Permainan tradisional Indonesia

34 Permainan Tradisional Indonesia Beserta Daerah Asalnya Lengkap

Diposting pada

Permainan tradisional – Indonesia mempunyai banyak sekali permainan tradisional. Zaman sebelum diciptakannya smartphone canggih seperti sekarang, permainan-permainan ini sangat digemari oleh anak-anak. Hampir setiap hari selalu ditemukan anak-anak yang bermain permainan tradisional Indonesia.

Walaupun permainannya sangat sederhana dan tidak memerlukan banyak alat, tetapi permainan-permainan tersebut nyatanya dapat memberikan kebahagiaan dan kepuasan tersendiri.

Biasanya, hampir semua permainan zaman dulu melibatkan lebih dari 1 orang untuk bermain. Dengan begitu, permainan seperti itu dapat meningkatkan kerjasama. Jenis permainan seperti itu juga dapat membuat akrab satu sama lain.

Sayangnya, seiring berkembangnya zaman dan diciptakannya gadget-gadget canggih, pemandangan anak-anak yang bermain permainan kuno sudah mulai jarang ditemukan. Hanya anak-anak desa atau pinggiran saja yang biasanya masih memainkan permainan tradisional pada zaman sekarang.

Permainan Tradisional Indonesia

Masa kecil anak-anak sekarang lebih banyak dihabiskan dengan teknologi modern. Sebagai generasi penerus bangsa, seharusnya kita dapat melestarikan adat dan budaya permainan tradisional yang diajarkan secara turun temurun.

Salah satu jenis permainan yang paling populer pada masanya adalah petak umpet dan dan layang-layang. Dan berikut daftar 34 permainan tradisional Indonesia beserta daerah asalnya yang bisa kamu lestarikan.

1. Permainan Petak Umpet

Permainan tradisional, Petak Umpet

Permainan tradisional yang pertama adalah petak umpet. Permainan petak umpet sangat terkenal dan legendaris. Hampir semua masyarakat dan daerah di Indonesia mengetahui dan memainkan petak umpet. Permainan ini memerlukan setidaknya 2 orang untuk dimainkan. Sementara itu, tidak ada batas maksimal orang untuk memainkan petak umpet.

1 Orang akan menjadi penjaga pos dan berhitung dari 1 sampai 20 atau nominal yang sudah disepakati sebelumnya. Sisanya, harus mencari tempat untuk bersembunyi. Ketika selesai menghitung, penjaga harus mencari semua temannya sampai selesai dan orang yang pertama ditemukan akan menggantikan untuk menjadi penjaga selanjutnya.

2. Permainan ABC Lima Dasar

Permainan tradisional, ABC Lima Dasar
Sumber : fimela.com

Permainan ABC lima dasar adalah salah satu permainan Indonesia yang membutuhkan kecerdasan dan kecepatan berpikir. Permainan ABC lima dasar berasal dari provinsi Jawa Tengah. Sama seperti permainan petak umpet, permainan ABC lima dasar juga membutuhkan setidaknya 2 orang untuk bermain. Tidak dibutuhkan alat apapun untuk bermain ABC lima dasar.

Sebelum bermain, para pemain harus menyepakati 1 tema, bisa nama hewan, buah-buahan atau yang lainnya. Pada saat permainan dimulai setiap orang mengeluarkan jarinya secara bersamaan. Jumlah jari yang dikeluarkan semua orang dihitung dengan menggunakan huruf alfabet.

Dan setiap orang harus menyebutkan sesuatu sesuai tema yang berawalan dengan huruf alfabet tersebut. Peserta yang menjawab paling lambat atau bahkan tidak menjawab akan mendapatkan hukuman sesuai dengan kesepakatan bersama.

3. Permainan Layang-Layang

Permainan tradisional, Layang-Layang
Sumber : rajamandala.sideka.id

Permainan layang-layang biasanya banyak dimainkan anak-anak pada saat musim kemarau tiba. Permainan ini berasal dari dataran Cina dan menyebar ke seluruh nusantara. Tak heran jika bentuk layang-layang berbeda pada tiap-tiap daerah karena mengalami perkembangan. Anak-anak akan berlomba untuk membuat atau membeli layangan dan menerbakannya di tanah lapang yang luas atau tempat pesawahan kosong pasca panen.

Biasanya, mereka akan mengadu layangan mereka satu sama lain. Dan pada saat ada salah satu layangan yang putus, anak-anak akan mencari dan mengejar layangan itu untuk dibawa pulang. Sekarang, pemandangan layang-layang yang menghiasi langit musim kemarau sudah jarang dijumpai. Permainan ini mungkin masih dimainkan di pedesaan, tetapi tidak seramai dulu.

4. Permainan Kejar-Kejaran

Permainan tradisional, Kejar-Kejaran
Sumber : shopback.co.id

Bermain kejar-kejaran polisi dan maling merupakan salah satu kesenangan masa kecil. Permainan ini hampir ada pada setiap daerah di Indonesia dan dilakukan secara berkelompok. Para pemain dibagi menjadi kelompok polisi dan maling. Kelompok maling harus berlarian menghindari kejaran polisi dalam wilayah yang sudah ditentukan dan tidak boleh lari melebihi batas. Kelompok polisi harus mengejar dan menangkap maling.

Maling yang sudah tertangkap biasanya akan membantu kelompok polisi untuk menangkap maling lainnya. Ketika semua maling sudah tertangkap, maka para pemain akan bertukar kelompok dan permainan dimulai kembali. Permainan ini membutuhkan kelincahan bergerak dan daya tahan tubuh yang kuat.

5. Permainan Sepak Bola Kampung

Permainan tradisional, Sepak Bola Kampung
Sumber: https://panditfootball.com/

Sesuai namanya, permainan sepak bola ini berasal dari daerah kampung atau pedesaan tiap daerah. Permainan sepak bola kampung sama seperti permainan sepak bola biasa pada umumnya. Hanya saja, sepak bola kampung tidak menggunakan peraturan yang sama seperti sepak bola biasa. Sepak bola kampung bisa dimainkan di mana saja asalkan tempatnya mempunyai lahan yang luas. Biasanya, jika bukan di lapangan terbuka sepak bola kampung juga bisa dimainkan di lahan kosong.

Pemain satu tim tidak harus berjumlah 11, cukup menyesuaikan dengan pemain yang ada. Biasanya juga tidak ada wasit, para pemain sendiri yang menjadi pengadil lapangan. Untuk gawangnya juga bisa menggunakan 2 buah batu yang diletakkan sejajar di tanah. Karena biasa dimainkan di sore hari, adzan maghrib biasa menjadi pluit tanda berakhirnya pertandingan. Permainan sepak bola kampung ini dulu sangat digemari karena keseruannya.

6. Permainan Masak-Masakan

Permainan masak-masakan
Sumber : dictio.id

Permainan masak-masakan merupakan salah satu permainan zaman dulu dimainkan oleh anak-anak perempuan. Dalam permainan ini, biasanya akan ada peran ibu, anak, tamu atau beberapa peran tambahan lainnya.

Alat-alat yang digunakan biasanya terbuat dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi seperti botol bekas dan kaleng. Bahan-bahan untuk memasaknya biasanya berupa tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar. Tempat bermain masak-masakan bisa di mana saja, yang paling sering adalah di halaman rumah. Permainan ini sebenarnya dapat membantu anak-anak untuk mengenali tumbuh-tumbuhan atau flora.

7. Permainan Tarik Tambang

Permainan Tarik Tambang
Sumber : dictio.id

Permainan tarik tambang merupakan salah satu jenis permainan beregu atau berkelompok. Para pemain dibagi rata menjadi 2 tim. Garis tengah dibuat di tanah dan biasanya akan ada 1 orang yang berperan sebagai wasit berdiri di atas garis tersebut.

Masing-masing tim saling berhadapan dan memegang salah satu bagian tali. Ketika ada aba-aba dari wasit, maka permainan dimulai dan masing-masing tim akan berusaha untuk menarik sampai ada salah satu tim yang tertarik ke depan melewati garis tengah. Tim yang berhasil menarik lawan menjadi pemenang. Permainan tarik tambang memerlukan tenaga yang kuat dan kerjasama yang kompak. Permainan ini biasa diadakan pada lomba memperingati hari kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus.

8. Permainan Kelereng

Kelereng
Sumber : news.okezone.com

Permainan kelereng atau gundu merupakan salah satu permainan yang sangat digemari oleh anak-anak SD zaman dulu. Jumlah kelereng yang dimainkan biasanya sangat banyak, bahkan hingga mencapai ratusan.

Cara memainkannya cukup dengan menggambar lingkaran atau lintasan di atas tanah. Selanjutnya, secara bergantian pemain memukul kelereng utama yang sudah disiapkan ke arah kelereng lawan yang ada di lingkaran. Jika ada kelereng yang terkena pukulan dan keluar lintasan, maka pemain tersebut menang dan berhak mendapatkan kelereng yang keluar tadi. Jika diperhatikan, permainan kelereng ini mirip seperti billiard, hanya saja versi anak-anak.

9. Permainan Benteng-Bentengan

Benteng-bentengan
Sumber : youtube.com

Permainan benteng-bentengan merupakan salah satu jenis permainan beregu lainnya. Semakin banyak pemain maka permainan ini akan semakin seru. Saking serunya, dulu permainan ini sempat masuk ke dalam kurikulum mata pelajaran olahraga.

Pemain akan dibagi menjadi 2 kelompok. Masing-masing kelompok mempunyai sebuah benda, bisa tiang atau batu bata yang menjadi benteng mereka. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menguasai benteng lawan.

Para pemain akan berusaha maju ke wilayah lawan dan menyentuh benteng lawan. Tetapi, jika ada pemain yang tersentuh lawan dan berada di wilayah lawan, maka akan menjadi tahanan lawan. Semakin banyak tahanan dari tim lawan yang diperoleh maka semakin mudah untuk menjangkau dan akhirnya berhasil menguasai benteng lawan.

10. Permainan Gasing

Gasing
Sumber: http://rri.co.id/

Permainan tradisional yang tidak kalah populer pada zamannya adalah permainan gasing. Permainan gasing sudah ada di Kepulauan Riau sebelum masa penjajahan Belanda. Gasing adalah sebuah mainan yang bisa berputar pada porosnya dan seimbang pada titiknya. Bentuk gasing ada bermacam-macam, ada yang berbentuk tabung dan ada yang berbentuk kerucut. Terdapat batang kecil pada gasing yang bisa dihubungkan dengan tali.

Ketika tali yang digulungkan pada gasing ditarik dengan benar, gasing akan berputar. Tarikan ini sangat berpengaruh pada kecepatan berputarnya sebuah gasing. Pemain dengan gasing yang berputar paling lama atau yang paling banyak menjatuhkan gasing lawan lebih dulu menjadi pemenang. Setidaknya butuh 2 orang untuk memainkan permainan ini. Tak jarang dulu banyak anak-anak yang membuat berbagai macam jenis gasing agar bisa mengalahkan banyak gasing lainnya.

11. Permainan Lompat Tali

12. Permainan Bola Bekel

13. Permainan Balap Karung

14. Permainan Gatrik

15. Permainan Lenggang Rotan/Hoola Hop

16. Permainan Pletokan

17. Permainan Kucing dan Tikus

18. Permainan Rangku Alu/Tari Tongkat

19. Permainan Bakiak

20. Permainan Dola Bebek

21. Permainan Kasti

22. Permainan Boi-Boinan

23. Permainan Rumah-Rumahan

24. Permainan Bentik

25. Permainan Cendak Beralih

26. Permainan Sepak Sekong

27. Permainan Kotak Pos

28. Permainan Jamuran

29. Permainan Cublak-Cublak Suweng

30. Permainan Ular Naga

31. Permainan Lempar Batu

32. Permainan Egrang

33. Permainan Congklak

34. Permainan Engklek/Ingkling

Nah, itulah 34 permainan tradisional Indonesia lengkap dengan gambar dan penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung ke Sudutsekolah.com.