[LENGKAP] Kebugaran Jasmani: Pengertian, Komponen, Dan Manfaat

Diposting pada

Kebugaran jasmani – Halo semuanya, pada hari ini blog Sudut Sekolah akan update artikel seputar pelajaran olahraga, yaitu mengenai pengertian kebugaran jasmani, komponen kebugaran jasmani, serta manfaat kebugaran jasmani yang akan dibahas dengan lengkap.

Sebagai manusia, pasti kita ingin tubuh kita selalu fit dan sehat guna mendukung seluruh aktivitas yang akan kita lakukan seharian, baik itu bekerja, bermain, berpergian, dan lainnya.

Namun, masyarakat kita kurang sadar untuk menjaga kebugaran jasmaninya masing-masing, karena sibuk bekerja maupun sekolah. Padahal untuk menjaga kebugaran jasmani tidak perlu waktu yang lama maupun alat yang mahal. Salah satu olahraga yang termasuk ke dalam kategori tersebut adalah lari.

Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang kebugaran jasmani.

Baca juga: Cabang olahraga atletik

Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian kebugaran jasmani atau physical fitness adalah kemampuan fisik seseorang untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-harinya tanpa merasakan capek dan lelah secara berlebihan, sehingga tubuh masih menyimpan cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lebih selanjutnya.

Kebugaran jasmani juga dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:

  • Sehat, yang berarti tubuh bebas dari segala bentuk penyakit
  • Bugar, yang berarti tubuh mempunyai tenaga yang cukup untuk melakukan segala kegiatan sehari-hari dan tanpa merasakan capek dan lelah secara berarti.

Komponen atau Unsur Kebugaran Jasmani

Total ada 10 komponen atau unsur-unsur kebugaran jasmani, yaitu:

  1. Kecepatan / Speed
  2. Kekuatan / Strength
  3. Daya Tahan Otot / Muscular Power
  4. Daya Tahan / Endurance
  5. Keseimbangan / Balance
  6. Koordinasi / Coordination
  7. Kelincahan / Agility
  8. Daya lentur / Flexibility
  9. Reaksi / Reaction
  10. Ketepatan / Accuracy

1. Kecepatan / Speed

Pengertian kecepatan dalam olahraga adalah kesanggupan atau kemampuan seseorang untuk melakukan berbagai gerakan tertentu secara terus menerus atau menempuh suatu jarak tertentu dengan waktu yang sesingkat-singkatnya.

Jika Anda ingin meningkatkan kecepatan Anda dalam berolahraga maka Anda juga harus dilatih tingkat fleksibilitas, kekuatan, dan kecepatan reaksi yang dimiliki oleh Anda.

Untuk melatih kecepatan Anda hanya perlu memainkan berbagai olahraga dalam waktu yang singkat namun dengan tempo yang cepat, berikut contoh untuk melatih kecepatan Anda dalam olahraga.

2. Kekuatan / Strength

Kekuatan adalah kemmapuan tubuh untuk menahan beban ketika melakukan aktivitas sehari-hari dengan menggunakan otot tubuh. Kekuatan setiap orang pasti berbeda-beda. Namun Anda dapat meningkatkan kekuatan otot dengan melakukan beberapa latihan seperti:

  • Sit up, guna memperkuat otot pada perut
  • Push up, guna memperkuat otot pada lengan
  • Pull up, guna memperkuat bahu dan tangan
  • Squat jump, guna memperkuat otot pada tungkai dan perut
  • Angkat beban, guna memperkuat otot lengan
  • Back up, guna memperkuat otot perut
  • Dan lainnya

3. Daya Tahan Otot / Muscular Power

Pengertian daya tahan otot adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan otot sehingga menghasilkan kekuatan tertenu untuk melakukan sebuah gerakan dalam waktu yang cukup lama dan dengan beban tertentu. Banyak sekali contoh latihan untuk meningkatkan daya tahan otot, yaitu seperti:

  1. Vertical Jump
  2. Front Jump
  3. Side Jump
  4. Squats
  5. Rowing
  6. Triceps Stretch
  7. Wrist Roll
  8. Dan, Angkat Beban

4. Daya Tahan / Endurance

Daya tahan atau Endurance adalah tingkat kemampuan manusia untuk menjaga organ tubuhnya seperti paru-paru, ginjal, dan lainnya untuk menahan rasa lelah secara efektif dan efisien pada saat menjalankan suatu aktivitas dalam waktu yang lama.

Daya tahan atau Endurance ini harus dilatih agar kemampuan daya tahan tubuh kita meningkat kemampuannya. Latihan daya tahan tubuh hampir sama dengan latihan otot, hanya ada sedikit penambahan. Berikut contoh latihan daya tahan tubuh:

  1. Lari
  2. Yoga
  3. Renang
  4. Senam
  5. Skipping / Jumping
  6. Bersepeda
  7. Istirahat
  8. Long Sow Distance Run
  9. Berjalan
  10. Berlari Di Tangga
  11. Angkat Beban
  12. Circuit Training

5. Keseimbangan / Balance

Komponen kebugaran jasmani selanjutnya adalah keseimbangan yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Balance.  Keseimbangan menurut Mukholid adalah kemampuan tubuh seseorang untuk mempertahankan sikap tubuhnya pada saat melakukan suatu gerakan pada jangka waktu tertentu. Keseimbangan juga dibagi menjadi 2, yaitu keseimbangan statis dan keseimbangan dinamis.

Keseimbangan statis merupakan kemampuan tubuh untuk mempertahakan posisi sikapnya ketika kesetimbangan pada posisi tetap atau Center of Gravity nya tidak berubah. Contoh keseimbangan statis adalah ketika Anda dihukum oleh guru untuk mengangkat 1 kaki.

Keseimbangan dinamis merupakan kemampuan tubuh untuk mempertahakan posisi sikapnya ketika kesetimbangan pada posisi bergerak atau Center of Gravity nya berubah. Contoh keseimbangan dinamis adalah ketika Anda berjalan atau berlari. Cara melatih keseimbangan sebetulnya sangat mudah untuk dilakukan dimana saja Anda berada. Berikut cara melatih keseimbangan:

  • Berdiri dengan satu kaki
  • Leg swings
  • Memutar tangan
  • Memutar kaki
  • Squat dengan satu kaki
  • Dan lainnya

Baca juga: Teknik dasar bola basket

6. Koordinasi / Coordination

Unsur kebugaran jasmani selanjutnya adalah koordinasi. Koordinasi merupakan kesanggupan seseorang untuk mencampur dua atau lebih gerakan ke dalam suatu pola gerak tertentu. Dengan adanya koordinasi gerak yang baik pastinya dapat membantu orang tersebut untuk menghadapi perubahan-perubahan mendadak ketika di lapangan, dari mulai cuaca, peralatan, lampu, kondisi lapangan, dan lainnya.

Untuk melatih unsur koordinasi ini bisa dengan cara latihan menggabungkan berbagai macam gerak dan teknik dalam satu gerakan atau pola tertentu sesering mungkin, jika Anda sudah terbiasa pastinya koordinasi ini akan tercipta dengan sendirinya.

7. Kelincahan / Agility

Dalam olahraga apapun, pastinya kita harus mempunyai komponen kebugaran jasmani ini, karena kelincahan sangat membantu Anda untuk mengelabuhi musuh ketika ingin menyerang maupun bertahan.

Kelincahan merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk melakukan gerakan maupun melakukan perubahan gerakan dengan sangat cepat.

Contoh latihan untuk meningkatkan kemampuan kelincahan pada kebugaran jasmani sebagai berikut:

  • Lari secara bolak balik
  • Lari zig zag
  • Squat thrust
  • Lompat tangga
  • Latihan dengan menggunakan agility balls

8. Daya lentur / Flexibility

Daya lentur / Flexibility adalah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri dengan apa yang akan dilakukan secara efektif. Daya lentur dalam olahraga atau kebugaran jasmani sangat berguna untuk menghindari cidera yang mengancam. Untuk meningkatkan skill daya lentur atau flexibility bisa dengan berbagai cara seperti berenang, yoga, dan senam.

9. Reaksi / Reaction

Reaksi atau reaction merupakan kemampuan untuk bertindak secara cepat dalam melakukan aktifitas tertentu. Reaksi ini sangat penting untuk segala bidang olahraga, seperti sepak bola, voli, bulu tangkis, dan lainnya. Untuk meningkatkan kemampuan reaksi kita dapat dilakukan dengan cara menangkap bola.

10. Ketepatan / Accuracy

Komponen kebugaran jasmani yang terakhir adalah ketepatan / accuracy. Ketepatan merupakan skill seseorang yang dapat mengendalikan gerakan tubuh untuk mencapai suatu target. Contoh olahraga yang membutuhkan ketepatan yang tinggi adalah basket, sepak bola, bowling, memanah, dan lainnya.

Untuk latihannya dapat disesuaikan dengan olahraga yang Anda tekuni, misal sepak bola Anda harus menendang ke gawang dengan tantangan-tantangan tertentu, begitu juga yang harus Anda lakukan jika olahraga pilihan Anda bukan sepak bola.

Nah, setelah Anda mengetahui berbagai macam komponen kebugaran jasmani atau unsur kebugaran jasmani, sekarang kita masuk ke dalam manfaat kebugaran jasmani, berikut berbagai macam manfaat kebugaran jasmani yang dapat Anda peroleh.

Manfaat Kebugaran Jasmani

1. Terhindar Dari Berbagai Macam Penyakit

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa manfaat kebugaran jasmani dapat menghindarkan tubuh Anda dari berbagai macam risiko penyakit. Seperti penyakit obesitas, jantung, diabetes, penuaan dini, depresi, kelelahan, hipertensi, kolesterol, kanker, penyakit tulang, insomnia, dan penyakit lainnya yang berbahaya bagi tubuh Anda.

2. Dapat Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Jika Anda melakukan suatu olahraga atau kebugaran jasmani yang Anda sukai pasti dapat meningkatkan mood atau suasana hati Anda. Sehingga aktifitas Anda selanjutnya dapat lebih baik untuk dilakukan.

Baca juga: Teknik dasar bola voli

3. Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Selain dapat meningkatkan mood, manfaat kebugaran jasmani juga bisa meningkatkan kecerdasan otak Anda, apalagi jika olahraga yang Anda mainkan membutuhkan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, pastinya otak Anda akan sering diasah ketika melakukan olahraga tersebut.

4. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Bukan hanya dapat menghindarkan dari berbagai penyakit, meningkatkan mood, dan meningkatkan kecerdasan otak saja, tapi manfaat kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda, pastinya jika Anda suka dan sering berolahraga merasakan efek ini, tubuh Anda terasa lebih semangat dan lebih fit ketika ingin melakukan aktifitas yang lain.

Itulah ke 4 manfaat kebugaran jasmani yang dapat Anda peroleh, jadi jika Anda ingin terhindar dari berbagai macam penyakit, meningkatkan mood,

Nah, setelah Anda belajar semua mengenai kebugaran jasmani, pastinya sekarang Anda sudah dapat paham dan hafal mengenai pengertian kebugaran jasmani, komponen kebugaran jasmani, dan mafaat kebugaran jasmani. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan terima kasih telah membaca.