebagai warga negara Indonesia yang mempunyai banyak adat dan istiadat, harus cinta dengan adat dan istiadat tersebut seperti pada seni tari tradisional. Namun, seni tari tradisional masih tetap eksis pada acara-acara tertentu.

Sebelumnya Sudut Sekolah juga pernah membahas mengenai tari piring, yaitu seputar makna tari piring beserta sejarah, gerakan, busana, dan fungsinya lengkap.

Untuk itu sebagai generasi muda kita harus belajar dan melestarikan seni tari tradisional agar tidak hilang, pada hari ini kita akan belajar tari tradisional asal Sumatera Barat, yaitu tari piring. Yang akan kita pelajari adalah pola lantai tari piring dan gambarnya.

Pola Lantai Tari Piring

Tari piring mempunyai 21 gerakan berbeda-beda yang memiliki makna masing-masing, namun gerakan yang paling mendominasi pada tari piring adalah gerakan kegiatan petani di sawahnya, dari mulai penggarapan tanah hingga padi siap di panen. Dan uniknya tari piring ini, para penari menampilkan atraksi menggenggam piring menggunakan telapak tangan namun piringnya tidak jatuh walaupun sedang menari dengan gerakan-gerakan yang sulit. Untuk itu butuh latihan yang sabar untuk bisa seperti itu.

Pada dasarnya seni tari mempunyai beberapa pola lantai, yang digunakan pada pola lantai tari piring adalah pola berbaris, pola lingkaran besar dan kecil, pola spiral, pola vertikal, dan pola horizontal. Semua pola tersebut mempunyai makna atau filosofi yang berbeda-beda. Seperti contohnya pada pola lantai spiral yang bermakna kelembutan. Berikut gambar pola lantai tari piring.

Gambar pola lantai tari piring
Sumber https://brainly.co.id/

Selain 6 pola diatas, tari tradisional khas Sumatera Barat ini juga terbagi menjadi beberapa level yang berbeda-beda sesuai tingkat kesulitan dan pemahaman dari penari dan pelatih penari, ada level bawah, sedang, dan atas.

Baca juga: Properti tari piring

Nah, itu dia pembahasan mengenai pola tari piring lengkap, semoga kamu sudah paham mengenai gerakan-gerakan dan pola-pola yang telah dibahas diatas. Terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah, semoga dapat bermanfaat, jaga terus tarian adat Indonesia agar tetap eksis dan tidak kalah dengan tarian modern.