Otot polos

Otot Polos: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan cara kerja otot polos – Pembahasan kita pada kali ini yaitu tentang otot polos, ciri-ciri otot polos serta lengkap dengan fungsi dan bagaimana cara kerjanya. Otot polos dikelompokkan dalam kategori otot yang tak sadar atau merupakan otot refleks. Pembetukan dari otot polos berupa jaringan dari sel-sel otot dengan bentuk seperti gelembung. Untuk kedua ujung pada otot ini biasanya berbentuk meruncing dan di bagian tengahnya menggelembung.

Otot polos juga membentuk seperti suatu lapisan pada alat-alat di dalam tubuh manusia. Misalnya pada dinding usus, di pembuluh darah, saluran kelamin serta di dinding rahim. Oleh sebab itu sering kali otot polos ini disebut sebagai otot alat-alat dalam. Karena memang cara kerja otot polos tidak terjadi karena perintah dari otak, akan tetapi bekerja diluar dari kesadaran otak. Oleh sebab itu otot polos juga memiliki nama otot tak sadar (otonom).

Pengertian Otot Polos

Pengertian, ciri-ciri, fungsi, cara kerja otot polos
Sumber: https://pustakamedia.home.blog/

Berikut pengertian otot polos adalah golongan otot yang termasuk ke dalam kategori otot tak sadar atau bekerja secara refleks. Otot polos merupakan otot yang memiliki jaringan yang terdiri dari sel-sel otot yang sesuai dengan namanya yaitu “polos”. Dengan bentuknya yang menggelembung dengan kedua ujungnya meruncing atau melancip dan memiliki satu inti sel tunggal.

Otot polos ini ada pada tubuh manusia dengan membentuk seperti sebuah lapisan pada alat-alat tubuh manusia. Yang biasanya letak otot ini terdapat pada alat atau organ pencernaan serta pembuluh darah, salah satu contohnya yaitu membentuk dinding usus, dinding rahim dan di saluran kelamin. Otot polos juga termasuk dari salah satu otot pada tubuh manusia yang tergolong ke dalam 3 janis otot selain dari otot janjung dan otot lurik.

Ciri-Ciri Otot Polos

Berikut adalah ciri-ciri dari otot polos, sehingga Anda akan tahu apa saja ciri khusus yang dimiliki otot polos. Dengan tujuan untuk dapat mengenal lebih dari otot ini, yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki bentuk seperti gelembung
  • Kedua ujung otot meruncing dengan bagian tengah yang menggelembung
  • Pada setiap sel terdapat satu inti sel pada tengahnya
  • Merupakan otot yang tak sadar (ototnom)
  • Memiliki waktu kontraksi 3 – 180 detik.
  • Mampu berkontraksi dengan refleks karena memang merupakan otot otonom
  • Tidak terdapat garis melintang seperti pada otot lurik
  • Bereaksi dengan lambat serta tidak akan mudah untuk lelah
  • Cara kerjanya seperti otot jantung yang bekerja terus-menerus karena cara kerjanya tidak dikendalikan secara langsung atau mampu beraktivitas walaupun berada dalam kondisi tidur dan tak sadarkan diri.
  • Biasanya terdapat pada saluran peredaran darah dan organ-organ pencernaan

Fungsi Otot Polos

Letak dari otot polos yaitu berada dalam berbagai organ tubuh manusia yang memiliki fungsi untuk memeberikan kontraksi yang memungkinkan zat dari dalam maupun organ yang lainnya. Sehingga tujuannya akan memasuki dan dapat menjalankan proses di dalam organ tersebut. Kontraksi otot yang di timbulkan oleh otot polos itu sendiri disebabkan oleh pancaran kimia seperti halnya hormon manusia.

Dapat dilihat secara nyata fungsi dari otot polos dari dalam organ tubuh manusia adalah seperti membantu keluarnya urin yang ada pada kandung kemih di tubuh. Otot polos yang terletak di pembuluh darah inilah yang akan membantu aliran darah dalam arteri. Misalkan yang lainnya yaitu pada saluran pencernaan otot polos yang dapat membantu makanan berpindah dari satu bagian ke bagian yang lainnya. Selain itu terdapat juga pada arteri serta pembuluh darah vena yang membantu untuk mengatur tekanan darah manusia.

Jadi otot polos ini tidak hanya merupakan sebuah satu jaringan dalam menjalankan fungsinya. Akan tetapi ia memiliki bagian–bagian yang masing-masing bagian itu memiliki peran yang semuanya adalah penting. yakni berikut akan penjelasannya:

  • Otot polos unit tunggal (single unit) merupakan otot yang memiliki ratusan bahkan hingga jutaan serabut yang satu dengan lainnya saling berkontraksi dan membran sel di dalamnya saling melekat satu sama lain. Namun berada di tempat yang berbeda sehingga tiap serabutnya dapat disebar dengan serabut yang lain dengan mudahnya.
  • Otot polos unit ganda (multi unit) adalah otot polos yang terdiri dari serabut yang berbeda–beda dengan setiap bagian dari serabut tersebut akan bekerja secara mandiri atau dengan berdiri sendiri tanpa saling membantu dan berkaitan. Misalkan contoh otot polos pada siliaris mata dan piloerektor.

Cara Kerja Otot Polos

Berikut adalah cara kerja otot polos yaitu tidak memerlukan perintah dari otak, melainkan bekerja diluar dari kesadaran otak atau diluar kesadaran dan perintah dari individu itu sendiri. Hal inilah yang membuat otot polos seringkali disebut sebagai otot tak sadar (otonom). Cara kerja otot polos pada tubuh manusia bekerja dengan lambat namun secara terus-menerus tanpa mengenal kata lelah.

Biasanya otot polos ini berada pada daerah bagian usus, pada saluran kemih, pembuluh darah dan masih banyak lagi lainnya. Sehingga pada proses dari bagian-bagian yang ditempatinya dapat bekerja sesuai dengan perintahnya dan sebagai alat untuk mempermudah prosesnya. Misalkan pada kandung kemih, fungsi otot ini akan bekerja untuk menyalurkan dan membantu urin hingga proses pembuangan.

Oleh sebab itu otot polos merupakan salah satu otot–otot pada tubuh manusia yang tak kalah pentingnya dengan fungsi otot yang lainnya. Karena otot polos ini berperan penting pada organ tubuh manusia sehingga akan bekerja sesuai dengan prosesnya. Bayangkan saja jika otot polos tidak dapat berfungsi sesuai dengan fungsinya, maka organ pencernaan juga tidak akan berjalan dengan lancar.

Nah, itulah artikel mengenai otot polos yang telah saya bahas dengan lengkap, semoga dapat bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Silahkan berikan rating

One thought on “Otot Polos: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap

  1. Ping-balik: √ Pengertian, Ciri–Ciri, Fungsi Berserta Cara Kerja Dari Otot Polos | Zoel

Comments are closed.