Ciri dan karakteristik benua Amerika

35 Ciri dan Karakteristik Benua Amerika Beserta Penjelasan Lengkapnya

Diposting pada

Karakteristik benua Amerika – Benua Amerika memiliki karakteritik tersendiri yang membedakan dari benua lainnya. Bahkan, setiap region benua Amerika memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya, karakteristik yang ada di benua Amerika bagian utara berbeda dengan benua Amerika bagian tengah.

Ada banyak faktor yang menyebabkan benua Amerika memiliki karakteristik tertentu, seperti faktor letak, luas, kondisi geografi dan astronomi, maupun kondisi sosial. Untuk lebih jelasnya, Berikut karakteristik benua Amerika beserta penjelasannya lengkap.

Gambar benua Amerika
Sumber: https://ilmupengetahuanumum.com/

Karakteristik Benua Amerika Berdasarkan Letak Dan Luas

Jika ditinjau dari letak dan luas, benua Amerika memiliki 2 karakteristik khsuus dari titik koordinat hingga letak dan kondisi geografisnya, berikut ciri-ciri benua Amerika berdasarkan letak dan luas.

  1. Letak astronomi benua Amerika berada di titik koordinat adalah 72o LU – 59o LS dan 163o BB – 360o BB
  2. Amerika adalah benua terbesar kedua setelah benua Asia, dengan luas sekitar ±42.575.526 km²
  3. Benua Amerika dibatasi oleh samudra dan Laut untuk setiap sisinya, diantaranya
    • Sebelah utara: Samudra Arktik
    • Sebelah timur: Samudra Atlantik
    • Sebelah selatan: Selat Drake
    • Sebelah barat: Samudra Pasifik
  4. Wilayah Amerika Tengah terdiri atas beberapa wilayah di Kepulauan Karibia, Samudra Atlantik, dan Meksiko
  5. Wilayah Amerika Selatan terdiri atas Argentina, Brasil, Bolivia, Chili, Colombia, Ekuador, Guyana, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela, Guyana Prancis dan Kepulauan Falkland
  6. Wilayah Amerika Utara terdiri atas sebagian wilayah Meksiko bagian utara, Teluk Meksiko, Amerika Serikat, Kanada, dan Kepulauan Arktik
  7. Amerika Serikat adalah wilayah administratif yang paling luas di wilayah benua Amerika bagian utara.

Baca juga: Letak Indonesia

Karakteristik Benua Amerika Berdasarkan Bentang alam

Penjelasan mengenai ciri-ciri benua Amerika bisa ditinjau dari bentang alam yang ada. Sama dengan benua lainnya, benua Amerika memiliki bentang alam pegunungan, dataran rendah, sungai, lembah, dan bentuk alam lainnya. Bentang alam benua Amerika terbilang unik, dimana sebagian wilayah hanya mendominasi satu topologi bumi saja. Untuk lebih lengkap, berikut ciri benua Amerika berdasarkan bentang alam yang ada.

  1. Terdapat wilayah Pegunungan diantaranya Rocky Mountains (wilayah Amerika Utara), Cordelleras De Los Andes (wilayah Amerika Selatan), Alaska Range, Mackenziie Mountains, dan Coast Mountains
  2. Sebelah barat benua Amerika, tepatnya pada sebelah utara Alaska hingga ke ujung Amerika Selatan didominasi oleh barisan pegunungan yang membentang luas
  3. Benua Amerika bagian tengah dan timur didominasi oleh dataran rendah dan juga pesisir pantai
  4. Namun, Benua Amerika bagian Tengah ditemukan plateau (Dataran Tinggi), depresi, dan tanah genting
  5. Benua Amerika bagian utara didominasi oleh cekungan dan danau
  6. Sungai Missouri, Mississippi, Sungai Rio Grande, Sungai Colorado, Sungai Hudson, Sungai Amazon, Sungai San Juan, dan Sungai Parana adalah sungai utama yang memiliki ukuran besar dan mengairi benua Amerika
  7. Daratan Death Valley (±86 m di bawah permukaan laut) adalah titik terendah di Benua Amerika.

Karakteristik Benua Amerika Berdasarkan Iklim

Mengingat benua Amerika dilewati oleh garis khatulistiwa dan dibatasi oleh berbagai samudra, iklim pada benua Amerika menjadi karakteritik tersendiri. Ada sebagian yang mirip dengan Indonesia, namun ada juga yang memiliki iklim ekstrem. Karena dijepit oleh samudra yang luas, karakteristik iklim dingin lebih mendominasi benua Amerika. Untuk lebih jelasnya, berikut karakteristik benua amerika berdasarkan iklim.

  1. Iklim di wilayah Amerika Tengah nyatanya dipengaruhi oleh Samudra Pasifik, Atlantik, dan Laut Karibia
  2. Iklim benua Amerika bagian tengah terdiri dari zona suhu panas, sedang, dingin, dan beku, dimana zona tersebut didasarkan oleh ketinggian tempat
  3. Curah hujan dataran Amerika semakin tinggi jika semakin mendekati khatulistiwa
  4. Kondisi iklim di wilayah Amerika Selatan dipengaruhi oleh ketinggian, letak, dan bentang lintang geografis sehingga sebagian wilayah benua Amerika bagian selatan mendapatkan iklim kering dengan curah hujan sekitar 100–500 mm per tahun saja
  5. Namun sebagian besar wilayah benua Amerika bagian selatan mendapatkan iklim curah hujan tinggi sehingga didominasi oleh hutan hujan tropis.

Karakteristik Benua Amerika Berdasarkan Sosial budaya

Benua Amerika banyak disinggahi oleh banyak pendatang, sehingga ras Amerika asli pun sulit untuk diketahui. Beberapa golongan seperti bangsa Vicking, Eropa, Asia (ras Mongoloid), dan lain-lain pernah menjadi imigran atau melakukan ekspedisi di benua Amerika.

Oleh sebab itu, benua Amerika memiliki penduduk dengan ras, agama, hingga kepercayaan yang sangat beragam. Untuk lebih lanjut, berikut karakteristik benua amerika berdasarkan sosial dan budaya.

  1. Argentina, Brasil, dan Kolombia adalah wilayah di benua amerika selatan dengan penduduk terpadat
  2. Sebagian besar penduduk Amerika Tengah dan Selatan memeluk agama Katolik Roma
  3. Sebagian besar penduduk Amerika Utara memeluk agama Kristen Protestan
  4. Bahasa resmi yang digunakan oleh mayoritas negara di benua Amerika adalah Bahasa Inggris dan Perancis
  5. Penggunaan Bahasa Spanyol dan Italia masih tetap eksis sebagai bahasa resmi di daerah tertentu
  6. Mayoritas penduduk Amerika Tengah dan Amerika Selatan memeluk Agama Katholik
  7. Mayoritas penduduk keturunan Arab, Melayu, dan Negro menganut Agama Islam
  8. Mayoritas penduduk Amerika keturunan Yahudi menganut Agama Yahudi
  9. Mayoritas penduduk Amerika keturunan India, Nepal, dan Sri Lanka menganut Agama Hindu
  10. Mayoritas penduduk Amerika keturunan China, Jepang, Korea, dan Indo-Cina menganut Agama Buddha, Tao, Kong Hu Chu, atau Shinto
  11. Mayoritas penduduk Amerika keturunan Inggris menganut Agama Kristen Anglikan.

Karakteristik benua Amerika Berdasarkan Bahasa

Selain agama, bahasa resmi yang digunakan oleh setiap daerah benua Amerika juga berbeda-beda meskipun jarak diantara mereka sangat berdekatan dan hanya dibatasi oleh darata. Berikut ciri-ciri benua Amerika berdasarkan penggunaan bahasa.

  1. Brasil menggunakan Bahasa Portugal
  2. Suriname menggunakan Bahasa Belanda
  3. Argentina, Chili, Kolombia, Kosta Rica, Kuba, Dominika, Ekuador, El Savador, Venezuela, Peru, Panama, Nikaragua, dan Meksiko menggunakan Bahasa Spanyol
  4. Amerika Serikat, Bahama, Barbados, Kanada, Guyana, Saint Lucia, St. Crhisthoper, dan Jamaika menggunakan Bahasa Inggris.

Baca juga: Batas wilayah Indonesia

Karakteristik Benua Amerika Berdasarkan Perekonomian

Selain itu, benua Amerika juga memiliki karakteristik unik jika ditinjau dari segi perekonomia mereka. Setiap wilayah pastinya memiliki status perekonomian yang berbeda dari wilayah lainnya. Untuk lebih lanjut, berikut ciri benua amerika berdasarkan aktivitas perekonomian.

  1. Mayoritas negara di benua Amerika Utara tergolong negara yang maju dengan kegiatan industri dan perdagangan sebagai senjata perekonomian. Bahkan mereka sudah menggunakan peralatan modern dalam setiap aspek perekonomian seperti agrokultural, peternakan, dan lain-lain.
  2. Sebaliknya, mayoritas negara di benua Amerika bagian selatan tergolong sebagai negara berkembang. Mereka masih mengandalkan hasil tani, laut, dan tambang sebagai senjaya perekonomian.

Penutup

Itu dia 35 karakteristik benua amerika berdasarkan letak dan luas, bentang alam, iklim, sosial budaya, serta kondisi perekonomian. Semoga informasi diatas bisa menambah wawasan pembaca dalam ilmu geografi atau IPS.