Latar belakang berdirinya ASEAN

Latar Belakang Berdirinya ASEAN Beserta Sejarahnya Lengkap

Diposting pada

Latar belakang berdirinya ASEAN – Kita hidup di kawasan Asia Tenggara. Tentunya kita harus tahu latar belakang berdirinya ASEAN. ASEAN merupakan salah satu organisasi negara yang ada di kawasan Asia tenggara. ASEAN singkatan dari Association of Southeast Asian Nation. Yang artinya kalau diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Perserikatan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus Tahun 1964. Tepatnya di Ibukota Thailand yaitu di Bangkok, awal didirikan ada 5 negara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Flilipina, dan Thailand, kelima negara itu wakili delegasi menteri luar negeri yang mana masing-masing menjadi tokoh pendiri ASEAN. Karena tempat Indonesia terletak pada kawasan Asia Tenggara, maka Indonesia juga ikut berperan aktif dalam pembentukan organisasi ini.

Baca juga: Fungsi partai politik

Tentunya kita sebagai masyarakat patut bersyukur karena telah dibentuknya ASEAN. Yang mana ASEAN ini banyak sekali dampak positif yang kita rasakan mulai dari perdagangan bebas di luar negeri dan pertukaran pelajar antar universitas. Dalam dunia pendidikan terbentuknya ASEAN ini sangatlah penting karena membuka wawasan yang baru bagi mahasiswa kuliah.

Apakah Anda pernah menerima pertanyaan seperti jelaskan latar belakang berdirinya ASEAN? Kira kira apa saja latar belakangnya? Sebelum kita ke poin latar belakang ASEAN, kita harus tahu bahwa latar belakang ASEAN sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor geografis, faktor kesamaan karakteristik, hingga tujuan yang akan dicapai. Ada 10 negara anggota ASEAN salah satunya seperti Vietnam, Laos, Myanmar, Brunei dan Kamboja yang kemudian bergabung.

Tujuan ASEAN sendiri banyak sekali, salah satunya menciptakan perdamaian di kawasan Asia tenggara dan membuat kerjasama di bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dan ASEAN sangat memiliki peran penting terhadap kegiatan ekonomi internasional.

Arti Lambang ASEAN

Lambang ASEAN
Gambar dari https://haurgeulis.com/

Secara umum lambang ASEAN mempunyai arti:

  • Melambangkan kekuatan kekeluargan dan solidaritas yang terikat, kesepakatan kerjasama untuk bisa memakmuran di negara-negara ASEAN
  • Melambangkan loyalitas atau kesetian terhadap perdamaian ASEAN dan stabilitas kawasan seperti perdamaian dunia pada umumnya.

Arti Bagian-Bagian Lambang

  • Batang padi yang tegak dengan jumlah 10 itu melambangkan anggota ASEAN yang berjumlah 10.
  • Batang padi yang berwarna coklat, melambangkan kekuatan dan kesetiaan.
  • Keliling lingkaran dan tulisan ASEAN berwarna biru melambangkan semua negara bersahabat dan mempunyai loyalitas yang tinggi.
  • Warna dasar kuning melambangkan kemakmuran.

Sejarah ASEAN

Sejarah bedirinya ASEAN yang didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967. Pembentukan ASEAN merupakan hasil kesepakatan atau perundingan di Bangkok yang dihadiri oleh 5 negara yang berada di Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan Thailand.

Setiap negara memiliki perwakilan masing masing yaitu menteri luar negeri di setiap negara. Dari 5 toko pendiri ASEAN yang mewakili tiap negara adalah Adam Malik dari (Indonesia), Narsico Ramos dari (Filipina) Tun Abdul Raza dari (Malaysia), S. Rajaratnam dari (Singapura) dan Thanat Khoman yang berasal dari (Thailand). Kini sudah ada 10 negara anggota ASEAN dan hanya 1 negara di Asia Tenggara yang masih belum bergabung yaitu Timur Leste

Latar Belakang Berdirinya ASEAN

Kenapa ASEAN dibentuk? Ada beberapa faktor yang menjadi latar belakang terbentuknya ASEAN. Terutama terbentuknya ASEAN karena adanya persamaan letak geografis. Negara ASEAN sama-sama berada dalam kawasan Asia Tenggara yang mana berada di sebelah selatan negara China dan di sebelah utara Samudera Hindia dan benua Australia.

Disini kita akan sebutkan latar belakang berdirinya ASEAN. Selain itu juga terdapat persamaan suku bangsa dimana masyarakat ASEAN memiliki banyak budaya salah satunya Melayu-Austonesia. Hampir semua negara ASEAN memiliki budaya dan gaya bahasa sama, kecuali Thailand memiliki gaya bahasa tionghoa dan juga pernah dijajah oleh bangsa Eropa.

Yang mendasari tebentuknya ASEAN sesuai poin yang ada pada pembentukan ASEAN di antaranya adalah mempererat kerjasama antar negara yang berada di kawasan Asia Tenggara dalam bidang ekonomi, politik, tujuan lainnya adalah memajukan negara dan meningkatan perdamaian, mari kita sebutkan latar belakang berdirinya ASEAN. Kira kira apa saja yaa yang menjadi poin-poinnya?

Persamaan-persamaan tersebut antara lain:

  1. Persamaan Letak Geografis.
  2. Persamaan Dasar Kebudayaan.
  3. Persamaan Nasib.
  4. Persamaan Kepentingan di Berbagai Bidang.

Penjelasannya mengenai latar belakang di atas:

1. Persamaan Letak Geografis

Semua yang berada di Asia Tenggara yaitu terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia. Dan berada di antara samudera yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

2. Persamaan Kebudayaan

Setiap negara mempunyai kebudayaanya sendiri, mulai dari bahasa, lingkungan, dan pergaulan yang hampir sama. Semua negara yang berada di kawasan Asia Tenggara memiliki bahasa dan keturunan yang sama, yaitu Melayu-Austonesia.

3. Persamaan Nasib

Di kawasan ASEAN yaitu Asia Tenggara semuanya pernah dijajah oleh bangsa Eropa yang mana mempunyai nasib sama kecuali Thailand, ini lah yang muncul rasa kebersamaan dan kesetiakawanan di negara-negara Asia Tenggara.

4. Persamaan Kepentingan di Berbagai Bidang

Semua negara yang berada di Asia Tenggara mempunyai kepentingan di berbagai bidang seperti di bidang ekonomi, sosial budaya dan politik. Politik menjadi peran penting terhadap berdirinya ASEAN. Yang mana menjadi tempat perdagangan dunia tentunya di Asia Tenggara. Yaitu Selat Malaka dan Selat Sunda.

Daftar Negara Yang Bergabung Di ASEAN

Saat ini ada 10 negara yang bergabung di ASEAN dan yang belum bergabung adalah Timur Leste.

  1. Indonesia (Pendiri)
  2. Malaysia (Pendiri)
  3. Thailand (Pendiri)
  4. Filipina (Pendiri)
  5. Singapura (Pendiri)
  6. Brunei Darussalam (Bergabung pada tahun 1984)
  7. Vietnam (Bergabung pada tahun 1995)
  8. Laos (Bergabung tahun pada 1997)
  9. Myanmar (Bergabung pada tahun 1997)
  10. Kamboja (Bergabung pada tahun 1999)

Tujuan Berdirinya ASEAN

Berikut di bawah ini merupakan beberapa tujuan berdirinya ASEAN yang berada pada isi Deklarasi Bangkok dan sudah di tetapkan secara resmi baca untuk selengkapnya.

  1. Mempercepat dalam pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan perdamaian di Asia Tenggara dan stabilitas kawasan.
  3. Meningkatkan kerjasama dan untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Memelihara kerjasama yang erat dan memiliki loyalitas yang kuat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada.
  5. Meningkatkan kerjasama dalam memajukan pendidikan, pertukaran pelajar antar universitas.

Baca juga: Isi teks sumpah pemuda

Organisasi ASEAN menjadi sebuah wadah bagi masyarakat yang berada di Asia Tenggara dengan demikan adanya ASEAN dapat meningkatkan kerjasama di berbagai bidang dan kemajuan ekonomi ASEAN yang lebih baik serta makmur dan aman sentosa.

Itulah pembahasan kita hari ini mengenai ASEAN, dari mulai arti lambang ASEAN, sejarah ASEAN, latar belakang berdirinya ASEAN, daftar negara yang bergabung di ASEAN, serta tujuan berdirinya ASEAN. Semuanya telah dibahas secara lengkap, semoga bermanfaat untuk kita semua, terima kasih telah membaca.