Peraturan permainan bola voli

38 Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru dan Terlengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Peraturan permainan bola voli – Setiap cabang olahraga pasti mempunyai peraturannya sendiri, salah satunya yaitu permainan voli. Jadi peraturan bola voli pun akan terdapat beberapa hal-hal seperti perlengkapan dalam permainan serta aturan saat bertanding nanti. Namun pada peraturan standar internasional harus ada sebuah organisasi yang menjadikan tolak ukur sebagai standar dalam pengambilan keputusan.

Jadi cabang olahraga bola voli ini diawasi oleh FIVB (Federation Internationale De Volleyball) yang merupakan induk organisasi internasional dari olahraga voli. Sementara untuk Indonesia sendiri pengawas olahraga bola voli ialah PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Nah buat kamu yang sedang mencari tahu apa saja peraturan bola voli tersebut, berikut ini sudutsekolah coba berikan beberapa ulasan yang bisa kalian pahami. Silakan perhatikan secara seksama.

Peraturan Permainan Bola Voli

Akan terbagi menjadi beberapa hal nantinya peraturan dalam bola voli ini mulai dari perlengkapan, sistem pertandingan sistem perhitungan angkanya dan masih banyak lagi. Maka dari itu jangan sampai tidak menyimak dengan baik ya agar paham betul bagaimana peraturannya.

1. Perlengkapan dan Alat Bola Voli

Peraturan bola voli terbaru yang pertama dan merupakan paling utama selain peraturan-peraturan bola voli dibawah lainnya ialah dari perlengkapan dan peralatannya. Dimana ini terdiri dari bola, lapangan, net ukuran standar dari alat-alat lainnya. Yang kurang lebih sebagai berikut:

  1. Lapangan Permainan

Olahraga bola lainnya pasti memerlukan lapangan, begitu pula pada olahraga bola voli ini, ada standar ukurannya sendiri agar sah dalam pertandingan ataupun olimpiade tingkat apapun. Untuk tahu lebih lanjut soal peraturan lapangan bola voli ini, antara lain yaitu:

  • Diukur dari garis tengah lapangannya, batas garis ukuran buat pemain belakang ialah 3 meter,
  • Garis tepi lapangan mempunyai ketebalan setebal 5 cm,
  • Secara standar lebar lapangan ini ialah seluas 9 meter,
  • Garis serang pada standarnya mempunyai lebar 3 meter,
  • Garis sampingnya mempunyai panjang lapangan standar luas 18 meter.
  1. Net

Peraturan tenis lapangan mempunyai kesamaan dalam segi net pada permainan bola voli juga. Yakni memerlukan net sebagai pembatas antara kedua tim yang sedang bertanding. Hal yang perlu diketahui ialah net yang digunakan dalam permainan putra atau putri berbeda, yakni:

  • Ukuran standar tinggi net untuk pemain putra yakni 2,43 meter.
  • Sementara ukuran standar tinggi net untuk pemain putri ialah 2,24 meter.
  1. Antena

Peraturan bola voli terbaru yang berikutnya yaitu dari segi antenanya yang biasa kita temukan di setiap ujung tiang. Pemasangan sebuah antena di area itu mempunyai tujuan utama tentunya yaitu dipakai untuk membatasi gerakan bola yang sekiranya dapat berubah arah secara melebar atau ke arah samping.

  1. Ukuran Bola Voli

Jika pada olahraga basket ukuran bolanya ditentukan di beberapa standar resmi maka tak menutup di olahraga voli begitu juga.

  • Bola voli yang di rasa berstandar ialah bola voli berbahan kulit asli ataupun buatan. Buatan itu pun lalu dipompa alias diisi oleh udara.
  • Tekanan bola voli yang dapat disebut standar ialah berkisar dari 0.39 sampai 0.325 kg/cmz.
  • Ukuran keliling lingkaran dari bola voli yang sesuai standar yakni 65-67 cm.
  • Berat bola voli yang memenuhi standar resmi ialah 200-280 gram.

2. Sistem Pertandingan

Tak hanya dari peraturan di sarana, secara peraturan bola voli singkat ada juga yang namanya sistem pertandingan karena ini merupakan sebuah pertarungan di dalam lapangan yang biasa disebut bertanding. Jadi buat kalian yang punya cita-cita jadi pemain voli handal tentu perlu tahu hal ini.

  1. Untuk setiap pertandingan bola voli tentu terdapat dari 8 tim utama yang mana lalu akan dijadikan 2 grup yakni 4 tim untuk setiap grupnya.
  2. Seorang wasitlah yang akan menjadi pemimpin pertandingan sampai selesai, jadi sama seperti olahraga bola besar lainnya ya guys baik sepak bola atau basket pasti ada wasit dong.
  3. Tak hanya wasit seorang, terdapat pula 4 orang lainnya yang mempunyai tugas jaga garis dan seorang pencatat skornya.
  4. Pada setiap 1 tim voli terdiri dari 10 pemain yang mana yang dipakai hanya 6 saja jadi 4 lainnya hanya sebagai cadangan sehingga 6 tadi harus berusaha maksimal saat di dalam lapangan.
  5. Pergantian pemain inti ataupun cadangannya tidak diberi batasan meskipun pertandingan sedang berlangsung.
  6. Pemain yang mengikuti pertandingan bola voli paling minim ialah 4 orang saja.
  7. Bisa saja permainan tertunda jika salah seorang atau lebih dari 1 anggota tim sama sedang bertanding di cabang olahraga lainnya.
  8. Jika suatu tim yang bermain kurang dari 4 orang maka secara langsung panitia penyelenggaran pertandingan tim itu akan dianggap kalah.
  9. Setiap tim masing-masing akan mempunyai hak untuk bermain bola sebanyak 3 kali.
  10. Dilarang keras pemain voli memegang atau memainkan bola voli diatas 1 kali secara terus menerus.
  11. Untuk memulai permainan bola voli wasit akan melakukan pengacakan koin atau yang biasa disebut coin toss dengan cara melemparkan koin ke udara lalu menutup pakai tangan dan dibuka apa yang muncul.
  12. Kedua tubuh tim diberikan hak-hak sendiri untuk menebak gambar sisi koin apa yang muncul dari coin toss tersebut. Tim yang menebak dengan benar akan jadi pelaku servis pertama.
  13. Saat sedang servis orang yang ditunjuk sudah wajib bersiap menuju garis pinggir belakang lapangan volinya.
  14. Pemain wajib melempar bolanya ke atas udara lalu pukul bola tersebut hingga melewati net menuju area lawan. Jika bola tersebut terlempar jauh dari garis maka bola akan diberikan kepada pihak lawan dan mereka memperoleh 1 poin.
  15. Saat bola telah sampai ke area musuh, musuh bisa menerima dan mengembalikannnya atau bisa menahan bola itu pakai teknik passing.
  16. Passing ialah teknik menahan bola dengan cara menggunakan kedua lengan lalu disatukan ke arah depan. Pada keadaan yang kepepet atau genting, menahan bola bisa memakai semua anggota tubuh dengan catatan tidak ditendang memakai kaki.
  17. Pertandingan tidak perlu dilanjutkan apabila salah satu tim sudah berhasil menang secara langsung 2 set.
  18. Lalu permainan bola voli akan merasa perlu dilanjutkan jika kedua kubu menang secara rata yaitu masing masing 1 set, sehingga dapat tambahan 1 set laga.
  19. Sistem perhitungannya ialah 25 rally point bagi setiap pertandingan atau permainan bola voli. Jika kedua tim memperoleh poin imbang misal 24-24, maka akan diadakan sebuah pertandingan dengan tambahan poin sebanyak 2. Siapa yang berhasil terlebih dahulu mendapatkan poin tersebut maka dialah pemenangnya.
  20. Dalam pertandingan penyisihan nilai 1 akan bisa diperoleh jika terdapat kedua tim atau lebih mempunyai nilai sama. Penentuan juara grup atau pemenang serta runner-up nya akan dilakukan secara penilaian kualitas angka dari timnya.
  21. Pada tiap babak time-out, cuma 1 kali saja dan itu cuma berdurasi 1 menit guys.
  22. Setiap tim nanti harus bertukar sisi lapangan ketika waktu babak telah berakhir, ya sama halnya seperti permainan sepak bola atau bola basket.
  23. Jika terdapat babak penentuan atau biasa disebut set-3 maka secara langsung tim yang memperoleh nilai rendah dapat meminta tukar lapangan apabila angka / poin 13 telah diperoleh tim musuh.

3. Sistem Penghitungan Angka

Pada permainan bola voli terdapat juga sistem perhitungan yang wajib diketahui para pemain. Jadi pada peraturan permainan bola voli terbaru bisa dilihat disini.

Dibawah ini beberapa penjelasan mengenai sistem perolehan angka saat bertanding.

  • Kubu musuh akan memperoleh nilai saat mereka bisa memasukkan bola ke daerah kita.
  • Pihak tim musuh akan mendapatkan skor jika server atau servis yang dilakukan oleh tim kita tidak bisa melambung melewati net sehingga musuh dapat poin dan dapat kesempatan servis juga.

4. Pemain dan Sistem Permainan

Secara peraturan bola voli singkat, Inti dari sebuah pertandingan bola voli ialah permainan yang dimainkan dengan kedua tim yang mana masing-masing tim mempunyai 6 orang pemain utama dalam pertandingan.

Kedua tim inilah yang akan bertanding agar dapat memperoleh angka 25 lebih awal sehingga dapat dikatakan sebagai pemenang.

Berikut merupakan peraturan dan cara dari permainan bola voli:

  • Terdapat 4 peran utama yang ada pada sebuah tim voli, yaitu antara lain tosser atau setter, spiker (smash), libero serta defender atau yang biasa disebut pemain khusus bertahan.
  • Spiker dalam suatu tim mempunyai peran utama atau fungsi sebagai pemukul bola supaya bisa jatuh di area musuh.
  • Tosser dalam sebuah tim ialah pengumpan atau seseorang yang mempunyai tugas untuk mengoper bola ke rekan timnya serta menjadi pengatur bagaimana permainan tersebut berjalan.
  • Pemain tosser harus mempunyai kekuatan insting yang asik atau lebih-lebih sempurna karena merupakan hal yang dituntut.
  • Seorang tosser juga diharuskan agar dapat mengatur jalannya pertandingan ketika sudah berlangsung.
  • Seorang tosser diharuskan dapat membuat keputusan tepat waktu mengenai apa yang akan dilakukan terhadap bola yang sedang ada di tangan.
  • Defender sendiri dalam sebuah tim tugasnya yaitu mempertahankan areanya dari serangan musuh agar bola tidak jatuh ke area timnya.
  • Libero dalam sebuah tim punya fungsi utama sebagai pemain bertahan layaknya defender. Hanya saja keunggulannya pemain posisi ini dapat keluar masuk dengan bebas serta tak diperkenankan melakukan smash ke area musuh.
  • Secara peraturan bola voli singkat, tentu kita tahu jika angka 25 merupakan angka yang harus dicapai oleh kedua tim jika ingin memenangkan pertandingan.

Baca juga: Teknik dasar bola voli

Begitu saja yang dapat saya sampaikan mengenai peraturan bola voli, semoga saja materi ini sudah sangat lengkap sesuai yang kalian butuhkan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Silahkan berikan rating