Perbedaan visi dan misi

Pengertian & Perbedaan Visi dan Misi Menurut Para Ahli Lengkap

Diposting pada

Perbedaan visi dan misi – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), visi adalah pandangan atau wawasan kedepan, sedangkan misi adalah tugas yang dirasakan orang sebagai sesuatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, oatriotisme, dan sebagainya.

Jika disimpulkan pengertian visi dan misi adalah sekumpulan rencana untuk membangun suatu keberhasilan yang sudah disusun secara detail dan akan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Visi dan misi sangat penting dalam membangun suatu kolektif.

Meskipun begitu, pengertian visi dan misi memiliki berbagai pandangan paradigma secara subjektif sehingga muncul banyak variasi mengenai perbedaan visi dan misi.

Baca juga: Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif

Pengertian Visi Secara Umum

Secara umum, visi adalah rangkaian rencana yang akan dilakukan suatu organisasi atau individu di masa yang akan datang. Setiap manusia pasti memiliki visi, bahkan setiap hari selalu berhadapan dengan visi. Dalam suatu organisasi visi dibentuk secara mutlak demi keberhasilan perusahaan sebagai lembaga ekonomi.

Visi harus memiliki komponen-komponen penting agar kuat untuk dipertanggung jawabkan. Komponen tersebut diantaranya:

  1. Visi berupa gambaran besar, tujuan utama dan cita-cita suatu organisasi atau pribadi di masa yang akan datang,
  2. Visi berupa cita-cita jangka panjang dan berorientasi ke depan,
  3. Organisasi yang fokus dalam suatu bidang biasanya akan membuat visi permanen demi keberhasilan fungsi organisasi tersebut,
  4. Visi biasanya terdiri dari satu deret kalimat atau poin yang jelas, padat, dan mewakili segala rencana,
  5. Visi biasanya berisi pernyataan-pernyataan umum yang selanjutnya ditegaskan oleh misi.

Pengertian Misi Secara Umum

Agar visi dapat terlaksana dengan baik diciptakan misi yang akan menunjang visi sebagai pedoman tingkah laku individu maupun organisasi dalam melangkah ke depan. Sama seperti visi, misi memiliki komponen-komponen penting agar dapat mencapai keberhasilan. Berikut komponen-komponen penting dalam misi:

  1. Misi adalah penjelasan dari langkah-langkah yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi yang telah dibuat,
  2. Misi berupa cita-cita jangka pendek dan berorientasi masa kini,
  3. Misi biasanya diubah ketika misi-misi tersebut dianggap gagal untuk mewujudkan visi yang telah dibuat,
  4. Misi biasanya terdiri dari penjabaran lebih banyak dari visi,
  5. Misi berisi pernyataan yang bersifat khusus dan lebih detail.

Pengertian Visi dan Misi Menurut Para Ahli

Banyak para ahli yang mengajukan pendapat mengenai visi dan misi, hal ini membantu visi dan misi menjadi penting untuk diperhatikan dalam mencapai suatu keberhasilan. Berikut adalah pengertian visi dan misi menurut para ahli.

1. Indrakaralesa

Menurut Indrakaralesa dalam jurnalnya, visi adalah refleksi berbagai keyakinan dan asumsi-asumsi dasar tentang berbagai hal, termasuk tentang kemanusiaan, teknologi, ekonomi, politik, seni budaya, dan etika.

2. Djamaludin Ancok

Menurut Djamaludin Ancok, pengertian visi adalah statement yang berisi arahan yang jelas mengenai apa yang akan dilakukan oleh suatu organisasi di masa depan.

3. A. Aditya

Menurut A. Aditya, pengertian visi adalah pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan-tujuan perusahaan, dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut di masa mendatang.

4. Mita B. H

Menurut Mita B. H, arti visi adalah sesuatu yang kita bayangkan secara ideal yang akan kita capai di masa yang akan datang.

5. Arry Akhmad Arman

Menurut Arry Akhmad Arman, pengertian visi adalah pernyataan yang mendefinisikan sesuatu yang ingin dicapai individu atau sebuah organisasi di masa depan.

Sedangkan pengertian misi adalah pernyataan-pernyataan yang menjelaskan apa yang sedang dan akan dilakukan atau yang ingin dicapai dalam waktu dekat.

6. Burt Nanus

Menurut Burt Nanus, arti kata visi adalah sebuah pandangan masa depan organisasi yang realistis, bisa dipercaya, atraktif, suatu kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan yang sekarang.

7. Wibisono

Menurut Wibisono, pengertian visi adalah rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa depan. Sedangkan pengertian misi adalah penetapan sasaran atau tujuan perusahaan dalam jangka pendek (1–3 tahun).

8. Sapta Nirwandar

Menurut Sapta Nirwandar, pengertian misi adalah langkah atau kegiatan yang harus dilaksanakan guna merealisasikan tercapainya visi.

9. Edwin A. Locke

Menurut Edwin A. Locke, pengertian misi adalah tindakan strategis untuk meraih visi suatu organisasi.

10. Drucker

Menurut Drucker, visi dan misi adalah sebab utama kehadiran suatu perusahaan.

11. Whelen

Menurut Whelen, visi dan misi adalah sederetan kalimat yang menjelaskan tujuan dan sebab keberadaan suatu perusahaan yang berisikan hal-hal yang ditawarkan untuk konsumen baik dalam barang maupun jasa.

Perbedaan Visi dan Misi

Setelah mengetahui pengertian visi dan misi, dapat kita simpulkan perbedaan visi dan misi adalah sebagai berikut.

Secara garis besar visi adalah suatu gambaran apa yang akan kita lakukan dimasa mendatang. Visi mewakili tujuan, kehendak, fungsi dari suatu individu atau kelompok. Jika diibaratkan dengan bermain catur, visi adalah kehendak untuk mencoba memenangkan permainan.

Baca juga: Perbedaan Nabi dan Rasul

Sedangkan misi adalah petunjuk-petunjuk yang harus dilaksanakan untuk mewujudkan visi. Misi yang baik adalah misi yang bersifat kredibel, konsisten, dan tegas. Misi harus mengalami revisi apabila gagal melaksanakan visi yang sudah dibuat. Jika diibaratkan bermain catur, misi adalah otak yang sedang berpikir untuk memenangkan permainan catur. Jadi, sekarang sudah paham kan apa saja perbedaan visi dan misi.

Nah, itulah artikel tentang pengertian visi dan misi menurut para ahli, pengertian visi dan misi secara umum, dan perbedaan visi dan misi lengkap. Terima kasih telah berkunjung ke sudutsekolah.com, semoga bermanfaat.