√ 10 Faktor Pendorong Perdagangan Internasional Dan Faktor Penghambatnya

Diposting pada

Faktor pendorong perdagangan internasional – Perdagangan internasional juga mempunyai aspek-aspek atau pun faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional. Perdagangan internasional merupakan kegiatan ekspor dan impor.

Kerjasama antar negara menjadi sangat penting dalam melakukan perdagangan internasional karena dalam kegiatan ini melibatkan pelaku antar negara untuk saling bertransaksi. Banyak faktor pendorong perdagangan internasional tetapi juga ada faktor penghambat perdagangan internasional.

Baca juga: Teori Perdagangan Internasional Menurut Para Ahli

Saya akan membahas satu persatu, mulai dari faktor pendorong perdagangan internasional. Dimana faktor-faktor tersebut yang menjadi bahan pertimbangan para importir dan eksportir dalam melakukan transaksi. Berikut faktor-faktor tersebut.

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

1. Perbedaan SDA

Perbedaan sumber daya alam ini mempengaruhi bahan baku yang ingin diproduksi dan diperdagangkan oleh suatu negara. Sehingga letak suatu negara juga berpengaruh pada faktor perbedaan SDA ini. Kita ambil contoh negara Indonesia.

Negara Indonesia mempunyai tanah yang subur dapat dimanfaatkan pada sektor pertanian. Selain letak dan iklim negara yang mendukung Indonesia juga memiliki tanah yang subur.

Selain indonesia ada juga Jepang dengan kepadatan penduduk yang sangat tinggi dan mereka tidak mempunyai cukup lahan untuk bertani maka mereka mengembangkan sumber daya alam untuk memproduksi selain alam yaitu sebuah teknologi ataupun alat-alat modern lainnya.

2. Selera

Setiap negara mempunyai produksi yang berbeda-beda. Tak hanya itu, selera juga mempengaruhi faktor pendorong perdagangan internasional. Seperti Jepang yang mengembangkan teknologinya dan disisi lain ada China yang sangat produktif dalam mengembangkan infrastrukturnya.

Dengan adanya itu maka selera setiap negara akan berbeda-beda dan dapat mendorong perdagangan internasional karena setiap negara mempunyai ciri mereka masing-masing dan membutuhkan bahan yang masing-masing pula. Dan bahan itu bisa didapat dari mengimpor dari negara lain yang lebih produktif dalam membuat bahan baku tersebut.

3. Penghematan Biaya Produksi

Faktor pengehmatan biaya ini muncul karena jumlah produksi yang sangat banyak. Dan juga jika permintaan rendah dan jumlah barang banyak maka harga akan relatif turun. Dan untuk menghindari kerugian maka mereka lebih menghemat biaya produksi untuk barang tersebut.

4. Perbedaan Teknologi

Faktor pendorong perdagangan internasional yang terakhir adalah adanya perbedaan teknologi. Kekuatan teknologi juga mempengaruhi produktifitas barang. Semakin efisien produksi barang tersebut maka jam kerja akan berkurang dan modal untuk memproduksi barang juga berkurang sehingga barang yang dibuat akan memangkas modal produksi.

Jadi harga dari bahan yang sudah jadi tersebut akan lebih turun dan mampu bersaing di kancah perdagangan internasional dengan negara-negara lain.

Faktor Penghambat Perdagangan Internasional

1. Tidak amannya suatu negara

Faktor keamanan menjadi faktor yang cukup penting juga. Karena keamanan dari ekspor dan impor juga mempengaruhi kepercayaan para pelaku perdagangan internasional dalam mendatangkan maupun mengeluarkan barang ke negara lain.

Jika keamanan dipertanyakan maka dikhawatirkan barang juga tidak akan aman sampai tujuan. Selain itu hubungan antar kedua negara juga akan baik jika keamanan dapat dijaga oleh negara masing-masing. Sehingga kedua negara akan saling percaya dalam melakukan traksaksi jual beli.

2. Kebijakan ekonomi internasional oleh pemerintah

Faktor kebijakan ekonomi internasional juga menjadi faktor penghambat perdagangan internasional. Beberapa kebijakan tentang ekspor maupun impor termasuk ke dalam faktor ini. Jadi pembatasan barang ekspor maupun impor dan juga pajak setiap pelaku pedagang internasional ketika mengimpor maupun mengekspor barang juga menjadi pertimbangan.

Jika pajak dan pengurusan barang impor dan ekspor sulit maka perdagangan internasional juga akan menjadi lebih sedikit karena banyaknya orang yang malas dengan suatu kebijakan internasional oleh suatu negara.

3. Tidak stabilnya uang asing

Kurs mata uang asing juga menjadi pertimbangan para eksportir dan importir. Jika mata uang asing dalam negara tersebut tidak stabil maka bisa jadi pelaku perdagangan internasional tersebut akan rugi atau bisa juga akan menambah keuntungannya.

Baca juga: Kebijakan Perdagangan Internasional

Jadi bagi para pelaku yang tidak suka dengan spekulasi maka akan lebih menghindari transaksi. Karena transaksi tidak begitu deras maka perdagangan internasional akan terhambat. Tidak stabilnya nilai tukar di suatu negara disebabkan oleh krisis ekonomi global.

4. Perbedaan mata uang

Dalam faktor perbedaan mata uang menjadi pertimbangan para pelaku impor dan ekspor. Karena mereka tak hanya melakukan perdagangan dengan satu negara saja melainkan banyak negara. Sehingga mata uang yang digunakan dapat juga berbeda tergantung dengan kesepakatan mereka. Jadi para pelaku harus menimbang dengan siapa mereka bertransaksi dan seberapa besar nilai tukar yang akan terjadi.

5. Terjadinya perang

Terjadinya perang menjadi penghambat bagi para pelaku perdagangan internasional. Apalagi jika para pelaku menjalin kerjasama dengan negara yang dimusuhinya, maka bisa jadi gagal transaksi maupun selesai kerjasama antar 2 pelaku tersebut. Dan untuk ppihak negara maka semua negara yang sudah menjalin kerjasama akan berfikir dua kali dengan negara yang sedang terjadi perang.

6. Kebijakan impor di suatu negara

Semua negara pasti ingin melindungi produk-produk yang dapat dihasilkan sendiri pada negara tersebut. Untuk itu maka negara memberi undang-undang atau aturan untuk mengimpor suatu barang masuk ke negara tersebut.

Tujuannya adalah jika barang dalam negeri ada dan ada seorang mengimpor barang maka bisa jadi barang dalam negeri tersebut akan kalah harga dengan barang impor.

Nah dengan adanya pembatasan tersebut maka harga barang dalam negeri itu akan lebih stabil dan pendapatan industri dalam negeri juga bagus dan tidak terpengaruh. Dengan adanya itu maka orang melakukan impor dan perdagangan internasional akan lebih mempertimbangkan lagi.

Dari semua faktor diatas dapat memunculkan banyak manfaat perdagangan internasional, baik di bidang sosial maupun budaya.

Itulah semua faktor pendorong perdagangan internasional dan faktor penghambat perdagangan internasional. Semoga dapat menambah wawasan kawan-kawan semua dalam ilmu perdagangan internasional. Terimakasih.