[LENGKAP] 18 Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli – Selamat datang di Sudut Sekolah, pada hari ini saya akan membahas mengenai pelajaran olahraga, yaitu seputar kebugaran jasmani. Sebelumnya Anda harus membaca terlebih dahulu artikel sebelumnya yaitu tentang pengertian, komponen, dan manfaat kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Apa yang dimaksud dengan kebugaran jasmani? Berikut blog Sudut Sekolah jelaskan pengertian kebugaran jasmani secara umum.

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas dan kegiatan fisik tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Selain itu, setelah melakukan aktivitas-aktivitas fisik tersebut secara maksimal dan optimal, tubuh seharusnya masih mempunyai tenaga cadangan agar bisa melakukan kegiatan lainnya.

Kebugaran jasmani atau yang biasa disebut juga kesegaran jasmani dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian secara umum, yaitu :

  1. Sehat, yakni kondisi tubuh (baik fisik maupun psikis) yang sehat dan terbebas dari segala penyakit.
  2. Bugar, yakni kondisi tubuh yang mampu melakukan berbagai aktivitas sehari-hari secara optimal tanpa merasakan kelelahan yang berlebihan dan masih mempunyai cadangan tenaga.

Itulah pembahasan tentang pengertian kebugaran jasmani secara umum. Lalu, bagaimana pendapat para ahli terkait pengertian kebugaran jasmani? Silahkan lanjutkan membaca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Demi mendapatkan definisi seputar kebugaran jasmani yang lengkap, maka sebaiknya kita mempelajari pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli. Dan berikut ini pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli.

1. Soedjatmo Soemowardoyo

Menurut beliau, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alatnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan sekitar, seperti ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya. Atau juga kerja yang melibatkan fisik dengan cukup efisien tanpa merasakan rasa lelah yang berlebihan.

2. Mochamad Sajoto dan Judith Rink

Menurut kedua ahli Mochamad Sajoto dan Judith Rink, menjelaskan bahwa kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang dalam melakukan pekerjaan dan kegiatan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan berlebih dengan catatan energi yang dikeluarkan cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan geraknya serta untuk menikmati waktu luang atau memenuhi keperluan darurat yang lain.

3. Rusli Lutan

Menurut Rusli Lutan, kebugaran jasmani artinya kemampuan seseorang untuk menyelesaikan berbagai macam aktivitas dan kegiatan fisik yang membutuhkan kekuatan, daya tahan dan fleksibilitas.

4. Agus Mukhlolid, M. Pd. (2004:3)

Menurut beliau, pengertian kebugaran jasmani adalah kesanggupan seseorang untuk melaksanakan kegiatan atau pekerjaan, mempertinggi daya kerja tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Baca juga: 5 Teknik dasar bola basket

5. Djoko Pekik Irianto

Menurut Djoko Pekik Irianto, kebugaran jasmani memiliki arti sebagai kemampuan fisik seseorang untuk dapat melakukan pekerjaan sehari-hari secara optimal dan efisien tanpa mengakibatkan kelelahan yang berlebihan, sehingga masih mampu untuk menikmati waktu luangnya di hari yang sama.

6. Sadoso Sumosardjono (1989:9)

Menurut ahli Sadoso Sumosardjono, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan tugas dan pekerjaan sehari-hari dengan mudah serta tanpa merasakan rasa kelelahan yang berlebihan, serta masih mempunyai cadangan tenaga agar dapat menikmati waktu luang dan untuk melakukan berbagai keperluan mendadak.

7. Sutarman

Menurut Sutarman, pengertian kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani adalah suatu aspek fisik dan kebugaran yang menyeluruh atau total fitness yang memungkinkan seseorang untuk mampu menjalankan kehidupan yang produktif serta dapat menyesuaikan terhadap tiap-tiap pembebanan atau stress fisik yang wajar dan tidak diluar batas kemampuan.

8. Muhajir

Menurut Muhajir, kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh seseorang dalam melakukan adaptasi dengan berbagai aktivitas dan kegiatan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berlebihan.

9. Pangrazi (1995)

Menurut Pangrazi kebugaran jasmani merupakan bagian dari pendidikan secara umum yang memberikan sumbangan terhadap pemberian pengalaman gerak tubuh untuk melakukan perkembangan serta pertumbuhan anak yang menyeluruh.

10. Lutan (2001)

Menurut Lutan, pendidikan kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani yakni suatu proses aktivitas jasmani yang dirancang dan disusun secara sistematis, yang berguna untuk merangsang perkembangan serta pertumbuhan, juga meningkatkan keterampilan dan kemampuan jasmani, pembentukan watak, dan juga sikap serta nilai yang positif bagi tiap-tiap warga negara dalam rangka mencapai suatu tujuan pendidikan.

11. Giri Widjojo dan Sumosardjuno

Menurut dua ahli di atas, kebugaran jasmani atau kesegaran jasmain adalah kemampuan tubuh seseorang untuk menyesuaikan fungsi alat-alat tubuhnya dalam batas fisiologi terhadap keadaan dan kondisi lingkungan atau kerja fisik dengan efisien tanpa lelah yang berlebih.

12. T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006:40)

Kebugaran jasmani adalah kondisi yang menggambarkan kemampuan tubuh seseorang untuk bisa melakukan tugas secara produktif tanpa harus mengalami kelelahan yang berarti.

13. Balitbang Kurikulum Depdiknas (2002)

Pendidikan jasmani atau kebugaran jasmani ialah proses pendidikan dengan penyediaan pengalaman belajar yang ditujukan kepada siswa, yang berupa aktivitas jasmani serta berolahraga dan bermain, yang direncanakan dengan sistematis untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangannya.

14. Sukintaka (2004)

Pendidikan jasmani atau kesegaran jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan total yang mencoba mencapai tujuan untuk mengembangkan sosial, emosional dan mental serta kebugaran jasmani untuk masyarakat, dengan cara melalui wahana aktivitas pendidikan jasmani tersebut.

15. Judith Rink

Kesegaran jasmani atau kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang saat mengerjakan berbagai rutinitas dan kegiatan sehari-hari dengan energi atau tenaga yang besar, tetapi tidak merasakan kelelahan yang besar dan masih bisa menikmati rutinitas yang dijalaninya.

16. Bucher (1995)

Bucher berpendapat bahwa pendidikan jasmani atau kebugaran jasmani tidak hanya difokuskan pada keberhasilan kemampuan jasmaniah seseorang yang bertambah dari keterlibatannya dalam kegiatan atau aktivitas, tetapi juga dalam mengembangkan sikap serta pengetahuan yang mendukung terhadap pembelajaran sepanjang hayat dan pada saat keikutsertaannya.

Baca juga: Jenis Cabang Olahraga Atletik

17. Sudarno (1992)

Pengertian kebugaran jasmani menurut Sudarno adalah kesanggupan tubuh seseorang untuk melakukan aktivitas dengan baik tanpa mengalami kelelahan. Selain itu, tubuh juga masih memiliki cadangan energi yang bisa digunakan kapan saja.

18. Kockey Dalam Sumarjo (2002:43)

Kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani merupakan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari dengan mudah, tanpa kelelahan yang besar dan masih bisa menikmati waktu senggang serta dalam keadaan darurat masih mampu melakukan kegiatan yang tak terduga.

Nah, itulah 18 pengertian kebugaran jasmani dari para ahli, semoga artikel ini bisa menjadi referensi Anda. Terima kasih dan semoga bermanfaat.