Perbedaan Negara Maju Dan Berkembang Beserta Penjelasannya

Diposting pada

Perbedaan negara maju dan berkembang – Banyak sekali jumlah negara yang ada di dunia ini yang terbagi menjadi 7 benua, PBB mencatat total 193 jumlah negara yang berdaulat di seluruh dunia. Dari 193 negara tersebut dibagi menjadi 2 golongan, yaitu negara maju dan negara berkembang.

Namun sebelum Anda mengetahui apa saja perbedaan negara maju dan berkembang, anda harus mengetahui beberapa ciri negara maju dan berkembang. Perbedaan-perbedaan antara kedua golongan itu meliputi perbedaan negara maju dan berkembang dalam bidang politik, dan perbedaan negara maju dan berkembang dari segi pendidikan.

Negara Indonesia sendiri masih tergolong negara yang berkembang, kita harus mendoakan dan selalu mendukung semua program-program pemerintah yang berkaitan dengan ekonomi dan pembangunan agar negara Indonesia lebih cepat menjadi negara maju, menyusul Jepang dan negara Asia lainnya. Sebelum masuk ke penjelasannya, saya akan membuat perbedaan negara maju dan berkembang dalam bentuk tabel.

Tabel Perbedaan Negara Maju Dan Berkembang

Negara MajuNegara Berkembang
Jumlah pendapatan per kapita tinggiJumlah pendapatan per kapita rendah
Kecilnya tingkat pengangguranTingginya tingkat pengangguran
Tingkat pendidikan tinggiTingkat pendidikan rendah
Pertumbuhan ekonomi tinggiPertumbuhan ekonomi rendah
Tingkat kemiskinan rendahTingkat kemiskinan tinggi
Laju pertumbuhan penduduk rendahLaju pertumbuhan penduduk tinggi

Setelah Anda mengetahui perbedaan antara negara maju dan berkembang dalam tabel, maka berikut ini adalah penjelasan lengkap dari perbedaan-perbedaan di atas.

16 Perbedaan Negara Maju Dan Berkembang

1. Jumlah Pendapatan Per Kapita

Pendapatan dari rakyat suatu negara mengindikasikan kualitas atau klasifikasi negara tersebut, apakah termasuk negara maju atau negara berkembang. Untuk menentukan itu semua, Bank Dunia telah menetapkan bahwa negara maju harus mempunyai pendapatan perkapita lebih dari $10.726, dan pendapatan perkapita untuk negara berkembang adalah $876 – $10.275.

Negara Indonesia memiliki pendapatan perkapita hampir sebesar $4.000. Ini menandakan bahwa Indonesia masih termasuk negara berkembang yang menengah. Sedangkan negara Indonesia membutuhkan total pendapatan rakyat Rp 12,2 Juta untuk menjadi negara maju.

2. Tingkat Pengangguran

Di setiap negara pasti mempunyai pengangguran, baik dari negara maju maupun negara berkembang. Yang membedakan pengangguran diantara negara tersebut adalah tingkat dan penyebab dari pengangguran tersebut.

Jika di negara maju tingkat penganggurannya kecil disebabkan karena kurangnya lapangan kerja namun mereka telah memiliki skill yang cukup mumpuni, sehingga banyak sekali pengangguran yang menjadi tenaga kerja asing dengan pangkat dan gaji yang cukup tinggi di perusahaan tersebut.

Berbeda dengan negara berkembang, tingkat penganggurannya tinggi dan disebabkan oleh kurangnya lapangan pekerjaan serta kurangnya skill yang dimiliki, walaupun banyak juga pengangguran di negara berkembang yang menjadi tenaga kerja asing, namun tetap memiliki pangkat dan gaji yang masih kecil.

3. Tingkat Pendidikan

Tingkat pendidikan di setiap negara di dunia pasti berbeda, misalnya pendidikan di Korea Selatan pasti berbeda dengan pendidikan di Finlandia dan juga Indonesia. Itu semua di pengaruhi oleh beberapa faktor. Namun perbedaan tingkat pendidikan antara negara maju dan berkembang adalah seperi berikut.

Tingkat pendidikan di negara maju lebih tinggi karena di negara tersebut banyak terdapat lapangan kerja dan gaji nya pun tinggi, berbeda dengan tingkat pendidikan di negara berkembang yang tergolong rendah karena disebabkan lapangan kerja yang sempit dan juga faktor penduduk yang terus menerus mengambil sumber daya alam untuk memenuhi kehidupannya tanpa mementingkan faktor lingkungan sekitar.

4. Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi di negara maju dan berkembang berbeda karena disebabkan oleh banyak faktor, seperti berikut. Di negara maju pertumbuhan ekonomi bisa cepat karena sumber daya alam dan sumber daya di negara tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya peran pemerintah pun sangat mempengaruhi.

Berbeda dengan yang terjadi di negara berkembang. Rakyat di negara berkembang justru mengeksploitasi sumber daya alam yang ada demi kepentingan sendirinya, dan sumber daya manusianya kurang memiliki skill sehingga tidak bisa memanfaatkan sumber daya alam yang ada dengan baik, serta peran pemerintah yang kurang mendukung adanya potensi yang dimiliki.

5. Tingkat Kemiskinan

Tingkat kemiskinan ini disebabkan oleh faktor pendapatan dari para penduduk serta pertumbuhan ekonomi, jadi tidak perlu dijelaskan lebih lanjut mengenai tingkat kemiskinan di negara maju dan berkembang. Yang perlu diketahui tingkat kemiskinan di negara maju rendah sedangkan di negara berkmbang masih banyak yang sangat tinggi.

6. Laju Pertumbuhan

Tingkat pertumbuhan di negara maju rendah, sedangkan di negara berkebang masih tinggi dan tidak bisa dikendalikan. Tingkat pertumbuhan penduduk di negara maju hanya 0,1% sedangkan di negara berkembang mencapai 1.6%. Perbedaan yang cukup jauh.

Di Indonesia sendiri, sudah diadakan program KB untuk mengatasi laju pertumbuhan pendudukan yang tinggi agar bisa dikendalikan kembali oleh pemerintah, walaupun belum maksimal namun kita harus mendukung program yang bagus ini.

Selain perbedaan dari negara maju dan berkembang diatas, masih ada beberapa perbedaan lainnya, seperti berikut:

  1. Latar belakang sejarah atau bekas di jajah oleh negara mana pada dahulunya
  2. Tingkat kesehatan yang lebih tinggi di negara maju dan sebaliknya di negara berkembang
  3. Pendapatan yang merata di suatu negara juga menjadi perbedaan antara negara maju dan berkembang
  4. Jumlah impor dan ekspor, ini juga mempengaruhi loh…
  5. Tingkat mobilitas yang terjadi
  6. Tingkat kelahiran dan kematian
  7. Perkembangan pada bidang pengetahuan dan teknologi
  8. Jumlah kriminalitas yang terjadi
  9. Tingkat harapan hidup
  10. Tingkat kemandirian pada rakyatnya

Nah, itulah tadi ke 16 perbedaan dari negara maju dan berkembang, yuk tingkatkan kualitas Indonesia agar semakin cepat untuk menjadi negara maju di kemudian hari. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga membantu Anda untuk mencari referensi tentang perbedaan negara maju dan berkembang dalam bentuk tabel.