Gambar perbedaan ekonomi mikro dan makro

Perbedaan Ekonomi Mikro Dan Makro Beserta Contoh Dan Tabel

Diposting pada
No ratings yet.

Perbedaan ekonomi mikro dan makro – Jika kita mempelajari tentang ekonomi maka tidak akan ada habisnya pembahasan tersebut. Dan kali ini saya akan menyinggung mengenai perbedaan ekonomi mikro dan makro. Pembahasan kali ini juga termasuk contoh-contoh ekonomi mikro dan makro, tabel perbedaan ekonomi mikro dan makro dan juga perbedaan ekonomi mikro dan makro menurut ruang lingkupnya.

Mungkin banyak yang belum tahu apa itu ekonomi mikro dan ekonomi makro. Dilihat dari katanya terlihat jelas bahwa mikro itu kecil dan makro itu besar. Tetapi apakah dalam ekonomi juga seperti itu..? Simak pembahasan artikel ini sampai selesai agar Anda dapat memahami perbedaan-perbedaan ekonomi mikro dengan ekonomi makro.

Pengertian Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

1. Ekonomi Mikro

Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang variabel, perilaku konsumen dan produsen serta harga-harga pasar namun dalam lingkup yang tergolong kecil yaitu sebuah perusahaan, rumahan, industri home made.

2. Ekonomi Makro

Cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang ekonomi secara menyeluruh (agregat) yang mencakup sangat luas. Meliputi inflasi, penawaran, permintaan pasar pengangguran dll. Jadi ilmu ekonomi makro lebih luas pembahasannya dibandingkan dengan ekonomi mikro yang hanya mencakup sebagian kecil saja.

Contoh Ekonomi Mikro dan Makro

Ekonomi makro lebih mengulas tentang ekonomi suatu negara ataupun pemerintahan. Jelas contoh dari ekonomi makro pasti berbeda masing-masing. Ekonomi mikro lebih sempit untuk analisis dan aspek-aspek yang akan dibahas. Simak contoh-contoh ekonomi mikro dan makro.

Contoh ekonomi mikro:

  1. Biaya
  2. Permintaan
  3. Penawaran
  4. Monopoli pasar
  5. Gaji karyawan
  6. Rugi perusahaan
  7. Penetapan harga tertinggi
  8. Pembangunan infrastruktur
  9. Distribusi barang dan jasa
  10. Perilaku konsumen dan produsen
  11. Stok dan persediaan barang dan jasa

Contoh ekonomi makro:

  1. Inflasi
  2. Deflasi
  3. Ekspor
  4. Impor
  5. Siklus ekonomi
  6. Pertumbuhan ekonomi
  7. Tingkat pengangguran
  8. Kesempatan kerja
  9. Kebijakan ekonomi
  10. Pendapatan nasional
  11. Neraca pembayaran
  12. Investasi pemerintah
  13. Organisasi ekonomi internasional
  14. Kerjasama antar negara di dunia

Ruang Lingkup Ekonomi Mikro dan Makro

1. Ekonomi Mikro

Secara garis besar ekonomi mikro membahas seputar hal-hal dari perilaku konsumen dan produsen serta pasar. Jadi ruang lingkup dari ekonomi makro juga terbagi beberapa hal meliputi teori produksi, pasar, permintaan penawaran, elasitas dan perilaku konsumen. Kita akan bahas satu persatu di bawah.

A. Teori produksi

Barang dan jasa adalah hal utama dalam melakukan ekonomi. Dalam jumlah besar maka pelaku produsen juga akan sangat banyak dan cepat dalam memproduksi suatu barang tentunya. Teori produksi ini berkaitan dengan harga bahan baku, efisiensi produksi serta tenaga kerja juga yang terdapat di dalamnya.

B. Pasar

Secara garis besar, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pasar sekarang tidak hanya pasar fisik saja melainkan dapat pasar secara maya dan bisa diakses semua orang tanpa harus repot-repot ke tempatnya langsung. Pasar juga dibedakan dalam beberapa nama yaitu pasar persaingan monopolistik pasar oligopoli, pasar monopoli dan pasar persaingan sempurna.

C. Permintaan penawaran

Dua kata diatas selalu berkaitan ataupun berhubungan. Permintaan sendiri ialah sejumlah barang produksi yang dipesan oleh calon konsumen kepada produsennya. Sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang ditawarkan pada saat tertentu dan dengan harga tertentu. Jika permintaan pasar meningkat dan hasil produksi menurun maka otomatis harga dari barang tersebut akan naik.

D. Elasitas

Elasitas adalah pengaruh perubahan harga barang ditinjau dari permintaan dan penawaran yang terjadi pada pasar.

E. Perilaku Konsumen

Perilaku konsumen disebut juga dengan teori nilai guna. Adalah suatu proses yang dilakukan konsumen dalam memilih serta menggunakan barang tersebut sesuai kebutuhan dan fungsinya.

2. Ekonomi Makro

Ruang lingkup dari ekonomi makro mencakup sangat luas karena analisis data dapat berupa sebuah pemerintahan bahkan ekonomi suatu negara. Ruang lingkup ekonomi makro tersebut meliputi pengangguran, inflasi deflasi, pendapatan dan pengeluaran. Kita akan bahas satu persatu pada tulisan di bawah.

A. Pengangguran

Pengangguran adalah orang yang tidak melakukan pekerjaan dikarenakan minimnya lapangan kerja di Indonesia. Faktor pengangguran juga mempengaruhi tentang ekonomi makro di suatu negara. Angka pengangguran ini dihitung berdasarkan hitungan pekerja-pekerja yang tidak memiliki pekerjaan atau tidak mendapat pekerjaan.

B. Inflasi Deflasi

Inflasi adalah kebalikan dari deflasi. Inflasi adalah naiknya harga suatu barang di dalam pasar. Sedangkan deflasi adalah turunnya harga barang dalam suatu pasar. Jadi inflasi dan deflasi adalah bahasa ekonominya dari naik dan turunnya harga barang.

C. Pendapatan dan pengeluaran

Pendapatan dan pengeluaran yang dibahas pada ekonomi makro ini meliputi pendapatan dan pengeluaran suatu negara. Pengeluaran nasional yaitu dari proses produksi negara. Dan pendapatan negara bisa juga didapat dari ekspor barang ke negara lain.

Tabel Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro

MikroMakro
Analisis data bersifat sebagian (unit kecil/sempit)Analisis data bersifat menyeluruh (agregat)
Titik berat analisis:
- Cara mewujudkan efisiensi
- Cara mencapai kepuasan
Titik berat analisis
- Faktor yang menentukan tingkat kegiatan ekonomi suatu negara.
- Masalah-masalah utama dari perekonomian

Peran dari pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi.
Cakupan permasalahan:
- Teori produksi
- Elastisitas
- Struktur pasar
- Teori konsumsi
- Teori distribusi
- Biaya produksi
- Perilaku konsumen
- Penawaran seorang konsumen
- Penawaran seorang produsen
Cakupan permasalahan:
- Pengangguran
- Inflasi
- Deflasi
- Pertumbuhan ekonomi
- Perndapat per kapita
- Pendapatan nasional
- Neraca pembayaran
- Permintaan seluruh konsumen
- Permintaan seluruh produsen

Diatas adalah perbedaan ekonomi mikro dan makro ditinjau dari beberapa hal yaitu menurut pengertian, contoh dan juga ruang lingkupnya. Semoga artikel perbedaan ekonomi mikro dan makro di atas dapat membantu kawan-kawan semua dalam mencari referensi tentang ekonomi mikro dan makro. Terima kasih.

Silahkan berikan rating