Peran Indonesia dalam ASEAN

16 Peran Indonesia Dalam ASEAN di Bidang Ekonomi, Budaya, dan Politik

Diposting pada
No ratings yet.

Peran Indonesia dalam ASEAN – Pada deklarasi Bangkok yang terjadi pada tanggal 8 Agustus 1967, dibentuklah sebuah organisasi yang diberi nama ASEAN. ASEAN atau singkatan dari Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara).

Pada artikel sebelumnya, Sudut Sekolah telah membahas mengenai latar belakang berdirinya ASEAN secara lengkap, silahkan baca terlebih dahulu artikel tersebut.

Organisasi ini merupakan wadah kerja sama bagi setiap negara yang tergabung dalam benua Asia Tenggara. Dibuatnya ASEAN dengan tujuan untuk memajukan pertumbuhan ekonomi, memajukan kehidupan sosial, serta mengembangkan kebudayaan negara-negara anggotanya.

Baca juga: Teks sumpah pemuda yang asli

Indonesia merupakan salah satu pendiri dan anggota ASEAN. Yang berarti, ada banyak sekali peran Indonesia dalam ASEAN, baik dalam bidang ekonomi, budaya maupun politik.

Negara Anggota-Anggota ASEAN
Sumber : asean.org

Kala itu, Indonesia tergabung bersama dengan Filipina, Malaysia, Thailand dan Singapura dalam pendirian ASEAN. Oleh karena itu, Indonesia termasuk ke dalam salah satu dari lima negara pendiri ASEAN. Pembentukan ASEAN dibuktikan dengan penandatanganan deklarasi Bangkok oleh Adam Malik (menteri luar negeri Indonesia), Narciso Ramos (menteri luar negeri Filipina), Tun Abdul Razak (wakil perdana menteri sekaligus menteri luar negeri Malaysia), Thanat Khoman (menteri luar negeri Thailand) dan S. Rajaratnam (menteri luar negeri Singapura). Kehadiran Indonesia dalam pembentukan ASEAN itu merupakan salah satu bukti Indonesia sangat berperan dalam ASEAN.

ASEAN dibuat karena negara-negara Asia Tenggara menginginkan terciptanya suasana yang damai. Sehingga dibuatlah ASEAN sebagai wadah untuk menjaga perdamaian dan stabilitas untuk negara-negara Asia Tenggara. ASEAN juga sudah menghasilkan berbagai macam bentuk kerja sama antarnegara anggota. Dan ASEAN mempunyai semboyang yang terkenal, yaitu “Satu visi, satu identitas, satu komunitas“.

Peran Indonesia Dalam ASEAN di Bidang Ekonomi

Sebagai salah satu dari lima negara pendiri, Indonesia tentu sangat berperan dalam perkembangan bidang ekonomi ASEAN. Salah satu peran Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi adalah selalu memberikan ide-ide kreatif. Ide-ide kreatif ini berguna untuk memajukan standar ekonomi baik dalam negeri maupun negara-negara ASEAN. Selain itu, berikut beberapa peranan Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi.

  • Indonesia berperan dalam pembentukan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau yang biasa diistilahkan sebagai pasar tunggal. Nantinya, MEA akan memungkinkan dan memudahkan suatu negara untuk menjual barang dan jasanya kepada negara-negara lain yang ada di Asia Tenggara.
  • Indonesia juga berperan dalam meningkatkan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dalam pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia), penyerapan tenaga kerja, jiwa kewirausahaan dan juga pengembangan produk serta perusahaan yang ada di luar negeri.
  • Indonesia turut membantu peningkatkan kerja sama ekonomi ASEAN dengan negara-negara mitra yang strategis. Negara-negara tersebut meliputi Amerika Serikat, Kanada. Australia, Rusia, Cina, Jepang, India, Korea Selatan dan Selandia Baru.
  • Pada World Economic Forum on ASEAN yang dilaksanakan di Hanoi, Indonesia mengajak negara-negara ASEAN untuk mempersiapkan diri dan berperan penting dalam menghadapi perkembangan revolusi industri 4.0. Indonesia mengajak para generasi muda untuk siap mengambil kesempatan dan menjawab tantangan perkembangan teknologi yang akan datang.
  • Peranan Indonesia dalam ASEAN di bidang ekonomi yang lain adalah membangun daya saing ekonomi Indonesia di ASEAN. Caranya adalah dengan pembangunan badan usaha milik desa. Dengan begini Indonesia dapat ikut dalam persaingan ekonomi ASEAN.

Peran Indonesia dalam ASEAN di Bidang Budaya dan Sosial

Sebagai negara dengan keanekaragaman budaya, tentu saja Indonesia mempunyai peran penting dalam menjaga budaya di lingkungan ASEAN. Peranan Indonesia dalam ASEAN di bidang budaya cukup banyak. Berikut beberapa peran Indonesia dalam ASEAN di bidang budaya dan sosial.

  • Dalam Child Protection System, Indonesia berperan untuk menjaga hak anak-anak.
  • Indonesia banyak berperan pada berbagai kegiatan kerja sama di sektor kebudayaan yang dilakukan melalui workshop dan juga symposium pada bidang seni dan budaya. Diantaranya ASEAN Youth Camp, ASEAN Culture Week, ASEAN Quiz dan juga berbagai pertukaran kunjungan antarseniman ASEAN.
  • Sejak dibentuknya subsidiary body bernama ASEAN Committee on Culture and Information (ASEAN-COCI), Indonesia sudah mulai berperan dalam ASEAN di bidang kebudayaan. Badan ini dibentuk dalam rangka mempromosikan kerjasama yang efektif pada bidang kebudayaan dan penerangan. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesetiakawanan dan saling pengertian (mutual understanding) antarmasyarakat ASEAN.
  • Indonesia membuka akses seluas-luasnya bagi semua penduduk negara ASEAN dengan memperhatikan kesetaraan gender.
  • Indonesia juga aktif dalam berperan menanggulangi kebakaran hutan serta lahan yang menjadi penyebab adanya polusi asap lintas batas di kawasan ASEAN.
  • Peranan Indonesia dalam ASEAN di bidang budaya yang lainnya adalah peran Indonesia dalam Committee for the ASEAN Socio-Cultural Community (SOCA) yang ke 25. SOCA ke 25 ini diadakan di Singapura dan membahas tentnag budaya perdamaian dan toleransi, serta target pilar penjaminan hak-hak penyandang disabilitas.

Peran Indonesia dalam ASEAN di Bidang Politik

Selain di bidang ekonomi dan budaya, peranan Indonesia dalam ASEAN di bidang politik juga tidak kalah banyak. Berikut beberapa peran Indonesia dalam ASEAN di bidang politik.

  • Mengadakan perjanjian ekstradisi, yakni penyerahan pelarian para penjahat yang telah tertangkap di antara negara anggota ASEAN.
  • Indonesia juga turut bekerja sama dalam menanggulangi penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.
  • Melaksanakan Kawasan Perdagangan Bebas ASEAN (AFTA) secara bertahap.
  • Sebagai negara demokrasi, Indonesia juga berperan dalam meningkatkan demokrasi sebagai panduan kehidupan bernegara di lingkungan ASEAN.
  • Peranan Indonesia dalam ASEAN di bidang politik yang bergengsi adalah peran Indonesia pada mitra wicara melalui ASEAN Convention on Counter Terrorism (ACCT) dan juga ASEAN Political and Security Community Blueprint (APSC) 2027 yang menjadi landasan dalam membangun masyarakat ASEAN yang lebih stabil dan aman ditengah maraknya violent extremism atau paham esktrim kekerasan dan aksi terorisme.

Baca juga: Hak dan kewajiban warga negara menurut para ahli

Semoga Indonesia terus dapat berperan dalam ASEAN dan memajukan kesejahteraan masyarakat Asia Tenggara.

Terima kasih telah membaca artikel di situs pendidikan Indonesia terbaik, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Aamiin

Silahkan berikan rating