Faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani

10 Faktor Yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani Lengkap

Diposting pada
No ratings yet.

Faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani – Tahukah kamu apa saja faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang? Apakah dari makanan, minuman, kebiasaan ataukah hal lainnya? Tak perlu bingung, melalui artikel ini saya ingin menjawab pertanyaan mengenai hal tersebut. Namun sebelum menjelaskan mengenai faktor-faktornya, terlebih dahulu saya akan menjelaskan secara singkat apa itu kebugaran jasmani.

Baca juga: Pengertian kebugaran jasmani menurut para ahli

Pengertian Kebugaran Jasmani

Apa itu kebugaran jasmani? Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh  melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan sama sekalk dan masih mempunyai cadangan tenaga untuk melakukan kegiatan atau aktifitas yang lain. Kebugaran jasmani klasifikasi menjadi 2 menurut WHO yaitu :

  • Sehat : tubuh terbebas dari penyakit fisik maupun penyakit mental
  • Bugar : kemanapun seseorang melakukan kegiatan atau aktivitas secara maksimal dan masih memiliki cadangan tenaga tanpa sedikitpun rasa kelelahan.

Ada 3 konsep penting dalam kebugaran jasmani, yaitu fisik, fungsi organ, dan respon otot. Kebugaran jasmani bukan sekadar gambaran tentang kesehatan saja, melainkan juga mengukur kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Unsur Kebugaran Jasmani

Sementara itu, kebugaran jasmani terdiri atas 10 unsur pendukung. Adapun kesepuluh unsur tersebut adalah Kekuatan (Streght), Daya tahan (Endurance), Daya Otot (Muscular Power), Kecepatan (Speed), Daya lentur (Flexibility), Kelincahan (Agility), Koordinasi (Coordination), Keseimbangan (Balance), Ketepatan (Accuracy), Reaksi (Reaction).

Masing-masing dari unsur tersebut memiliki bisa ditingkatkan kemampuannya dengan metode latihan yang berbeda-beda yaitu sebagai berikut :

  • Kekuatan : squid jump, push up, sit up, angkat beban.
  • Daya tahan : lari 2,4 km, lari 12 menit, lari multistage, dan lari naik turun bukit
  • Daya otot : vertical jump,  front jump, dan side jump
  • Kecepatan : lari 50-200 meter.
  • Daya lentur  : senam, yoga, dan renang.
  • Kelincahan : lari zig-zag dan naik-turun anak tangga.
  • Koordinasi : memantulkan bola pada tembok menggunakan tangan kanan dan menangkapnya kembali memakai tangan kiri.
  • Keseimbangan : berjalan di atas balok kayu, berdiri dengan tangan sebagai tumpuannya, dan sikap lilin.
  • Ketepatan : memanah, menembak dan bermain bola bowling.
  • Reaksi : lempar tangkap bola.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Tentu saja, Kebugaran Jasmani memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Apa saja benefit-benefit dengan melakukan latihan kebugaran jasmani? Berikut ini adalah beberapa daftarnya :

  • Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung
  • Meningkatkan stamina dan keku tubuh sehingga tubuh menjadi lebih berenergi
  • Memulihkan organ-organ yang lelah setelah latihan
  • Mencegah penyakit jantung
  • Tekanan darah menurun
  • Mengatasi depresi
  • Meningkatkan energi
  • Terhindar dari osteoporosis
  • Respon tubuh menjadi lebih cepat
  • Resiko obesitas menjadi berkurang
  • Menyehatkan secara fisik dan mental

10 Faktor yang Mempengaruhi Kebugaran Jasmani

Tahukah kamu apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani itu? Menurut Suharjana, beberapa faktor yang paling mempengaruhi yaitu sebagai berikut :

1. Umur

Kebugaran jasmani pertama dipengaruhi oleh umur atau usia seseorang. Seseorang yang berusia muda memiliki kebugaran yang jauh lebih baik daripada seseorang yang telah lanjut usia. Terutama pada usia 25 – 30 tahun kebugaran jasmani seseorang pasti akan meningkat asalkan didukung dengan melakukan kebiasaan yang menyehatkan, salah satunya adalah dengan berolahraga.

2. Jenis Kelamin

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani selanjutnya bisa diketahui dari jenis kelamin orang tersebut. Mana yang lebih bugar? Laki-laki ataukah perempuan? Jika kita melihat di kehidupan sehari-hari, laki-laki lebih sering melakukan aktivitas baik di dalam maupun luar rumah. Berbeda halnya dengan perempuan yang lebih jarang melakukan aktivitas. Atas dasar inilah kebugaran jasmani laki-laki dianggap lebih baik daripada perempuan.

3. Makanan

Kandungan gizi pada makanan yang dikonsumsi seseorang sangat berpengaruh terhadap kebugaran jasmaninya. Guna memenuhi hal tersebut, kita disarankan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat yang terdiri atas komposisi 50% karbohidrat, 12% protein, dan 38% lemak. Selain itu, makanan juga harus bersih dan benar-benar terjaga kehigienisannya. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas makanan yang kamu konsumsi.

4. Istirahat

Istirahat merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang. Kita boleh saja melakukan banyak aktivitas di dalam kehidupan sehari-hari. Namun tetap, tubuh juga butuh istirahat dan tidak bisa digunakan secara terus menerus. Dengan istirahat yang cukup, tubuh bisa kembali bugar saat kita kembali bangun untuk melakukan kegiatan yang baru.

5. Genetik

Faktor selanjutnya adalah genetik atau keturunan. Faktor ini sangat berpengaruh terhadap kapasitas jantung, parut, obesitas, serat atas, postur tubuh, dan juga sel darah. Selain itu penelitian yang dilakukan oleh Sukadiyanto, dkk ada beberapa unsur tambahan lainnya yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang yaitu sistem asam laktat sebesar 81%, kemampuan aerobik (VO2 max) sebesar 93%, dan denyut jantung maksimal sebesar 86%.

6. Rokok

Apakah kamu merupakan salah satu diantara orang-orang yang gemar merokok? Jika iya, saya sarankan untuk mengurangi atau jika bisa menghilangkan kebiasaan tersebut. Pasalnya kandungan yang ada di dalam rokok sangat mempengaruhi terhadap kebugaran jasmani.

Rokok mengandung Karbon Dioksida (CO2) yang dapat menyebabkan berkurangnya nilai VO2 max sehingga berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Bukan sekadar itu saja, rokok juga dapat mengurangi nafsu makan menurut penelitian Nikotin, Perkins dan Sexton.

7. Lingkungan

Faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang berikutnya adalah lingkungan dimana ia tinggal. Apabila seseorang tinggal di lingkungan yang kumuh atau kotor tentu saja membuatnya lebih mudah terserang penyakit karena banyak virus/kuman/bakteri yang menjangkiti tubuh. Lingkungan yang baik dan kondusif bakal mempengaruhi seseorang, baik secara fisik ataupun mental.

8. Latihan

Latihan fisik harus disesuaikan dengan kondisi tubuh supaya bisa meningkatkan kebugaran jasmani. Begitupun halnya dengan olahraga, sebagai contoh ketika kita melakukan push up dan hanya bisa 30 kali dalam 1 menit maka hal tersebut memang menjadi kemampuan kita dan tidak bisa dipaksakan. Metode latihan bisa menjadi tolak ukur bagaimana tingkat kebugaran jasmani seseorang.

9. Kebiasaan Hidup Sehat

Kebiasaan Hidup yang sehat juga menjadi salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani seseorang. Beberapa contoh dari kebiasaan hidup sehat yaitu makan dan minum bergizi, istirahat yang cukup, rajin berolahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti ini harus terus dilakukan agar tubuh menjadi sehat dan juga bugar.

10. Olahraga

Sesibuk apapun dalam bekerja atau sekolah ataupun kuliah jangan sampai lupakan kegiatan yang satu ini. Suatu hal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Tak perlu olahraga berat apabila kamu tidak mampu, bisa olahraga ringan seperti jogging, jalan, melakukan peregangan otot, dan lain sebagainya. Buat tubuhmu bergerak sesering mungkin agar tetap sehat dan juga bugar. Sisakan setidaknya waktu setengah jam untuk berolahraga.

Jangan sampai kamu menjadi sakit karena kurangnya menjaga kondisi tubuh. Selalu perhatikan hal-hal di atas supaya tubuh menjadi jauh lebih sehat dan bisa meminimalisir dari terserangnya gangguan penyakit. Latian kebugaran jasmani bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan fisik seseorang.

Baca juga: Pengertian, komponen, manfaat kebugaran jasmani

Dan tentu saja harus dikombinasikan dengan melakukan kegiatan lainnya yang menyehatkan. Akhir kata, demikian penjelasan mengenai 10 faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani, semoga bermanfaat.

Silahkan berikan rating