Makna Sumpah Pemuda
Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Indonesia

7 Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar Bangsa Indonesia Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Makna sumpah pemuda – Pada dasarnya, Sumpah Pemuda ditujukan kepada para pemuda-pemudi di indonesia. Batasan usia pemuda di Indonesia adalah dari 16-30 tahun menurut UU Nomor 40 Tahun 2019 tentang Kepemudaan. Di dalam Sumpah Pemuda terkandung berbagai macam makna yang ditujukan kepada semua rakyat Indonesia. Salah satu maknanya adalah makna Sumpah Pemuda bagi pelajar bangsa Indonesia.

7 Makna Sumpah Pemuda Bagi Pelajar

Teks Sumpah Pemuda
Sumber: wikipedia.com

Sebetulnya, selain ditujukan kepada para pemuda pemudi dan pelajar, makna Sumpah Pemuda juga ditujukan kepada seluruh bangsa Indonesia. Oleh karena itu, makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia tidak jauh berbeda juga bagi pelajar. Berikut 7 makna Sumpah Pemuda.

1. Makna Untuk Mencintai Indonesia Dengan Setulus Hati

Kemerdekaan Indonesia diperoleh bukan dengan cara yang mudah dan tidak diberikan oleh bangsa lain. Kemerdekaan Indonesia merupakan hasil nyata pengorbanan serta perjuangan para pahlawan dan pemuda. Pada saat itu, sudah tidak terhitung berapa banyak nyawa pemuda pemudi Indonesia yang gugur. Itu semua merupakan bentuk kecintaan terhadap negeri yang kaya ini.

Sebagai generasi penerus bangsa, kita semua harus mencintai Indonesia dengan segenap dan setulus hati. Hal ini demi menghargai jasa para pahlawan dan pemuda yang gugur pada saat memperjuangkan kemerdekaan.

Mencintai Indonesia berarti mencintai seluruh isi, keberagaman serta adat dan budayanya. Walaupun terdapat banyak perbedaan di dalamnya, kita harus bisa menerimanya. Karena perbedaan adalah hal yang wajar dan setiap harinya kita selalu berdampingan dan bersosialisasi dengan orang yang mempunyai perbedaan dengan kita sendiri.

Jadi, sudah sepatutnya pelajar Indonesia mencintai Indonesia dengan setulus dan sepenuh hati sebagai salah satu makna Sumpah Pemuda bagi mereka.

2. Makna Untuk Menghargai Perjuangan Para Pahlawan Bangsa

Terciptanya Sumpah Pemuda merupakan titik utama dan awal Indonesia bisa meraih kemerdekaan dan bebas dari penjajahan. Para pemuda rela mengorbankan semua waktu, pikiran, tenaga bahkan moral dan materil untuk membuat Indonesia bisa merdeka.

Perjuangan yang tidak main-main tersebut sampai kini menjadi nilai yang tidak dapat digantikan oleh apapun. Mungkin, jika Sumpah Pemuda tidak diciptakan Indonesia yang kita cintai tidak akan bisa menjadi seperti sekarang ini.

Oleh karena itu, semua masyarakat Indonesia termasuk para pelajar harus menghargai para pahlawan dan pemuda pejuang bangsa. Banyak hal yang bisa dilakukan pelajar untuk menghargai jasa para pahlawan bangsa. Berikut beberapa contohnya.

  • Menghargai pahlawan dan pemuda tidak harus selalu dalam bentuk materil, pelajar bisa menghargai jasa pejuang dengan bantuan dan dukungan moril.
  • Mengikuti pelaksanaan upacara bendera setiap hari senin di sekolah.
  • Melakukan perbuatan dan mengatakan perkataan yang mencerminkan sikap untuk menghargai para pejuang dan pemuda banga.

3. Makna Untuk Mencintai Dan Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia

Dalam UUD 1945 pasal 36, dijelaskan bahwa bahasa resmi negara Indonesia adalah Bahasa Indonesia. Sebagai masyarakat Indonesia, Bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi dan bersosialisasi dengan sesama masyarakat Indonesia lainnya, walaupun berbeda suku.

Sayangnya, seiring perkembangan zaman mulai muncul berbagai macam bahasa-bahasa baru akibat efek globalisasi. Dan Bahasa Indonesia mulai tergerus karena hal tersebut. Tidak jarang juga banyak pelajar yang mempunyai nilai mata pelajaran asing lebih tinggi daripada nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa dengan struktur khusus dan mempunyai keunikan tersendiri. Seharusnya, kita bangga menggunakan Bahasa Indonesia. Bahkan banyak warga negara asing yang malah tertarik untuk mempelajari bahasa ini. Dalam Sumpah Pemuda, sudah diikrarkan bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan. Oleh karena itu, sebagai pelajar kita harus bangga menggunakan Bahasa Indonesia.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan pelajar agar selalu bangga menggunakan Bahasa Indonesia.

  • Menggunakan Bahasa Indonesia dalam kegiatan sehari-hari.
  • Menyuarakan bangga menggunakan Bahasa Indonesia di media sosial.
  • Mempelajari Bahasa Indonesia

4. Makna Untuk Terus Semangat Berjuang

Para pemuda pemudi mencetuskan Sumpah Pemuda dengan semangat api yang membara kala itu. Para pelajar Indonesia harus meniru sikap pemuda pemudi tersebut dengan cara menumbuhkan semangat dalam belajar.

Dulu, para pejuang dan pemuda pemudi bangsa tidak mempunyai kondisi yang sebaik seperti sekarang ini. Mereka harus berjuang dan bersusah payah untuk bekerja dan bersekolah. Mereka mempunyai daya juang yang sangat tinggi.

Seharusnya, sikap pemuda yang selalu berjuang dan pantang menyerah tersebut bisa diaplikasikan kepada para pelajar zaman sekarang. Terlebih lagi, sekarang Indonesia sudah makmur dan sejahtera. Fasilitas-fasilitas untuk belajar juga sudah tersedia dan mudah di akses. Apalagi dengan memanfaatkan teknologi dan era globalisasi, pelajar semakin dimudahkan untuk belajar.

Maka, sebaiknya para pelajar selalu mengingat semangat pemuda pemudi dulu pada saat berjuang agar bisa memberikan semangat untuk terus berjuang dalam menuntut ilmu.

5. Makna Untuk Bangga Menjadi Salah Satu Bagian Dari Indonesia

Salah satu makna dari bunyi Sumpah Pemuda adalah bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia. Menjadi bagian dari perjuangan untuk bangsa Indonesia merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para pemuda pemudi saat itu. Dengan bangganya, mereka mengikrarkan Sumpah Pemuda.

Maka, sikap tersebut harus selalu tumbuh dan ada hingga sekarang. Para pemuda dan pemudi yang masih berstatus sebagai pelajar juga harus bangga bisa menjadi bagian dari Indonesia.

Melalui semboyan Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika, sudah ada satu alasan mengapa kita harus bangga bisa menjadi bagian dari Indonesia. Walaupun Indonesia mempunyai berbagai macam keberagaman dan perbedaan, tetapi tetap bersatu.

Berikut beberapa hal lain mengapa salah satu makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia adalah bangga menjadi bagian dari Indonesia.

  • Indonesia merupakan negara kepulauan dengan pulau terbanyak yang ada di dunia.
  • Indonesia mempunyai banyak sekali bahasa.
  • Indonesia mempunyai budaya yang sangat beragam.
  • Di mata dunia, masyarakat Indonesia dikenal sebagia masyarakat yang sangat ramah.
  • Banyak anak bangsa yang menorehkan prestasi di kancah internasional.

Jadi, sekarang setiap lapisan masyarakat Indonesia, termasuk pelajar harus bangga menjadi bagian dari Indonesia.

6. Makna Untuk Selalu Mengingat Tanah Air

Salah satu bunyi Sumpah Pemuda adalah tentang tanah air Indonesia. Hal ini memberikan makna Sumpah Pemuda bagi pelajar adalah untuk selalu mengingat tanah air Indonesia, di manapun mereka menuntut ilmu.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sekarang sudah banyak anak bangsa yang menuntut ilmu hingga ke luar negeri. Bahkan, bapak Presiden Indonesia yang ke 3, BJ Habibie juga pernah menuntut ilmu hingga ke Jerman. Tetapi, beliau tidak lupa dengan tanah airnya sendiri. Maka, di manapun berada kita tidak boleh lupa Indonesia dan selalu ingat kapan harus pulang.

Baca juga: Isi Teks Sumpah Pemuda

7. Makna untuk Menjaga Keutuhan NKRI Bersama-sama

Pada saat itu Sumpah Pemuda dibuat berdasarkan sistem demokrasi melalui Kongres Pemuda 2 dan dengan tujuan untuk mempersatukan pemuda pemudi Indonesia. Maka, salah satu makna Sumpah Pemuda adalah untuk menjaga keutuhan NKRI bersama-sama.

Sebagai pemuda generasi penerus bangsa, melalui Sumpah Pemuda ini kita harus mengajak setiap warga negara Indonesia untuk menjaga keutuhan NKRI bersama-sama. Karena menjaga keutuhan NKRI merupakan salah satu makna Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia.

Silahkan berikan rating