Fungsi seni rupa 2 dan 3 dimensi
Pengertian, ciri-ciri, contoh, dan fungsi seni rupa 2 dan 3 dimensi

Fungsi Seni Rupa 2 dan 3 Dimensi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh

Diposting pada
No ratings yet.

Fungsi seni rupa – Pada artikel ini kita akan membahas lengkap mengenai seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi, dari mulai pengertian, ciri-ciri, contoh, dan fungsi seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Seni rupa masih dibagi menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan, yang akan kita bahas pada materi selanjutnya. Selain itu di dalam bidang seni juga ada yang namanya seni kriya yang sudah saya bahas pada artikel sebelumnya.

Sebelum kita belajar mengenai fungsi seni rupa 2 dimensi dan fungsi seni rupa 3 dimensi, lebih baik saya akan membahas pengertian dan ciri-cirinya terlebih dahulu, seperti berikut.

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian seni rupa 2 dimensi adalah sebuah karya seni rupa yang hanya memiliki 2 sisi, yaitu sisi panjang dan lebar. Ada banyak contoh seni rupa 2 dimensi yang ada di rumah atau tempat yang biasa kita kunjungi, seperti lukisan, banner, batik, dan lainnya. Ada 12 macam teknik untuk membuat sebuah karya seni rupa 2 dimensi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Teknik Arsir
  2. Teknik Aquarel
  3. Teknik Blok
  4. Teknik Dussel
  5. Teknik Kolase
  6. Teknik Linear
  7. Teknik Menganyam
  8. Teknik Merekat, Menggunting, Menempel (3 M)
  9. Teknik Mozaik
  10. Teknik Plakat
  11. Teknik Pointilis
  12. Teknik Transparan

Bukan hanya itu, ciri-ciri seni rupa 2 dimensi selanjutnya adalah unsur-unsurnya, ada 8 unsur yang terdapat pada karya seni rupa 2 dimensi, yaitu:

  1. Titik
  2. Garis
  3. Bidang
  4. Bentuk
  5. Tekstur
  6. Warna
  7. Gelap Terang
  8. Ruang dan Kedalaman

Unsur-unsur tersebut berfungsi untuk mendapatkan hasil karya seni yang bagus dan memuaskan hati pembuat maupun penikmatnya. Semua unsur tersebut harus Anda pahami dan praktikan jika Anda ingin membuat karya seni yang memuaskan. Selain unsur seni rupa 2 dimensi, Anda harus paham alat atau media yang bisa digunakan untuk membuat karya seni rupa 2 dimensi, setidaknya ada 11 media yaitu:

  1. Pensil
  2. Pensil Warna
  3. Pulpen
  4. Krayon
  5. Konte
  6. Cat Air
  7. Cat Minyak
  8. Kanvas
  9. Kuas
  10. Palet
  11. Komputer

Ada beberapa contoh karya seni rupa 2 dimensi yang sering kita jumpai dimanapun kita berada dan bisa Anda buat sendiri di rumah dengan menggunakan teknik, unsur, dan alat yang sudah dijelaskan di atas. Berikut contohnya:

  • Lukisan
  • Foto
  • Batik
  • Poster
  • Logo
  • Banner
  • Kaligrafi
  • Mozaik
  • Karikatur
  • Vinyet
  • Sketsa
  • Dan lainnya

Itu dia penjelasan lengkap mengenai pengertian, ciri-ciri, dan contoh seni rupa 2 dimensi, berikut ini kita akan belajar mengenai pengertian, ciri-ciri, contoh dan fungsi seni rupa 3 dimensi.

Pengertian, Ciri-Ciri, Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian seni rupa 3 dimensi adalah sebuah karya seni rupa yang memiliki 3 sisi, yaitu sisi panjang, lebar, dan tinggi sehingga dapat dilihat dari berbagai arah serta memiliki ruang dan volume, berbeda dengan seni rupa 2 dimensi yang tidak memiliki ruang dan volume. Seni rupa 3 dimensi juga dibagi 2 berdasarkan fungsinya, yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan 3 dimensi.

Seni rupa murni merupakan seni rupa yang fungsinya mengutamakan estetika atau keindahan. Sedangkan seni rupa terapan bukan hanya dipandang dari sisi estetika atau keindahan, tetapi dari fungsinya juga untuk membantu manusia.

Untuk teknik pembuatan seni rupa 3 dimensi ada 5, yaitu:

  1. Teknik Aplikasi
  2. Teknik Cor
  3. Teknik Merakit
  4. Teknik Mozaik
  5. Teknik Pahat

Semua teknik itu disesuaikan penggunaannya dengan karya seni yang ingin dibuat, tidak semua karya seni disamakan teknik pembuatannya. Selain itu seni rupa 3 dimensi juga memiliki 5 unsur, yaitu:

  1. Titik
  2. Garis
  3. Bidang
  4. Bentuk
  5. Tekstur

Nah, berikut ini adalah contoh karya seni rupa 3 dimensi yang sering kita jumpai sehari-hari.

  • Patung
  • Seni Kriya atau Kerajinan Tangan
  • Keramik
  • Relief
  • Arca
  • Topeng
  • Vas Bunga
  • Guci
  • Dan lainnya

Setelah Anda sudah paham mengenai semua penjelasan diatas, sekarang kita akan belajar mengenai fungsi seni rupa lengkap.

Fungsi Seni Rupa

Fungsi seni rupa
Fungsi seni rupa

Semua hal yang ada di dunia ini pasti mempunyai manfaatnya masing-masing, tidak terlepas dari seni rupa, ada berbagai macam fungsi dari seni rupa, seperti fungsi-fungsi berikut ini.

1. Fungsi Edukasi

Seni rupa 2 dimensi maupun 3 dimensi sama-sama memiliki keindahan, fungsi dan makna tertentu. Anda dapat menyampaikan sebuah pesan atau informasi, sehingga seni rupa mempunyai fungsi edukasi.

Contoh seni rupa yang bisa digunakan untuk fungsi edukasi adalah kerajinan tangan seperti wayang. Pada pertunjukan wayang pastinya ada informasi atau pesan yang ingin disampaikan oleh dalang kepada para penonton, untuk itu lah seni rupa mempunyai fungsi edukasi.

2. Fungsi Emosional atau Perasaan Seseorang

Fungsi kedua adalah sebagai pemenuh kebutuhan perasaan atau emosional seseorang. Sebagai contohnya adalah jika Anda sedang sedih, kesal, atau marah Anda dapat melihat film, teater, pameran, atau pertunjukan seni lainnya yang dapat membuat perasaan-perasaan tersebut berubah menjadi senang dan bahagia. Untuk itu lah seni rupa dibutuhkan oleh manusia sebagai pemenuh kebutuhan emosional.

3. Fungsi Keagamaan

Selain sebagai alat untuk edukasi maupun mengubah emosional seseorang, seni rupa mempunyai fungsi lainnya yaitu sebagai alat ibadah untuk agama-agama tertentu. Sebagai contoh pada agama Islam ada masjid yang di dalamnya terdapat berbagai macam seni rupa. Untuk agama Hindu dan Buddha ada candi yang memiliki keindahan dari seni rupa 3 dimensinya dan struktur bangunannya, dan contoh lainnya.

4. Fungsi Kebutuhan Sehari-hari

Fungsi seni rupa yang terakhir adalah sebagai kebutuhan sehari-hari, conntohnya adalah bangku untuk duduk, lemari untuk menyimpan barang, dan masih banyak contoh yang lainnya.

Sampai juga di ujung artikel, itu dia penjelasan lengkap mengenai seni rupa, dari mulai pengertian, ciri-ciri, contoh, dan fungsi seni rupa. Terima kasih telah membaca disini jika Anda merasa artikel ini bermanfaat silahkan bantu untuk share.

Silahkan berikan rating