Fungsi Musik Modern, Tradisional, Nusantara Lengkap

20 Fungsi Musik Tradisional, Modern, Nusantara Lengkap

Diposting pada

Fungsi musik – Musik adalah salah satu hal yang sudah melekat dalam diri setiap manusia. Dalam menjalankan hampir semua aktivitas, tidak jarang kita selalu ditemani oleh musik. Misalkan saja, seperti pada saat berolahraga, membaca, belajar atau bahkan membersihkan rumah. Dan pada artikel kali ini di blog Sudut Sekolah, kita akan membahas tentang 20 fungsi musik, baik fungsi musik tradisional, fungsi musik modern, maupun fungsi musik nusantara.

Ada penelitian yang mengungkap fakta unik seputar fungsi musik. Bukan hanya sebagai hobi atau kesenangan saja, ternyata musik juga dapat memberikan efek dan mempengaruhi kesehatan seseorang. Hal ini diungkapkan oleh Dr. Victoria Williamson yang merupakan seorang dosen psikologi di Goldsmith College London.

Menurut beliau, ada hubungan antara musik dan bagian inti dari otak yang memberikan reaksi terhadap rangsangan seperti makanan, cahaya, dan lain-lain. Hal ini ternyata juga didukung oleh beberapa studi-studi lainnya yang secara garis besar menyatakan bahwa lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak yang bertanggung jawab terhadap ingatan dan penglihatan seseorang.

Fungsi Musik dan Penjelasannya Lengkap

Sekarang kita tahu bahwa secara tidak sadar, fungsi musik sudah bisa mempengaruhi otak kita. Lalu, sebenarnya ada berapa dan apa saja fungsi-fungsi musik? Berikut daftar fungsi musik modern, fungsi musik tradisional dan fungsi musik nusantara disertai penjelasannya.

1. Sebagai Media Ungkapan Emosional

Fungsi musik yang pertama adalah sebagai media untuk mengekspresikan emosi dan suasana hati. Biasanya, ketika seorang musisi sedang mengalami kejadian tertentu dan memiliki emosi yang cukup kuat, maka dia akan menuangkan ekspresi emosianal dan suasana hatinya menjadi sebuah lagu.

2. Sebagai Media Penyembuhan

Para peneliti dari Brunei University dan Queen Mary University of London telah melakukan studi terhadap 7000 pasien. Dan hasilnya, ternyata mendengarkan musik bisa mengurangi rasa sakit yang dialami oleh semua pasien tersebut. Para pasien tersebut cenderung mampu meminimalkan kekhawatiran terhadap hasil operasi dan memiliki kepuasan tersendiri ketika mendengarkan musik.

3. Sebagai Bentuk Apresiasi Seni

Musik adalah salah satu karya seni. Di mana seperti yang kita ketahui bahwa setiap karya seni pasti mempunyai unsur keindahan atau estetis. Maka, salah satu fungsi musik yaitu sebagia bentuk untuk mengapresiasi karya seni.

4. Sebagai Hiburan

Fungi musik sebagai hiburan adalah fungsi musik yang paling sering ditemui. Ketika seseorang merasa bosan, maka biasanya dia akan memilih berbagai cara untuk menghibur dirinya, salah satunya dengan mendengarkan musik.

5. Sebagai Reaksi Jasmani

Musik ternyata juga dapat merangsang otot manusia untuk bergerak. Oleh karena itu, musik digunakan sebagai pengiring irama dalam sebuah senam irama.

6. Sebagai Sarana Komunikasi

Walaupun jarang ditemui, biasanya ada beberapa daerah yang mempunyai musik khusus yang digunakan sebagai sarana komunikasi bagi warganya. Musik seperti ini bisa dilihat baik dari melodi maupun liriknya.

7. Sebagai Perlambangan Suatu Hal

Musik bisa berfungsi sebagai lambang dari suatu hal atau peristiwa. Biasanya, bisa dengan mudah dilihat dari melodi dan tempo alunan nadanya. Musik yang mempunyai tempo lamban dan lirik yang sedih berarti melambangkan kesedihan.

8. Sebagai Pengesahan Lembaga Sosial

Musik juga sering digunakan sebagai alat pengesahan lembaga sosial, tapi bukan sebagai pengiringnya.

9. Sebagai Wadah Menyampaikan Norma

Ada beberapa musik yang isinya merupakan norma-norma sosial sehingga memiliki pesan dan kandungan aturan sosial.

10. Sebagai Pengintegrasian Masyarakat

Baik disadari maupun tidak, dengan memainkan musik saja bisa menimbulkan rasa kebersamaan baik bagi para pemain maupun penimat musik itu sendiri. Jadi, musik juga bisa difungsikan sebagai sarana mengintegrasikan masyarakat.

11. Sebagai Pelestarian Budaya

Banyak musik yang isinya merupakan pesan bagi generasi selanjutnya untuk terus menjaga dan melestarikan berbagai budaya yang sudah ada.

12. Sebagai Media Penunjang Kesehatan Tubuh

Walaupun tidak terlalu terasa, tapi tetap saja mendengarkan musik ternyata bisa meningkatkan metabolisme dan stimulan tubuh. Hal ini diungkapkan dari studi yang dilakukan oleh Brunei University, bahwa musik dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekitar 15%, meningkatkan semangat serta efisiensi energi sekitar 1% hingga 2%.

13. Sebagai Media Peningkat Inteligensi

Ritme-ritme dan nada yang ada pada musik dapat membuat otak manusia berpikir lebih prima dan optimal. Hal ini akan memberikan pengaruh positif pada inteligensi manusia dan dapat menurunkan resiko penyakit Alzheimer.

14. Sebagai Respon Terhadap Suatu Hal

Banyak musisi yang menciptkan lagu dengan maksud atau tujuan tertentu. Misalnya saja membuat musik yang isinya berupa kritik tidak langsung terhadap pemerintah.

15. Sebagai Alat Pendidik

Bisa dilihat dari lagu anak-anak, bahwa musik juga berfungsi sebagai alat pendidik sejak kecil.

16. Sebagai Alat Pemersatu Bangsa

Terciptanya banyak sekali lagu nasional adalah bentuk nyata dari fungsi musik sebagai alat pemersatu bangsa.

17. Sebagai Media Meditasi

Dalam melakukan meditasi, biasanya musik juga digunakan sebagai pengiring. Jenis musik yang digunakan adalah musik yang tenang dan halus.

18. Sebagai Sumber Penghasilan

Selain sebagai hobi dan kesenangan saja, sudah banyak orang yang membuktikan bahwa musik bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang besar.

19. Sebagai Sarana Meningkatkan Konsentrasi

Susan Hallam, profesor pendidikan dan psikologi musik dari Universitas London telah melakukan studi. Hasilnya, anak-anak yang rutin mendengarkan musik klasik mengalami peningkatan konsentrasi dan kemampuan mendengar.

20. Sebagai Sarana Mengurangi Stress

Dan fungsi musik yang terakhir adalah sebagai sarana untuk mengurangi stress. Sejatinya, musik bisa memperbaiki suasana hati. Para ilmuwan dari Univesity of Missouri mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stress dapat terlihat setelah 2 minggu rutin mendengarkan musik.

Itulah 20 fungsi musik modern, tradisional, nusantara lengkap. Tak disangka, ternyata fungsi musik juga sangat banyak. Jadi, menurut Anda, fungsi musik mana yang sangat Anda rasakan manfaatnya? Beritahu di kolom komentar ya!