Kisah Nabi Idris AS

Kisah Nabi Idris AS Singkat & Lengkap Dalam Al-Quran

Diposting pada

Kisah Nabi Idris – Pada hari ini situs pendidikan Indonesia terbaik akan membahas mengenai Agama Islam, yaitu mengenai cerita nabi Idris AS. Untuk itu silahkan simak penjelasan berikut ini.

Mempelajari kisah-kisah nabi Allah SWT merupakan salah satu hal yang harus dilakukan oleh seorang Muslim semasa hidupnya. Seorang muslim diwajibkan untuk mengetahui 25 nabi Allah SWT. Walaupun begitu, jumlah nabi-nabi Allah SWT sangat banyak. Semua nabi pasti mempunyai kisah dan ceritanya masing-masing. Salah satunya adalah kisah nabi Idris AS. Nabi Idris AS merupakan salah satu dari 25 nabi yang wajib diketahui. Berikut kisah nabi Idris singkat.

Tentang Kisah Nabi Idris AS

Kisah Nabi Idris AS
Sumber : merdeka.com

Nabi Idris AS merupakan keturunan keenam dari nabi Adam AS. Beliau merupakan putra dari Qabil dan Iqlima (putra putri nabi Adam AS). Ia merupakan salah satu seorang rasul yang diberikan tugas untuk menyampaikan risalah kepada kaumnya. Nabi Idris diberi hak kenabian oleh Allah SWT setelah nabi Adam dan nabi Syits.

Baca juga: Kisah Nabi Adam

Ada beberapa kisah yang mengetakan bahwa nabi Idris AS lahir di Babilonia, ada juga yang mengetakan beliau lahir di Babil, Irak. Lalu pindah ke Mesir untuk menyampaikan ajarannya.

Ia lahir 1000 tahun setelah nabi Adam AS wafat. Nama aslinya adalah Akhnukh (Ukhunukh). Ia disebut Idris karena sangat suka mempelajari agama dan membaca kitab-kitab nabi Adam dan nabi Syits. Nabi Idris AS terkenal dengan ilmu pengetahuan dan kepandaiannya. Selain itu, ia juga sangat sabar dan taat dalam beribadah. Namanya disebut 2 kali di dalam Al-Quran. Dan nabi Idris AS menerima wahyu pertamanya melalui perantara malaikat Jibril pada saat beliau berusia 82 tahun.

Sebagai seorang nabi, tentu saja nabi Idris AS juga mempunyai mukjizat atau kelebihan. Berikut mukjizat nabi Idris AS.

  1. Manusia pertama yang pandai dalam baca tulis menggunakan pena.
  2. Diberikan berbagai macam ilmu pengetahuan, mulai dari merawat kuda, ilmu perbintangan (falaq) dan juga ilmu berhitung atau yang sekarang dikenal sebagai matematika.
  3. Sangat senang belajar dan taat dalam beribadah.
  4. Orang pertama yang pandai memotong dan menjahit pakaiannya.

Nabi Idris AS juga mendapat gelar “Asadul Usud” yang berarti singa. Hal ini dikarenakan beliau tidak pernah lelah dalam menjalankan tugasnya sebagai nabi. Dia tidak pernah takut untuk menghadapi umatnya yang kafir. Ia juga tidak sombong dan dikenal sebagai orang yang pemaaf.

Kisah Nabi Idris Singkat

Salah satu kisah nabi Idris AS yaitu adalah tentang beliau yang menjadi orang pertama yang melihat surga dan neraka.

Nabi Idris AS dan malaikat Izrail dikenal merupakan sahabat dekat. Suatu hari mereka berdua sedang beribadah bersama-sama. Kemudian, nabi Idris AS mengajukan sebuah permintaan yang unik.

“Bisakah Engkau membawaku melihat surga dan neraka, wahai Malaikat Izrail?” tanya nabi Idris AS.

“Wahai Nabi Allah, lagi-lagi permintaanmu sungguh aneh. Mengapa Engkau meminta hal tersebut? Bahkan para malaikat pun takut melihat neraka.” Malaikat Izrail pun menjawab.

Dan nabi Idris AS menjawab, “Jujur, aku sangat takut akan adzab Allah SWT tersebut. Tetapi, saya berharap hal itu dapat menambah imanku setelah melihatnya”.

Kisah Nabi Idris Pergi ke Neraka yang Menyeramkan

Mendengar jawaban nabi Idris AS tersebut, akhirnya malaikat Izrail meminta izin kepada Allah, dan Allah SWT memberikan restu. Kemudian keduanya pergi untuk melihat neraka terlebih dahulu. Saat mendekati neraka, nabi Idris AS langsung pingsan. Beliau pingsan karena takut ketika melihat malaikat penjaga neraka. Malaikat penjaga neraka merupakan sosok yang sangat menyeramkan. Ia menyeret dan juga menyiksa manusia-manusia yang durhaka kepada Allah semasa hidupnya.

Nabi Idris AS tidak sanggup melihat pemandangan yang sangat menakutkan itu. Tidak ada pemandangan yang lebih menakutkan dan menyeramkan dibandingkan neraka. Api dahsyat yang berkobar-kobar, suara gemuruh yang menyeramkan, dan siksaan yang seram. Akhirnya, nabi Idris AS meninggalkan neraka dengan tubuh yang lemas didampingi oleh malaikat Izrail.

Kisah Nabi Idris Berkunjung ke Surga Allah SWT

Sekarang mereka pergi ke tujuan kedua, yaitu surga. Pada saat tiba di surga, reaksi nabi Idris AS sama, beliau hampir pingsan. Kali ini bukan karena ketakutan, melainkan karena betapa takjubnya beliau ketika melihat keindahan surga Allah SWT.

Beliau melihat sungai-sungai yang begitu bening bagaikan kaca. Sementara itu, di pinggiran sungai-sungai itu terdapat pohon yang batangnya terbuat dari perak dan emas. Ada juga istana-istana yang dibuatkan untuk para penghuni surga. Di setiap penjuru, pasti terdapat pohon yang menghasilkan buah-buahan yang sangat enak, segar dan harum.

Setelah beberapa saat, malaikat Izrail mengajak nabi Idris AS untuk kembali pulang ke bumi. Namun, nabi Idris AS menolak dan ingin tetap tinggal di surga.

“Tuan boleh tinggal di sini setelah hari kiamat tiba, setelah semua amal ibadah dihisab oleh Allah SWT, barulah tuan bisa hidup di surga bersama dengan para nabi lain dan orang-orang yang beriman.” Ujar malaikat Izrail.

Maka nabi Idris AS pun menjawab “Aku ingin beribadah kepada Allah SWT sampai tiba hari kiamat nanti”.

Dan merekapun kembali ke bumi.

Nasihat Nabi Idris AS

Setelah mengalami berbagai macam pengalaman, nabi Idris AS mempunyai beberapa nasihat atau ajaran yang ingin disampaikan kepada umatnya. Hal ini tentu saja bertujuan agar hidup umatnya menjadi lebih baik.

Berikut beberapa pesan yang disampaikan oleh nabi Idris AS selama hidupnya.

  1. Shalat jenazah dilakukan sebagai penghormatan bagi yang sudah meninggal, karena sesungguhnya pemberi syafaat hanyalah Allah SWT.
  2. Besarnya rasa syukur yang diungkapkan tidak akan dapat menandingi besar nikmat yang diberikan Allah SWT.
  3. Sambut seruan Allah SWT secara ikhlas, baik untuk menjalankan sholat, puasa, maupun perintah-Nya yang lain.
  4. Hindarilah hasad atau dengki kepada sesama.
  5. Menumpuk harta tidak akan memberi manfaat.
  6. Isilah kehidupan dengan kebaikan dan kebijakan.

Banyak sekali yang bisa kita ambil dari kisah nabi Idris AS di atas. Semoga setelah mengetahui dan mempelajari kisah nabi Idris singkat ini keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT semakin meningkat. Terima kasih telah membaca di Sudut Sekolah, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.