Fungsi partai politik

6 Fungsi Partai Polik Dalam Negara Demokrasi Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Fungsi partai politik – Halo semuanya, selamat datang di situs pendidikan Indonesia terbaik. Pada hari ini saya akan membahas mengenai partai politik, dari mulai pengertian partai politik, tujuan partai politik serta fungsinya.

Pengertian Partai Politik

Partai Politik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki pengertian perkumpulan yang didirikan untuk mewujudkan ideologi politik tertentu.

Baca juga: Teks sumpah pemuda

Sedangkan dari segi bahasa kata Partai diambil dari bahasa latin “partire”, yang berarti membagi. Secara umum partai politik bisa dimaknai sebagai suatu kelompok terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, cita-cita dan nilai-nilai. Kelompok tersebut mempunyai tujuan untuk mendapatkan kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik dengan cara konstitusional untuk melaksanakan programnya. (Budiardjo)

Pengertian partai politik menurut Trubus Rahardiansyah P. adalah kelompok anggota yang terorganisasi secara rapi dan stabil yang mempersatukan dan termotasi dari ideologi tertentu serta berusaha mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam pemerintah melalui pemilu yang demokratis.

Giovanni Sartori juga berpendapat mengenai partai politik, ia memberikan pengertian bahwa partai politik ialah kelompok politik apa saja yang ikut serta dalam pemilu dan mampu menempatkan orang-orangnya (anggota partai) dalam jabatan politik.

Senada dengan Giovanni, Ichlasul Amal mengemukakan bahwa partai politik merupakan suatu kelompok yang mengajukan calon-calon dari partainya untuk jabatan publik supaya dipilih oleh rakyat sehingga dapat mengontrol atau memengaruhi tindakan pemerintah.

Beberapa pakar politik menyatakan pandangan yang berbeda terhadap partai politik di negara yang demokratis dan negara yang ototriter. Pandangan yang berbeda tersebut berimplikasi pada pelaksanaan tugas atau fungsi partai politik di negara masing-masing.

Negara demokrasi relatif bisa melaksanakan fungsi partai politik sesuai harkatnya pada saat kelahirannya, yaitu menjadi wahana untuk warga negara untuk berpartisipasi dalam pengelolaan kehidupan bernegara dan memperjuangkan kepentingan di hadapan penguasa.

Berbanding terbalik dengan negara otoriter, fungsi partai politik tidak bisa mewujudkan harkatnya, akan tetapi lebih banyak menjalankan kehendak penguasa.

Tujuan Partai Politik

Secara umum partai politik dibentuk memiliki tujuan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan

Fungsi Partai Politik

Subakti mengemukakan fungsi partai politik yang paling utama adalah mencari dan mempertahanan kekuasaan untuk mewujudkan program yang dirancang berdasarkan ideologi tertentu. Tetapi partai politik juga berperan dalam melaksanakan sejumlah fungsi partai politik yang lain.

Fungsi partai politik yang lain tersebut yaitu komunikator politik, sosialisasi politik, pengatur konflik, rekrutmen politik, kontrol politik dan partisipasi politik. 6 fungsi partai politik yang lain tersebut berikut penjelasannya:

1. Fungsi Partai Politik Sebgaia Sarana Komunikator Politik

Pada negara yang menganut sistem demokrasi dalam perpolitikkannya seperti negara Indonesia, fungsi partai politik adalah untuk menyalurkan berbagai macam suara atau aspirasi masyarakat agar aspirasi tersebut bisa sampai dan didengar oleh pemerintah.

Aspirasi yang sudah diterima dan ditampung selanjutnya akan dipertimbangkan dengan segala aspek untuk mencapai tujuan yang akan disepakati. Pada tahap berikutnya, aspirasi tersebut diwujudkan ke dalam berbagai macam kegiatan-kegiatan partai politik. Fungsi partai politik juga sebagai sarana menyeberluaskan keputusan dan kebijakan-kebijakan pemerintah sehingga masyarakat dapat memahami dan melaksanakannya.

Pada fungsi ini, partai politik mengambil peran sebagai perantara antara pemerintah dengan masyarakat. Apabila praktek fungsi partai politik tidak demikian, maka akan terjadi ketimpangan serta penyalahgunaan partai politik sebagai alat untuk kepentingan kelompok maupun golongan.

2. Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Sosialisasi politik

Fungsi partai politik antara lain juga sebagai sarana sosialisasi politik. Dalam dunia perpolitikan, sosialisasi politik dimaknai sebagai proses dimana seseorang mendapatkan sikap dan orientasi terhadap fenomena politik, yang umumnya berlaku dalam masyarakat dimana ia berada.

Proses sosialisasi biasanya terlaksana secara berangsur-angsur mulai dari masa anak-anak sampai dewasa. Sosialisasi politik bisa menciptakan budaya politik pada suatu negara. Partai politik mendidik berjalannya proses dialogis yang bertujuan agar anggota masyarakat mengenal dan mempelajari nilai-nilai, norma-norma dan simbol politik di negaranya.

Pendidikan politik bisa dilakukan melalui kegiatan-kegiatan organisasi yang ada di sekolah dan organisasi yang ada di perguruan tinggi, dan gambaran nyata dari sosialisasi politik yaitu mengadakan pelatihan-pelatihan khusus kader, pengarahan-pengarahan tentang penyelenggaraan pemilu, dan lain-lain.

3. Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Rekrutmen Politik (Politik Recruitment)

Sebuah kelompok partai politik memiliki peran sebagai wadah untuk menampung dan penyeleksian kader-kader politik yang nantinya akan meneruskan kepemimpinan suatu pemerintahan dengan jabatan tertentu.

Pada perkembangannya, peran partai politik diperluas dalam membuka kesempatan bagi warga negara untuk turut serta berpartisipasi politik dalam suatu negara.

Kader-kader yang potensial senantiasa dilahirkan partai politik dalam setiap perkembangannya pada persaingan perpolitikan dengan jalan merekrut anggota-anggota muda yang berbakat dan juga memberikan perbekalan kepada kader-kader muda.

4. Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Pengatur Konflik

Kemajemukan yang menimbulkan banyak perbedaan dalam suatu negara demokrasi seperti di Indonesia merupakan hal yang wajar. Perbedaan-perbedaan itu mestinya tidak jarang menimbulkan berbagai permasalahan yang bisa mengancam persatuan bangsa seperti perbedaan agama, suku, etnis dan lain-lain.

Maka partai politik dituntut agar bisa menyelesaikan masalah-masalah tersebut, setidaknya mengambil peran untuk meredakan dan menjadi penengah antara pihak yang bertikai. Partai politik diharuskan untuk bisa menciptakan suasana harmonis terhadap masyarakat dengan mencontohkan persaingan-persaingan sehat dalam mencapai tujuan.

5. Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Kontrol Politik

Partai politik sebagai sarana pengontrol politik memiliki peran untuk mengingatkan dan meluruskan keputusan dan kebijakan pemerintah supaya tidak terjadi kesalahan maupun kekeliruan ketika pemerintah menetapkan sebuah keputusan maupun kebijakan.

Kontrol atas kebijakan dan keputusan pemerintah ini agar pemerintah memiliki batas dalam menetapkannya sehingga tidak terjadi kesewenang-wenangannyang bisa merugikan rakyat. Partai politik juga berperan dalam melakukan pengawasan serta peninjauan terhadap pelaksanaan jalannya pemerintahan supaya bisa berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Dalam pelaksanaannya mengontrol kebijakan pemerintah, partai politik mengikutsertakan masyarakat dalam memberikan aspirasi yang bisa mempengaruhi kebijakan politik suatu negara.

6. Fungsi Partai Politik Sebagai Sarana Partisipasi Politik

Salah satu fungsi partai politik yaitu untuk bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah, hal itu disebabkan karena partai politik menerima dan manampung aspirasi masyarakat dalam melaksanakan pembangunan nasional. Partai politik sebagai penampung aspirasi masyarakat untuk disalurkan kepada pemerintah tentunya dibutuhkan oleh negara yang menggunakan sistem demokrasi dalam tata negaranya.

Baca juga: Hak dan kewajiban warga negara Indonesia

Partisipasi ataupun keterlibatan partai politik dapat mengubah kebijakan-kebijakan pemerintah jika kebijakan tersebut tidak sesuai dengan keadaan masyarakat, sehingga penting adanya partisipasi partai politik.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai partai politik. Semoga Anda paham mengenai pengertian partai politik, tujuan partai politik dan fungsinya. Terima kasih telah mengunjungi Sudut Sekolah, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Silahkan berikan rating