Contoh metamorfosis tidak sempurna

4+ Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna Beserta Tabel

Diposting pada

Perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna – Pada artikel ini, Sudut Sekolah kembali membahas seputar pelajaran biologi, yaitu tentang tabel perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Sebelum kita mengetahui beberapa perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna, kita harus tahu apa itu metamorfosis. Metamorfosis adalah proses berkembangnya kondisi biologi pada hewan yang melibatkan perubahan fisik & struktur setelah kelahiran/penetasan. Perubahan fisik itu terjadi karena pertumbuhan sel dan diferensiasi sel yang secara radikal berbeda.

Metamorfosis juga dibagi menjadi 2, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempuna.

Metamorfosis sempurna atau holometabola adalah perubahan yang terjadi pada hewan dari segi fisik atau bentuk yang sangat berbeda sewaktu dia kecil hingga dewasa. Hewan-hewan yang mengalami metamorfosis sempurna adalah katak, kupu-kupu, lalat, dan nyamuk. Tahapan yang terjadi pada hewan metamorfosis sempurna tersebut adalah telur -> larva -> pupa -> hewan dewasa (imago).

Contoh metamorfosis sempurna pada katak dari http://wikybrew.com/

Jika Anda perhatikan, semua hewan tersebut mengalami masa-masa perubahan dari mulai bentuk, cara makan, hingga habitatnya pun akan berbeda.

Sedangkan metamorfosis tidak sempurna atau hemimetabola adalah proses berkembangnya hewan, namun tidak mengalami perubahan yang drastis seperti metamorfosis sempurna. Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna adalah jangkrik, belalang, kecoa, kutu, rayap, dan lainnya. Tahapan yang terjadi pada hewan metamorfosis tidak sempurna adalah telur -> nimfa -> hewan dewasa (imago).

Contoh metamorfosis tidak sempurna pada rayap via http://dokterrayap.com/

Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Metamorfosis Tidak Sempurna

Setelah Anda tahu mengenai pengertian, contoh, serta gambar dari metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna, baru lah Anda harus mengetahui dan memahami lebih lanjut mengenai perbedaan diantara metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Berikut perbedaannya.

Perbedaan Jumlah Tahapan

Jumlah tahapan pada metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna jelas berbeda, ada 4 tahapan metamorfosis sempurna, sedangkan hanya 3 tahapan pada metamorfosis tidak sempurna. Yaitu telur -> larva -> pupa -> hewan dewasa (imago) pada tahapan metamorfosis sempurna, sedangkan telur -> nimfa -> hewan dewasa (imago) pada tahapan metamorfosis tidak sempurna.

Anda juga harus tahu beberapa contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna dan contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna, agar Anda betul-betul memahami perbedaan antara metamorfosis sempurna dan tidak sempurna.

Tabel Perbedaan Metamorfosis Sempurna Dan Tidak Sempurna

Metamorfosis SempurnaMetamorfosis Tidak Sempurna
4 Tahapan3 Tahapan
telur -> larva -> pupa -> hewan dewasa (imago)telur -> nimfa -> hewan dewasa (imago)
Perubahan perkembangan drastisPerubahan perkembangan tidak drastis
Katak, kupu-kupu, lalat, dan nyamukJangkrik, belalang, kecoa, kutu, rayap

Itulah tabel perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna yang dapat Anda jadikan referensi untuk tugas Anda. Itu saja artikel pada hari ini, semoga dapat menjawab pertanyaan dari jelaskan perbedaan metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Terima kasih.