15 Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Untuk Kesejahteraan NKRI

Diposting pada

Manfaat persatuan dan kesatuan – Apa saja manfaat persatuan dan kesatuan bagi bangsa Indonesia? Berbicara soal persatuan dan kesatuan saya yakin semua negara di dunia ini sangat menginginkan rakyatnya bersatu dan bisa hidup dengan aman, nyaman, dan damai.

Hidup bisa saling berdampingan walaupun berbeda suku, bangsa, ras, dan juga agama. Tentu kamu juga sangat menginginkannya bukan? Namun saya akan menjelaskan lebih jauh tentang manfaat persatuan dan kesatuan, ada baiknya yuk ketahui terlebih dulu apa itu pengertian persatuan dan kesatuan.

Baca juga: Pengertian, contoh, asas, ciri-ciri demokrasi pancasila

Apa Itu Pengertian Persatuan Dan Kesatuan?

Persatuan dan Kesatuan sejatinya sama-sama berasal dari kata “satu” atau utuh. Tetapi jika sudah berbicara “persatuan” dan “kesatuan” tentu saja sudah berbeda maknanya. Persatuan sendiri diartikan sebagai perserikatan atau ikatan atau gabungan beberapa bagian yang sudah bersatu.

Sementara itu kesatuan adalah sekumpulan orang yang memiliki persamaan latar belakang, suku, budaya, agama, atau adat istiadat yang sama yang membangkitkan jiwa untuk menjadi satu keutuhan. Kesatuan juga merupakan hasil dari persatuan yang menjadi utuh. Maka dari itu, persatuan dan kesatuan adalah 2 hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Prinsip-prinsip Persatuan Dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan juga memiliki beberapa prinsip diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Prinsip Bhineka Tunggal Ika

Prinsip Bhineka Tunggal Ika mengharuskan kita untuk bersatu dalam bangsa Indonesia yang mempunyai semboyan “Bhineka Tunggal Ika” atau Berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

2. Prinsip Nasionalisme Indonesia

Nasionalisme adalah sikap politik masyarakat yang memiliki cita-cita dan juga tujuan yang sama. Hal ini tentu saja membuat masyarakat atau warga negara Indonesia semakin cinta dengan Indonesia. Namun meski begitu bukan seharusnya kita merendahkan bangsa lain dan terlalu mendewakan bangsa kita sendiri. Hal ini bertentangan dengan sila ke 1 Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

3. Prinsip Kebebasan yang Bertanggung Jawab

Setiap orang memiliki kebebasan dalam hal bertindak, bersikap dan berpendapat sesuai dengan kehendaknya. Asalkan tidak bertentangan dengan Hak Asasi Manusia dan juga harus bisa dipertanggungjawabkan. Jangan sampai ucapan yang terlontar dapat merugikan orang lain dan menjadi bumerang bagi kamu sendiri.

4. Prinsip Wawasan Nusantara

Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri serta bentuk geografis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Prinsip yang satu ini mengutamakan wilayah dan  Bhineka Tunggal Ika guna mencapai tujuan nasional.

5. Prinsip Persatuan Pembangunan

Prinsip satu ini bertujuan untuk mewujudkan cita-cita reformasi. Selain itu, juga untuk mengisi kemerdekaan yang dimodali dengan rasa persatuan.

15 Manfaat Persatuan dan Kesatuan

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai Persatuan dan Kesatuan dalam kehidupan sehari-hari dan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Apa saja itu?

1. Mengatasi Segala Perbedaan

Negara kita Indonesia terdiri atas berbagai suku, bangsa, ras, dan juga agama. Dan setiap warga negara Indonesia memiliki karakter yang berbeda-beda. Orang Jawa, berbeda dengan orang Bali, orang melayu berbeda dengan orang Papua dan lain sebagainya. Menjunjung persatuan dan kesatuan membuat kita tidak berbeda antara satu dengan yang lainnya. Justru malah mampu mengatasi segala perbedaan.

2. Memperlancar Pembangunan Nasional

Setelah Indonesia merdeka, tentu saja sebagai warga negara kita tidak ingin Indonesia pembangunannya terhenti begitu saja. Negara harus dibangun guna mewujudkan masyarakat Indonesia yang damai, demokratis, berdaya saing, berkeadilan, maju, dan sejahtera dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Persatuan dan kesatuan adalah salah satu jalan untuk memperlancar Pembangunan Nasional tanpa adanya hambatan.

3. Menciptakan Suasana yang Aman dan juga Damai

Manfaat Persatuan dan Kesatuan selanjutnya adalah bisa menciptakan suasana yang aman dan damai di negara Indonesia. Yap, tentu saja kamu ingin hal ini terjadi bukan? Maka dari itu yang harus dilakukan adalah jangan lagi saling bermusuhan dan bertengkar agar bangsa Indonesia tak lagi terpecah belah. Tetapi bersatulah, maka kalian bisa merasakan negara ini menjadi tenang, aman, dan juga damai.

4. Hidup Menjadi Lebih Rukun Antar Sesama

Poin ini sejatinya maknanya tak berbeda jauh dengan poin sebelumnya. Pada intinya, dengan bersatu membuat kehidupan kita menjadi lebih damai. Bukan untuk diri kita sendiri saja, tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat. Persatuan dan kesatuan membuat kita bisa lebih rukun dengan tetangga dan masyarakat sekitar.

5. Mempermudah Mencapai Tujuan Nasional

Manfaat persatuan dan kesatuan selanjutnya adalah dapat mempermudah untuk mencapai tujuan nasional. Sebagaimana yang kita ketahui negara kini memiliki tujuan nasional yang tercantum di dalam Pembukaan UUD 1945 alenia 4 yaitu: Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam perdamaian dunia. Semua tujuan nasional tersebut semakin mudah diwujudkan apabila semua masyarakat bersatu dalam mewujudkannya.

6. Agar Tidak Terjadi Perbedaan yang Menonjol Antar Manusia

Pada dasarnya setiap manusia itu Berbeda-beda. Baik secara fisik, sikap, maupun tingkah laku, ataupun hal lainnya. Namun terkadang perbedaan ini membuat banyak orang Indonesia tercerai berai. Berbeda halnya jika kita saling menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, mampu hidup rukun maka perbedaan tersebut pasti tidak akan terlalu menonjol sehingga dapat mencegah perpecahan.

7. Memperkuat Jati Diri NKRI

Persatuan dan kesatuan juga dapat memperkuat Jati diri Negara Kesatuan Republik Indonesia. Identitas negara semakin kuat apabila semua rakyat Indonesia saling bersatu meskipun hidup ditengah keberagaman. Perbedaan suku, bangsa, ras, dan juga agama bukanlah jadi penghalang kita untuk bersatu. Bukan benar begitu teman?

8. Bisa Saling Menolong dan Bekerjasama dalam Kehidupan Sehari-hari

Ini adalah salah satu manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat. Dan dampak positifnya pasti bisa anda rasakan di kehidupan sehari-hari. Dengan bersatu dan tidak tercerai hidup bermasyarakat menjadi lebih damai. Satu sama lain bisa saling memberikan bantuan, memberikan pertolongan, dan juga bantuan kepada orang lain. Begitulah seharusnya hidup bertetangga atau bermasyarakat.

9. Pelaksanaan Gotong Royong Berjalan dengan Baik.

Gotong royong merupakan sikap saling tolong menolong antar sesama yang dilandasi dengan sikap yang ikhlas. Namun sayangnya sikap dan tindakan seperti ini di era sekarang sudah mulai tidak lagi terlihat. Masing-masing orang sibuk dengan dunianya masing-masing, tidak mau bersatu atau saling mendekati. Padahal jika nilai-nilai Persatuan dan Kesatuan diterapkan maka pelaksanaan Gotong Royong bisa berjalan dengan baik.

10. Memperkuat Ketahanan Nasional

Negara kita memang telah merdeka sejak 1945, akan tetapi bukan berarti negara ini benar-benar aman. Hal ini terbukti  setelah Indonesia masih terjadi pemberontakan baik yang datangnya dari dalam negeri maupun luar negeri.

Ancaman tersebut pasti akan selalu ada. Bukan sekadar ancaman perang saja, tetapi juga ancaman-ancaman yang lainnya baik yang datangnya dari luar maupun dari dalam. Dengan menyatukan kekuatan, insyaallah kita bisa menangkal berbagai serangan, ancaman, ataupun gangguan dalam kehidupan berbangsa dan juga bernegara. Tak peduli darimana datangnya.

11. Menghindari Kerusuhan

Kerusuhan bisa terjadi dimana saja dan terjadi di lingkungan mana saja. Baik di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, maupun seluruh wilayah Indonesia sendiri. Ada banyak sekali penyebab kerusuhan yang seharusnya tidak perlu lagi terjadi di Indonesia. Dengan bersatu, paling tidak kita bisa meminimalisir terjadinya kerusuhan yang dapat mengganggu kehidupan dan stabilitas nasional.

12. Terwujudnya Kehidupan yang Seimbang, Selaras, dan Serasi

Manfaat persatuan dan kesatuan mampu untuk mewujudkan kehidupan yang seimbang, selaras, dan juga serasi. Utamanya antar sesama sehingga dapat menghindarkan diri dari konflik atau permusuhan.

13. Hidup Menjadi Lebih Berwarna

Hidup jadi lebih berwarna jika kita benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan. Hal ini disebabkan karena perbedaan antar sesama serta saling menghargai sesama satu sama lain sehingga dapat membentuk kekeluargaan yang harmonis.

14. Membentuk Pribadi yang Lebih Baik

Menjaga persatuan dan kesatuan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Kita memahami benar apa itu persatuan dan kesatuan bahkan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Tujuan, fungsi, prinsip bhineka tunggal ika

15. Disayangi Banyak Orang

Dan yang terakhir, manfaat persatuan dan kesatuan adalah kita bisa disayangi oleh banyak orang. Kita pasti dihargai oleh seseorang jika kita menghargai dia. Hal ini bisa jadi penanda bahwa kamu benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan dan kesatuan

Itulah dia beberapa manfaat persatuan dan kesatuan, semoga bermanfaat bagi semua dan jangan lupa diterapkan ya. Terima kasih telah membaca di Sudutsekolah.com.