Manfaat Puasa Senin Kamis

[LENGKAP] Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Pria dan Wanita

Diposting pada

Manfaat puasa senin kamis – Kembali berjumpa di blog Sudut Sekolah. Pada artikel kali ini kita akan membahas materi tentang manfaat puasa senin kamis dari mata pelajaran Agama. Puasa senin kamis adalah hal yang sudah pasti dikenal oleh semua penganut Agama Islam. Tetapi, ada sebagian orang yang juga mengetahui tentang puasa senin kamis walaupun mereka bukan penganut Agama Islam. Ternyata puasa senin kamis menyimpan segudang manfaat. Simak penjelasan lebih lanjutnya pada artikel kali ini.

Puasa senin kamis merupakan jenis ibadah sunnah dalam Agama Islam. Ibadah dengan hukum sunnah adalah ibadah yang jika dijalankan akan mendapatkan pahala, dan jika tidak dijalankan tidak akan mendapatkan dosa. Oleh karena itu, tidak semua orang Islam menjalankan puasa senin kamis karena hukumnya yang sunnah.

Tetapi, bukan pahala saja yang akan didapatkan ketika menjalankan puasa senin kamis. Selain mendekatkan diri dengan Allah SWT, manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan juga akan sangat terasa. Jadi, selain menjadi bukti ketaatan seseorang kepada Allah dan Rasul-Nya, puasa senin kamis juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan dan tahan tubuh.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat puasa senin kamis bagi pria dan wanita

Puasa senin kamis dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan membantu menghindari penyakit berbahaya seperti kolestrol, obesitas, penyakit jantung, dan lain-lain. Puasa senin kamis juga mirip seperti diet 5:2. Diet 5:2 ini adalah diet yang menuntut orang agar “berpuasa” selama 2 hari dalam waktu 1 minggu. Dikutip dari Evening Standard, mereka yang menjalani diet 5:2 dipaksa untuk mengurangi sampai separuh asupan kalorinya dalam 2 hari diet. Puasa senin kamis dan diet 5:2 ini mempunyai prinsip yang sama. Banyak juga agama lain selain Agama Islam yang menganjurkan untuk berpuasa senin kamis, walaupun tata caranya berbeda, tetapi prinsipnya tetap sama. Jadi sudah terbukti bahwa manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan sangat besar.

Sebenarnya masih banyak manfaat puasa senin kamis lainnya, seperti manfaat puasa senin kamis untuk kesuksesan, manfaat puasa senin kamis untuk jodoh, maupun manfaat puasa senin kamis untuk kecantikan. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca 5 manfaat puasa senin kamis berikut ini.

1. Rezeki Berlimpah dan Jodoh Dimudahkan

Puasa senin kamis adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendekatkan diri dengan Sang Maha Pencipta. Maka manfaat dari segi agama dan religi juga banyak, salah satunya adalah rezeki yang berlimpah dan jodoh yang dimudahkan. Agar bisa merasakan manfaat puasa senin kamis untuk kesuksesan dan manfaat puasa senin kamis untuk jodoh, maka ibadah yang wajib seperti sholat 5 waktu setiap hari juga tidak boleh ditinggalkan.

Jadi, agar bisa benar-benar merasakan manfaat yang pertama ini, lakukan lah puasa senin kamis secara rutin disertai dengan ibadah wajib dilaksanakan. Jangan lupa untuk selalu berdoa juga karena semuanya tidak akan terjadi tanpa kehendak Yang Maha Kuasa.

2. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Manfaat puasa senin kamis yang kedua adalah manfaat puasa senin kamis bagi pria dan wanita, jadi bisa dirasakan semua orang, yaitu mengurangi resiko serangan jantung. British Journal of Nutrition mempublikasikan studi tentang diet 5:2 atau puasa senin kamis. Partisipan yang mengikuti diet 5:2 mengalami tekanan darah sistolik berkurang hingga 9%. Tekanan darah sistolik adalah tekanan yang diterima pembuluh darah saat jantung berdetak. Mereka yang menjalankan diet 5:2 malah mengalami kenaikan tekanan darah sistolik sampai 2%.

3. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Biasanya racun-racun yang terdapat dalam tubuh manusia berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi selama berhari-hari. Untuk menghilangkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh, bukan olahraga saja yang perlu dilakukan, berhenti mengkonsumsi makanan dan minuman selama 1 hari penuh juga harus dilakukan. Dengan puasa senin kamis maka tubuh akan lebih mudah mengeluarkan racun melalui keringat, urine atau pada saat buang air besar.

Oleh karena itu puasa senin kamis dipercaya ampuh untuk mengeluarkan racun-racun dalam tubuh dan membuat tubuh jauh lebih sehat.

4. Peremajaan Sel Kulit

Selanjutnya, manfaat puasa senin kamis untuk kecantikan. Pada saat melakukan puasa, maka tubuh tidak mendapat asupan nutrisi dalam beberapa jam, kecantikan juga tidak terlalu terlihat. Tetapi, tenang saja, karena pada saat itu sel-sel tubuh dapat bekerja lebih efektif lagi, seperti halnya sel-sel kulit. Selain itu, pada saat buka puasa dan sahur maka tubuh akan diisi penuh dengan gizi dan nutrisi sehingga sel kulit tetap mendapatkan gizi dan nutrisi yang mencukupi.

Dengan melakukan puasa senin kamis secara rutin, maka peremajaan sel kulit dapat sangat dirasakan.

5. Mengencangkan Kulit

Jika dilihat secara sekilas mungkin tidak ada hubungannya antara puasa senin kamis dengan mengencangkan kulit atau kecantikan. Tetapi, sebenarnya ada. Untuk mendapatkan manfaat mengencangkan kulit pada saat melakukan puasa senin kamis, ada hal yang harus dilakukan. Hal yang dimaksud adalah meminum air putih sebanyak mungkin pada saat buka puasa dan sahur.

Hal sederhana tersebut akan memberikan pengaruh yang besar dalam mengencangkan kulit jika dilakukan secara rutin. Selain itu, seperti yang kita ketahui bahwa pada saat puasa metabolisme tubuh akan bekerja lebih maksimal yang akan membantu mengencangkan kulit.

Sebenarnya masih banyak manfaat puasa senin kamis yang lainnya, tetapi 5 manfaat di atas adalah manfaat yang paling dirasakan oleh banyak orang. Tetapi, jangan lupa untuk menjalankan puasa senin kamis ini secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup panjang agar manfaatnya benar-benar terasa.

Sekian pembahasan kali ini tentang manfaat puasa senin kamis bagi pria dan wanita. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan Anda agar bermanfaat. Terima kasih.