6 Dampak Pencemaran Udara Beserta Penyebab dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Pencemaran udara – Selamat datang di situs pendidikan Indonesia terbaik. Pada hari ini saya akan menjelaskan mengenai pelajaran Biologi, yaitu mengenai dampak pencemaran udara beserta pengertian, penyebab, dan cara mengatasinya secara lengkap. Yuk langsung saja kita bahas yang pertama adalah pengertian pencemaran udara.

Pengertian Pencemaran Udara

Pencemaran udara ialah suatu keadaan ketika udara normal yang berada di sekitar kita dicemari oleh bahan-bahan (subtrat) fisik, biologis, atau bahan-bahan kimia lainnya yang bersifat negatif serta membahayakan bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Baca juga: Struktur sel hewan

Pencemaran udara sering kita dengar juga dengan sebutan polusi udara, pencemaran udara ini dapat merusak estetika kehidupan, perusakan properti, atau dampak yang lainnya seperti tidak lestarinya planet bumi, untuk lebih lengkapnya akan kita bahas nanti pada poin dampak pencemaran udara.

Inti maksud dari pencemaran udara yaitu udara yang ada menjadi tidak normal atau tidak murni lagi karena telah tercampur dengan berbagai macam zat-zat polutan baik polutan kimiawi, polutan biologis, polutan fisik, maupun polutan sosial budaya.

Seperti pencemaran lingkungan hidup lainnya (pencemaran tanah, pencemaran air, dan pencemaran suar), pencemaran udara juga banyak disebabkan oleh ulah tangan manusia sendiri. Zat-zat polutan terbanyak yang menjadikan udara tercemar berupa asap-asap (polutan kimiawi) seperti Karbon monoksida, Nitrogen dioksida, Sulfur dioksida, Partikulat, Hidrokarbon, CFC, Timbal dan Karbondioksida yang mengandung banyak sekali penyakit.

Dampak Pencemaran Udara

Dampak pencemaran udara dapat dirasakan melalui banyak media perantara antara polusinya dengan makhluk hidup. Tidak hanya terhirup secara langsung, tetapi juga dengan cara-cara pemaparan lainnya seperti memakan makanan yang terkontaminasi dan melalui kulit.

Tentunya dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara bersifat negatif. Dampak pencemaran udara yang paling nampak adalah pada kesehatan manusia, kesehatan manusia akan menjadi terganggu ketika terjadi pencemaran udara.

Berikut ini dampak pencemaran udara, antara lain:

1. Dampak Pencemaran Udara Terhadap Kesehatan Manusia

Dampak pencemaran udara yang paling kentara efeknya bisa dilihat pada kesehatan manusia. Dampak yang ditimbulkan dari pencemaran udara bagi kesehatan manusia antara lain:

  • Mengakibatkan gangguan pada pernafasan dan pembuluh darah
    Udara yang merupakan sarana utama dan satunya-satunya untuk bernafas, jika udara sudah tercemar akan mudah sekali bagi manusia untuk menyebabkan penyakit, terutama pada paru-paru dan pembulu darah. Tingginya angka penyakit, gangguan fungsi paru-paru, dan kematian dikaitkan dengan kenaikan konsentrasi zat SO2, SPM, NO2 dan O3 yang mempengaruhi sistem pernafasan. Pemaparan yang akut bisa menimbulkan rang paru-paru sehingga membuat paru-paru kurang permaebel, fungsi paru-paru menjadi berkurang dan menghambat perjalanan udara. Pencemaran udara juga berefek pada pembuluh darah, karena CO yang beraffianitas tinggi terhadap Hb menyebabkan O2 tergantikan dalam darah yang menuju ke sistem pembuluh darah dan jantung serta pernafasan.
  • Terjadinya gangguan sistem saluran pencernaan dan ginjal
    Pencemaran udara salah satu zatnya berupa merkuri (Hg). Apabila Hg masuk dalam darah manusia, maka akan terjadi kemacetan sirkulasi darah dan mengakibatkan sistem pencernaan dan organ ginjal menjadi terganggu.
  • Terjadinya gangguan pertumbuhan
    Seorang ibu dan bayi yang terkena dampak pencemaran udara (Hg), akan menghambat pertumbuhan si bayi. Contohnya ketika ibu hamil yang mengandung bayinya memakan gandum yang terinfeksi oleh pencemaran udara (berfungisida), hal ini juga menyebabkan gangguan kerusakan otak.
  • Kesehatan kulit menjadi terganggu, seperti kulit nampak kusam, pemerosotan elastisitas kulit, keriput dini, flek hitam, penuaan dini, sampai yang paling dikhawatirkan adalah penyakit kanker kulit.
  • Menimbulkan penyakit asma kambuh kembali
  • Menyebabkan penyakit batuk

2. Dampak Pencemaran Udara Terhadap Tanaman

Pencemaran udara juga mengganggu tehadap tanaman bukan hanya terhadap manusia dan hewan saja. Tanaman yang tumbuh di lingkungan yang udaranya mempunyai tingkat pencemaran lebih tinggi akan mengalami beberapa macam penyakit.

3. Mengakibatkan Terjadinya Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca ini awalnya diakibatkan oleh meningkatnya kadar karbondioksida (CO2) yang diakibatkan oleh penebangan liar dan kebakaran hutan, kemudian aktivitas manusia yang memproduksi asap kendaraan bermotor dan asap rokok juga meningkatkan kadar CO2. Semakin menumpuknya kadar CO2 di atmosfer membuat udara sulit untuk dinetralkan sehingga menyebabkan efek rumah kaca.

Banyaknya kadar CO2 di atmofer juga menyebabkan sinar matahari yang sampai ke permukaan bumi, yang kemudian dipantulkan ke angkasa menjadi tertahan oleh banyaknya lapisan CO2, dan akhirnya dipantulkan kembali ke permukaan bumi. Efek yang terjadi adalah suhu dipermukaan bumi semakin tinggi.

Apabila suhu permukaan bumi semakin tinggi, maka akan mempengaruhi keberadaan kutub utara dan selatan. Kedua kutub ini merupakan penyeimbang suhu udara di permukaan bumi. Suhu permukaan bumi yang semakin tinggi ini disebut dengan istilah pemanasan global. Adapun dampak dari pemanasan global yaitu pencairan es di kutub, perubahan iklim regional dan global serta perubahan siklus hidup flora dan fauna.

4. Mengakibatkan Terjadinya Hujan Asam

Selain dapat mengakibatkan efek rumah kaca, dampak penyebab pencemaran udara lainnya adalah dapat mengakibatkan hujan asam. Hujan asam ini akan memengaruhi beberapa aspek kehidupan, seperti kualitas air, tanaman menjadi mati, dan membuat karat pada benda material atau bangunan.

5. Penipisan Lapisan Ozon

Lapisan ozon mempunyai fungsi untuk menyaring sinar matahari yang berbahaya, yakni ultraviolet. Lapisan ozon juga berfungsi untuk emngendalikan jumlah panas di atmosfer. Ketika lapisan ozon rusak, maka akan menyebabkan kenaikan suhu di atmosfer yang dapat meningkatkan pemanasan global di bumi.

6. Kualitas Atmosfer Menjadi Berkurang

Nah, dampak pencemaran udara yang terakhir adalah berkurangnya atmosfer. Atmosfer memiliki penting untuk kehidupan di bumi, salah satunya adalah menahan panas dari cahaya matahari dan menahan permukaan bumi dari benda yang berasal dari luar angkasa.

Baca juga: Penyebab pencemaran air

Jika atmosfer di bumi semakin berkurang maka pastinya bumi ini akan menjadi panas sekali.

Penyebab Pencemaran Udara

Secara umum sumber penyebab pencemaran udara ada dua, yaitu sumber pencemaran udara alamiah dan sumber pencemaran hasil aktivitas. Pencemaran udara yang bersumber dari alam dapat berupa letusan gunung berapi, kebakaran hutan, nitrifikasi dan denitrifikasi biologi.

Sedangkan yang akan banyak kita bahas adalah pencemaran udara yang bersumber dari aktivitas manusia, karena jumlahnya sedikit banyak, antara lain penyebab pencemaran udara yang bersumber dari manusia:

1. Asap pabrik

Asap pabrik merupakan penyumbang gas karbon di udara yang besar sekali. Asap pabrik biasanya dibuang melalui cerobong asap, akan sangat membahayakan ketika asap tersebut naik ke permukaan dan juga merupakan penyumbang dari gas-gas yang berbahaya.

Asap yang dibuang oleh pabrik merupakan wujud dari limbah pabrik yang tidak mempunyai fungsi sama sekali. Oleh sebab itu, adanya limbah pabrik yang berupa gas dan di buang di udara ini merupakan faktor pemicu pencemaran udara.

2. Asap kendaraan Bermotor

Asap dari kendaraan bermotor merupakan penyebab pencemaran udara yang paling sering kita jumpai. Hal ini dikarenakan kendaraan bermotor merupakan sarana transportasi yang banyak digunakan oleh manusia, sehingga kendaraan bermotor sebagai transportasi ini yang menjadi penyumbang polusi paling besar.

3. Asap rokok

Di Indonesia, rokok menjadi hal yang sangat mudah untuk ditemui. Mayoritas warga negara Indonesia menyukai rokok, terutama para lelaki. Asap rokok yang keluar dari hisapan pecinta rokok mengandung banyak gas beracun. Meski asap rokok yang dikeluarkan terlihat kecil, namun jika dilakukan secara masif oleh banyak orang akan berdampak pada udara normal, dan bisa menyebabkan terjadinya pencemaran udara.

4. Pertambangan

Pertambangan adalah salah satu bidang yang menjadi sumber penghasilan bagi negara Indonesia. Kegiatan pertambangan juga punya dampak yang buruk, yaitu mengeluarkan banyak bahan kimia dan juga debu yang sangat berpotensi menyebabkan pencemaran udara.

Pencemaran udara yang disebabkan oleh aktivitas pertambangan akan sangat mengganggu orang- orang yang bekerja di ladang tambang tersebut maupun masyarakat yang berada di sekitar pertambangan tersebut.

5. Aktivitas rumah tangga

Pencemaran udara bukan hanya dihasilkan dari aktivitas-aktivitas publik saja, namun banyak juga aktivitas rumah tangga yang bisa menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Beberapa aktivitas rumah tangga yang berperan dalam terjadinya pencemaran udara yaitu pembakaran sampah, memasak secara tradisonal dengan memakai kayu bakar, pengecatan rumah dan pemakaian beberapa peralatan rumah tangga lainnya.

Apabila sampah ini dibakar maka asapnya akan kemana- mana dan mencemari udara, karena asap sampah memiliki kandungan yang sangat berbahaya.

7. Timbunan sampah

Sampah yang ditimbun dalam jumlah yang sangat banyak tentu akan menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Bukan hanya bau yang tidak sedap, akan tetapi berbagai macam penyakit akan menyebar, contohnya seperti gangguan paru-paru dan gangguan pada kulit.

8. Kebakaran hutan

Kebukaran hutan merupakan bencana alam yang dapat menyebabkan terjadinya pencemaran udara. Hutan yang terbakar akan mengakibatkan asap yang bertebaran di udara bebas, asap-asap ini yang kemudian menjadi sumber pencemaran udara. Ketika kebakaran hutan terjadi, akan timbul beberapa masalah, salah satunya adalah munculnya penyakit pada paru-paru dan pada kulit.

Cara Mengatasi Pencemaran Udara

Berbicara pencemaran lingkungan pencemaran udara adalah berbicara eksistensi makhluk hidup dan planet bumi. Maka, perlu untuk mengetahui cara mengatasi berbagai macam pencemaran lingkungan. Berikut ini bagaimana cara mengatasi pencemaran udara atau paling tidak meminimalisir pencemaran udara, antara lain:

  1. Memakai kendaraan bermotor yang sedikit mengeluarkan asap, atau mengurangi kendaraan pribadi dengan menggunakan angkutan umum untuk bepergian.
  2. Mengurangi kegiatan penebangan hutan liar dan mengimbanginya dengan memperluas daerah penghijauan dan reboisasi serta mencegah terjadinya kebakaran hutan.
  3. Mencegah kegiatan yang menyebabkan udara tercemar oleh bahan-bahan beracun, seperti pembakaran limbah rumah tangga.
  4. Menyaring asap atau limbah asap yang akan dibuang ke udara bebas supaya tidak terlalu membahayakan kelestarian Bumi.
  5. Memberikan penyuluhan kepada masyarakat terhadap pentingnya udara yang bersih dan juga bebas dari polusi.

Baca juga: Bagian bagian bunga dan fungsinya

Itulah pembahasan singkat dari saya di hari ini mengenai pengertian, dampak, penyebab, dan cara mengatasi pencemaran udara. Semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah.