Otot Jantung: Pengertian, Ciri–Ciri, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap

Diposting pada

Pengertian, ciri-ciri, fungsi, cara kerja otot jantung – Halo semua, pada artikel Biologi hari ini saya akan membahas seputar otot jantung dengan lengkap, namun sebelumnya saya juga telah membahas mengenai 2 jenis otot pada manusia yang lain, yaitu otot polos dan otot lurik.

Pastinya setiap orang sudah pernah mendengar tentang otot pada tubuh manusia. Namun mungkin tidak akan tahu sedetail seorang dokter dan perawat yang sudah sering memepelajarai akan hal ini. Tentunya ketika berada pada bangku SMA kalian juga pasti akan memepelajari tentang ilmu pengetahuan alam yang mungkin juga akan di bahas tentang organ tubuh lengkap dengan cara kerjanya.

Baca juga: Otot polos

Pengertian dari sistem otot manusia adalah suatu sistem organ manusia yang ada pada dirinya dan mengizinkan dirinya untuk bergerak. Sistem otot pada vertebrata dikendalikan oleh suatu sistem saraf dan di dalam beberapa otot seperti otot jantung pada manusia bisa bergerak secara otonom. Otot manusia ternyata terbagi menjadi tiga jenis yaitu diantaranya adalah otot lurik (otot kerangka), otot polos dan otot jantung. Namun untuk kesempatan pada kali ini kita akan memebahas lebih detail tentang otot jantung.

Pengertian Otot Jantung

Otot jantung merupakan otot penyusun dinding-dinding jantung yang meliputi sel-sel cardiomycocyte ataupun sel otot mycardiocyteal yang jumlahnya sampai dengan 2 buah. Dan bisa jadi ada 3 dan 4 buah namun hal ini jarang terjadi, yang biasa terjadi pada umumnya yaitu 1 dan 2 buah saja.

Otot jantung ini merupakan suatu otot yang terbentuk dari gabungan otot polos dan otot lurik. Jika dilihat dengan seksama menggunakan mikroskop maka akan ada daerah yang gelap serta terang. Selain itu akan ada banyak inti sel yang letaknya ada di posisi tengah dan bersifat gerak yang sama.

Dapat diketahui bahwa otot jantung merupakan otot yang paling kuat diantara yang lain karena sistem kerjanya yang tak pernah terhenti selama 24 jam penuh. Selain itu dalam kehidupan manusia otot jantung memungkinkan komponen darah terus menerus mengalir. Karenanya otot jantung merupakan kehidupan bagi manusia. Bayangkan saja jika ia berhenti bekerja, dan peredaran darahnya terhenti maka dapat dikatakan bahwa menusia tersebut mengalami kematian.

Dengan sifatnya yang tanpa henti ternyata otot jantung memiliki senyawa yang sering disebut dengan mitokondria, miogbolin dan suplai darah. Hal ini mempermudah akan terjadinya metabolisme aerobik dengan tanpa henti dan terus memberikan suplai oksigen dan nutrisi. Ciri khusus yang dimiliki lainnya yaitu memiliki bentuk memanjang dengan inti sel di tengahnya. Dan serabutnya bisa berjumlah mencapai 1500, panjangnya 50-100 um dan diameternya 14 um. Serta memiliki cabang yang banyak dan menyatu satu sama lain.

Ciri–Ciri Otot Jantung

Berikut adalah ciri-ciri dari otot jantung, sehingga memepermudah Anda di dalam membedakan antara otot yang lainnya:

  • Memiliki bentuk yang memanjang
  • Mempunyai inti sel dengan posisi tengah
  • Cara kerjanya diluar kesadaran atau tanpa dikendalikan dan tanpa dipengaruhi otak maupun saraf pusat
  • Memiliki serabut dengan panjang 50-100 um dengan diameter sekitar 14 um
  • Jumlah serabut yang dimilikinya kurang lebih 1500 filamen
  • Serabut otot jantung (sarkolema) terdiri dari myofibril yang terlihat berdampingan
  • Terdiri dari 1 dan 2 inti sel, ada juga yang 3 dan bahkan 4 namun sangat jarang terjadi
  • Bekerja terus-menerus tanpa beristirahat
  • Tentunya dipengaruhi oleh saraf otonom yaitu saraf simpatik dan saraf parasimpatik
  • Memiliki bentuk yang silindris dengan cabang-cabang yang menyatu
  • Memiliki serabut dengan bercabang-cabang
  • Serta mempunyai diskus interkalaris yang merupakan pembatas antar sarkomer

Fungsi Otot Jantung

Letak daerah pada otot jantung berada sangat vital atau sangat penting bagi tubuh, karena hal ini merupakan kunci senyawa bagi manusia. Oleh karena itu otot jantung terdiri dari fungsi-fungsi yang vital sebagai berikut:

  • Berfungsi sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh sehingga peredaran darah manusia kaya akan oksigen dan bersih ketika mengalir dalam seluruh organ tubuh manusia
  • Berfungsi sebagai pembersih dari hasil metabolisme dengan mengeluarkan racun dan menggantikan dengan darah yang baru dan bebas karbondioksida
  • Berperan dalam membantu sel-sel pada sekitar untuk berkontraksi
  • Berperan dalam proses pemompaan ventrikel pada jantung
  • Berfungsi sebagai peremas darah sehingga darah keluar dari jantung pada saat berkontraksi dan mengambil darah ketika relaksasi
  • Menunjang kerja organ jantung dengan memebantu jantung dalam menjalankan tugasnya dan menjamin kehidupan bagi seseorang

Dengan fungsi yang sedemikian sangat penting, tugas bagi kita semua adalah menjaganya dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjaga kesehatan dengan rutin berolahraga serta dapat mengurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak.

Cara Kerja Otot Jantung

Selanjutnya yaitu cara kerja otot jantung di dalam tubuh manusia yaitu bekerja di bawah sadar dan tanpa dikendalikan oleh individu. Aktifitas yang dilakukan otot jantung di pengaruhi oleh saraf otonom yang berupa saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Hal ini yang membuat otot jantung memiliki peran utama di dalam kehidupan individu selama individu itu masih hidup. Kontraksi yang dilakukan otot jantung menimbulkan denyut jantung. Sehingga jantung juga akan berkontraksi secara terus-menerus selama orgasme hidup.

Untuk manusia dewasa normal jantung akan berdenyut sebanyak 72 kali permenit. Dan cara kerja otot jantung ini akan secara terus-menerus sesuai dengan ritme dan irama yang tetap, diluar pengaruh kesadaran. Selain itu otot jantung bekerja tidak pernah mengenal kata lelah. Sehingga tidak dapat Anda bayangkan bagaimana jika otot jantung ini sudah tidak dapat bekerja walaupun untuk selang waktu beberapa menit.

Baca juga: Otot lurik

Sesuai dengan namanya otot ini hanya ada pada jantung saja yang terletak di dinding jantung dengan nama lainnya yaitu miokardium. Selain itu otot jantung memiliki satu inti sel yang mirip dengan otot rangka. Satu inti sel ini sering disebut sebagai sinsitium dengan bentuk anyaman. Pada setiap cabangnya terdapat ikat yang biasa disebut dengan diskus interkalaris.

Itulah penjelasan lengkap seputar pengertian, ciri-ciri, fungsi, dan cara kerja otot jantung. Semoga bermanfaat bagi Anda semua, terima kasih.

One thought on “Otot Jantung: Pengertian, Ciri–Ciri, Fungsi Dan Cara Kerja Lengkap

  1. Ping-balik: [Lengkap] Pengertian, Ciri–Ciri, Fungsi, Dan Cara Kerja Otot Jantung | Idartikel

Comments are closed.