Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian pendidikan – Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas apa sih pengertian pendidikan. Mungkin semua anak mengalami dan mengikuti sebuah pendidikan. Baik dari taman kanak-kanak sampai di universitas. Tapi apakah anda tahu pengertian pendidikan menurut parah ahli? Atau tujuan dan fungsi pendidikan menurut para ahli? Kita akan ulas secara lengkap.

Pengertian Pendidikan Secara Umum

Secara umum pendidikan ada 2 yaitu pendidikan formal dan pendidikan non-formal. Pendidikan formal adalah pendidikan yang dilaksanakan di dalam badan pemerintah seperti sekolah dan juga universitas. Pendidikan ini dapat ditempuh secara gratis karena program dari pemerintah yaitu wajib belajar 9 tahun. Setelah itu orang-orang bebas apakah masih ingin melanjutkan studi nya ke jenjang lebih tinggi apakah tidak.

Sedangkan pendidikan non-formal adalah pendidikan yang didapat dari aktifitas sehari-hari atau sebuah kegiatan yang proses itu tidak terikat kepada lembaga ataupun instansi tertentu. Mungkin dapat belajar sendiri atau dari pengalaman pribadi saat bereksperimen dan juga saling tukar pikiran dengan orang-orang sekitar. Jadi pendidikan non-formal didapat secara tidak langsung dari kegiatan sehari-hari.

Pengertian Pendidikan Menurut UU dan GBHN

Menurut UU No. 20 Tahun 2003

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.

Menurut UU No. 2 Tahun 1989

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.

Menurut GBHN

Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.

Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli

Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah tuntutan dalam hidup anak-anak yang dimaksudkan untuk dapat menuntun mereka hidup dalam segala kekuatan kodrat agar menjadi keselamatan dan sebahagiaan setinggi-tingginya dalam bermasyarakat.

Gunning dan Kohnstamm

Sebuah proses pembentukan nurani orang dan juga penentuan diri secara etis yang sesuai dengan hati nurani orang tersebut.

H Horne

Proses abadi atau terus menerus untuk penyesuaian yang lebih tinggi bagi makhluk tersebut yang berkembang secara fisik dan mental secara bebas untuk sadar kepada tuhan, seperti termaifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan juga kemanusiaan dari manusia.

Driyakara

Sebuah proses memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia untuk terjun ke skala yang insani.

Stella Van Petten Henderson

Proses kombinasi pertumbuhan, perkembangan diri dan juga warisan sosial.

Ahmad D. Marimba

Menurut Ahmad D Marimba porses pendidikan ialah bimbingan secara sadar oleh seorang pendidik yang terdapat perkembangan jasmani dan rohani untuk menuju terbentuknya kepribadian utama.

Aristoteles

Pendidikan adalah menyiapkan akal untuk pengajaran

Plato

Menurut Plato pengertian pendidikan itu adalah membantu perkembangan masing-masing dari jasmani dan akal dengan suatu yang memungkinkan tercapainya kesempurnaan.

Fungsi Pendidikan

  1. Melestarikan Kebudayaan
  2. Memperpanjang remaja seseorang
  3. Mengembangkan keterampilan dan bakat
  4. Mempersiapkan mental untuk terjun ke dunia masyarakat
  5. Pengurang perselisihan paham dan beberapa nilai lainnya

Fungsi Pendidikan Menurut Para Ahli

David Popenoe

  • Sumber inovasi sosial
  • Memilih dan mengajarkan peranan sosial
  • Transmisi kebudayaan masyarakat
  • Mengajarkan corak kepribadian

Broom

  • Transmisi budaya
  • Mengembangkan kepribadian
  • Meningkatkan integritas sosial
  • Mengadakan seleksi dan alokasi tenaga kerja melalui pendidikan itu sendiri

Vambriarto

  • Transmisi kultural
  • Memilih dan mengajarkan peranan sosial:
    – Mengembangkan mekanisme untuk menyesuaikan passion dan dan bakat dari orang tersebut
    – Mengusahakan orang yang terlatih dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan
    – Mengembangkan fasilitas untuk belajar mengembangkan maca-macam spekulasi
  • Mengadakan inovasi-inovasi sosial
  • Menjamin integritas sosial

Harold G Shane

  • Pendidikan adalah cara menanggulangi masalah sosial tertentu
  • Pendidikan adalah cara memperkenalkan peserta didik terhadap putusan tertentu
  • Pendidikan adalah sebuah cara dan pengimplementasian alternatif-alternatif baru

Sudah saya jelaskan tentang pengertian pendidikan. Baik menurut ahli, pengertian pendidikan menurut undang-undang dan juga fungsi pendidikan itu sendiri. Jadi banyak para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian pendidikan dan fungsi pendidikan. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.