Otot lurik

Otot Lurik: Pengertian, Ciri–Ciri, Fungsi, Dan Cara Kerja Lengkap

Diposting pada

Pengertian, ciri-ciri, fungsi, cara kerja otot lurik – Setelah kemarin kita telah membahas seputar otot polos, maka pada kali ini kita akan membahas otot tubuh manusia yang lainnya, yaitu otot lurik.

Pada umumnya otot di tubuh manusia terbagi menjadi tiga jenis, yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Namun di kesempatan pada kali ini kita akan membahas mengenai otot lurik dengan lebih lengkap dan detail. Apasih otot lurik, dan bagaimana cara kerja dan apa saja fungsi-fungsi dari otot lurik ini? Otot lurik adalah suatu jaringan dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai alat gerak aktif yang mampu menggerakkan tulang. Sehingga hal ini dapat memungkinkan terjadinya pergerakan dari organ tubuh dengan mudah tanpa rasa sakit.

Sering kali otot lurik juga disebut sebagai otot kerangka, yang artinya adalah otot di dalam tubuh manusia yang menempel pada sistem kerangka tubuh. Selain itu otot lurik berfungsi sebagai otot yang dapat mempermudah pergerakan semua anggota tubuh sesuai dengan kehendak kita dan sesuai dengan kemauan diri. Hal ini lah yang sering kali membuat otot lurik dikenal dengan sebutan otot motorik. Otot ini bekerja keras dan secara kuat untuk seluruh tubuh dengan menggerakkan tulang dengan banyaknya inti sel di dalamnya. Berikut akan dijelaskan secara mendetail di bawah ini.

Pengertian Otot Lurik

Pengertian, ciri-ciri, fungsi, cara kerja otot lurik
Sumber: https://pustakamedia.home.blog/

Sama halnya seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa pengertian otot lurik adalah otot-otot yang menempel pada rangka tubuh manusia yang dapat digerakkan sesuai dengan kehendak atau kemauan kita, sehingga hal ini sering kali disebut juga sebagai otot motorik. Terdapat banyak sekali perbedaan antar otot-otot pada tubuh manusia.

Contohnya saja, cara kerja untuk otot jantung mungkin tidak akan mengenal kata istirahat, karena ia selalu aktif bekerja terus-menerus tanpa berhenti. Sedangkan untuk otot lurik tidaklah demikian.

Otot lurik di seluruh tubuh manusia mampu bekerja keras dan secara kuat dengan menggerakkan anggota tubuh. Namun dengan demikian otot ini cenderung mudah untuk lelah, sehingga pastinya akan membutuhkan waktu untuk istirahat setelah melakukan pekerjaan. Jika dilihat dengan mikroskop Anda akan melihat bagian-bagian dari otot ini, yaitu bagian gelap (aktin) serta ada bagian terang (miosin). Aktifitas yang dilakukan oleh keduanya akan bergantian sesuai dengan kondisi dan aktifitasnya.

Kata lain dari otot lurik yaitu adalah otot rangka, jika dilihat dari pengertiannya yakni menempel pada rangka. Cara kerja yang secara keras dan kuat di dorong oleh banyaknya inti sel yang dimilikinya, akan tetapi tetap membutuhkan istirahat setelah otot ini bekerja. Membahas sel-sel di dalam otot lurik, berikut di bawah ini akan dibahas mengenai ciri-ciri yang dimilikinya.

Ciri-Ciri Otot Lurik

Berikut ciri-ciri yang dimiliki otot lurik sehingga akan membuat Anda sekalian mampu untuk membedakan jenis-jenis yang dimiliki otot lurik dengan otot lain, yaitu sebagai berikut:

  • Memiliki beribu-ribu serabut dengan membentuk seperti jaringan otot dengan susunan yang rapi
  • Bentuk otot lurik silindris, panjang dan memiliki banyak inti sel (multinuklei)
  • Bergerak dibawah kesadaran disebut juga dengan volunter
  • Pada umumnya diameter pada otot lurik sebesar 50 mikron dengan panjang sampai 2,5 cm
  • Bekerja dengan keras dan kuat, akan tetapi mudah lelah
  • Membutuhkan istirahat, sehingga tidak seperti otot jantung yang terus-menerus bekerja
  • Melekat pada rangka tubuh manusia maupun hewan
  • Cepat untuk melakukan kontraksi (berkerut)
  • Inti selnya terletak di tepi (perifer)
  • Letak otot lurik diantaranya yaitu pada otot paha, otot betis serta di seluruh rangka tubuh manusia

Fungsi Otot Lurik

Adapun fungsi utama dari otot lurik adalah untuk menggerakkan rangka tubuh manusia maupun hewan. Sehingga manusia maupun hewan dapat bergerak sesuai dengan kehendaknya dan membantu untuk bekerja keras dengan

Berikut fungsi lain dari otot rangka yaitu untuk mendukung tubuh didalam menjalankan postur tubuh, misalkan seseorang yang ingin duduk maupun berjalan.

Fungsi lain dari otot ini yaitu dapat mendukung, menstabilkan dan memperkuat sendi dengan memegang tulang depan posisi tepat. Terutama untuk bagian sendi yang tidak cocok dengan erat seperti bahu dan pinggul. Diantara fungsi-fungsi dari otot lurik yaitu sebagai pelaksana dari pekerjaan. Misalkan untuk memegang, mengangkat suatu benda, berjalan, dll.

Cara Kerja Otot Lurik

Cara kerja otot lurik yaitu berkontraksi dan relaksasi yaitu kontraksi ketika melakukan gerakan dengan membutuhkan kekuatan dan kerja keras. Misalkan seperti untuk menaiki tangga dengan kaki, ataupun berlari. Sedangkan untuk relaksasi dilakukan otot lurik setelah melakukan pekerjaan tersebut. Bisanya dilakukan dengan cara melenturkan bagian tubuh seperti meregangkan tubuh. Tujuan dari hal ini agar mencegah akan terjadinya kram ataupun tekanan sekaligus dengan memberi waktu untuk istirahat.

Semua manusia setelah melakukan aktifitas yang berat seperti berlari dan aktifitas lain pasti akan membutuhkan yang namanya istirahat. Sehingga dengan hal itu akan mengembalikan kekuatan diri dan terhindar dari kram otot dan kelelahan yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh lainnya.

Semua fungsi gerak otot lurik yaitu dengan dikendalikan oleh otak manusia dengan mengatur saraf pusat. Hal ini dilakukan dengan cara mengolah perintah manusia dengan memberikan respon yang cepat kepada otot bagian tubuh.

Cara kerja yang dilakukan semuanya terjadi dengan kesadaran dan dengan dikendalikan secara langsung oleh individu. Oleh sebab itu bagaimana dapat Anda bayangkan jika otot lurik pada tubuh sudah tidak dapat menjalankan fungsinya. Anggota tubuh yang terputus atau terlepas dari otot lurik ini makan tidak akan bisa digerakkan lagi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua otot-otot pada tubuh manusia memiliki peran yang sangat penting bagi kita. Oleh sebab itu tugas dari kita yaitu adalah menjaganya dengan baik, misalkan rajin untuk berolahraga, dll.

Semoga artikel mengenai pengertian, ciri-ciri, fungsi, cara kerja otot lurik dapat berguna bagi Anda semua, tunggu terus artikel seputar Biologi berikutnya… Terima kasih.