Uang Kripto Contoh Manfaat Perdagangan Internasional

15 Manfaat Perdagangan Internasional di Berbagai Bidang (Sosial Budaya)

Diposting pada

Manfaat perdagangan internasional – Pada kali ini Sudut Sekolah akan sharing seputar perdagangan internasional, biasanya pada masa sekolah pasti pernah ada pertanyaan seputar perdagangan internasional, seperti sebutkan manfaat perdagangan internasional? Dan beberapa pertanyaan lainnya yang sekarang akan kita bahas tuntas.

Manfaat perdagangan internasional sangat banyak di semua bidang, apalagi di bidang sosial dan budaya. Di bawah ini akan saya jelaskan apa saja manfaat perdagangan internasional di bidang sosial dan budaya.

Sejatinya pasti setiap negara di dunia ini melakukan perdagangan internasional agar kegiatan ekonomi di negaranya menjadi lancar dan dapat meningkat.

Baca juga: Teori perdagangan internasional

Perdagangan internasional tersebut dapat meliputi pertukaran jasa, barang, modal yang ditanamkan, dan jenis lainnya. Perdagangan menjadi suatu hal yang penting bagi bidang ekonomi setiap negara di dunia, apalagi jika negara tersebut masih tergolong ke dalam negara berkembang, seperti Indonesia.

Kegiatan perdagangan internasional juga dapat dilakukan oleh setiap warga negara, bisa dari individu ke individu, dengan pemerintah, maupun pemerintah ke pemerintah negara lain. Sebenarnya materi perdagangan internasional ini juga akan saya bahas pada artikel selanjutnya, yaitu mengenai teori perdagangan internasional, kebijakan perdagangan internasional, dan materi lainnya.

Nah, berikut ini akan saya bagi menjadi 3, yaitu manfaat umum, manfaat perdagangan internasional di bidang sosial, dan budaya.

6 Manfaat Umum Perdagangan Internasional

1. Memenuhi Kebutuhan Negara

Manfaat yang paling utama adalah untuk memenuhi kebutuhan negara tersebut. Pastinya setiap negara tidak mungkin dapat menghasilkan seluruh sumber daya yang dibutuhkan, karena beberapa faktor, seperti jenis kebutuhan, jumlah kebutuhan, tingkat permintaan yang meningkat, perbedaan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, kondisi geografi, iklim, dan faktor lainnya.

Sehingga pastinya setiap negara membeli barang yang tidak bisa atau sedang kekurangan jumlah produksinya kepada negara lain melalui perdagangan internasional.

Seperti Indonesia yang mengimpor barang dari luar negeri, maka salah satu manfaat perdagangan internasional bagi Indonesia adalah untuk memenuhi kebutuhan negara.

2. Mendapatkan Keuntungan

Mendapat Keuntungan Besar

Sudah tidak perlu ditanyakan lagi, pada perdagangan internasional pastinya akan mendapatkan keuntungan, dan akan menambah jumlah devisa negara. Dari manfaat perdagangan internasional tersebut lah negara bisa meningkatkan kualitas kesejahteraan serta kemakmuran masyarakat.

3. Memperluas Pasar

Jika suatu produsen memproduksi banyak produk namun jumlah pasar atau kondisi pasar tidak memadai, pastinya harga barang tersebut akan turun dan dapat merugikan produsen tersebut. Maka dari itu sebuah perusahaan akan memperluas pasar perdagangannya melalui perdagangan internasional, karena jumlah pasarnya yang masih sangat luas.

4. Mentransfer Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Jika kita melakukan perdagangan internasional, maka secara tidak langsung kita akan mentransfer ilmu pengetahuan dan teknologi kita kepada negara tersebut. Biasanya negara yang melakukan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi ini adalah negara maju ke negara berkembang.

Ini terjadi karena negara maju pasti sudah mempunyai teknik produksi yang lebih modern, sehingga tingkat produksi pada negara tersebut sangat cepat, jadi tidak perlu takut kehabisan stok. Contoh manfaat perdagangan bagi Indonesia pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah impor kereta, mesin pesawat, dan lainnya.

5. Mendapatkan Reputasi Pada Spesialisasi Tertentu

Jika suatu negara sering melakukan perdagangan internasional dan konsumennya senang, pastinya ia akan mendapatkan reputasi bagus dari seluruh negara di dunia. Apalagi jika negara produsen tersebut mempunyai kondisi lingkungan, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang sudah maju.

Contoh dari konsep manfaat untuk mendapatkan reputasi adalah berbagai negara timur tengah dan Brunei Darussalam yang terkenal spesialis produksi minyak bumi.

6. Mempererat Hubungan Persahabatan Antarnegara

Pastinya jika sebuah negara melakukan perdagangan internasional, maka ada interaksi antarnegara tersebut. Tidak mungkin kan terjadi perdagangan tapi tidak terjadi interaksi? Nah, dari interaksi tersebut lah pastinya akan timbul kerjasama pada bidang yang lainnya.

Baca juga: Kebijakan perdagangan internasional

Seperti bidang pertahanan, keamanan, sosial, budaya, maupun politik. Semakin sering mereka berinteraksi, maka negara-negara tersebut akan semakin erat hubungannya.

4 Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Sosial

Manfaat perdagangan internasional di bidang sosial
Sumber: https://wearesocial.com/

1. Mencegah Akan Terjadinya Krisis

Manfaat di bidang sosial yang pertama adalah dapat mencegah terjadinya krisis. Contohnya adalah di daerah yang kekurangan air maupun pangan, banyak sekali negara termasuk Indonesia dapinya.

2. Membuat Jaringan Organisasi Antarnegara

Selanjutnya adalah membuat sebuah koalisi atau jaringan organisasi yang didalamnya terdapat beberapa negara. Dengan membuat jaringan organisasi antarnegara tersebut pastinya semua negara akan mendapatkan keuntungan masing-masing sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Beberapa contoh jaringan organisasi antarnegara di dunia adalah ASEAN, OPEC, LIGA ARAB, OECD, UNI EROPA, G8, G20, dan lainnya. Semua itu guna mendapatkan sebuah keinginan tertentu dari semua negara yang terdapat di dalamnya.

3. Memunculkan Sikap Saling Menghargai Antarnegara

Pada sebuah kerjasama perdagangan internasional, pastinya setiap negara akan mengetahui beberapa informasi negara lainnya, seperti budaya, dan sosial yang sedang terjadi di negara tersebut.

Dengan adanya pertukaran budaya tersebut maka muncul lah berbagai manfaat perdagangan di bidang sosial seperti saling menghargai budaya negara lain.

4. Memunculkan Sikap Saling Pengertian

Sebuah negara harus mempunyai sikap saling pengertian jika sudah melakukn kegiatan perdagangan internasional, apalagi jika ada negara lain yang sedang mengalami krisis, maka kita harus membantunya.

5 Manfaat Perdagangan Internasional Di Bidang Budaya

Manfaat perdagangan internasional di bidang budaya
Sumber: https://banyuwangi.merdeka.com

1. Mempromosikan Budaya Nasional

Anda juga dapat mempromosikan budaya nasional lewat perdagangan internasional, baik ditaruh di kemasan, video penawaran, dan lainnya. Dengan cara itu, setidaknya budaya nasional kita akan semakin te
rkenal di seluruh dunia.

2. Mempelajari Budaya Negara Lain

Selain untuk mempromosikan budaya nasional, kita juga dapat mempelajari budaya negara lain. Budaya yang kita pelajari dari perdagangan internasional ini dapat kita jadikan sebuah keuntungan. Dengan cara kita aplikasikan dan kita modifikasi sedikit sesuai dengan budaya atau kebiasaan orang-orang di negara kita.

3. Pertukaran Budaya

Manfaat lainnya adalah kedua belah pihak negara akan bertukar budaya, apalagi jika kedua belah pihak tersebut sudah sering melakukan perdagangan internasional.

4. Percampuran Budaya Antarnegara

Kegiatan perdagangan internasional akan membuat budaya kedua belah pihak negara bersentuhan, sehingga ada beberapa budaya dari negara lain yang dicampur dengan budaya nasional.

Baca juga: Faktor pendorong perdagangan internasional

Namun walaupun begitu, ada juga beberapa budaya negatif yang masuk. Sehingga kita harus selalu memilih mana budaya negara lain yang boleh kita terapkan di negara sendiri, dan harus dipikirkan terlebih dahulu apakah budaya negara lain tersebut sesuai dengan budaya atau adat istiadat nasional kita.

5. Menguatkan Rasa Nasionalisme Terhadap Budaya Nasional

Manfaat selanjutnya adalah semakin menguatnya rasa nasionalisme pada warga negara. Misal saja budaya kita yang diakui oleh negara lain seperti wayang, reog ponorogo, dan lainnya. Pastinya warga negara kita akan marah dan pemerintah pun ikut mengecam keputusan negara tersebut.

Nah, itulah 15 manfaat perdagangan internasional dalam segala bidang versi Sudut Sekolah, lengkap sekali bukan? Banyak sekali yang harus kita hargai, pahami dari kegiatan perdagangan internasional ini.