Peraturan permainan bola basket singkat

20 Peraturan Permainan Bola Basket Beserta Penjelasan Lengkap

Diposting pada

Peraturan permainan bola basket – Bola basket termasuk ke dalam salah satu permainan bola besar yang paling diminati di seluruh dunia, tim atau club bola basket yang paling disukai oleh pecinta basket ada di Amerika. Nah, pastinya di dalam permainan bola basket ada beberapa peraturan yang harus diikuti oleh para pemainnya, berikut penjelasannya.

Dalam sebuah permainan olahraga, tentu ada sebuah peraturan yang berlaku supaya permainan dapat berjalan dengan baik dan benar. Jika sebuah peraturan tidak ada dalam suatu olahraga maka permainan itu tidak akan berjalan dengan baik bahkan tidak jalan sama sekali.

20 Peraturan Permainan Bola Basket Singkat

FIBA atau Federasi Bola Basket Internasional sendiri telah merumuskan peraturan-peraturan yang harus di patuhi dalam olahraga bola basket. Peraturan-peraturan tersebut adalah sebagai berikut.

Baca juga: Teknik dasar bola basket

1. Peraturan Ukuran Lapangan Basket

Peraturan permainan bola basket pertama adalah tentang ukuran lapangan. Ukuran lapangan bola basket adalah memiliki panjang 28,5 m/meter dan memiliki lebar 15 m/meter. Ukuran ini memiliki perbedaan antara ukuran lapangan NBA (National Basket Association) dengan ukuran lapangan FIBA.

Menurut ukuran standart FIBA panjang lapangan bola basket adalah 26 m/meter sedangkan lebarnya adalah 14 m/meter. Dalam skala Internasional, ukuran lapangan yang sering digunakan adalah lapangan yang sesuai dengan standar FIBA.

2. Peraturan Permainan Bola Basket: Jumlah Pemain

Pernahkah anda menghitung jumlah pemain bola basket saat anda menonton pertandingan baik secara live maupun di tv? Saya rasa anda semua sudah pernah menghitungnya. Iya, jumlah pemain dalam permainan bola basket ada 5 anggota dalam setiap tim. Jika di jumlah maka dalam satu pertandingan terdapat 10 pemaian dalam satu lapangan.

Selain itu, taukah anda bahwa jumlah pemain cadangan pun terdapat beberapa peraturan yaitu pelatih hanya boleh membawa cadangan sebanyak 5 pemain. Jadi, jumlah pemain dalam satu tim adalah 5 orang inti dan 5 orang cadangan saja.

3. Peraturan Permainan Bola Basket: Wasit

Dalam sebuah permainan olahraga tentu harus ada seorang wasit. Wasit berfungsi sebagai pengadil dalam sebuah permainan supaya berjalan dengan baik dan adil. Dalam permainan bola basket jumlah wasit adalah 2 orang. Wasit 1 bisa disebut dengan referee dan wasit 2 disebut dengan umpire.

4. Peraturan Permainan Bola Basket: Waktu Bermain

Bola basket berjalan selama 4 babak dan setiap babak berlangsung dalam 10 menit. Itu merupakan waktu yang dirumuskan oleh Federasi Basket International. Berdasakan National Basketball Association waktu permainan bola basket adalah 4 babak namun setiap babak berlangsung selama 12 menit.

Setelah babak selesai pemain diberi waktu istirahat selama 10 menit. Apabila babak sudah selesai namun skor masih sama, maka akan dilakukan babak tambahan waktu hingga skor tidak sama. Diantara babak tambahan waktu terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Sedangkan waktu lemparan ke dalam adalah 5 detik.

5. Peraturan Bola Dalam Basket

Ukuran keliling bola dalam permainan bola basket adalah 75 cm/centimeter hingga 78 cm/centimeter. Berat bola dalam permainan bola basket adalah 600 gr/gram hingga 650 gr/gram. Dengan berat bola yang sekian maka jika bola dijatuhkan pada ketinggian 1,80 m/meter maka bola akan memantul hingga ketinggian 1,20 m/meter sampai 1,40 m/meter.

6. Peraturan Papan Pantul Basket

Papan pantul juga termasuk peraturan permainan bola basket loh. Ukuran panjang papan pantul pada bagian luar adalah sebesar 1,80 m/meter sedangkan untuk ukuran lebar papan pantul pada bagian luar adalah sebesar 1,20 m/meter. Untuk bagian panjang papan pantul pada bagian dalam adalah sebesar 0,59 m/meter dan lebar papan pantul pada bagian dalam adalah sebesar 0,45 m/meter.

Sedangkan ukuran jarak antara lantai dengan papan pantul pada bagian bawah adalah sebesar 2,75 m/meter. Untuk ukuran jarak papan pantul pada bagian bawah hingga ke ring basket adalah sebesar 0,30 m/meter. Panjang ring basket adalah 0,40 m/meter dengan jarak tiang penyangga sampai garis akhir adalah sebesar 1 m/meter.

7. Peraturan Garis Basket

Pada ukuran panjang garis tengah lingkaran yang terdapat pada lapangan bola basket adalah sebesar 1,80 m/meter dan memiliki ukuran lebar garis sebesar 0,05 m/meter. Untuk ukuran panjang garis akhir lingkaran pada daerah serang adalah 6 m/meter. Sedangkan pada garis tembakan hukuman memiliki panjang garis sebesar 3,60 m/meter.

8. Peraturan Mengenai Pelanggaran Back Ball atau Back Court Basket

Back ball atau back court merupakan sebuah peraturan bola basket yang masih jarang dikenal atau diketahui. Pelanggaran ini diberikan kepada pemain yang membawa bola basket dengan mengontrolnya ke daerah pertahanan namun melalui garis tengah. Hal tersebut tidak diperkenankan karena pemain tidak boleh membawa bola ke daerah pertahanan melalui garis tengah.

9. Peraturan Mengenai Pelanggaran Traveling atau Walking Basket

Pelanggaran traveling atau walking terjadi karena pemain saat membawa bola basket tidak dilakukan dengan mendribble bola saat melakukan perpindahan posisi melebihi dua langkah. Hal ini tentu bertolak belakang dengan ciri khas dari permainan bola basket sendiri yaitu mendribble bola dengan memantulkan ke lantai.

Tidak ada keringanan untuk pelanggaran jenis ini karena jika dinalar tidak ada perbedaan antara bola basket dengan permainan bola tangan.

10. Peraturan Mengenai Pelanggaran Double Dribble Basket

Pelanggaran double dribble terjadi karena pemain membawa bola yang sebelumnya sudah berhenti dan melakukan dribble bola lagi. Karena setelah berhenti melakukan dribble lagi maka jenis pelanggaran ini disebut dengan double dribble. Jenis pelanggaran ini sudah tidak asing di telinga para pemain basket karena ini sudah menjadi peraturan dasar tentang permainan basket.

11. Peraturan Personal Foul Basket

Jenis pelanggaran personal foul hanya untuk seseorang dalam sebuah tim. Hal ini terjadi karena sang pemain telah melakukan pelanggaran yang dapat ditoleransi 4 kali. Sedangkan untuk pelanggaran yang ke-5 maka pemain itu akan mendapatkan hukuman dari wasit dan di diskualifikasi.

12. Peraturan Defensive Three Second Foul Basket

Pelanggaran defensive 3 second adalah ketika ada seorang pemain yang berdiam diri selama 3 detik pada area pertahanan sendiri saat tim lawan melakukan serangan. Hal ini bisa menyebabkan sebuah tim mendapatkan hukuman throw in satu kali.

13. Peraturan Offensive Foul Basket

Peraturan permainan bola basket selanjutnya adalah pelanggaran offensive 3 second. Pelanggaran offensive 3 second adalah ketika seorang pemain yang berdiam diri selama 3 detik di area lawan pada saat lawan sedang melakukan defense. Hal ini hanya mendapatkan hukuman bola akan diberikan kepada tim yang tidak melakukan pelanggaran.

14. Peraturan Shot Clock Violation Basket

Pelanggaran shot clock violation adalah sebuah pelanggaran ketika sebuah tim tidak melakukan serangan hingga menyentuh ring lawan melebihi 30 detik menurut FIBA dan 24 detik menurut NBA.

15. Peraturan Team Foul Basket

Sebuah tim akan mendapatkan tembakan bebas saat tim lawan sudah melakukan pelanggaran melebihi 5 kali.

16. Peraturan Foul Out Basket

Pelanggaran foul out adalah ketika seorang pemain telah melakukan pelanggaran sebanyak 5 kali maka pemain tersebut akan mendapatkan hukuman keluar dari lapangan atau diusir tidak boleh melanjutkan permainan.

17. Peraturan Three Second Violation Basket

Pelanggaran three second violation adalah ketika seorang pemain tidak melakukan sebuah tembakan bebas melebihi 3 detik.

18. Peraturan 10 Second Violation (FIBA) atau 8 Second Violation (NBA) Basket

Pelanggaran 10 second violation atau 8 second violation adalah ketika seorang pemain melakukan sebuah serangan dengan memegang bola namun tidak menembaknya atau mengopernya melebihi 10 detik atau 8 detik.

19. Peraturan 30 Second Violation (FIBA) atau 24 Second Violation (NBA) Basket

Pelanggaran 30 second violation atau 20 second violation adalah ketika seorang pemain tidak melakukan tembakan ke dalam ring melebihi 30 detik atau 24 detik.

Baca juga: Teknik dasar sepak bola

20. Peraturan Seragam Tim Basket

Peraturan permainan bola basket yang terakhir adalah tentang seragam tim. Kedua tim dalam permainan basket harus mengenakan seragam yang berbeda supaya bisa mengetahui antara tim A dengan tim B.

Nah, itulah 20 peraturan permainan bola basket singkat, semoga Anda paham dan dapat memainkan basket dengan baik dan benar. Terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.