Peninggalan Kerajaan Aceh

11 Peninggalan Kerajaan Aceh Beserta Gambar Lengkap

Diposting pada

Peninggalan Kerajaan Aceh – Kesultanan atau Kerajaan Aceh didirikan pada tahun 1496 oleh Sultan Ali Mughayat Syah, ibu kota kerajaan ini terletak di Bandar Aceh Darussalam pada tahun 1496-1873 dan di Keumala pada tahun 1873-1903, bahasa yang digunakan adalah Aceh, Melayu, Arab, Gayo, dan Alas. Kerajaan Aceh menganut Agama Islam, karena itu banyak sekali peninggalan Aceh dalam bentuk karya sastra.

Peninggalan Aceh yang paling terkenal adalah karya sastra peninggalan Kerajaan Aceh seperti hikayat raja-raja pasai, hikayat melayu, dan hikayat Prang Sabi.

Bentuk pemerintahan kerajaan ini adalah monarki absolut atau kerajaan mutlak, yaitu seorang raja mempunyai kuasa sepenuhnya untuk memerintah negara atau wilayahnya.

Sayangnya kerajaan ini runtuh pada tahun 1903 yang dikarenakan semakin kuatnya kekuasaan Belanda di pulau Sumatera. Kerajaan Aceh merupakan kerajaan yang memiliki pengaruh besar dalam penyebaran Agama Islam di Indonesia.

Karya Sastra Peninggalan Kerajaan Aceh

1. Hikayat Melayu

Hikayat Melayu merupakan karya sastra yang di dalamnya terdapat cerita Panji Damar Wulan, pernikahan seorang Sultan Malaka Mansur Syah dengan putri China dan Jawa, serta serangan Portugis atau Peringgi ke Malaka pada tahun 1511.

2. Hikayat Raja-Raja Pasai

Hikayat Raja-Raja Pasai merupakan karya sastra peninggalan Kerajaan Aceh yang berisi cerita seputar asal mula Kesultanan Samudra Pasai yang didirikan oleh putera bangsawan Pasai, Merah Gajah yaitu Sultan Malik as-Saleh.

3. Hikayat Prang Sabi

Hikayat selanjutnya adalah hikayat Prang Sabi yang berisi seputar jihad yang ditulis oleh beberapa ulama yang mengajak, manasehat, dan menyerukan untuk melakukan jihad demi menegakkan Agama Allah dari para kaum kafir yang menyerang.

Peninggalan Kerajaan Lainnya:

1.  √ Peninggalan Kerajaan Kediri Beserta Gambar

2. √ Peninggalan Kerajaan Demak Beserta Gambar

3. √ Peninggalan Kerajaan Sriwijaya Beserta Gambar

4. √ Peninggalan Kerajaan Kutai Beserta Gambar

Hikayat Prang Sabi sengaja dibuat oleh para ulama dengan tujuan membangkitkan dan meningkatkan semangat juang rakyat Aceh untuk mengusir para penjajah.

Peninggalan Kerajaan Aceh Lainnya

4. Masjid Raya Baiturrahman

 

Masjid Raya Baiturrahman Peninggalan Kerajaan Aceh

Masjid Raya Baiturrahman menjadi warisan Kerajaan Aceh yang paling dikenal oleh masyarakat, bukan hanya masyarakat Aceh saja, tetapi hampir semura rakyat Indonesia juga mengetahuinya.

Pada saat terjadi tsunami di Aceh pada tahun 2004, masjid ini berhasil melindungi rakyat Aceh karena kokohnya bangunan tersebut, sehingga tidak mudah disapu oleh ombak yang menjadikan Aceh luluh lantah.

Masjid Raya Baiturrahman ini dibuat oleh Sultan Iskandar Mudah pada tahun 1612 Masehi yang berada di pusat Banda Aceh.

Walaupun masjid ini sempat dibakar, namun dibuat kembali oleh Belanda, karena takut dengan amarah rakyat Aceh yang kesal dengan pembakaran tersebut.

5. Makam Sultan Iskandar Muda

 

Makam Sultan Iskandar Muda

Raja Aceh yang sangat terkenal adalah Sultan Iskandar Muda, setelah ia wafat, ia dimakamkan dengan istimewa, di makamnya terdapat ukiran dan pahatan kaligrafi pada batu nisannya yang dibuat menggunakan batu marmer. Makam Sultan Iskandar Muda terdapat di Kelurahan Peuniti, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

6. Meriam Kerajaan Aceh

Selain terkenal karena budaya Islamnya yang sangat kental, Kerajaan Aceh juga terkenal di bidang militernya, salah satu buktinya adalah adanya sarana persenjataan sendiri, yaitu beberapa meriam yang terdapat di Benteng Indraparta dan Museum Aceh. Para pembuat meriam tersebut mempelajari teknik dari Kerajaan Turki Ustmani, peranan meriam-meriam tersebut sangat penting pada beberapa peperangan.

Karena meriam Kerajaan Aceh ini sangat ampuh untuk menyerang kapal-kapal perang yang dimiliki musuh yang sedang bersandar di Dermaga Tanah Rencong.

7. Uang Emas Kerajaan Aceh

Pada zaman dulu, Aceh menjadi jalur perdagangan dan pelayaran yang cukup strategis, sehingga banyak sekali komoditas dari berbagai negara di Asia yang berkumpul di Aceh, sehingga kerajaan ini membuat mata uang sendiri yang menggunakan 70% emas murni yang dicetak dengan nama para Raja yang pernah atau sedang memerintah Kerajaan Aceh. Sampai sekarang masih banyak orang yang berburu koin tersebut, karena telah menjadi harta karun yang cukup berharga.

8. Benteng Indra Prata

Benteng Indra Prata

Benteng ini dibuat pada masa kerajaan Hindu pertama di Aceh, yaitu Kerajaan Lamuri. Namun setelah Islam berhasil mendominasi wilayah Aceh, muncul lah Kerajaan Islam yaitu Kerajaan Aceh yang dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda, pada masa itu benteng Indra Prata merupakan bangunan pertahanan untuk melawan Portugis.

9. Pintu Khop

Pintu Khop

Pintu Khop merupakan pintu yang digunakan sebagai penghubung antara istana dengan taman putroe phang dan kadang digunakan untuk tempat beristirahat putri Pahang yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Pintu Khop ini terdapat di Keluahan Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Struktur bangunan pintu khop adalah pintu atau gerbang yang berbentuk kubah.

10. Taman Sari Gunongan

Taman Sari Gunongan

Taman Sari Gunongan merupakan bukti cinta yang besar dari Sultan Iskandar Muda pada Putri Boyongan dari Kerajaan Pahang, karena itu ia memenuhi keinginan Putri Boyongan tersebut untuk membangun sebuah taman yang sangat indah dan dilengkapi juga dengan Gunongan. Di perkirakan Taman Sari Gunongan dibuat pada sekitar tahun 1607 sampai 1636, karena tidak ada informasi yang pasti mengenai hal tersebut.

11. Masjid Indrapuri

Masjid Indrapuri

Warisan Kerajaan Aceh selanjutnya adalah sebuah masjid tua bernama Masjid Indrapuri, pada masa itu bangunan Masjid Indrapuri ini merupakan benteng dan candi dari Kerajaan Hindu yang telah menguasai wilayah Aceh lebih dulu dibanding Kerajaan Islam. Namun karena pada sekitar tahun 1300 Masehi Agama Islam semakin kuat pengaruhnya di Aceh, akhirnya bangunan yang sebelumnya menjadi candi dan benteng di alihfungsikan menjadi sebuah masjid.

Masjid Indrapuri ini juga dibangun pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda.

Nah, itulah 11 peninggalan Kerajaan Aceh beserta gambar, dari mulai karya sastra hingga bangunan. Buat orang Aceh, berbangga lah karena pada masa itu Kerajaan Aceh merupakan kerajaan yang kental dengan budaya Islam dan sangat berpengaruh untuk melawan para penjajah. Terima kasih dan semoga artikel ini bermanfaat.

3 thoughts on “11 Peninggalan Kerajaan Aceh Beserta Gambar Lengkap

  1. Ping-balik: KERAJAAN HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA – Blog
  2. Ping-balik: KERAJAAN HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA – Blog
  3. Ping-balik: KERAJAAN HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA – Mari Belajar

Comments are closed.