Lapisan atmosfer

Pengertian dan Fungsi 7 Lapisan Atmosfer Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Lapisan atmosfer – Hari ini kita akan mempelajari 7 lapisan atmosfer dan fungsinya. Kemarin kita telah membahas letak geografis dan astronomis Indonesia, silahkan dibaca terlebih dahulu.

Planet bumi adalah tempat tinggal para manusia dan hewan. Bumi juga mempunyai lapisan atmosfer yang berfungsi yaitu melindungi bumi dari segala ancaman yang berada di ruang angkasa dan merupakan salah satu lapisan udara yang menyelubungi bumi sampai ketinggian 560 KM.

Lapisan atmosfer adalah merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kehidupan semua makhluk hidup yang berada pada muka bumi.

Pada zaman dahulu penelitian mendalam tentang atmosfer ketika itu untuk memecahkan sebuah kasus permasalahan cuaca yang seiring waktu terus berubah. Selain itu juga untuk meneliti sebuah bintang yang berada pada atmosfer bumi, fenomena suatu proses terjadinya cahaya matahari pada waktu terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari.

Untuk bisa melihat sesuatu disana maka sebuah peneliti pun menggunakan alat yang bisa melihat bintang dan atmosfer agar terlihat jelas bagaimana sebuah langit bisa berubah dengan sangat jelas seperti terbit disaat pagi dan terbenam disaat sore hari.

Lapisan atmosfer bumi memiliki suatu kandungan utama yang terdiri dari campuran berbagai gas yang disebut nitrogen sekitar 78,17% , oksigen 20,97% , dan yang terakhir yaitu argon memiliki persenan yang lebih kecil yaitu sekitar 0,9% , dan sejumlah gas kecil lainnya.

Atmosfer memiliki lapisan yang menyelimuti suatu planet. Berikut adalah pengertian lapisan atmosfer yang harus kamu tau, silakan disimak:

Pengertian Lapisan Atmosfer

Lapisan atmosfer adalah lapisan udara yang melingkari atau menyelimuti suatu planet. Atmosfer berada pada ketinggian 0 KM – 560 KM dari permukaan bumi, atmosfer sendiri mempunyai beberapa lapisan yang dinamai transisi yang satu dengan yang lain berlangsung bertahap.

Studi lapisan atmosfer pada awalnya untuk memecahkan suatu masalah, yaitu pembiasan sesuatu sinar matahari saat terbit dan tenggelam, serta kelap-kelipnya bintang. Berikut adalah contoh 7 lapisan atmosfer dan fungsinya.

7 Lapisan Atmosfer dan Fungsinya

1. Troposfer

Dalam kehidupan yaitu terutama troposfer yang paling utama untuk kehidupan manusia dan makhluk yang lain yang hidup di bumi, troposfer adalah lapisan yang yang menempel di permukaan bumi, dan lapisan ini adalah lapisan yang paling rendah dari semua lapisan atmosfer yang lainnya, jika kita berada di khatulistiwa maka lapisan atmosfer ini akan terlihat setinggi 19 KM di atas permukaan laut.

Di dalam troposfer ini terdapat seperti cuaca, perubahan suhu, dan hembusan angin yang dapat kita rasakan hingga saat ini.  Manfaatnya dari troposfer ini ialah:

  • Temperatur akan semakin turun dengan bertambahnya ketinggian, setiap naik 100 m, maka temperatur udara akan turun sekitar 0.60.
  • Di dalam troposfer terdapat cuaca, perubahan suhu, petir, hujan, dan pelangi. Oleh karena itu, ini sangat bermanfaat bagi kita (manusia) bagi kehidupan.
  • Puncak troposfer memiliki batasan sekitar 600 C.

2. Stratosfer

Stratosfer adalah salah satu lapisan atmosfer yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi manusia, stratosfer berada di atas tropopause sampai ketinggian 50 km. Stratosfer terletak diatas troposfer, lapisan stratosfer sendiri terdapat lapisan ozon pada ketinggian 20 KM dari permukaan tanah.

Lapisan ozon ini berfungsi untuk menyerap sinar ultraviolet serta melindungi bumi dari pancaran radiasi yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup di muka bumi. Dan pada ketinggian pertama pada lapisan stratosfer suhu menjadi turun signifikan awan jeniscirrus biasanya berada pada 15 KM . Suhu relatifnya setabil mulai dari -17°F akan menjadi -57°C. Pada lapisan ini akan menjadi sangat dingin.

3. Mesosfer

Mesosfer adalah salah satu lapisan ketinggi ketiga dari 7 lapisan atmosfer, ketinggian mesosfer antara 50 – 85 KM dari permukaan bumi, atmosfer ini adalah bagian yang dapat mengikis suatu benda langit yang masuk pada bumi. Seperti meteor, komet, debu angkasa dan lain sebagainya. Manfaat dari mesosfer adalah mampu melindungi bumi dari ancaman benda yang ingin masuk ke bumi.

Kita bisa mengambil kesimpulan bahwa lapisan ini akan menjadi perlindungan planet bumi dari ancaman benda asing dari ruang angkasa yang sudah disebutkan tadi. Jika benda asing yang menerobos masuk ke bumi dengan ukuran yang sangat besar maka sifat lapisan ini akan mengikis benda tersebut hingga mengecil menjadikan benda tersebut tidak terlalu besar masuk ke dalam bumi.

4. Termosfer

Adalah atmosfer yang mempunyai ketinggian 85 – 500 KM, lapisan atmosfer yang satu ini bisa disebut lapisan panas (Hot Layer) pada lapisan terjadi suatu transisi kenaikan temperatur yang sangat tinggi. Temperatur lapisan ini bisa mencapai antara 90 – 5000 C. Tinggi temperatur tersebut disebabkan molekul oksigen mengabsorpsi (menyerap) radiasi energi surya.

Radiasi ini bisa mengakibatkan radiasi kimia yang mampu membentuk lapisan bermuatan listrik. Manfaat dari atmosfer ini adalah mampu mengantarkan gelombang radio pada suatu satelit dan memberikan energi yang bermuatan listrik pada satelit.

5. Eksosfer

Adalah atmosfer yang terletak paling luar dari semua atmosfer yang ada, lapisan eksosfer ini berada pada ketinggian 500 KM ke atas di permukaan bumi. Pada lapisan ini pada molekul-molekul udara berjalan dengan cepat dan mempengaruhi gaya grafitasi bumi. Sehingga gesekan-gesekan pada udara akan semakin jarang terjadi.

6 Lapisan Ozon

Atau yang bisa disebut dengan nama ozonosfer, mempunyai tinggi sekitar 15 – 35 KM. Lapisan ozon terdapat pada atmosfer pada bagian bawah, tetapi lapisan ini sangat terkonsentrasi pada lapisan stratosfer. Yaitu dengan ketinggian antara 15 – 35 KM. Ozon tidak stabil jika terpengaruh radiasi atau bertumbukan dengan atom oksigen, pada ketinggian 15 – 35 KM terjadi pembentukan dan penguaraian ozon dari oksigen diatomik dan monotomik dengan bantuan (penyerapan) radiasi ultraviolet.

Manfaat lapisan ozon ini adalah menyerap radiasi ultraviolet, sehingga sinar ultraviolet tiba ke bumi tidak berbahaya bagi makhluk yang tinggal di bumi. Jika sebaliknya jika radiasi ultraviolet sampai ke bumi maka akan mengakibatkan kerusakan pada kulit, seperti kanker pada kulit, luka bakar, kebutaan dan gangguan generatif pada dan produktif pada hewan.

7. Lapisan Ionosfer

Lapisan ini berada pada ketinggian antara 60 – 600 KM. Ionosfer terdiri atas dari molekul dan atom yag kehilangan lebih elektron sehingga terbentuklah ion. Manfaat dari lapisan ionosfer adalah mampu mengantarkan gelombang radio terutama pada bidang komunikasi. Ionosfer memiliki 3 lapisan yaitu.

  • Lapisan D; lapisan ini berada pada ketinggian antara 60 – 120 KM, lapisan ini berfungsi memantulkan gelombang radio ke bumi.
  • Lapisan E; lapisan ini berada pada ketinggian antara 120-180 KM, lapisan ini berfungsi memantulkan kembali gelombang am.
  • Lapisan F; lapisan ini berada pada ketinggian antara 180 – 600km. Lapisan ini memantulkan gelombang radio yang pendek.

Mungkin itu saja pembahasan kita mengenai pengertian, 7 lapisan atmosfer dan fungsinya lengkap. Semoga Anda dapat memahami semua materi saya dengan baik dan benar. Terima kasih.

Silahkan berikan rating